Penipuan dengan Modus Hadiah Voucher Belanja Shopee

Assalammualaikum wr. wb.,

Pada tanggal 7 Mei 2021 hari Jumat saya di-WA oleh seseorang yang mengaku staf Shopee resmi dengan mencantumkan ID card si penipu dan logo Shopee di profil WA si penipu.

Melalui whatsapp tsb saya diberikan undian dengan mendapatkan 2 pilihan hadiah, voucher belanja atau uang tunai, yang pada akhirnya saya memilih opsi 2. Saya mau melakukan hal tersebut dikarenakan WA tersebut terlihat amat sangat resmi.

Singkat cerita saya disuruh masukan nomor OTP, dengan cara mengisi ke ShopeePay sejumlah Rp569.000. Namun saldo tsb hilang diambil oleh si penipu Andini Cell.

Kemudian dia juga menanyakan kartu ATM BCA saya. Dia bisa masuk dengan cara meng-SMS 69888 dengan kata-kata yang ada di WA si penipu, yang kemudian saya salin kirim melalui SMS ke 69888. Akhirnya ATM saya dibobol dengan jumlah Rp44 ribu sekian, sehingga total kerugian saya menjadi Rp600 ribu.

Akhirnya saya komplain ke Shopee dan BCA. Pihak Shopee hanya bilang tidak menjanjikan apapun, yang jelas jelas penipuan atas nama Shopee. BCA pun sama tidak bisa menjanjikan apa-apa.

Yang saya ingin tegaskan kepada pihak Shopee mohon pertanggungjawabannya agar bisa dikembalikan dana saya sejumlah Rp596 ribu, dikarenakan penipuan ini dilakukan mengatasnamakan Shopee. Bagi saya jumlah itu amat sangat berarti. Terima kasih.

Lis Sri Prihatini
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya sebelumnya juga dapat sms dari pihak yg mengatasnamakan shopee. Dia wa dan setalh itu telepon. Tapi karena saya sudah banyak lihat cerita dari orang di media konsumen saya langsung blok no tersebut.

      Buat mbak nya semoga di beri rezeki pengganti untuk uang yg hilang. Dan semoga bisa lebih hati-hati kedepannya.Dan jangan main balas atau chat dengan no yang mencurigakan. Karena pihak shopee juga sudah memberitahukan di website tentang menghindari modus penipuan.

  • Satu lagi korban penipuan WA yang mengaku2 Shopee.
    Wa-nya pakai kode +1 (amerika) jelas bukan shopee indonesia, kode OTP sudah tertulis jangan diberikan kepada siapapun tapi anda tetap meberikan kode OTP.
    SMS BCA sudah ada tulisan pastikan anda tidak mendapat SMS ini dari pihak lain malah anda kirim ke 6988.
    Sekarang anda minta tanggung jawab Shopee dan BCA, bukannya anda sendiri yang memberi kunci ke si penipu?

    jadikan pelajaran saja, anggap sedang sial. setelah ini kalau ada wa/sms/telepon meragukan jangan ditanggapi.
    Segera ganti password, pin shopee dan BCA anda

  • Astagaaaa.. +1 itu loh mba sriiiii ini bukan indonesia..bener2 lugu or sengaja memang mau di tipu ... Semua yg di suruh di ikutin.. Gampang banget.. enak bener yg nipunya ya..

  • Hukum sebab akibat masih berlaku. Dalam kasus diatas jelas kesalahan dari penulis sendiri yang tergiur iming-iming hadiah, akibatnya tertipu mentah-mentah.

    Semoga kedepannya lebih berhati-hati jika ada yang menawarkan hadiah, dengan mengatasnamakan Shopee atau apapun, semua itu modus penipuan. Dari kata-kata yang ditulis si penipu di WA juga terlibat bahwa itu modus penipuan, tapi penulis terhipnotis oleh hadiah sehingga tidak memperhatikan.

