Keluhan Cara Penagihan Adira Finance ke Rumah Saya

Selamat sore, saya nasabah peralihan dari U Finance ke Adira Finance. Pada hari Jumat sore tanggal 6 Agustus 2021 ada petugas yang mendatangi rumah kami. Tidak ada konfirmasi sebelumnya ke kami. Kemudian ybs memberikan surat tagihan tulis tangan sebagaimana terlampir.

Kami keberatan dengan model surat tagihan yang terkesan abal-abal dan kurang bisa dipercaya keabsahannya. Saya sudah meminta kepada petugas tersebut, agar mengirimkan surat tagihan resmi di atas kop surat yang jelas alamat kantor dan nomor telepon kantor yang bisa dihubungi.

Mohon dalam melakukan penagihan, Adira tidak menggunakan cara yang tidak etis seperti ini. Apalagi kebetulan di rumah hanya ada istri dan anak-anak saya. Otomatis keluarga kami bingung, tiba-tiba ada petugas yang datang dan belum kami yakini keabsahannya. Dikhawatirkan ada oknum-oknum yang mengatasnamakan Adira Finance yang mencoba melakukan modus penipuan dan tindak pidana melanggar hukum lainnya.

Kami lampirkan bukti tagihan dan foto identitas petugas yang mengatasnamakan Adira Finance tsb. Demikian, mohon ditanggapi dan segera ditangani dengan baik oleh pihak ADIRA Finance sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Ata Rifma Firdausa
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Adira Finance:
[Total:150    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Keluhan Cara Penagihan Adira Finance ke Rumah Saya

    • 8 Agustus 2021 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Hei Bung Ata, Lu Bisa Baca Kan?? Itu Diminta Datang Langsung Ke Adiranya Untuk Pembayaran Angsuran… Udh Gak Waras Lu Sebagai Debitur, 3 Bulan Nunggak Ya Wajar aja Ditagih Begitu. Kalo keberatan di Tagih dirumah, Kasih aja Alamat Kantor, Tempat Usaha atau Rumah Mertua lu sekalian

      5
      4
    • 8 Agustus 2021 - (17:32 WIB)
      Permalink

      Maksudnya gimana sih bos.. di kop tulisannya surat titip pesan nasabah/surat peringatan. Kalo dibaca kronologisnya :
      1. rumah sdr. ATA di datangi perwakilan Adira
      2. sdr. ATA tidak berada di rumah
      3. Perwakilan Adira menitipkan pesan melalui istri sdr. ATA untuk memberitahukan bahwa sdr. ATA memiliki tunggakkan 3 bulan ke Adira dgn nominal dan perincian seperti tertulis.
      4. Pembayaran dilakukan melalui jalur resmi yg ditunjuk atau langsung ke kantor Adira bogor 2

      Terus maunya seperti apa ya?
      1. Apakah informasi di isi surat itu benar kalo sdr. ATA punya kewajiban yg harus diselesaikan? Jika ya tinggal selesaikan kewajiban saudara. Jika tidak lapor ke pihak berwajib kalau ada usaha penipuan.
      2. sdr. ATA sudah tahu merupakan nasabah peralihan ke Adira. Apakah sdr. ATA pernah diinfokan prosedur pembayaran atau kewajiban sdr. ATA setelah peralihan?
      3. Apakah sdr. ATA mempunyai nomor aktif yang sesuai dengan yg terdaftar di database Adira atau perusahaan finance sebelumnya dan dihubungi ke nomor tersebut?
      4. Infokan kalau sebelum di datangi kerumah apakah anda pernah dihubungi untuk pemberitahuan ada kewajiban yg harus di lunasi. Masih mending 3 bulan nunggak baru didatangi. Bulan 1 dan 2 gimana ceritanya? Kenpa blm dilunasi? Tidak mengetahui cara pembayaran atau sengaja tidak bayar aja?

      Cobalah menjelaskan permasalahnya dengan info lengkap dan berimbang. Tidak menggiring opini.
      Intinya kalau memang punya tunggakan ya selesaikan. Kalau tidak punya tunggakan tapi ditagih baru anda komplain!

