Surat Pembaca

Kecewa dengan Kebijakan Tarif Telkom IndiHome bagi Pelanggan Lama

Saya merupakan pelanggan IndiHome sejak tahun 2019, dengan langganan paket 2P kecepatan 10 Mbps dan harga langganan sebesar Rp330.000 tiap bulan. Hari ini saya melihat biaya langganan baru IndiHome 2P dengan kecepatan 20 Mbps adalah Rp275.000 sebelum PPN. Jadi dengan PPN adalah sebesar Rp302.500 per bulan. Apakah hal ini tidak mengecewakan pelanggan lama?

Hari ini saya mencoba untuk negosiasi untuk menyamakan hak saya, tetapi CS mengatakan untuk upgrade speed dengan biaya Rp27.500. Bukannya konsumen berhak untuk mendapatkan layanan yang sama dengan biaya yang sama?

Tolong kepada IndiHome agar menyamakan layanan dengan biaya yang sesuai, yaitu dengan Rp300 ribu sekian tersebut bisa mendapatkan layanan yang sama yaitu 20 Mbps.

Sebagai rujukan, konsumen berhak untuk mendapat layanan yang sama ada di Undang-Undang:

“Hak pelayanan tanpa tindak diskriminasi

Perilaku diskriminatif terhadap konsumen merupakan salah satu bentuk pelanggaran atas hak konsumen. Pelayanan yang diberikan oleh produsen tidak boleh menunjukkan perbedaan antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lainnya.”

Bobby Handoyo
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Bobby Handoyo

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat keluhan pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Memang pelanggan baru lebih murah dan yg lama lebih mahal karna mengacu awal pemasangan. Kalau mau pindah ke tarif yg baru sebaiknya dtg ke plaza telkom aja minta berhenti dan daftar ke yg baru. Itu bisa kok cuma indihome masih menganut FUP jd gak pure unlimited. Yg bayar lebih mahal dapat FUP lebih banyak daripada yg tarif Baru. Kalau cuma buat rumahan mending tutup dan oindah ke yg baru karna makin ke sini makin murah soalnya makin banyak yg pakai dan persaingan

    • Hal yang sama terjadi pada Saya, yang merupakan pelanggan lama sejak 2012_2013. Sudah berapa kali mengajukan penyesuaian ke plaza Telkom..namun jawabannya tetap sama. Kebijakan tersebut merupakan utk pelanggan baru. KPPU harus mengkaji tindakan ini apakah dilarang atau tidak sesuai Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) merancang pedoman pasal di dalam UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Kali ini terkait Pasal 6 tentang diskriminasi harga. Pasal 6 menyatakan, pelaku usaha dilarang membuat perjanjian yang mengakibatkan pembeli yang satu harus membayar dengan harga yang berbeda dari harga yang harus dibayar oleh pembeli lain untuk barang dan atau jasa yang sama.
      Mohon KKPU agar dapat meresponse hal ini. Terima kasih.

  • Klo ada pilihan ISP laen mending jauh² dah urusan sm indihom. Klo cma perlu ny inet aj, ga usah pake tv ato layanan² lain spy hemat. Saya dlu pake si 'biru' naik terus walopun byk ga dipake layanannya, terakhir 600rb/bln speed upto 30Mbps channel tv premium. Skrg pake si 'ijo' 50Mbps cm 270rban/bln ga pake layanan tv dll

  • Tinggal upgrade ke 20mbps saja, otomatis tagihan turun (ikut tagihan baru).
    Tp saran saya ndak usah, krn FUP juga ikut yg baru, dan sepertinya FUP 20mbps baru lebih rendah drpd FUP 10Mbps lama.

    Tinggal menyesuaikan saja bos, jangan terlalu kaku jd orang, malah ribet sendiri.

  • Menurut saya kecepatan 10 mbps atau 20 mbps hanya wacana, kenyataannya kita pelanggan hanya mendapatkan 50 % dari kecepatan yg dijanjikan, bahkan terkadang lebih rendah lagi, solusinya adalah pindah ke ISP lain, kecuali mmg tidak ada pilihan.

  • Klo indihome semau gue tentang tarif pelanggan lama dan baru,lama2 juga ntar ditinggal konsumen apabila ada isp/provider lain yg lbh murah masuk.biar waktu yg bicara.

  • Kiranya Indihome memperhatikan loyalitas semua pelanggan, secara khusus pelanggan lama yang telah terbukti lebih setia.
    Apalagi beberapa hari terakhir sering terjadi gangguan dari pusat, yang menyebabkan penurunan kualitas layanan Indihome. Dan kamipun tetap setia sampai sekarang.
    Indihome dengarkan dan respon keluhan pelanggan setiamu.
    Terima kasih.