    • Dan terjadi lagi, kisah lama yang terulang kembali

      Jengkel sih bukan sama penipunya tapi sama korbannya, kenapa gak pernah belajar sih dengan mudahnya akses internet harusnya di gunakan juga untuk membaca dan hal2 bermanfaat lainnya

      Ts mau bukan karena wa meyakinkan tapi tergiur uang mudah.
      Sepertinya ibu2, remaja/wanita labil target empuk bget sepertinya
      Mungkin ini sedikit agak kasar tapi tidakkah hal ini sangat bodoh sampe bisa berulang kali terjadi dengan modus yang sama

  • "Saya mau melakukan hal tersebut dikarenakan WA tersebut terlihat amat sangat resmi." - atas dasar apa yah?

    Saya sarankan, mulai sekarang jangan punya Mobile Banking, jangan punya yg berbau digital, jangan punya lagi smartphone (pengguna smartphone harus lebih smart dari phone nya)

    Semua balik lagi ke jaman dulu.

    Secara mental anda belum siap ikut-ikutan trend digital.

    Semoga kasusnya cepat selesai dan keikhlasan anda adalah kunci dari penyelesaian kasus ini.

    • Lagi lagi "kunci" rumah sendiri diberikan ke org yg ga dikenal......pas org yg tak dikenal mengambil brg2 dirumah anda...anda minta tanggung jwb yg bikin rumah...haddeuuh...
      Saran sy " budayakan membaca"....dan jadikan ini pelajaran yg sgt bermanfaat dikemudian hari..

    • Selain nomer telpon dengan kode negara Amerika, tulisan SHOPEE nya saja ada yg SH0PEE (pakai nomer nol), kok ya masih percaya itu resmi.
      Lalu apa pula Shopay itu.

      Banyak doa saja deh buat TS nya. Jadikan pelajaran agar tidak tertipu lagi di kemudian hari.

  • Jika belum siap menggunakan smartphone sebaiknya cukup feature phone saja, tanpa internet, tanpa WhatsApp, tanpa e-commerce dan mobile banking.

    Menggunakan smartphone harus smart agar tidak tertipu oleh penipu siber. Jika menggunakan feature phone atau HP kentang, kecil kemungkinan tertipu oleh penipu siber karena tidak bisa menggunakan akun digital.

    Agar tidak tertipu, kembali ke HP kentang saja, cuma bisa telepon dan SMS. Lebih aman!

    • Bodohnya kebangetan,,jadikan pelajaran saja,,kok bisa2nya OTP,Pin kasih ke Pihak lain.Dari no aja sdh ketauan,,masih saja bilang terlihat resmi.

  • Di OTP Shopee udah ada tulisan "waspada penipuan mengatasnamakan Shopee", di BCA sudah ada tulisan "pastikan isi sms tidak didapat dari pihak lain". Trus kenapa anda minta tanggung jawab? Padahal sudah jelas itu sms dari pihak lain dan OTP nya bilang jangan dikasih termasuk Shopee, kalo anda percaya itu Shopee pun harusnya jangan dikasih. Lain kali baca kasus yang sama dulu dimari.

  • 'Pada tanggal 7 Mei 2021 hari Jumat saya di-WA oleh seseorang yang mengaku staf Shopee resmi dengan mencantumkan ID card si penipu dan logo Shopee di profil WA si penipu.

    Saya mau melakukan hal tersebut dikarenakan WA tersebut terlihat amat sangat resmi.'

    sedih bacanya...profil WA mau pake logo siapapun dan apapun bisa ...

    semoga ada solusi buat permasalahannya

  • Haduh.. pengen ketawa takut dosa. dengan polosnya data pribadi di umbar keorang lain, sampai otp dikasih, PIN Bank di kasih. Untung saldo engga banyak dibank. Jadikan pelajar mba. Staff Shopee mana mungkin chat wa pribadi dan kode area bukan dari Indonesia. 👍👍

  • niat pengen kaya mendadak,, eh malah ditipu dengan iming² dapet hadiah.. :(