      10
      1
      • 9 Agustus 2021 - (05:43 WIB)
        Permalink

        Menunjukkan minimnya literasi si debitur, mau berhutang begitu gak mampu membayar gak mau ditagih, mungkin saja jadi ketahuan istri klo alokasi utk bayar angsuran mobil ternyata dipakai utk hal lain, terus ribut makanya cari alasan pembenar supaya gak bayar, lagian itu hanya surat pemberitahuan saja klo anda menunggak 3x, klo benar ya bayar tunggakan anda, klo gak benar ya diabaikan saja, gitu aja kok repot, apa sengaja mau kebodohan anda jadi viral?

    • 9 Agustus 2021 - (01:20 WIB)
      Permalink

      Ya Allah nunggak 3 bulan aja sudah 14 jt-an.. Baca tagihannya udah merinding.. cuma bisa doain aja moga dimudahkan urusan hutang nya ya gan..

  • 7 Agustus 2021 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Kalo bukan kerumah, terus kemana mas? Ke kantor kelurahan?

    Ya pasti kerumah yg bersangkutan dong. Semoga segera selesai masalahnya.

    8
    30
    • 7 Agustus 2021 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Baca lagi yg bener coba. Yg dipermasalahkan bukan ke rumahnya tapi surat penagihan dengan tulisan tangan dan bukan diatas kertas dengan kop adiranya. Ntar kalau ternyata penipuan juga paling orang macam elo yg mengkritik.

      30
      7
      • 7 Agustus 2021 - (23:31 WIB)
        Permalink

        baca lagi yg bener isi suratnya. yg nagih ga minta di bayar di tempat kan? kl ga mau di tagih jgn nunggak / ngutang .beres kan.

        15
        15
        • 8 Agustus 2021 - (15:28 WIB)
          Permalink

          Klu saya lihat itu adalah surat Pemberitahuan keterlambatan pembayaran, bukan surat penagihan. Masak anda tdk bisa menbedakan, saya rasa justru anda sendiri yg kurang jeli. Jadi jangan berhutang klu setelah hutang di tanyakan malah balik marah.

          3
          2
      • 8 Agustus 2021 - (17:35 WIB)
        Permalink

        Kalau merasa penipuan tinggal lapor polisi. Malah nulis keluhan di media konsumen. Emang media konsumen bisa menyelesaikan kasus penipuan?

    • 8 Agustus 2021 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Intinya ini surat peringatan dan hal umum jadi hutang lebih baik diselesaikan ini masih wajar lo penagihannya dengan surat anda sebagai debitur juga harus peka. Toh disini disuruh membayar di adira atau channel bank. So lakukanlah kewajiban membayar kalo tidak mau mendapat surat ini.

    • 8 Agustus 2021 - (12:38 WIB)
      Permalink

      Betul itu. Kalau mau konfirmasi terkait keabsahan surat pemberitahuan ya datang ke kantor nya.
      Kalau telat bayar pasti datengnya ke alamat tagih dan yg namanya penagihan ga mungkin mau dateng bilang2 dulu sebelumnya

  • 7 Agustus 2021 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Iku pasti yg nagih sdh pihak ketiga..sama kyk homecredit dll..pasti suratnya kyk fotocopian kertasnya tdk asli…krna tdk ketemu sama yg bersangkutab mangkanya dikash surt model begono😀😀😀

    7
    2
  • 7 Agustus 2021 - (23:37 WIB)
    Permalink

    mau yg resmi kayak apa? lah itu di suruh bayar ke kantor cab adira kan? kecuali di minta bayar di tempat.makanya jgn banyak gaya kl gak duit.banyak gaya modal ngutang.giliran di tagih merasa terZOLIMIN.padahal sendiri yg zolim lalai sama kewajiban..mmg kocak kaum +62

    10
    5
    • 8 Agustus 2021 - (12:25 WIB)
      Permalink

      3 bulan nunggak masih wajar lah kaya gitu dan lagi DC ga nyuruh bayar di tempat hanya nitip surat tagihan dan dibayarkan di kantor Adira terdekat karena biasanya kalo telat 3 bulan nomer kontrak akan di blokir dulu dan yg bisa buka hanya saat pembayaran di kantor melalui spv kolektornya

      Jangan merasa dizolimi dah kalo memang sudah ga mampu bayar ya balikin aja

  • 8 Agustus 2021 - (00:28 WIB)
    Permalink

    Jika tidak ada tunggakan tidak akan ada DC Adira datang ke rumah dan meninggalkan surat “wasiat”. Surat itu hanya pemberitahuan bahwa Anda belum bayar tunggakan, lagipula DC tidak minta dibayar di rumah. Jadi, tidak perlu keberatan dengan surat tanpa kop resmi, kecuali Anda tidak punya tunggakan, baru komplain. Justru dengan menulis surat diatas, menunjukkan Anda punya tunggakan kredit yang belum dibayar.

