Surat Pembaca

Penipuan Mengatasnamakan Kredivo, Tepat Setelah Saya Mengajukan Pinjaman

Berikut ini kronologi terjadinya penipuan oleh orang yang mengatasnamakan Kredivo. Pada tanggal 24 Maret 2022 pukul 01.45 subuh, saya mengajukan pinjaman pembiayaan multi guna pada aplikasi Kredivo, sebesar 6 juta rupiah. Pukul 02.23, penipu menelepon saya melalui WhatsApp dengan logo Kredivo dan nomor Telkomsel 0811-1285-081. Dia mengaku sebagai karyawan Kredivo bernama Yohanes, menanyakan perihal pinjaman Kredivo sedang ada gangguan double pengajuan pinjaman.

Menurutnya biasanya proses pencairan tidak begitu lama hanya 15 menit. Kemudian penipu mengirim pesan WhatsApp berisi:

###########
Informasi kendala sistem Kredivo.

Terima kasih telah menggunakan aplikasi Kami,kami ingin memberitahukan bahwa pencairan dana yang sudah kami proseskan ke rekening bank anda saat ini mengalami double tagihan, status transaksi pencairan dana yang anda terima hanya satu kali pengiriman namun di data sistem aplikasi kami menjadi 2x double tagihan, untuk itu kami harapkan kerjasamanya untuk melakukan konfirmasi datanya terlebih dahulu untuk kami tindak lanjuti sekarang agar kami dapat melakukan penghapusan double tagihan dan anda tidak dikenakan tagihan 2x lipat dari jumlah pinjaman, silakan konfirmasi data diri anda sebagai berikut :
1. Nama Lengkap :
2. Nomor Telepon :
3. Nama Bank :
5. Jumlah Pencairan :
Bagaimana Anda menilai layanan Customer Service kami dalam menjawab pertanyaan atau menanggapi keluhan? Jika belum terselesaikan, silakan balas email ini kembali. Apabila tidak ada balasan, kami anggap anda menyetujui atas double tagihan tersebut.
Terima kasih.

Silahkan klik link nya dibawah ini untuk proses penghapusan double tagihan tersebut : https://Kredivo-99f2e7.ingress-earth.easywp.com/
#########

Saya disuruh untuk melakukan klik link. Setelah klik link diarahkan ke web palsu Kredivo dan memasukkan nomor Hp dan password serta kode OTP. Dalam hal ini penipu tidak meminta menyebutkan atau mengirimkan password dan kode OTP.

Kemudian saya diarahkan buka aplikasi mencari tombol refund pada aplikasi. Pada saat saya lihat di aplikasi ada transaksi pembelian pulsa melalui Sepulsa sebesar Rp 500.000 (data di SMS 04.20). Pada saat itu saya berpikir memang hp saya diretas. Dikarenakan pencairan lama, terus ada yang menelepon dari Kredivo dan adanya pembelian pulsa. Saat itu saya hanya percaya penipu karena dia tepat waktu menelepon pada saat kondisi-kondisi di atas.

Saya kemudian disuruh menunggu sambil katanya dia membuat pengajuan penghapusan data pada sistem. Kisaran pukul 04.30 saya cek aplikasi BCA apakah sudah ada transfer dan memang sudah masuk dana. Kemudian pelaku meminta refund dana tersebut melalui Virtual Account:

#####
Virtual Account BCA
11844081368725122
Nama PT Kredivo INDONESIA
#####

Kemudian saya lakukan refund, tapi tidak bisa. Kemudian penipu memberikan VA lainnya: 390108113505100. Lalu saya lakukan transfer dan kemudian saya sadar setelah ditipu bahwa ini nomor Virtual Account DANA dengan nomor HP Telkomsel 0811-3505-100.

Setelah dana terkirim refund, pembicaraan terputus. Setelah itu saya sadar dan masih melakukan chat dan tidak aktif baik WhatsApp dan panggilan telepon. Sebagai informasi, pesan saya terakhir yang saya kirim ke penipu dibaca pada pukul 23.00 hari yang sama 24 Maret 2022, artinya dia sepertinya beraktivitas malam.

