Aplikasi Pinjol PINJAM DUIT Tidak Profesional

Saya salah satu nasabah pemakai jasa pinjaman online aplikasi PINJAM DUIT yang termasuk salah satu dari pinjaman online legal di bawah pengawasan OJK. Namun sebagai nasabahnya, saya merasa dirugikan karena tim penagihan dari PINJAM DUIT tidak berkomunikasi yang menyenangkan dan tidak beretika, sebagai salah satu fintech yang mendapat lisensi legal oleh OJK.

Sebenarnya saya beberapa kali melakukan pinjaman di sini dan semuanya lancar. Namun pinjaman yang terakhir membuat emosi saya memuncak. Setelah saya melakukan pelunasan, masih saja mendapat terror, intimidasi dan penagihan dari tim DC. Padahal di aplikasi sudah berstatus lunas semua.

Untuk semua masyarakat, saya sebagai orang yang pernah memakai jasa pinjol, saya sangat kecewa dan tidak merekomendasikan aplikasi ini. Tim penagihan pinjol juga sangat licik dalam bekerja, mereka sengaja tidak memakai foto profil WA atau menggunakan akun bisnis yang tidak valid identitasnya. Sehingga ketika ada keluhan dari customer seperti yang saya alami, maka pihak pinjol hanya tinggal men-disclaimer bahwa hal-hal tersebut adalah ulah oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan pihak pinjol tersebut.

Untuk pihak OJK, jika membaca pengaduan konsumen ini, mohon ditertibkan kelicikan pinjol dengan sistem penagihan seperti ini. Ini sangat merugikan dan meresahkan masyarakat.

Muhammad Fadhli
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pinjol Pinjam Duit:
[Total:474    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “Aplikasi Pinjol PINJAM DUIT Tidak Profesional

  • 2 Maret 2022 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Kyaknya pinjol punya team teror via wa yg kerjanya d dpn komputer sebarin spam dan fear k nasabah dan kontak terkait gk peduli lunas apa gk.. Bood amat yg penting teror dpt cuan.. Mungkin pikirnya.

    21
    1
      • 3 Maret 2022 - (23:33 WIB)
        Permalink

        DC pinjol itu emang anak ***** semua gak ada otak gak ada ahlak dalam mencari makan lebih terhormat ******

        • 5 Maret 2022 - (09:00 WIB)
          Permalink

          Kalau di lihat dari screenshootnya ada 2 no wa yg berbeda menagih hutang sekitar jam 13.53 kemudian pihak peminjam membayarkan hutangnya via tf jam 14.06 wib,kira kira jam 14.46 wib ada 1 lagi no wa menagih hutang,di sini lah pihak peminjam emosi,karena merasa sudah bayar via tf.apa anda sudah amati dengan jelas pak Rudi,

    • 3 Maret 2022 - (23:17 WIB)
      Permalink

      Jadilah pembaca yang teliti..
      Saya gak bela pihak manapun. Tapi yang pasti penagih Fix tidak bersalah. Karna nampak di screenshoot menagih pada pkl 13:53 saat belum pelunasan.
      Sedangkan pelunasan pada pukul 14:06 sesuai di screenshoot bukti transfer. Sisi lain update transaksinya jg butuh waktu, sedangkan yang di tagih sudah berkata kasar ke pihak penagih… Biarlah si peminjam jadi goblok& galak karna ditagih utang. Untuk pembaca yang lain. Bijaklah& lebih telitiโ€ฆ. Coba deh amati foto screenshoot nya di atas๐Ÿ™๐Ÿ™ jangan ikutan galak& goblok macam orang yang di tagih hutang๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      2
      25
      • 4 Maret 2022 - (14:37 WIB)
        Permalink

        Coba baca lagi pihak penagih WA lagi jam 14.46. Dibalas jam 14.47 Cek screenshoot lagi yang baik.

  • 2 Maret 2022 - (15:17 WIB)
    Permalink

    100% semua pinjol breng**k . Mau legal/ilegal. Waktu pertama kali diluncurkan pinjol sy sdh mulai curiga kedepan akan jadi bencana. Dan kekhawatiran saya terbukti.
    Kalau bukan WA Business tinggal block saja. Itu saran saya. Selebihnya terserah anda ๐Ÿ˜€

    10
    1
    • 2 Maret 2022 - (15:36 WIB)
      Permalink

      Bs aja nih, saya saksi hidup skrng pengguna pinjol setia untuk usaha dan pinjaman produktif saya pemakai kred*vo dan akul*ku.. untuk nasabah yg telat2 dan pasti pernah telat slalu aja bermasalah.. tp jika anda tdk pernah telat membayar 98% anda tdk akan bermasalah.. ingat 98% msh ada 2% yg bermasalah meskipun tepat waktu.. tp 99% masalah pinjol adalah nasabah2 yg ribet dan telat dlm membayat..

