Surat Pembaca

Ditagih Bunga atas Kekurangan Pembayaran Rp0,12 oleh Bank CIMB Niaga

Saya sungguh dan amat kecewa dengan sistem dan penanganan kartu kredit Bank CIMB Niaga. Saya adalah pengguna kartu kredit Bank CIMB Niaga yang sudah lama. Kartu saya ini diberikan free, karena saya adalah salah satu nasabah di Bank CIMB Niaga.

Kekecewaan saya berawal karena pada tagihan saya bulan Desember 2021, dengan nomor kartu: 5289 19** **** **60, ada tagihan sebesar Rp5.178,12, yang ditagih karena saya tidak membayar tagihan Rp0,12. Ternyata setelah saya cek, Rp0,12 tersebut sudah ada lama sekali. Bulan November 2021, saya malah tidak ada tagihan sama sekali.

Pertanyaan saya, kenapa bisa tiba-tiba saat saya tidak ada pemakaian bisa ditagih seperti itu? Jawaban dari CS Bank CIMB Niaga adalah karena kekurangan tagihan Rp0,12.

Sungguh sangat merugikan nasabah, karena saya punya kartu kredit lain tidak pernah ada penagihan seperti ini. Biarpun ada kekurangan beberapa sen rupiah, kalau nasabah komplain mereka akan menghapuskan beban tersebut. Namun CS Bank CIMB Niaga malah mewajibkan saya membayar, tanpa memberikan solusi.

Tolong diperbaiki sistem dan komunikasi CS kalian. Ini sangat mengecewakan dan merugikan, sehingga mending saya tutup sekalian daripada berkelanjutan kekecewaan saya. Padahal saya nasabah Bank CIMB Niaga, tapi malah pakai kartu kredit bank lainnya.

Terima kasih kepada redaksi yang sudah bersedia membuat surat saya ini. Besar harapan saya surat ini dapat dimuat agar menjadi pelajaran bagi nasabah lainnya supaya tidak dirugikan.

Selviani
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Selviani

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Selviani yang berjudul “Ditagih Bunga atas Kekurangan Pembayaran Rp0,12 oleh Bank CIMB Niaga” (Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya tidak ingin berkomentar mengenai tagihannya, tapi lebih ingin mengkritisi sistem CIMB Niaga yang sudah tidak mengizinkan pembayaran/transfer dengan nominal sen (nol koma sekian rupiah). Selama ini saya selalu membayar tagihan tidak melewati deadline dan selalu full payment. Namun sejak internet banking CIMB Clicks diganti menjadi OCTO Clicks (dan juga aplikasi mobile OCTO Mobile), pembayaran tagihan hanya mengizinkan untuk nominal rupiah bulat (tidak bisa sen atau nol koma rupiah). Karena tidak ingin ada tunggakan meski itu tidak sampai 1 rupiah, saya selalu bayar tagihan lebih dari jumlah tertagih, sehingga outstanding credit malah lebih dan bukan nihil (nol). Saat ini, untuk menyiasati ini adalah membayar/mentrasfer melalui bank lain yang masih bisa transfer nominal sen (saya pakai neoBank BNC). Mayoritas bank memang hanya mengizinkan pembayaran/transfer rupiah bulat. Tapi untuk membayar tagihan dengan nominal sen, memang sangat menjengkelkan, walaupun kurang dari 1 rupiah, namanya hutang pasti akan ada implikasi bunga. Harapan saya sih semoga sistem CIMB bisa dikembalikan seperti semula biar bisa transfer sampai nominal sen.

  • Intinya ya bank ini parah belakangan kelihatan banget profit orientednya parah.. Gila aja masa untuk transaksi CC kena biaya notif SMS bulanan yang ga kecil nilainya, terus juga pernah tagihan ga di email, untungnya saya inisiatif tanya, kalau misalnya saya telat bayar terus kena denda salah saya jg gitu ?

  • Pada banyak yg gak paham isi artikelnya, tapi pada ikutan rame. Darurat banget yak, saya prihatin ??

  • Mmmhhh....
    Kenapa kalau kartu kredit lain (pengalaman pribadi) ....
    Jika timbul biaya setelah bayar lunas selama dibawah 12.500 ....masih bisa diabaikan.