Surat Pembaca

Hentikan Praktik Manipulasi Berat Produk Pengiriman Grab dan Gojek oleh Seller Nakal di Tokopedia

Kepada Yth.
Tokopedia, Gojek, dan Grab

Izinkan saya mewakili para seller Tokopedia yang jujur dan juga mewakili para driver GoSend (Gojek) dan GrabExpress menyampaikan keluhan atas masalah ini untuk ditindaklanjuti.

Praktik manipulasi berat produk untuk bisa dikirimkan sebanyak-banyaknya lewat kurir driver GoSend dan GrabExpress Instant dan Same Day sudah jadi kebiasaan yang dianggap lumrah oleh para seller nakal di marketplace Tokopedia. Perilaku seperti ini selama ini tidak mendapat tindakan tegas dari Tokopedia, Gojek ataupun Grab. Kesannya dibiarkan saja.

Saya sudah membuat sekian banyak Laporan Produk Bermasalah di Tokopedia. Namun sampai saat ini saya hanya mendapat balasan email otomatis dari sistem Tokopedia. Para seller yang saya laporkan sampai hari ini masih berjualan seperti biasa dengan curang melakukan manipulasi berat produk.

Contoh dari manipulasi ini: Judul produk di Tokopedia yang dituliskan oleh seller misalnya Beras 10 Kg, tapi berat yang diinput di sistem Tokopedia oleh seller nakal misalnya hanya 2.000 gram. Artinya untuk kurir Same Day (max 7 Kg), bisa kirim 3 karung yang berat aslinya 30 Kg. Sementara kurir instan bisa kirim hingga 10 karung yang berat aslinya 100 Kg.

Berikut beberapa bukti atas keluhan kami ini, ada lampiran balasan otomatis dari Tokopedia tanpa tindakan lebih lanjut sampai hari ini, serta bukti screenshot produk dari para Seller nakal di Tokopedia yang memanipulasi berat produk beda dengan berat aslinya.

Ini masih sangat sedikit contoh, saya masih punya banyak bukti, masih banyak lagi hal seperti ini dilakukan dan dianggap lumrah karena tidak ada tindakan tegas dari Tokopedia, Gojek, ataupun Grab.

Bayangkan kurir driver yang mengantarkan barang ini dengan SEPEDA MOTOR harus membawa barang seberat itu. Tentu ini sangat membahayakan dan menyusahkan driver.

Para seller yang jujur pun harus gigit jari karena konsumen lebih memilih seller nakal ini. Sekali kirim bisa langsung banyak, sehingga hemat ongkir.

Artinya yang diuntungkan dari praktik ini hanya segelintir, tapi yang disusahkan banyak orang. DRIVER GOJEK dan GRAB serta PARA SELLER YANG JUJUR.

Kami harap Tokopedia, Gojek, dan Grab:

  1. Menindak tegas seller yang nakal ini dengan men-take down dan melarang penjualan produk yang dimanipulasi beratnya.
  2. Meningkatkan sistem di Tokopedia, Gojek, dan Grab agar ke depan tidak ada lagi praktik kotor manipulasi seperti ini.

Semoga kita semua bisa sukses dengan cara yang jujur. Dapat rejeki yang halal dan berkah. Serta para driver bisa aman dan nyaman berkendara mengantarkan pesanan pembeli. Semoga surat ini bisa membawa perbaikan.

Terima kasih dan harap dapat dipenuhi tuntutan kami.

Salam,

Yansen
Karawaci, Kota Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Semoga para penipu berat timbangan, akan berat juga dosanya saat ditimbang dihari akhir nanti

  • https://www.change.org/HentikanManipulasiBeratTokopedia

    Kami juga sudah buat petisi online dengan judul yang sama dengan surat terbuka ini, yang sampai hari ini sudah mendapat 176 tanda tangan. Mohon bantu ditandatangani dan dishare jika setuju. Jika tidak setuju, kami mohon maaf, kami hanya berupaya mengaspirasikan sesuatu yang benar untuk diupayakan solusi yang terbaik bagi banyak pihak. Terima kasih.

    • Penjual gila 20 kg tulis 2kg
      Pembeli juga gila beli beras pakai online dan sameday tambah lagi 3 karung edan
      Kalau 1 karung instant masih wajarlah sebab grab atau gojek berdasarkan jarak
      Driver juga gila kalau tidak mampu tetap mau bawa pesanan di luar kemampuan
      Terkecuali driver mampu dan ada deal deal antara penjual dgn driver

      • Ayo beli beras 25KG bisa muat 3 karung dengan sameday murah bukaan? di tokopedia Radja Beras