Lagi-lagi Sulit Meminta Hak Konsumen melalui CS IndiHome

Saya pelanggan Telkom dengan nomor 03414***84. Sebelumnya paket ini hanya telepon saja (paket lama, kabel tembaga). Walaupun mahal  (Rp270.000 – Rp300.000 untuk telepon saja), tapi karena butuh buat kerja, jadi tetap saya pakai dan tidak migrasi ke paket IndiHome. Dimana harga paket telepon IndiHome, sesuai dengan website indihome.co.id, adalah Rp235.000 sebelum PPN.

Alasan lainnya kenapa saya tidak ganti ke IndiHome, karena kalau mati lampu telepon akan mati juga. Jadi tetap saya pertahankan walau sudah dongkol mahal amat ini telepon. Namun akhirnya petugas menyatakan kalau layanan Telkom tembaga sudah tidak support, jadi telepon akan mati jika tidak diubah menjadi IndiHome fiber.

Permasalahan terjadi di sini. Saya sudah chat dengan CS Twitter. Namun selain chat gak selesai-selesai (permintaan verifikasi diulang-ulang), keinginan untuk mendapat paket telepon only seharga Rp235.000 sesuai dengan website indihome.co.id tidak digubris oleh CS IndiHome di Twitter. Mereka selalu mengatakan harga Rp330.000, yaitu untuk internet dan telepon.

Bobby Handoyo
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Bobby Handoyo

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat keluhan pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • seharusnya tidak perlu pindah paket 1P telepon meski pakai kabel fiber. saya punya 2 nomer telepon dengan abonemen 30ribuan (abonemen jaman tembaga), kabel diganti dengan fiber dan pakai modem/ont (wajib ganti karena tembaga dimatikan), tagihan tetap 30rban tidak ada perubahan dengan waktu tembaga.

    • bukan gitu Kak.. pemakaian abonemen memang besar dan saya ..user lebih nyaman pake pstn buat telp..dan saya sebagai pengurus billing tagihan seharusnya tau kalau hrs ganti paket 1P dimana harga 235000 bisa dapat 300 menit free +100Gsm .. ,tetapi tidak saya lalukan karena user tidak mau telp mati saat lampu mati..

    • Kantor saya juga pelanggan lama, tapi untuk saat ini kalau minta telpon saja sudah tidak boleh 30rb/bulan. Min 200rb an mendekati harga paket minimum untuk yg 2 Play (walaupun yg diaktifkan hanya telpon nya saja nantinya). Saya sudah konsultasi panjang lebar di Plasa Telkom, karena boss minta coba pakai provider lain, tapi nomor landline telpon kantor tetap dipakai.
      Karena ketentuan Telkom sekarang ini sangat merugikan kalau hanya pasang telpon saja harga segitu, akhirnya batal. Terpaksa pakai yg 2 Play dengan internet.

      • iya kalau kasus ini seharusnya bisa minta di ganti yg seperti paket lama yaitu paket tembaga..setahu saya billing tetap koq.. sedangkan untuk nomer saya memang pemakaian banyak yaitu 275.000 sd 300.000 an..dan karena di paksa ganti fiber jadi saya punya opsi untuk memilih paket telephone seharga 235.000 dengan benefit 300 menit loka interlokal+100 menit GSM

  • berarti memang mau minta yang paket 235rb ya? bisa langsung ke plasa telkom prosesnya lebih cepat, jangan lewat medsos.

  • ya apa gunanya CS kalau semua hrs ke plasa telkom? kalau ada permintaan yg upgrade yg menguntungkan lewat telp langsung di ACCept...kasih addon ga berguna dengan memanfaatkan ketidak tauan user tanpa perlu tanda tangan user langsung bisa... tapi ketika ada troble langsung di bikin ribet?

    • Ya itulah tidak tahu kenapa cs medsos susah diajak bicara, makanya saya kalau ada masalah langsung ke plasa jauh lebih enak diajak bicara dan prosesnya juga cepat.

        • @MT oh iya juga ada tulisannya ya...ya sdh lah tgl nunggu kebijakan telkom...saat seperti ini alangkah baiknya jika pelanggan ga di bikin ribet.. nambah addon tak berguna tanpa tandatangan use via telp langsung aja bisa koq...

    • bener namanya juga telkomnyet
      contoh kasus pemutusan berlangganan ribet baget sdh tlp ke cs untuk pemutusan melalui 147 sdh di ok ternyata 2 bulan kemudian cs tlp katanya blum bayar tagihan 2 bulan + denda yg lucu itu khan internet sdh di isolir yg artinya tdk bisa menggunakan internet kok disuruh bayar full semisal yg harus dibayar dendanya masih masuk akal ini yg mereka isolir disuruh bayar ibarat sewa mobil kagak dikasih kunci trus itu mobil parkir di pekarangan kita disuruh bayar perhari apa kagak gila itu telkomnyet

  • Gan, pernah ke luar negri gak sih? Sebelum ke luar negri, Ente pasti bikin paspor kan? Nah paspor kan ada 2 tarif. Tarif 24 halaman dan 48 halaman. Yang lebih murah kan 24 halaman. Di internet juga menyatakan bahwa imigrasi menyetarakan kedudukan 24 hal dan 48 hal. Tapi apakah ente bisa pilih 24 hal? Oh tentu tidak....

    sama dengam kasus ente, itu bukan hak ente untuk memilih. Ente harus memilih dengan indihome atau putus telpon. Klo bersikekeh pilih telpon saja, dan ente bilang itu hak ente, kewajiban ente apa? Klo kewajiban ente itu bayar, ya hak ente menikmati telpon dan indihome.

    kewajiban ente aja gak tau, malah bilang hak ente pilih telpon saja. Beli sono saham telkom 51 persen, biar rumah ente bisa pakai layanan telpon saja

    • @steven buzzer yang baik..,yang anda contohkan itu benar2 contoh keburukan bangsa ini..contoh passport tadi memang hak masyarakat untuk memilih 24 halaman maupun 48 halaman tetapi pada prakteknya di lapangan tidak ada harus 48 ini namanya hal yg salah..kenapa harus di pelihara? sama seperti kebijakan telp ..paket telephone yg saya maksud memang ada layanannya dengan harga 235.000 kenapa user harus dipaksa beli paket yg tidak diinginkan?

  • Dulu, 2009-an ada promo telkom yg masuk kerumah, pasang telpon (copper) gratis,
    2015/16 lupa, update copper ke fiber,
    Saya yg pas skripsi waktu itu perlu internet, sementara biznet blom masuk, ya tak update dri 1p(telp) ke 2p(tlp+inet)
    Maren 2019, biznet masuk, saya putus inet indiehome nya, balik ke 1p.

    Pasang aja dulu 2p, ntar putus inet nya,

  • Saya masih pakai telepon Indihome tanpa layanan internet dan TV kabel. Dalam sebulan cuma bayar sekitar 60rb doang.

    • iya Kak. kalau ga di ganti gpp koq kan lebih murah... paket indihome paling murah telp 235 itu..tp saat ini emang pemakaian rata2 bulanan 270 sd 300 ribuan an makanya saya request ganti paket yg 235000 dengan benefit 300 menit telp ..

  • Saya sudah alami itu tapi sudah saya putus karna memang sudah tidak di perlukan,dulu kalau sudah nggk ada solusi masalah perubahan biling saya pakai (Battery backup unit) seperti power Bank jadi kita cas di pakai kalo pas mati lampu untuk si modem nya