Tagihan Kartu Kredit Sudah Dibayar, tapi Tidak Dianggap Sebagai Pembayaran

Tanggal 12 Mei 2021 saya melakukan pembayaran kartu kredit Bukopin, dengan nomor akhiran **5653 melalui Blibli.com. Dari tanggal 17 Mei sampai 22 Mei 2021 saya berulang kali dihubungi oleh Bukopin karena “Belum ada pembayaran”. Saya pikir ada masalah di Blibli, maka saya menghubungi Blibli dan dijanjikan untuk segera ditelusuri.

Tanggal 26 Mei 2021 saya menerima tagihan kartu kredit Bukopin bulan berikutnya dan saya lihat ternyata tanggal 12 Mei SUDAH ADA transaksi pembayaran dari Blibli.com. Ternyata timbul bermacam-macam biaya yang berkaitan dengan “tidak adanya pembayaran”, yang totalnya hampir sebesar Rp 270 ribu.

Waktu saya hubungi Bukopin, saya dijawab semacam ini: “Meskipun SUDAH ada dana masuk dari Blibli.com (CS MENGAKUI ada dana masuk yang mengurangi tagihan pada tanggal 12 Mei), tapi karena pembayaran tidak dilakukan melalui TRANSFER bank, maka dianggap TIDAK ada pembayaran. Karena itu nasabah lalu dikenai biaya dan denda“.

Cara kerja semacam apa ya ini? Saya punya belasan kartu kredit, dan semuanya pernah saya bayar melalui bermacam-macam e-commerce, tapi TIDAK PERNAH ada masalah (kecuali Bukopin). Oleh e-commerce mau dibayar dengan sistem transfer kek, sistem dana masuk mengurangi tagihan kek, sistem refund kek, yang penting kalau tagihan menjadi NOL, ya berarti tagihan sudah LUNAS.

Memangnya bisa ya mendadak tagihan berkurang kalau tidak ada pembayaran? Siapa yang mau kasih saya uang gratis? Wah ya sering-sering saja kalau gitu, 100 juta atau 10 miliar sekalian gitu mungkin? Saya mau minta dibuatkan LAPORAN keluhan customer saja oleh CS-nya DITOLAK dengan alasan “Tidak bisa dibuatkan laporan untuk biaya dan denda yang muncul akibat tidak adanya pembayaran”.

Sudah jelas hal ini disebabkan oleh ketidakberesan proses pencatatan pembayaran/dana masuk di Bukopin, tapi bukannya menyadari dan memperbaiki, malah menyalahkan nasabah “Karena tidak membayar dengan sistem transfer” dan membebani nasabah dengan biaya ini itu. Lalu ini bagaimana tanggapan dari pihak Bukopin?

Teddy Hermanto
Solo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Bukopin:
[Total:19    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Bank KB Bukopin atas Surat Teddy Hermanto

Menanggapi keluhan Bapak Teddy Hermanto melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 5 Juni 2021, dengan judul “Tagihan...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Tagihan Kartu Kredit Sudah Dibayar, tapi Tidak Dianggap Sebagai Pembayaran

    • 5 Juni 2021 - (19:00 WIB)
      Permalink

      Pak teddy, kawan sy. sy jg nasabah kartu kredit tsb pak.. sy jg bkn org bank. bagi bagi ilmu utk syp pun trutama pak teddy krn
      kayaknya yg gagal paham perkartu kreditan bpk deh, coba cek lg Bill estatment nya bpk byr tagihan tgl 12 dan tgl jatuh tempo tgl 15 ya krn byr nya bkn Transfer realtime bank online mk smp nya tdk langsung saat itu jg dan pembukaan msih tgl 17 berarti telat masuk skitar 2 hr. jd muncul itulah denda keterlambatan byr dan bunga berjalan sampai uang masuk,

      Saran sy biasa kan byr tagihan kartu kredit bank apapun jauh jauh hari dari tgl kramat yakni tgl jatuh tempo dan pilih Tranfsr bkn pilih bayar Tagihan, bodohnya org kadang byr tagihan bkn dari bank sesama lagi, pke bank lain ataw ecomersial platform itu bkn bank. yg dari beda bank sj 2 – 3 hr kerja bru msuk, mk pilih
      menu Tranfers Realtime online spy trs masuk wlw beda bank, jgn pilih menu byr tagihan alamat 2-3 hr krja bru sampai.

