Surat Pembaca

Transaksi Fraud Kartu Kredit BNI di Merchant Apple.com Sampai 2 Kali, Bagaimana Sistem Keamanannya?

Saya adalah pengguna kartu kredit BNI, sampai ada kejadian tanggal 16 Agustus 2021 sekitar pukul 8 pagi. Saya mendapatkan notifikasi bahwa kartu kredit saya di gunakan di Apple.com senilai Rp45.000 dan muncul notifikasi di email saya. Tanpa pikir panjang, saya pun langsung telepon pihak BNI melalui nomor 1500046.

Kemudian saya diberikan solusi untuk menyanggah dan memblokir kartu kredit saya. Saya pun setuju. Karena saat saya langsung telepon saat itu juga, ternyata tagihan tersebut belum muncul di sistem mereka (ini sudah janggal, saya mendapatkan notifikasi email bahwa ada transaksi pukul 8 pagi dan pihak BNI menyatakan bahwa di sistem mereka belum masuk).

Akhirnya mereka memutuskan untuk memblokir kartu saya dan akan mengirimkan kartu yang baru. Ok saya pikir masalah sudah selesai, dan pastinya saya tidak mau jika diminta untuk bayar tagihan di Apple.com, karena saya tidak punya produk Apple dan saya tidak menggunakannya sama sekali. Saya punya rekaman percakapan audionya, akan saya beberkan jika diperlukan.

Selanjutnya beberapa hari kemudian tibalah kartu baru dan saya terima pada tanggal 23 Agustus 2021.

Tanggal 24 Agustus 2021 saya baru mengaktifkan kartu kredit saya melalui SMS ke 3346, selanjutnya meminta PIN pada tanggal tersebut juga. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 2021 sore hari, saya pun menuju ke ATM terdekat yang ada di Poris Indah. Setelah PIN saya ubah, maka saya tidak menggunakan kartu tersebut.

Ternyata pada tanggal 26 Agustus 2021 sekitar pukul 11.43 siang, masuk kembali notifikasi bahwa kartu kredit yang baru saja diganti, diterima, diaktifkan dan diganti pin di ATM, tiba-tiba saja sudah digunakan orang lain kembali di merchant yang sama yaitu Apple.com senilai Rp45.000.

Saya pun segera telpon kembali BNI, ternyata jawaban mereka adalah akan diinvestigasi 45 hari ke depan.

Wow, ini adalah murni kesalahan sistem keamanan mereka yang JELEK. Kenapa saya bilang JELEK? Baca kronologi cerita saya, kok bisa kartu yang belum terpakai tiba-tiba ada yang pakai? Di merchant yang sama dengan sebelumnya, tanpa ketahuan siapa pemakainya, dan saya bukan pengguna produk Apple

Parahnya lagi ini transaksi kartu kredit, kenapa tidak meminta OTP ke nomor HP saya? Langsung tertagih di email saya? Jelas saya tidak akan bayar untuk 2 transaksi yang bukan saya lakukan. Saya sudah katakan, jika tidak ada itikad baik dari CS BNI tadi yang berbicara dengan saya, maka saya akan buka di Media Konsumen.

Saya tidak mau membayar transaksi yang bukan saya pelakunya. Silahkan buktikan dengan langkah jalur hukum pun saya siap, nilai 45 ribu x 2 mungkin bukan nilai yang besar buat beberapa orang, tetapi dengan kejadian seperti ini, artinya penggunaan kartu kredit dari BNI jelas SANGAT TIDAK AMAN.

Semua percakapan di telepon saya punya rekamannya semua, BNI mau ngotot seperti apa pun untuk saya bayar, jelas saya MENOLAK, dan saya tidak mau bayarkan. Jika tetap tertagih dan tiba-tiba muncul bunga akibat tidak saya bayar, maka jelas hal ini BNI memang dengan sengaja melakukan perangkap.

Untuk pihak Apple Indonesia, kenapa kartu kredit saya bisa terpakai di merchant kalian? Sedangkan saya bukan pengguna produk kalian. Dalam kasus saya ini, saya minta pertanggung jawaban terhadap BNI dan Apple.com. Saya sangat terbuka dengan apa yang saya tulis, semua bukti konkrit baik percakapan, email, dan SMS saya sudah simpan semua.

Sebagai tambahan, sejak kejadian tadi siang, saya sudah email ke pihak BNI dengan menyertakan dokumen sebagai sanggahan. Namun sampai detik surat ini ditulis, tidak ada respon atau jawaban apapun dari pihak BNI melalui email yang sudah saya tulis.

Kartu Kredit saya dipakai secara ilegal, saya sebagai konsumen sangat dirugikan dengan ketidak mampuan sistem keamanan dari BNI dan tentunya Apple.com selaku merchant juga diragukan sistem keamanannya. Karena melakukan pembayaran tidak menggunakan OTP sama sekali yang dikirimkan ke pemilik yang sudah menghubungkan nomor telepon dengan kartu kredit. Saya siap dihubungi oleh kalian berdua.

Teddy Irawan
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Penjelasan BNI Tentang Transaksi Fraud Kartu Kredit BNI di Merchant Apple.com Sampai 2 Kali, Bagaimana Sistem Keamanannya?