      7
      17
      • 3 Maret 2022 - (09:12 WIB)
        Permalink

        Emang pinjol semua diusir aja dari indonesia..meresahkan dan menjajah masyarakt..bunga tinggi ..tidak berguna..sm sekali

        11
        • 3 Maret 2022 - (11:42 WIB)
          Permalink

          Kalo mau pinjam harus bisa bayar tepat waktu. Saya juga pemakai pinjol kredivo & ceria. Saya cm memakai untuk membayar keperluan bayar listrik, internet, pulsa, belanja dengan mengambil waktu 30hr yang tidak terkena bunga, cuma admin aja tp gak seberapa masih batas wajar karna masih dibawah 10rb. Belum terpikirkan untuk pinjam tunai, karna takut juga sih… ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„

          5
          4
    • 3 Maret 2022 - (12:43 WIB)
      Permalink

      Dari pertama kali ada wacana pinjol dipermudah saya sudah mengira ini bisa jadi bola salju yg menggelinding makin lama makin besar.
      Kalau mau jujur dan ada keterbukaan informasi sumber pendapatan badan milik pemerintah, lihat saja OJK kan pasti banyak pendapatan dari pinjol-pinjol yg bayar upeti.
      Jadi dari awal memang sudah OJK disumpal uang agar meloloskan semua permintaan pinjol/fintech.

    • 3 Maret 2022 - (23:14 WIB)
      Permalink

      Jadilah pembaca yang teliti..
      Saya gak bela pihak manapun. Tapi yang pasti penagih Fix tidak bersalah. Karna nampak di screenshoot menagih pada pkl 13:53 saat belum pelunasan.
      Sedangkan pelunasan pada pukul 14:06 sesuai di screenshoot bukti transfer. Biarlah si peminjam jadi goblok& galak karna ditagih uyang. Untuk pembaca yang lain. Bijaklah& lebih teliti…. Coba deh amati foto screenshoot nya di atas๐Ÿ™๐Ÿ™ jangan ikutan galak& goblok macam orang yang di tagih hutang๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • 3 Maret 2022 - (05:41 WIB)
      Permalink

      Sorry nih saya bkn bermaksud membela pinjol, saya jga termasuk org yg menolak pinjol. Tapi kalau melihat dari jam ss kronologisnya ko kaya diputar balik. Dimana penagihan (ss #1 oleh mesin dan ss #3 oleh admin) dilakukan sebelum penulis membayar kurang dari jam 14. Sedangkan penulis pada ss banking melakukan pelunasan setelah jam 14. Adapun pada ss #2 oleh mesin ini kemungkinan otomatis atau sistem failur aja bukan admin. Terkadang saya dari profider internet meskipun sudah bayar tetep Nerima notifikasi penagihan oleh mesin, dan biasanya ditambah tulisan ‘abaikan pesan ini jika anda sudah membayar’. Justru dari ss #2 ini jawaban penulis yg terkesan kasar. Hati2 lho kalau tidak terbukti dan ga sesuai dengan kenyataan bisa termasuk pencemaran nama baik meskipun bentuknya aduan.

      3
      5
      • 3 Maret 2022 - (08:08 WIB)
        Permalink

        Maav bang adam.anda lihat dia byr jam 14.06.dan di apk nya masuk jam 14.46.dan trkhir saya lihat dc nya ngancam 14.40 an yg saya tnykn apakag gak connect komputer dc dan yg di apk. Utk mas fadhil yg dihiraukan mas. Bnyk data para peminjam yg bcr ke org yg tdk bertanggung jwb yg mengatasnamakan apk. Blokir dan spam aja mas. Kl mmg anda merasa sdh byr.

        • 3 Maret 2022 - (10:09 WIB)
          Permalink

          pencemaran nama baik pinjol bunga harian maksudnya…sudah lah usir dan lenyapkan aja pinjol bunga harian tinggi, admin tinggi dari negara ini..banyak dampak buruknya daripada positifnya bagi masyarakat atau umkm..titik..bisa dicek…daripada ekonomi negara lama lama hancur, meresahkan masyarakat atau umkm gara gara sistem pinjol legal atau ilegal sekarang ini.

