Tidak Bisa Daftar BPJS Kesehatan karena NIK Terdaftar Atas Nama Orang Lain

Saya Marchell Tifani. Saya berencana untuk mendaftarkan keluarga saya untuk memiliki BPJS Kesehatan. Saat hendak mendaftar, ternyata saya diberi tahu oleh call center BPJS kalau NIK saya sudah terdaftar BPJS, tapi bukan atas nama saya, melainkan nama orang lain. Saya bilang bagaimana mungkin kok bisa NIK saya dipakai orang?

Saya diminta untuk memastikan bahwa data saya sudah benar di Dukcapil.

FYI, kebetulan karena saya baru pasang internet dan harus input KK, dan sempat dibilang datanya belum update. Jadi saya langsung kontak Dukcapil juga, otomatis kan KK saya juga pasti sudah di-update. Namun ternyata besoknya dari BPJS masih tidak bisa mendaftar, karena di sistem NIK saya masih terdaftar atas nama orang lain.

Saya malah dilempar lagi, disuruh pastikan ke Dukcapil. Saya bahkan kembali telepon ke Dukcapil lagi dan sampaikan kalau dari BPJS bilang data saya belum update. Dari pihak Dukcapil bilang data saya sudah update, malahan mereka khawatir dari sistem BPJS-nya yang bermasalah.

Saya balik lagi telepon BPJS, mereka bilangnya dari data Dukcapil. Saya dilempar sana sini, dua-duanya tidak memberikan solusi apa-apa.

Saya coba tunggu beberapa saat, mungkin sistem masih bekerja. Namun sudah berminggu-minggu, ternyata masih sama. Saya daftar dari aplikasi masih sama, tidak bisa dan diberitahu kalau data NIK-nya masih atas nama orang (bukan nama saya). Saya gak paham kok bisa NIK saya sampe terdaftar di BPJS atas nama orang lain?

Saya sudah kontak juga via sosmed Instagram tapi tidak ada jawaban. Sudah telepon call center tidak ada kemajuan. Dari Dukcapil merasa sudah benar, datanya sudah update sesuai dengan persamaan data yang saya sebutkan, tetapi dari BPJS merasa Dukcapil belum update data.

Tolong saya dibantu, bagaimana ini??

Marchell Tifani
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Tidak Bisa Daftar BPJS Kesehatan karena NIK Terdaftar Atas Nama Orang Lain

  • 5 Juni 2021 - (11:37 WIB)
    Permalink

    coba croscek ke dukcapil terlebih dahulu dengan format dibawah.. klo fast respon lewat twetter

    # NIK (16 DIGIT NOMOR)
    # Nama_Lengkap
    # Nomor_Kartu_Keluarga (16 DIGIT NOMOR)
    # Nomor_Telp
    # Permasalahan

    Hotline : 1500537
    WA : 08118005373
    SMS : 08118005373
    Email : callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id
    twetter : @ccduccapil

  • 5 Juni 2021 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Bantu jawab yaa…
    Dikeluarga bapak adakah yang namanya seperti nama diatas? Mungkin istri atau anak. Jika ada maka orang tersebut sudah terdaftar di BPJS Kesehatan mungkin KIS yang pernah didaftarkan oleh RT.
    Saran saya coba cek lewat whatsapp BPJS dulu, kemudian update data yang tidak sesuai seperti nama atau tgl lahir yang kemungkinan berbeda antara data dukcapil dan BPJS.

    • 12 Februari 2022 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Sama banget kaya saya,,pas saya periksa dipuskes katax saya sdh terdaftar dibpjs,tpi faskes saya jauh,kemudian saya kekantor bpjs niat untuk pindah faskes pas kesana bukan nama saya terdaftar tpi nama orang lain tpi nik yg dipakai nik ktp saya,dari bpjs tidak bisa memperbaikix dan menyarankan mendaftar ulang melalui pandawa atau online,pas saya coba daftar ulang juga tidak bisa karna nik saya sdh terdaftar saya bingung juga,pas saya cenbansos memang sya dibayarkan oleh pemerintah krna data saya betul dibansos saya dpt bantuan pbi yg tiap bulan dibyr pemerintah.padahal saya sangat memerlukan bpjs krna 3 bulan lgi saya akn melahirkan.

  • 6 Juni 2021 - (02:08 WIB)
    Permalink

    Saya juga tidak mendaftar BPJS Kesehatan, tetapi waktu saya datang berobat ke Puskesmas, di infokan bahwa BPJS saya sudah ada. Katanya, sudah dua tahun aktif.
    Kenapa begitu? Untuk Orang Jakarta, dulu jaman Ahok jadi Gubernur nya, semua yang tidak mendaftar BPJS dianggap miskin, jadi otomatis dibuatkan oleh PEMDA DKI diambil dari APBD, berdasarkan data KK di tiap RT/RW.
    Katanya.
    Saya nggak ngerti sih, yang pasti seharusnya kartu BPJS atau KIS ya diantar ke saya oleh RT, tapi tidak. Akhirnya saya minta cetak di Puskesmas.
    Balik ke permasalahan TS, mungkin waktu dibuatkan juga, sayang datanya salah.
    Di aplikasi BPJS Kesehatan (JKN) bisa edit data peserta. Cobalah, semoga berhasil.

  • 8 Juni 2021 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Sama, kasus saya juga seperti itu.
    NIK ganda.
    Solusinya adalah menghubungi dukcapil sesuai KTP, minta rekomendasi.
    Lalu setelah rekomendasi keluar, hubungi BPJS lewat pandawa (whats app) untuk mengaktifkan kembali BPJS nya.
    Proses yg saya lalui sekitar 1×24 jam untuk proses BPJS nya.

  • 22 Februari 2022 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Wah ini juga terjadi sama saya dari 2021 sampe skrg, keluarga gabisa daftar bpjs karna nik saya atas nama org lain yang saya kenal juga enggak. Udh konsul ke dukcapil tapi ya sama, saya cuma di lempar lempar suruh hubungin bpjs sama dukcapil. Sebelum nya saya juga pernah kejadian kaya gini pas vaksin sinovac, NIK saya tertera atas nama org lain (loh kok bisa?), Akhirnya vaksin 1 saya tdk terdaftar, dan juga akhirnya saya kelabakan pusing binggung ngurusnya karna saya ga terdaftar vaksin dan ga dapet sertivikat, udh di coba data ulang dari awal tetep sama. Udh konsul ke pedulilindungi juga ga terdaftar, bolak balik ke puskesmas juga mereka binggung, akhirnya minta tolong sama rw (dia punya kenalan kepala puskesmas gt) Baru deh saya kedaftar vaksin 🙁

  • 28 April 2022 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Minta bantuannya teman teman, saya mau daftar bpjs gak bisa karena pas masukin nik saya tertera nama orang lain, solusi nya gimna ya teman teman minta bantuannya

 Apa Komentar Anda mengenai BPJS Kesehatan?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Daftar BPJS Kesehatan karena NIK Terdaftar Atas Nama Orang …

oleh marchell tifani dibaca dalam: 1 menit
8