Dengan hormat, Berkaitan dengan surat pembaca dari Bapak Teddy Irawan (mediakonsumen.com,27/08) tentang “Transaksi Fraud Kartu Kredit BNI di Merchant Apple.com...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya jg mengalami dengan apple.com ini. petama rp.0; terus naik jadi 259.000, terus naik jadi 799.00. Ada baiknya seluruh transaksi harus melalui OTP. Ini memang ada merchant2 yang dibolehkan tanpa OTP. Setidaknya dengan OTP ada double checknya.

  • Saya baru mengalami beberapa hari lalu tepatnya 22 Juli 2023, dengan 4 transaksi ditanggal yang sama di apple.com, kartu saya stand chartered dipakai oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Saat ini sedang dalam proses sanggahan untuk 4 transaksi yang saya tidak lakukan.

  • Saya juga baru mengalami hal yg sama. Apple. Com sebanyak 15 kali transaksi @ 1.599.000 total tagihannya 23.985.000.
    Pihak BNI bilang pemprosesan sanggahan di 95 hari kerja.
    Waktu saya bilang ditutup saja, pihak BNI bilang ngga bisa karena harus menuntaskan penyelidikan dulu. Sampai terbukti bukan saya yg melakukan. Duh mereka yang sistemnya unsecured, kita yg direpotkan.

    • halo mba rita saya juga mengalami hal yang sama dengan nominal penagihan yang sama, kalo boleh tau mba rita ini domisili mana yaa apakah pulau kalimantan ?

      • Akhirnya BNI menanggung tagihan. Tapi saya tutup kartunya. Padahal sudah lebih dari 15 tahun saya pakai

    • izin bu rita, untuk keberlangsungan khasusnya bagaimana? soalnya saya juga terkena hal serupa transaksi dengan nilai 28 jt 43x transaksi dengan jumlah yang berbeda beda, sudah saya laporkan ke BNICALL, untuk di harap menunggu masa sanggah

    • Bu Rita, apakah BNI membatalkan transaksi2 fiktif itu?
      Saya juga kena bbrp kali Rp1.599.000 secara tiba2 hingga limit kartu kredit saya Rp20jtan dari apple.com.

  • Saya juga baru mengalami hal yg sama pada saat bangun tidur di pagi hari, dan terkaget sekali melihat email yang masuk.

    Tadaaa, Tertera ada transaksi di Apple.com/BILL
    CC BNI sebanyak 13 kali transaksi @ 1.599.000 pada tanggal 12 agustus 2023 tidak adanya pemberitahuan OTP, tidak adanya invoice apple/bill pembelian apa dan hanya bukti transaksi dari apple.com/bill padahal saya tidak melakukan hal tersebut, bahkan saya saat ini tidak menggunakan produk apple.

    Pihak BNI menginfokan pemprosesan sanggahan di 92 hari kerja.
    Waktu menanyakan untuk menyelesaikan tagihan sebelumnya yg masih berjalan ( tanpa 13 kali transaksi @ 1.599.000 ) dan mengirimkan kartu baru setelah proses sanggahan selesai, Pihak BNI menginfokan tidak bisa karena harus menuntaskan penyelidikan dulu dan akan tetap mengirimkan kartu barunya.

    Sudah menggunakan CC BNI selama 10 tahun baru kali ini mengalami hal seperti ini.
    Semoga ada kabar baiknya.

    • Hallo pak laksana , saat saya membaca keluhan anda membuat pikiran saya lumayan adem karena apa yang anda alami sama persis sis di jam dan hari yang sama di merchan yang sama pula, cuma bedanya untuk sanggahan saya disuruh menunggu 30 hari kerja, tolong kabar kabar disini pak kepanjutanya gimana, kalo sampe tagihan sebesar itu dibebankan kepada kita palanggan setia betapa buruknya bni

    • izin pak ricard, untuk keberlangsungan khasusnya bagaimana? soalnya saya juga terkena hal serupa transaksi dengan nilai 28 jt 43x transaksi dengan jumlah yang berbeda beda, sudah saya laporkan ke BNICALL, untuk di harap menunggu masa sanggah

  • Halo Semua, saya juga baru cek tagihan saya, dan kena total 20x transaksi hingga limit kartu kredit saya Rp20jtan dari apple.com/bill.
    Saya tidak punya akun itunes, tidak punya apapun Apple.
    Transaksi2 tidak minta OTP, tidak di red flag oleh BNI multiple transactions secara tiba2 ini?
    CC BNI parah sistem keamanannya hati2!

    Padahal sudah 2 bulan transaksi CC BNI saya = Rp0. Maksud hati punya CC "just in case butuh" malah jadi kasus begini.. Ada yang dapat pemberitahuan di WA jika ada transaksi CC? Berbicara dengan CS BNI diminta kirim email ke BNICALL@bni.co.id dan dijelaskan apa saja yg tjd.

    SEMOGA ADA GOOD NEWS, will update this forum.
    Yang lain ada update?

    • update:
      2 Feb '24: kirim email sanggahan ke BNI
      4 Feb '24: dibalas BNI intinya "Dokumen telah kami terima dan kami teruskan ke unit terkait untuk ditindaklanjuti".
      19 Feb '24: telfon BNI call minta update kasus. Kata CS selesai paling lambat 25 April (artinya 66 hari dari tgl 19 Feb)