    • 3 Maret 2022 - (08:51 WIB)
      Permalink

      Ada. Aku dlu pengguna pinjol lalu beralih offline. Karena pinjol 3 hari sebelum jatuh tempo udh di teror. Kalo offline yang penting bayar di hari jatuh tempo maka akan aman.

    • 3 Maret 2022 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Ada, dulu sebelum maraknya pinjol, semua pinjaman offline bisa dilakukan di koperasi-koperasi. Karena memang tujuan awal berdirinya koperasi di Indonesia untuk itu, memudahkan masyarakat mendapatkan modal dengan bunga sangat ringan.

  • 2 Maret 2022 - (20:06 WIB)
    Permalink

    2022 aplikasi terpercaya saat ini dengan bunga rendah cuma ada 2..
    akulaku,shoppe spayletter, . yg lain klo bisa di hindari..pembayaran bagus sekalipun tetap penagihan kurang sopan..
    dan usahakan kurangi pemakaian pinjol..

    1
    2
    • 3 Maret 2022 - (03:03 WIB)
      Permalink

      Pinjam Duit ini wlw OJK tapi bunganya gila kaya lintah darat. Saya pernah pake & ogah lg deh. Heran bisa lolos legalisasi.

    • 3 Maret 2022 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Sepemikiran dgn saya karna sy jga penguna 2 aplikasi trsebut aldmlh ngda mslh dr dlu, malah q mepet trus hari jatuh tempo sy bayar mlmnya, 2-3 hari pihak akulaku memang tdinya sluu tlp mengingat kan akan jatuh tempo sllu saya abaikan krna sy mikir msh 3 hari ini bodo amat walau itu komputer yg tlp2, 1 hari bsa tlp 3 kali q cuekin krna q pikir jatuh tempo msh kurang 3 harian krna risih bunyi trus q branikan angkat selama pake aplikasi akulaku, pas q angkat otomatis komputer cuma angkat brpa detik q matikan, jdi q selama ini jga baru ngeh klo itu komputer yg tlp2 jdi asal ad tlp masuk q angkat brpa detik mattin udah aman ngda tlp2 sampe skrng nga pernah ada tlp2 lagi

      1
      1
    • 3 Maret 2022 - (23:09 WIB)
      Permalink

      Fix penagih gak salah. Karena menagih saat belum ada pelunasan
      Ditagih pada pkl 13:53 langsung di Gass oleh peminjam. Sedangkan pelunasan pada pukul 14:06 nampak di screenshoot bukti transfer BCA.
      Jadilah pembaca yang cerdas & teliti. Kalo orang marah” Wajar karna ditagih hutang. Biasa galakan yang di tagih…
      So… Bijaklah dalam berhutang

  • 2 Maret 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Pan lu memang nunggak. Ditagihin terus dan dibayar jam 13.53 berharap jam 14 udah keupdate datanya.
    Makanya jangan nunggak bozzzku

    2
    12
  • 2 Maret 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Pinjamlah kalau bisa sama saudara/tetangga karena tidak membuat mental ketar ketir dan gak pusing

    • 3 Maret 2022 - (03:04 WIB)
      Permalink

      Sayangnya ga bisa karena sodara / tetangga nya juga sama” ga punya uang atau emang ga mau bantu. Mknya pada lari ke pinjol.

      3
      2
  • 3 Maret 2022 - (01:40 WIB)
    Permalink

    INTINYA KALIAN JANGAN MINJEM DI PINJOL..UDH TAU RIBA MASIH AJA NGEBET PINJEM DI PINJOL..EFEK NYA PANJANG.KLO NERIMA DUITNYA SENYUM2 PAS BAYAR NYA BERAT..SAYA KASIH NASEHAT UNTUK ANDA JAUHI RIBA..KLO PINJEM SAMA TETANGGA TPI JANGAN SAMPAI KECEWAIN TETANGGA ..SAYA AJA MINJEMIN DUIT KE TEMEN HAMPIR 2 THUN BELUM DIGANTI…PADAHAL NIAT MAU TOLONGIN DARI KESUSAHAN TPI KARNA ADA COVID DAN DIA SERING LIBUR .MAKANYA SAYA KASIH KESEMPATAN 1THUN UNTUK BAYAR..1THUN GA BAYAR SAYA KASIH KESEMPATAN 1THUN LAGI..TPI KEPERCAYAAN SAYA SUDAH HILANG WALAUPUN SAHABAT DEKET SAYA TIDAK AKAN PERNAH MEMINJAMKAN LAGI .DAN SAYA TETAP NAGIH SAMPAI SKRNG…WALAUPUN AGAK SEDIKIT JAUH KOSANNYA..SAYA TETAP NAGIH.SAMPAI DIA MATI SAYA TETAP NAGIH.