    Apakah dengan menulis surat diatas, Anda berharap pihak Adira tidak menagih? Mereka akan terus menagih sampai Anda bayar, mereka tidak akan berhenti menagih, meskipun Anda membuat keluhan di media konsumen ini.

    Saya bukan DC, jangan dituduh saya DC atau orang Adira, saya tidak ada kaitan dengan Adira, saya cuma menanggapi surat Anda saja.

    17
    1
  • 8 Agustus 2021 - (00:37 WIB)
    Permalink

    dc sumsang kali pak.. sekali pun kreditur nunggak pihak penagih wajib surat resmi atau tagihan resmi. sekelas adira masa ga bisa pake surat resmi..?! hallo dc sumsang.. semoga cepat waras🤣🤔

    3
    7
  • 8 Agustus 2021 - (04:20 WIB)
    Permalink

    Dilihat Dari Nominal dan Jumlah Angsuran, Itu Kredit Mobil atau Moge Sepertinya Ya?
    Selama Tidak Diminta Langsung Dibayar Ditempat Saya Rasa Itu Hal Yang Wajar dan Normal. Surat Tersebut Hanya Sebagai Pemberitahu dan Menginformasikan Kalau Anda Memiliki Hutang atau Tagihan Yang Tertunggak. Dan Disurat Tersebut Tertulis Anda Diminta Membayarkannya Ke Cabang Adira Yang Tertulis dan Bukan Ke Nomor Rekening atau Virtual Account Yang Tidak Jelas. Dan Itu Jauh Dari Indikasi Penipuan.
    Mohon Lebih Bijak Lagi dan Tidak Membiasakan atau Menjadikan Bahwa Penghutang adalah Orang Tertindas. Lalu Tampil Ke Muka Umum Sebagai Korban atau Sebagai’nya. Bagaimanapun Juga Hutang Seperti Ibadah. Ada Kewajiban Untuk Membayar’nya.

    12
    • 8 Agustus 2021 - (10:08 WIB)
      Permalink

      saya sebagai konsumen merasa malu bro dengan postingan ini,,, tidak ada yg salah dari surat itu dan tidak ada indikasi tipuan krna jelas banget himbauannya utk membayar ke kantor cabang atau outlet resmi ADMF… dari postingan ini cuma menunjukan anda sebagai konsumen tidak memenuhi tanggung jawab anda atas angsuran…duh duh…piyeee jal jal…

  • 8 Agustus 2021 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Di masa PPKM saat ini kator di tutup mas, gimana mau buat surat yg pake kop surat wong kantornya aja gak buka, sebenernya surat tagihan dengan tulisan tangan itu seperti tamparan keras di muka anda, agar melunadi tunggakan hutang anda, jika di rasa gak sanggup bayar ya di ikhlaskan aja

    4
    1
    • 8 Agustus 2021 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Kantor finance masih tetap buka om, sektor perbankan dan pembiayaan masih diperbolehkan buka saat ppkm ini.

  • 8 Agustus 2021 - (13:34 WIB)
    Permalink

    tidak disebutkan apakah anak istrinya disuruh membayar.. sepertinya tidak ya..
    suratnya juga tertulis cuma titip pesan…

    jadi yang penting disini bayarnya ke temoat yang benar atau no rekenining yg benar.. tidak masalah suratnya …

    • 8 Agustus 2021 - (13:49 WIB)
      Permalink

      di titipin pesan suruh bayar tunggakan aja masih komplin soal bentuk suratnya di mk.padahal jelas2 di surat tertulis di suruh bayar kemana.gimana kl ga di tagih???susah mmg +62 yg hobi ngutang .kewajiban gak di laksanakan tapi nuntut hak wkwkwwk ngakak coy.

