Surat Pembaca

Refund Debit Online Bank Mandiri dari Tokopedia Belum Masuk Rekening

Pada tanggal 7 November 2021, saya melakukan transaksi pembelian/top up reksadana di Tokopedia. Nomor invoice: INV/mutualfund/30294956, sebesar Rp36.350.000, pembayaran menggunakan debit online Bank Mandiri. Saat transaksi, statusnya masih menunggu verifikasi. Kemudian saya menghubungi CS Tokopedia melalui chat, meminta untuk dicek apakah pembayaran saya sudah masuk atau belum.

Saat itu CS Tokopedia (pukul 12.27) menyatakan pembayaran belum masuk dan saya diminta untuk menyanggah ke Bank Mandiri. Lalu saya telepon call center Bank Mandiri untuk menyanggah transaksi tersebut dan dijanjikan waktu 5 hari kerja selesai (ada bukti rekaman telepon), dengan nomor laporan: C211107-991030-807868.

Kemudian saya hubungi kembali CS Tokopedia. CS Tokopedia (pukul 13.13) meralat pernyataan sebelumnya bahwa pembayaran saya sudah masuk, tapi karena status orderan saya sudah terbatalkan maka otomatis pihak Tokopedia akan me-refund ke saldo rekening saya.

Saya merasa kecewa dengan CS Tokopedia yang pertama, kenapa tidak dicek yang benar pembayaran saya? Sehingga orderan saya jadi terbatalkan dan uang saya sebesar Rp36.350.000 jadi tertahan entah di mana. Sampai hari ini, tanggal 24 November 2021, uang saya belum kembali ke rekening saya.

Saya konfirmasi ke email Mandiri Care, estimasinya malah diperpanjang sampai 50 hari kerja. Yang mana tidak sesuai dengan komitmen awal CS Mandiri Call, yang mengatakan 5 hari kerja. Melalui surat pembaca ini, saya meminta kepada Tokopedia dan Bank Mandiri agar segera mengembalikan uang saya, yang mana uang itu akan saya gunakan untuk keperluan yang lain.

Demikianlah surat pembaca ini saya buat, saya ucapkan terima kasih kepada pihak Media Konsumen.

Nurhadi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kenapa Beli RD via pihak ketiga nilainya besar lagi.. Mungkin kalo sebelumnya pernah masukin nilai kecil dl dan lancar sih gpp.. Skrg kan banyak Aperd spt Bibit Bareksa dll.. Semoga cepar balik duitnya..

  • Trims untuk sharing, saya semakin yakin, sebaiknya pembayaran atau Hal yang sejenis dilakukan dengan semakin sedikit pihak ketiga yang terlibat.

  • LEBIH LANJUT INI MEMBERIKAN PELAJARAN BUAT KITA SEMUA BAHWA INVESTASI ITU CUMA OMONG KOSONG DOANG

    • Investasinya bener kok, karena sebelumnya aku juga pernah investasi via Tokopedia jg, cuma investasi yang sebenarnya (kalau tidak salah) di investasikan di Bareksa, jadi disini Tokopedia hanya sebagai perantara saja. Proses penjualan jg cepat, pengalaman ketika dijual, saat itu juga langsung masuk ke saldo Tokopedia. Baru dari saldo Tokopedia, oleh pemilik akun di transfer manual ke rekening yang terdaftar.

  • Klau beli nya pakai debit mana bisa masuk rekening, kecuali pembelian pakai CC, playment paylater dan gopay itu pun 7hari kerja tdk termasuk sabtu dan minggu atau tgl merah lainnya. D pahami dulu baru koar ngerasa bener. Pengguna baru aja maksa2 dana balik. Tutup aja laporan nya

      • Nh orng komen g nyambung ketawa pula, hadeuh gak bakal maju negri dongeng seperti ini …
        Tp Kyk nya klau ud ngerasa bnr mah w g usah jelasin lg dah.
        Tolong ya yg lain klau mau komen teliti dr capure dan teknis peraturan yg ad d toko ijonya

    • saya mengalami orderan dibatalkan menggunakan debit online mandiri, srefund dibalikin ke rekening mandiri

      [03/09 MTS Transaction CS-260821-045509-TOKOPEDIA.COM 00007-CS-260821-045509-TOKOPEDIA.COM ECOWEB5018- 77,000.00]

  • Sana coba cek di saldo tokopedia. Di menu refund. Kalau sudah masuk ke saldo refund, baru transfer ke rekening.

    bocah bocah. Baru dapet duit, malah main ginian. Udah batal transaksi, eh malah panik kelojotan.

  • Coba ke Bank Mandiri nya tanyakan dengan pihak terkait. Mungkin anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih detail. Semoga masalah anda cepat selesai