    7
    4
  • 3 Maret 2022 - (05:56 WIB)
    Permalink

    Gak Usah di bayar sekalian.. saya juga udah telat 2 minggu gak di bayar

    Mereka emang pinjol legal tapi berasa ilegal dengan bunga yg tinggi dan cara penagihan yg kasar

    9
    1
  • 3 Maret 2022 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Sorry mas. Bukannya belain pinjol. Proses pembayaran memang butuh kurang lebih 6 jam setelah bayar baru masuk ke sistem mereka. Makanya mereka suka telepon 2 hari sebelum jatuh tempo. Kalo sudah bayar pas jatuh tempo, ya abaikam saja. Kalo yang wa itu team colector kasih saja foto atau screenshoot struk atm atau online bankin. Pasti sih mereka kirim wa sampai sistem nya memberi info kalau tagihan anda terbayar. Jadi kalo udah bayar ya abaikan saja. Kalo besoknya masih ngeyel anda punya hak untuk lapor ke polisi. Dengan catatan punya bukti udah bayar ya mas.

    2
    1
  • 3 Maret 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Hai ojk ..jngan tidur, kerja …kerja..kerja..usir semua pinjol harian di indonesia..merampok, memeras..masyarakat dengan bunga mencekik..aparat polisi dan tni tembak mati aja dc penjajah masyarakat yg meresahkan ..mari bersama sama usir pinjol bunga harian tinggi, yg membuat ekonomi indonesia lambat ..hancur.

    3
    2
    • 3 Maret 2022 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Kalau tidak ada yg pinjam ya mereka tidak eksis,sebaiknya jangan coba coba pinjam atau minjam pinjol.

  • 3 Maret 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    saya duga..pemodal pinjol bunga harian ini adalah kebanyakan lintah darat yg dulu berkedok koperasi…yg lama meresahkan masyarakat indonesia atau umkm…ojk coba menyamar ..biar merasakan jeritan hati masyarakat atau umkm yang dibodoh bodohi dengan bunga tinggi dan bnyak dc menagih dengan tanpa aturan..jangan biarkan ekonomi negara hancur gara gara ulah semua pinjol bunga harian yg tinggi dan sangat mencekik..usir dan tutup..titik..

  • 3 Maret 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna pinjol.. Selama bayar gak telat.. Aman-aman aja kok… Yg di WA or ditlf itukan semua nasabah yg bermasalah.. Intinya kan bayar tepat waktu toh.. Maaf.. Bukan berpihak ke pinjol.. Tetapi kembali ke diri masing-masing saja..

    1
    1
  • 3 Maret 2022 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Betul sekali komentar teman teman diatas…

    OJK memang kurang maksimal, mereka hanya bertindak dari balik meja tanpa mau melihat kelapangan. Mungkin mereka sedikit malas karena sudah merasa nyaman bekerja diruangan ber AC. Sebaiknya OJK balil lagi dibawah BI karena kinerjanya jauh lebih baik dan efektif.

    Aparat juga terlihat pasif hanya menunggu laporan tanpa melihat kelapangan, karena banyak yg legal juga seperti ilegal kelakuannya. Mereka hanya melihat data tanpa melihat fakta dilapangan sebagai pembuktian.

    Kalau hukum dan aparatnya tetep pasif tanpa mau turun kelapangan dan memeriksa kenyataan dilapangan baik itu yg ilegal maupun yg legal seperti ini, mungkin semua orang malah lagi nungguin fatwa MUI kalau gebukin debcolektor dan pemilik pinjol itu halal… ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Kenapa…???
    Karena ketika hukum positif yang berlaku tidak efektif dan tidak memberikan jera, maka hukum adat atau hukum kebiasaan masyarakat bisa berlaku secara spontan.

    Pemberian maaf itu bisa diberikan untuk satu atau dua kesalahan, tapi kalau kesalahan sudah sering dilakukan bahkan sudah tersistem dan membuat resah maka jangan pernah memberikan maaf.

