Surat Pembaca

LCD HP Samsung S20+ Bermasalah, Pihak Samsung Tidak Menangani dengan Baik Keluhan Saya

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Saya membeli HP Samsung S20+ pada 12 Maret 2021 (masih dalam masa garansi), dengan harga yang tidak murah. LCD HP saya mengalami kerusakan dan sudah saya laporkan ke Samsung Service Center sejak bulan November 2021. Pihak Samsung menyampaikan bahwa spare part belum tersedia dan saya diminta menunggu 1 minggu.

Saya berkali-kali menanyakan kepada pihak Samsung. Namun hingga Bulan Desember 2021, tidak ada kepastian, apakah HP saya akan diperbaiki atau diganti.

Setelah sekian lama menunggu, 23 Desember 2021, pihak VOC Samsung menghubungi saya dan menjanjikan MAKSIMAL tanggal 31 Desember 2021, HP saya sudah bisa diperbaiki dengan kompensasi perpanjangan garansi hingga 6 Bulan ke depan. Pihak VOC juga menjanjikan akan menghubungi kembali sebelum tanggal tersebut.

Meskipun kecewa dengan informasi tersebut, saya terpaksa meng-iyakan karena pihak VOC terkesan “memaksa” (untuk menerima keputusan menunggu, dengan perpanjangan garansi) dan tidak mendengarkan dengan baik keluhan saya. Pihak VOC berbicara cepat tanpa jeda, dan tidak memberi saya kesempatan menjelaskan dengan baik.

Hal yang membuat saya semakin kecewa, hingga hari ini belum ada kejelasan terkait dengan keputusan perbaikan/penggantian HP saya. Adapun kondisi HP saya semakin hari semakin parah kerusakannya, dan tidak dapat digunakan untuk bekerja.

Saya berkali-kali mengirim pesan Whatsapp dan menghubungi kembali nomor VOC yang menghubungi saya. Namun tidak ada respon sama sekali.

Saya merasa sangat-sangat kecewa, sehingga menuliskan keluhan ini. Mohon pihak Samsung dapat menanggapi dan menyelesaikan masalah ini dengan baik dan cepat, karena saya sudah terlalu lama menunggu, dan tidak mau lagi menunggu.

Saya merasa sangat dirugikan. Saya harap, pihak Samsung dapat melakukan penggantian unit HP saya, hari ini juga. Saya tidak mau lagi menerima/menunggu pergantian spare part, karena berkali-kali hanya janji palsu.

Terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salsabila Firdausy
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • dan akhirnya terjadi juga pada s20+ saya.. setelah update kmaren beberapa software crash. salah satunya peduli lindungi malah mari screen jadi hijau.. kadang sembuh sendiri, td kubawa ke ssc ditulis kerusakan setelah update sw sc data hilang.. dan disuruh ganti lcd seharga 3jt lebih perkiraan.. padahal sebelum update terakhir fine fine aja tuh screen..

  • Update Artikel ini!

    Setelah melalui proses yang panjang, 4 januari 2022 akhirnya LCD saya diperbaiki oleh pihak SSC. Tidak dikenakan biaya karena masih masa garansi.

    Namun demikian, akhir Juni 2023 lalu, hape S20+ saya kembali muncul pink line setelah melakukan update software. Hape tidak jatuh atau tidak terbentur.

    Apakah series S20 adalah produk cacat?

    Saya sudah ke SSC dan diminta pergantian LCD 3,4 juta, padahal hal ini bukan kesalahan konsumen. Akhirnya saya bawa pulang lagi dengan kondisi LCD yang semakin parah.

    Bagaimana pihak Samsung akan menanggapi keluhan semacam ini?

  • Handphone saya S20+ juga mengalami hal yang sama.
    Handphone tidak mengalami benturan, terjatuh atau terkena air namun tiba-tiba muncul garis hijau yang semakin hari semakin bertambah.
    Kalau sudah seperti ini menempuh jalur Badan Perlindungan Konsumen Nasional atau LAPOR.go.id bisa tidak ya?

    Sayang sekali kalau memang cacat produksi dan merugikan konsumen apakah tidak seharusnya di Recall masal?

  • saya juga mengalami hal yang sama untuk produk samsung S20 plus. saya kira dgn harga HP yg mahal dan merk ternama menjamin produk itu awet, tp nyatanya tidak....ini sdh yg kedua kalinya saya ganti LCD...yang pertama kali ganti LCD 1 tahun lebih 1 hari tiba tiba HP mati dan tidak bisa di hidupkan, saya bawa ke SC samsung ternyata LCD harus diganti dengan biaya 3,4 jt akhirnya saya ganti dgn garansi 3bln. setelah penggunaan 6bln muncul garis hijau 1, dan saya yakin ini LCD harus di ganti lagi...masa saya harus merogoh kocek 3,4jt lagi...akhirnya baru saya bawa ke SC setelah 1 thn krn mata saya sdh tidak kuat utk menggunakan hp dgn layar yg penuh dengan garis...krn semakin lama garis dilayar bertambah trus, awalnya bertambah garis pink halus lama kelamaan garis menjadi tebal berubah menjadi warna hijau. ini bagaimana perlindungan konsumen nya...solusinya hanya diberikan potongan harga 50% utk penggantian LCD nya...