      5
      1
  • 8 Agustus 2021 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Surat pemberitahuan dari DC Adira tentang penagihan tunggakan kredit sudah sangat jelas, ada kop surat dan nomor teleponnya juga. Jika diperhatikan, tidak ada indikasi atau modus yang mengarah penipuan!

    Lagipula tidak ada pemaksaan untuk membayar ditempat, cuma pemberitahuan untuk segera membayar tunggakan. Seharusnya tidak perlu ada keberatan tentang surat pemberitahuan itu, kecuali penulis keberatan dititip surat itu di rumah sehingga keluarga jadi tahu tentang adanya tunggakan.

    Terkadang sangat mengherankan bagi sebagian debitur kredit, ditagih baik-baik dengan surat pemberitahuan salah, ditagih dengan kata-kata kasar apalagi disertai ancaman sudah pasti ngamuk, merasa jadi korban. Harusnya bagaimana mereka menagih ya? Atau tidak perlu menagih, menunggu itikad baik dari yang berutang?

    • 8 Agustus 2021 - (21:18 WIB)
      Permalink

      buat kaum ngutanger mereka yg paling bener .yg kasih ngutang yg salah.logika mereka gitu beda sama org waras.kl org waras ada surat peringatan kayak gitu pasti sibuk cari cara lunasin bkn malah komplain soal suratnya.mmg kocak kaum ngutanger..

  • 8 Agustus 2021 - (20:51 WIB)
    Permalink

    Solusi nya mudah,jika tidak bisa/tidak mau membayar jgn hutang.
    Masih untung ini adalah surat peringatan tidak resmi,jika pemanggilan resmi lengkap dengan kop surat,cap perusahaan,dan tanda tangan bagian berwenang berarti sudah masuk ranah hukum perdata.

    • 8 Agustus 2021 - (21:10 WIB)
      Permalink

      @shfty banyak alasan mmg ga mau bayar itu.mau yg datang ngasih surat pake kop perusahaan juga ga bakal di bayar.kl mmg niat bayar mah harusnya ga perlu sampe di tagih namanya kaum ngutanger .ngutang mau bayar ogah .udah abis urat malunya x btw banyak kaum NGUNTANGER BUTA HURUF DISENE.. JELAS2 SURAT DITULIS SURAT PERINGATAN DAN DI SURUH BAYAR KE PIHAK ADIRA LANGSUNG BKN BAYAR DI TEMPAT BKN NAGIH DI TEMPAT

  • 9 Agustus 2021 - (05:37 WIB)
    Permalink

    Niat hati mau cari simpatik orang ternyata di bully orang.
    Niat hati mau pamer orang yang terzolimi ternyata dirinya yang zolim
    Niat hati mau bikin Adira viral eh malah dirinya viral karena ******
    Niat hati mau laporan adira gak profesional ternyata dirinya yang gak profesional

    Anda sehat? Anda waras?Anda abis ***** ******?

  • 3 September 2021 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Ma’af sebelumnya,
    saya pernah kejadian nih kayak pak Ata.
    Tapi bukan dari Adira.
    saya sebenarnya hawatir, ditengah kondisi ekonomi lagi turun.
    tidak ada konfirmasi, tau-tau ditelfon DC kalau lagi dirumah saya.
    menanyakan angsuran saya yang telat,

    Kira-kira bapak kesel enggak?
    kita lagi mikirin kerjaan, tambah mikirin ini orang/tamu beneapa kagak?

    saya lagsung bilang tuh via telfon.

    : ” Bapak enggak bisa kalau info dulu ke kita,
    itu istri saya juga enggak tau, kita enggak pernah ketemu, enggak bisa membuktikan bapak itu petugas bener apa penipu.
    minimal dari kantor bapak bilang ada kunjungan ke rumah saya, walaupun saya enggak ada dirumah, saya nanti ada pesen ke istri saya.”
    ; ” sekarang bapak pulang aja. saya yang ke kantor bapak besok!”

 Apa Komentar Anda mengenai Adira Finance?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Keluhan Cara Penagihan Adira Finance ke Rumah Saya

oleh Ata dibaca dalam: 1 menit
31