      Utk aman biasakan byr full payment, jauh jauh hari dari tgl jatuh tempo, usahakan pke sesama banknya atw menu transfer realtime online spy smpe langsung dan jgn pilih byr tagihan lambat masuk apa lg lewat bukan bank ecomersial blibli tokoped dll butuh proses butuh waktu . spy aman nyaman dan tidur nyenyak pake lah sesama bank pilih trnfers spy tdk ada biaya muncul fee di tagihan bln berikutnya.

      Bnyk org pnya kartu kredit tp tdk bnyk org paham cara kerja kartu kredit tsb, tahu scr otodidak, cara kerja mesin kartu yg pnya syarat dan ketentuan. sy pnya 23 bank bank A smp bank Z krtu kredit. mk sy bs bercerita knp smua bank scr umum sama. kita lah yg pandai pandai atur spy kita diuntungkan. 23 bank sy pun tdk pernah byr anual fee atw iuran tahunan kartu krn pnya cara utk menghapusnya.
      Org cerdas Limit kartu kredit semakin tinggi bangga berarti dipercaya bank, mk bnyk org brjuang utk naikin limitnya. krn klu dlm 1 kartu bs limit 9.999.999.999 ( 1 MILYAR) seorang nasabah tsb dianggap org mapan dan cerdas memudahkn dlm kredit apapun,
      bnyk bnyk lah terus bljr Ttg kartu kredit, syarat dan ketentuan, tips dan trik nya spy menguntungkan diri bkn jadikan musuh, jd alat utang, pke sebatas mampu dan jgn tergiur cicilan krn bnyk cicilan bank ogah naikin limitnya sgt kliatan nasabah tsb tdk mampu dlm FINANCIALNYA. jgn mau dirayu telesales mereka itu kejar target kita yg dikurbankn jelek dimata perbankn.
      selalu cek dan ricek kartu kreditnya di aplikasi bank nya utk monitor kartunya.
      sukses utk pak teddy

      3
      3
      • 5 Juni 2021 - (19:07 WIB)
        Permalink

        “bodohnya org kadang byr tagihan bkn dari bank sesama lagi, pke bank lain ataw ecomersial platform itu bkn bank.”

        bukan bodoh tapi memang mengincar cashback dari ecommerce..

        2
        2
  • 5 Juni 2021 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Pembayaran tanggal 12, masuk pembukuan tanggal 17. Ada delay 5 hari, mungkin karena tanggal merah, jadi lewat tanggal jatuh tempo, kena denda dan bunga. Kalo pembayaran transfer, mungkin masuknya real time. Begitu mungkin gan penjelasannya.

    Saran saya, hindari pembayaran di atau mendekati tanggal merah.

  • 5 Juni 2021 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Iya.. penulis seharusnya juga memperkirakan itu selisih waktu pembayaran via ecommerce yg kdg bisa telat / real time.

    Tgl cetak tagihan sebelum tgl 25/04, sudah ada tagihan dgn jatuh tempo 15/05.
    penulis membayar tgl 12/05 lewat BliBli tapi dananya masuk tgl 17/05… Jelas sudah lewat dari tgl JT.

    Kalo saya selalu biasakan membayar sebelum tgl cetak tagihan..

    2
    1
  • 5 Juni 2021 - (11:10 WIB)
    Permalink

    tanggal pembayaran di billing kok tidak keliatan (disensor) ? apakah terposting sebelum tgl 15?

    pembayaran via blibli tidak real time.. kadang bisa 2-3 hari ke depan baru masuk sistem.

    • 5 Juni 2021 - (11:33 WIB)
      Permalink

      sori tadi silap mata lihatnya, terposting tanggal 17mei, jadi secara sistem memang ada keterlambatan. semoga bisa dihapus denda dan bunga nya

  • 5 Juni 2021 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Pembayaran via blibli memang diitung sebagai retur, makanya sistem bank tertentu ada yg menganggapnya bukan pembayaran. Mandiri jg begitu koq, tapi bisa dihapus krn dianggap kesalahan sistem mereka. Kalo bukopin sih dr dulu emang aneh, makanya gw sdh gunting 😂😂

  • 6 Juni 2021 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Kok yg saya lihat di sini malah mencari kesalahan penulis dg kata “mungkin”..yg berarti tidak pasti… padahal sudah dijelaskan penulis bahwa orang bank saja tidak memberi alasan denda keterlambatan, cuma bilang tidak ada uang masuk..ini kok yg komentar sok tahu dg kata mungkin yg berarti dugaan..

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Bukopin?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Tagihan Kartu Kredit Sudah Dibayar, tapi Tidak Dianggap Sebagai Pembay…

oleh Teddy H dibaca dalam: 1 menit
13