Penagih HSBC Di Luar Batas Etika Penagihan

Dengan hormat,

Saya Nova, nasabah KTA HSBC 045871464840 ingin mengajukan komplain kepada Ibu Usma, bagian collection HSBC dengan nmoro telepon 021-292755857 / 29275876. Terus terang saat ini saya sudah menunggak pembayaran sejak April 2020, dikarenakan kondisi yang belum ada dana untuk dapat membayar cicilan KTA. Saya juga sedang menyelesaikan kredit yang lain satu per satu.

Sudah ada beberapa DC yang datang ke rumah dan saya tidak ada masalah akan hal itu karena itu memang tugas mereka menagih. Saya mulai agak terganggu ketika Usma, collection HSBC menelepon ke kantor saya. Kejadian ini tanggal 22 April 2021 pukul 11.20.

Awalnya memang saya yang angkat, dan kewajiban Usma untuk menagih. Wajar bagi saya. Dia bilang saya menunggak sudah 2 tahun (dari tahun 2019). Padahal saya menunggak mulai bulan April 20 (which is sudah 1 tahun, bukan 2 tahun seperti yang mereka sampaikan). Begitu saya koreksi, dia ngotot tetap saya nunggak 2 tahun. Ok lah.

Dia menawarkan program pelunasan 1x bayar. Saya katakan bahwa saya saat ini tidak ada dana, tapi dia tetap mendesak ingin berbicara ke bos saya. Menurut saya ini sudah keluar dari batas etika menagih, karena menagih kepada orang yang bukan nasabah itu sendiri. Dia mendesak saya untuk meminjam ke kantor. Apakah ini SOP penagihan dari pihak collection HSBC, meminta nasabah untuk cari dana talangan gali lubang tutup lubang? Akhirnya saya harus mengakhiri telepon karena saya harus meeting. Dia ngotot untuk minta keputusan saat itu juga. Saya mengatakan ok, telepon lagi saya pukul 15.00, tetapi teleponnya ke HP.

Pukul 15.00 ternyata HSBC menelepon kembali ke kantor saya, dan saya masih belum ada di meja saat itu. Kebetulan rekan kerja saya yang angkat. Usma ini ternyata mau berbicara dengan bos saya. Menurut saya, ini sudah mengganggu orang-orang di kantor saya. Padahal jika mau sabar telepon ke HP saya, saya pasti mengangkat. Kan saya tidak selalu dekat HP karena saya sedang meeting/melakukan tugas lainnya.

Tanggal 23 April 2021 Usma menelpon kembali ke kantor saya, awalnya mencari Presiden Direktur saya. Karena saya memang hari itu saya bertugas di luar kantor, maka yang mengangkat telepon adalah rekan kerja saya. Buntutnya dia mencari saya. Maksudnya apa? Kalau memang mau berbicara ke saya, ya telepon ke HP saya, HP saya selalu aktif dan selalu saya angkat (jika memang saya bisa angkat pada saat itu) Jangan menggangu orang-orang kantor saya.

Karena tidak bisa ketemu saya, dia meminta saya telepon ke 292755857/29275876 dan mengancam jika saya tidak telepon, maka akan dikirimkan orang lapangan untuk menemui bos saya. Akhirnya saya telepon ke nomor yang diberikan, dikatakan bahwa Usma sedang WFH. Aneh buat saya, minta ditelepon kok orangnya WFH?

Sekitar siangan dia telepon lagi ke kantor. Saya belum balik ke kantor, dan rekan saya mengangkat telepon kembali. Usma bilang mau bicara sama CEO saya. Bos saya juga tidak ada di tempat. Akhirnya dia telepon ke HP saya, dan saya angkat. Namun tetap tidak ada solusi yang baik menurut saya.

Jika memang HSBC memberikan solusi untuk saya, ya berikanlah solusi yang baik. Saya punya niat untuk membayar, tapi karena keadaan, saya berniat untuk membayar kemampuan saya, saya tidak mampu untuk membayar 1x lunas atau 2x lunas.

