Surat Pembaca

Data di Pinjol UATAS Tidak Aman dan Mengakibatkan Saya Mengalami Penipuan

Minggu 20 Februari 2022, tagihan saya di aplikasi UATAS sebesar Rp1.736.000 telah jatuh tempo pada hari itu. Pada saat ingin membayar, aplikasi tersebut error, tidak bisa memunculkan virtual account dan semua fungsi di aplikasi tersebut tidak bisa diklik/error.

Kemudian seperti biasa ada WhatsApp masuk tagihan dari UATAS (nomor 0838091020250), dengan potongan pelunasan jika dibayarkan di bawah pukul 12 siang. Lalu saya konfirmasi dahulu jika aplikasi UATAS tersebut error, seperti bukti chat yang saya lampirkan.

Lanjut kemudian nomor tersebut menyuruh saya menggunakan virtual account yang akan dia buat untuk pembayaran secara manual. Karena jam sudah 11.30 dan saya mau pakai promo potongan, saya mintalah nomor virtual account-nya tersebut.

Selang berapa menit langsung ada WhatsApp dengan nomor 083830793457 berfoto profil UATAS mengirimkan VA dan jumlah nominal yang saya minta.

Tanpa pikir panjang langsung saja saya bayar, karena jam sudah mau mendekati jam 12 ( waktu batas promo).

Kemudian saya kirimkan bukti pembayaran kepada dua nomor di atas. Namun nomor yang pertama berdalih pembayaran belum masuk dan nomor VA itu bukan dari UATAS.

Secara logika,

  1. Jika seperti itu berarti data saya bocor dan tidak aman di aplikasi UATAS, sehingga dapat dipergunakan untuk penipuan yang saya alami.
  2. Yang mengetahui saya meminta VA pada saat itu hanya UATAS dan kenapa tiba-tiba bisa ada nomor lain yang mengirimkan VA pembayaran secara langsung dengan nominal yang sama seperti yang ditagihkan UATAS? Karena secara logika tidak mungkin orang lain di luar UATAS bisa tahu secara persis waktu dan nominal pembayaran saya pada saat itu. Terlebih tahu persis isi chat saya yang sedang menunggu virtual account.

Sampai saat ini tanggal 21 Februari 2022, aplikasi UATAS masih bermasalah, dan sampai saat ini pula saya terus ditagih dan dikenakan denda karena dianggap belum bayar.

Akibat aplikasi bermasalah dari UATAS, sistem penagihan kacau, data nasabah sangat tidak aman ditambah lagi penipuan seperti ini, saya sangat dikecewakan dan dirugikan baik waktu, mental & materi.

Adam Firmansyah
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan UATAS atas Surat Bapak Adam Firmansyah

Kepada Yth. Bpk Adam Firmansyah Menanggapi keluhan Bpk. Adam Firmansyah di Redaksi Media Konsumen tanggal 22 Februari 2022 dengan judul...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • 1736000-1680000 = 56000, diskon promo nya cuma 50000 ya? malah apes kehilangan 1680000 nya. sepertinya memang ada oknum dalam pinjol tersebut yg bermain...

    • Yang jelas aja aplikasi nya shope pinjam dana bisa akulaku jga selain 2 aplikasi itu q ragu , selama saya pake 2 aplikasi itu aman2 aja

      • Akulaku juga ada kok oknum,saya pernah di kasih virtual juga lewat nomer WA dg foto profil akulaku.ketika saya TF,tahiha saya tidak berkurang.no WA nya adalah+62 877-7571-71**

    • Apapun ancaman dari yang WA... Iya iya aja... Atau oke oke aja... Namun ketika bayar kita harus bener2 ngambil VA dari aplikasi... Kalau error' ya tahan dulu.. SS waktu buka aplikasinya yang ketika error'... Buat komplain kalau ada apa2...

    • Iya bang, tapi skrng per tgl 22 udah ga ada spam tagihan lg di WA, biasanya spam chat banyak.