  • 3 Maret 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    yg nyuruh tutup / bubarkan pinjol. Berarti “stupid”
    minjem ke bank / koprasi? lu punya jaminan apa?

    1
    1
  • 3 Maret 2022 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Semua pinjaman itu ada risikonya. Mau itu pinjol atau bank sekalipun.

    Bahkan kalau pernah jadi nasabah KTA bank, bunganya itu jauh lebih tinggi dari pinjol dan susah buat minta keringanan.

    Kecuali anda punya jaminan seperti sertifikat tanah, rumah, atau surat berharga baru dapat pinjaman bunga rendah.

  • 6 Maret 2022 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Maaf Saya Hanya mempertanyakan OJK memberikan Ijin Pinjaman Online itu apa tidak memiliki standarisasi / ketentuan yg ditetapkan Oleh OJK ya .. Seperti jangka Waktu Pencairan dana dan Jangka Waktu Jatuh Temponya , maaf Seperti Pinjaman Online Eazy Cash , masa Dana Cair hanya dikasih jangka Waktu 15 hari untuk Jatuh Temponya , Dana Saya dicairkan tgl 10 Februari 2022 lalu jatuh temponya tgl 25 Februari 2022 , lalu jatuh tempo berikutnya tgl 10 Maret 2022 dst , Saya Cuma Kasih Masukan Untuk OJK tolong ditertibkan Pinjaman Online yang Sistemnya seperti Rentenir ini Utk dihapuskan karena sangat merugikan sekali , Untuk OJK tolong di cek LG Pinjaman2 Online ini mengenai sistemnya , jangka waktu jatuh temponya , Bunganya dll agar tidak merugikan banyak orang , Jangan Cuma Gara2 dapat Duitnya saja trus Langsung diijinkan Utk membuka Pinjaman Online tp juga dilihat sistem dari pinjaman Online tersebut wajar atau tidak , Kalau sistem dari pinjaman Online seperti Rentenir Apa OJK Siap Nanggung Dosanya ?

  • 11 Maret 2022 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Begini ya, tampaknya ini antek2 pinjol juga meramaikan dan menggiring opini disini.
    Saya klarifikasi, coba pakai otak dan logika baik2.

    1. Saya melunasi pembayaran via tf BCA pada transaksi pukul 14.06
    2. Di Screenshot yang saya “ngegas” terlihat kan jam berapa saya ditagih lagi? 14.46
    3. Saya lampirkan penagihan-penagihan yang tidak menyenangkan di jam-jam sebelumnya dan itu adalah jam sibuk kerja.

    Coba anda bayangkan, ketika anda sedang sibuk bekerja di “teror” padahal sudah di statement hari ini akan dilunasi hutangnya, lalu ketika anda SUDAH transfer untuk pelunasan, malah DITAGIH KEMBALI dengan embel-embel peringatan masuk SLIK OJK dan ada kata-kata menerima semua resiko dan konsekuensi yang berlaku? Manusia mana yang ga emosi?

    Sudahlah, itu yang bilang fax-fix penagih ga salah udah jelas banget penggiringan opini untuk membela pinjol yang SALAH NAGIH dan ga koordinasi dengan tim DC nya.

    Jangan cuma berani mengancam customer dengan resiko ini itu, pinjol juga harus paham kalo melakukan kesalahan juga “ada resikonya”.
    Padahal kalau saat itu ada permohonan “maaf” atau “baik, kami lakukan pengecekan terlebih dahulu” dari penagihnya, tidak akan pernah terbit keluhan di mediakonsumen ini. Saya jadi mempertanyakan, menurut peraturan OJK, penagihan awal harus dilakukan oleh pihak fintech langsung, apakah selama ini penagihannya jangan-jangan langsung dilakukan oleh pihak ketiga sampai di aplikasi sudah dinyatakan lunas tapi masih ada penagihan dari tim DC? Atau tim DC nya yang bekerja tidak meng-update informasi terbaru?
    Intinya kembali lagi ke judul, “TIDAK PROFESIONAL”.

  • 11 Maret 2022 - (22:35 WIB)
    Permalink

    pokoknya kaum nguntanger mmg kaum paling bener dan selalu terzolimi… napa di sensor putih itu chat.. hidup kaum nguntanger ….

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol Pinjam Duit?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Aplikasi Pinjol PINJAM DUIT Tidak Profesional

oleh Dzil dibaca dalam: 1 menit
43