Surat Pembaca

Keluhan Pesan Barang di Aplikasi Akulaku

Pada tanggal 07 Juli 2021, saya memesan Samsung Galaxy A21s rRAM 6 GB ROM 128 GB di Akulaku, dari merchant Pusat Celular, dengan pembayaran uang muka sebesar Rp530.000 (sudah dengan ongkir sebesar Rp20.000). Tanggal 07 Juli 2021, pesanan sudah dijemput oleh kurir SiCepat dengan nomor resi: 001126935429, yang ternyata nomor resi palsu, sebab nomor resi tersebut untuk pengiriman orang lain yang sudah lewat waktunya.

Sejak tanggal 09 Juli 2021, saya sudah mencoba chat merchant Pusat Celular, tapi tidak mendapat tanggapan. Customer service Akulalu yang saya hubungi menyarankan untuk menunggu tanggapan dari merchant dalam waktu 14 hari kerja dari tanggal chat, yang berarti tanggal 29 Juli 2021.

Tanggal 23 Juli 2021, status pengiriman sudah diterima, padahal barang belum sampai. Pada tanggal 27 Juli 2021 saya menelepon Akulaku lagi untuk komplain dan meminta pembatalan pembelian. Saya disuruh menunggu sampai tanggal 29 Juli 2021.

Tanggal 29 Juli 2021, saya kembali menghubungi Akulaku dan diarahkan untuk komplain dan pembatalan pesanan melalui aplikasi Akulaku dalam option feedback merchant. Semua langkah sudah saya lakukan, tapi hingga saat ini belum ada solusi dan uang muka dan limit cicilan Akulaku belum kembali.

Tolong segera laporan saya diproses. Saya tidak bersedia membayar angsuran pada tanggal 02 Agustus 2021 untuk barang yang tidak saya terima, sebab sudah jelas ada unsur penipuan dari merchant Pusat Celular yang seharusnya sudah di-black list.

Terima kasih.

Sanggup M. Purba
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Sanggup M. Purba

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Sanggup M. Purba pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Pengalaman saya Pribadi melakukan pembelian diakulaku selama ini aman-aman aja, bahkan limit kredit saya udah mencapai 10jt. Awal-awal belanja di AKULAKU juga sempet Deg-degan, karena nomer resi tidak bisa dicek (bukan seller official). Tapi Alhamdulillah barang diterima dg aman. Saran saya kalau belanja lewat aplikasi AKULAKU wajib di toko yg official. Kemudian saya akhirnya selalu beli di official store. Tapi kemudian saya berhenti belanja lewat aplikasi AKULAKU langsung, saya lebih memilih belanja lewat Shopee lalu dengan pilihan pembayaran AKULAKU. Karena kalau lewat Shopee komplainnya lebih mudah, dan sellernya pun punya rating yg jelas.

  • saya pada tanggal 1 agustus 2021 kemarin membeli laptop di akulaku merchant GOLDEN STORE, barang dikirim pada hari yang sama tetapi dengan mencantum kan resi palsu, saya berkali-kali menghubungi toko tidak dibalas, mencoba hubungi cs pun tidak responsif. jika pihak akulaku tidak ingin bertanggung jawab setelah 14 hari tepatnya 14 agustus . saya akan melaporkan kepihak berwajib seperti polisi dan ojk.