  • Ngeri pinjol emang, yg resmi kyak julo aja 3 hari blum jatuh uda diteror sudah lunasin, jangan dekat2 dah

      • aku bayar lewat VA uatas ko tp gada status masi belum bayar liat aja korbanya banyak di komen apk nya di appstrore

    • Saya mantan pengguna julo
      Tobat nasuha saya pake aplikasi itu
      Pengalaman saya benar benar buruk di apk julo
      3 hri sebelum jatuh tempo, pagi pagi sudah di telpon
      Kemudian yang nelpon laki laki bersuara layaknya bencong
      Malah ngaku ngaku bot call, tapi hrus di sautin
      Parah emang. Jangan lagi lagi dah ber urusan dgn pinjol

    • Saya juga pengguna Uatas (baru 1 kali pinjam dan sdh sy lunasi), klo kasus Bpk itu sdh jelas penipuan. Krn sy dapetnya SMS bkn WA klo 1 hari sblm jatuh tempo, itu identitas pengirim yg keluar nama Uatas ny bkn no HP. Dan di aplikasi Uatas kan jg sdh jelas cara2 pembayaran, hanya bisa melalui bank permata (ATM/virtual account). Krn sy pertama jg mencoba pembayaran Via m-bca tdk bisa lalu via ATM bca jg tdk bisa, akhirnya saya lsg k bank permata ny. Lalu saya tunjukkan nomor va yg ada d aplikasi Uatas sy, dan pembayaran berhasil.
      Intinya kita ikuti petunjuk yg ada d aplikasi aja, klo ada WA jangan lsg d percaya klo logo Uatas kan bisa aja dia ambil dr google d screenshot trs d jadiin PP WA nya.

      • Sudah sy jelaskan aplikasinya bermasalah pak, boro2 mau liat VA diaplikasi, Semua fitur tidak bisa diklik, yg saya persoalkan sekarang keamanan data nasabah diUATAS, sehingga bisa terjadi penipuan pada saat itu.

        • ka terus gimana skrg kabarnya , ini saya juga korban saya bayar lewat va nya di apk tp status masi belum lunas pdhal udah udh lapor ke cs ojk afpi tp gada responnya. mana dc nya ksar lagi

  • Yah senasib....saya juga hampir kena penipuan nya,di telpon dari uatas alasan nya ad error...tp di suruh transfer ke virtual account dari WA...tetep aja sy bayar di aplikasi ..( yg jelas data ga aman di situ )

  • Sudah keterlaluan permainan pinjol. Banyaknya oknum yang terlibat dalam penagihan utang. Akan membuat nasabah kebingungan. Mereka kirim DC. Jika satu tidak berhasil dikirim lg yang lain. Satu beling A Satu lagi bilang B. Yg satnya lagi bilang C. Sistim ini akan mengacaukan otak nasabah. Dan bisa jadi nasabah akan diperdaya .

  • Coba dicek lagi deh ada yg aneh. Nama peminjam adam firmansyah trs itu pas penagihan suruh tf yg di tf ke adam firmansyah juga mutasi rekeningnya udah di cek blm bapak ntar bapaknya salah tf ke rekening sendiri lagi

    • Saya tidak punya rekening BRI pak, setelah sy cari tau yg bisa membuat BRIVA rekening Hanya badan Usaha/yayasan/lembaga lainnya.

      Tidak bisa dibuat oleh perorangan.

      • 88788 itu kode BRIVA utk pembayaran transaksi di Tiket.com , 5 digit awal itu kode perusahaan/instansi/badan usaha/yayasan/lembaga lainnya, baru diikuti digit selanjutnya sbg kode transaksi

    • Pak Adam bukan transfer ke rekeningnya sendiri, tapi ke rekening BRIVA yg diberi nama Pak Adam Firmansyah...rek BRIVA sbg rek penampungan utk pembayaran tagihan transaksi disuatu instansi/yayasan/lembaga lainnya dan namanya mengikuti nama yg memiliki tagihan atas transaksi tsb (yg melakukan transaksi)

  • Sya lg mau coba ni, berhubung liat bnyk comennya begitu sperti terjadinya penundaan pelunasan sebelumnya apakah sudah ada yang pernah di samperin sama pihak pemberi pinjonya belum ya??