Mohon untuk jadi pertimbangan pihak HSBC akan hal ini, terlebih dalam hal penagihan. Penagihan memang kewajiban bank, tapi perhatikan juga etikanya. Saya mencoba mencari solusi by email, tapi sepertinya HSBC tidak terbuka untuk saran dan kritik melalui email. Semoga ada solusi yang baik untuk saya.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang berkenan membantu saya dalam hal ini.

Hormat kami,

Nova Gloria
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank HSBC Indonesia:
[Total:7    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan HSBC atas Suara Pembaca Ibu Nova Gloria

Dengan hormat, Terkait dengan pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat mediakonsumen.com dengan judul “Penagihan HSBC di Luar Batas Etika” yang...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Penagih HSBC Di Luar Batas Etika Penagihan

  • 26 April 2021 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Terus batas etika penagihan itu siapa yang tentukan? Anda? HSBC?
    Karena memang tidak ada kode etik yang atur …

    Masalahnya Collection dituntut nagih.,,, karena dari situ dia bisa beli susu buat anaknya
    anda kesusahan bayar.. Sampai mana ketemu titik etikanya?

    5
    2
  • 26 April 2021 - (15:34 WIB)
    Permalink

    ya jujur mungkin karena anda 2 tahun menunggak ya, dan berbagai macam cara kan tuh tidak berhasil, ya mereka cari cara lain
    jujur nih, kode etik berutang dan menagih utang itu kyk gimana ya? tapi yang pasti saya tahu kalau berutang ya harus dibayar, kalau ditanya siapa yang g punya etika, saya bilang anda yang tidak punya, karena anda tidak tahu etika bayar utang, UTANG YA DIBAYAR, TEPAT WAKTU, itu etikanya, terimakasih

      • 27 April 2021 - (18:45 WIB)
        Permalink

        Sekarang gitu bang, di kritik dikit di bilang DC atau karyawan nya.
        Emang lucu orang” kayak gini, masih mending awal* mau minjem di kasih sama mereka,
        Kalau gak di kasih mah mungkin dari dulu udah gila

    • 27 April 2021 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Yoi setuju.. berani minjem, harus berani bayar , mau dengan cara apapun, jual aset / pinjem saudara.
      Mau ngomongin etika, ngaca dulu sendiri punya etika ga gitu.

      Makanya posisi kalau lagi di atas.. duit di tabung..
      Lagi pandemi gini yg bisa bertahan adalah org” yg kreatif & punya tabungan selagi posisi lagi di atas.

  • 26 April 2021 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Tidak bisa 100% menyalahkan HSBC kalau kondisi sudah gk bisa bayar selama 2 tahun. Harusnya masalah ini diselesaikan secara langaung ke HSBC, bukan memuat keluhan ke media konsumen karena HSBC disini bukan pihak yang salah 100% meski cara penagihannya tidak 100% benar. Jangan kan HSBC, kita sendiri saja kalau kasih hutangan ke orang pasti akan jengkel kalau nunggak 2 tahun.

  • 27 April 2021 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Ini lucu nih, Udah nunggak sampe setahun kok minta di istimewa-kan .. standard etika penagihan itu kayak gimana si ? Ada yg bisa jelasin ?? Apalagi yg udah nunggak sampe setahun.. situ punya etika ga ?

    Awalnya gua kira nunda dari April 2021 , eh ternyata dari 2020 Wkwkwk ..

    Trus kemarin kemarin kemana ajaa bund.. kenapa baru sekarang tulis di MK ? Kemarin kemarin masih lembut ya nagihnya bund ?
    Karena nagihnya lembut / sopan , jadi seenaknya nunda.. kira kira begitu ya ? Wkwkwk

    Dijelaskan juga punya beberapa kredit lainnya, jadi orang kok hobi bgt ngutang ?

    Gaya hidupnya di kurangin bund..
    Mau masalah ini kelar ya lunasi, dengan cara apapun, minjem BOS kek , minjem saudara kek, jual Aset kek. Repot amat

 Apa Komentar Anda mengenai Bank HSBC Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Penagih HSBC Di Luar Batas Etika Penagihan

oleh Nova Glori dibaca dalam: 2 menit
11