Surat Pembaca

Penipuan dengan Modus Hadiah Voucher Belanja Shopee

Assalammualaikum wr. wb.,

Pada tanggal 7 Mei 2021 hari Jumat saya di-WA oleh seseorang yang mengaku staf Shopee resmi dengan mencantumkan ID card si penipu dan logo Shopee di profil WA si penipu.

Melalui whatsapp tsb saya diberikan undian dengan mendapatkan 2 pilihan hadiah, voucher belanja atau uang tunai, yang pada akhirnya saya memilih opsi 2. Saya mau melakukan hal tersebut dikarenakan WA tersebut terlihat amat sangat resmi.

Singkat cerita saya disuruh masukan nomor OTP, dengan cara mengisi ke ShopeePay sejumlah Rp569.000. Namun saldo tsb hilang diambil oleh si penipu Andini Cell.

Kemudian dia juga menanyakan kartu ATM BCA saya. Dia bisa masuk dengan cara meng-SMS 69888 dengan kata-kata yang ada di WA si penipu, yang kemudian saya salin kirim melalui SMS ke 69888. Akhirnya ATM saya dibobol dengan jumlah Rp44 ribu sekian, sehingga total kerugian saya menjadi Rp600 ribu.

Akhirnya saya komplain ke Shopee dan BCA. Pihak Shopee hanya bilang tidak menjanjikan apapun, yang jelas jelas penipuan atas nama Shopee. BCA pun sama tidak bisa menjanjikan apa-apa.

Yang saya ingin tegaskan kepada pihak Shopee mohon pertanggungjawabannya agar bisa dikembalikan dana saya sejumlah Rp596 ribu, dikarenakan penipuan ini dilakukan mengatasnamakan Shopee. Bagi saya jumlah itu amat sangat berarti. Terima kasih.

Lis Sri Prihatini
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kayaknya bukan orang Amefika . Oang indonesia pake nomor Amerika. Pake bahasa Indonesia. Kok bisa ?

    • Itu namanya masking, jd bs pakai semua nomer, lha orang indonesia di amerika yg nipu jg bs khan, ada org ngebobol nasa/ pentagon aja jg bisa apalgi cuma ini.

      Malah sindikat penipu dr nigeria dan india itu bs pakai semua bahasa.

      Intinya sering baca, baca, baca, waspada, otp sdh ada tulisan jgn kasih ke siapapun malah dikasih

  • padah udah jelas tulisan dr shopee otp
    jangan berikan kode kepada siapapun termasuk shopee
    kayaknya paling banyak kasus kaya gini

  • “Yang saya ingin tegaskan kepada pihak Shopee mohon pertanggungjawabannya agar bisa dikembalikan dana saya sejumlah Rp596 ribu, dikarenakan penipuan ini dilakukan mengatasnamakan Shopee. “

    Kalau ada yg nipu saya atas nama Anda, berarti Anda hang harus tanggung jawab dan kembalikan dana saya yah? Karena kan pakai nama Anda.

    Media Konsumen, yang kayak gini ga usah di publish lah.

    • Saya juga mengalami hal yang sama dengan mbnya... saya harap pihak shopee menerapkan pengamanan berlapis untuk masuk account shopee tidak hanya berdasarkan OTP saja.. contoh seperti mobile banking BNI yang menerapkan pengamanan berlapis, hanya bisa diakses melalui hp yang terdaftar jika ada yang buka di hp baru dengan nomer yang berbeda otomatis sistem akan terblokir.. jangan hanya menyalahkan penguna saja tp bagaimana kedepannya shopee bisa melindungi pelanggan dengan baik.