Kesimpulan saya:

  • Saya berpikir penipu merupakan orang yang tahu sistem Kredivo dan tahu jam lengah pengawasan.
  • Kemudian dia bisa masuk sistem, membaca nomor telepon saya, membaca tagihan pulsa saya.
  • Dia bisa membobol pembelian pulsa dan kalau saya lihat catatan sebelumnya bahkan membobol Bukalapak dan Blibli.

Pertanyaan saya:

  • Bagaimana sistem keamanan Kredivo? Karena kasus ini setelah saya lihat literatur lainnya sudah sejak 2010 dan kasus tagihan double seperti yang saya alami ada juga di Media Konsumen kejadian Desember 2021.
  • Apakah pengaduan seperti ini seperti angin lalu? Saya sudah mengadukan via email, bot dan telepon call center. Parahnya lagi, 4 kali saya menelepon call center +62-807-1-573-348, saat saya bilang saya kena tipu, 20 detik kemudian sambungan terputus dengan alasan tidak tahu dan pihak Kredivo tidak ada respons untuk menelepon ulang kepada saya.
  • Kenapa bantuan call center untuk malam ditutup? Padahal nasabah Kredivo banyak dan mungkin banyak juga yang butuh bantuan malam hari.
  • Apakah hal seperti ini menjadi beban kami yang disalahkan melakukan klik link, tetapi di sisi lain momen pas pencuri data melakukan aksi saat waktu yang tepat (pengajuan pinjaman)?

Jujur nilai tersebut adalah nilai yang besar. Saya tidak sanggup untuk membayar, dikarenakan saya tidak menggunakan dana tersebut. Saya akan serahkan kepada keputusan pihak Kredivo, dan jika juga tidak ada tanggapan, saya akan melalui jalur lain seperti OJK dan Kepolisian.

Saya juga akan berbagi cerita kepada masyarakat mengenai permasalahan saya melakukan kredit di Kredivo. Karena saya sendiri pribadi memiliki dugaan prasangka bahwa penipu adalah jaringan orang dalam (oknum) dalam Kredivo. Mengenai data-data, hasil percakapan bahkan percakapan dengan operator pun sebagian ada saya simpan.

Terima kasih atas perhatiannya dan saya harapkan sebenarnya ada jalan keluar terbaik.

########
Total kerugian saya:
Pinjaman: Rp6.936.000
Pulsa: Rp505.000
Total: Rp7.441.000
#######

Salam saya,

Ondy Liberty Munthe
Plaju, Palembang
Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Ondy Liberty Munthe

Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Ondy Liberty Munthe di Mediakonsumen.com tanggal 27 Maret 2022 yang berjudul “Penipuan Mengatasnamakan Kredivo, Tepat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Parah banget penipu sekarang nekat laporin aja pak apalagi dia memakai no halo telkomsel hati hati yang pinjam pake kredivo rata rata jika pinjaman approved akan di telepon mengaku ngaku dari kredivo kesalahan sistem yaitu double transfer.

    • Itu nomernya si pelaku pake kartu hallo. Bisa ditrace ke telkomsel. Bawa surat aduan dr polisi. Nanti pihak telkomsel membantu.
      Lain kali jangan kepo klik link yg ga jelas. Itu sebetulnya fix kesalahan pengguna kalau dilihat dr kronologis ceritanya.

      Kalau disuru transfer balik jàngan dilakukan waktu itu juga . Tunggu jam kerja dan verifikasi ke kantor apa bener suru transfer balik atau tidak.

  • Lihat aja akun medsos kredivo, baik di facebook maupun di instagram, kan banyak komentar dari akun akun penipu. Kalau bapak ngga ikhlas dan mau lanjut, bisa lapor polisi tapi ya tau sendiri lah, prosesnya lama dan belum tentu berhasil.

    Kredivo juga sebenarnya udah buat pengaduan ke polisi tapi jarang yang keciduk. Para penipu udah punya system sendiri buat nipu orang.

  • kalo malem mungkin lebih leluasa ngacak sistem....wah bisa auto galbay nih...sayang bi cheking/slik ojk tuh....penipu berkeliaran di dunia maya,terasa tapi tak tampak dimata.....waspadalah...waspadalah

  • Apakah so nggak ada lagi matahari bersinar esok. Sshingga buat akun malam hari dan ngajuin pinjaman.Subuh2 mau belanja apa sih. Nggak tau kah kalau malam hari terutama subuh2 banyak setan menggoda. Malam hari adalah adalah waktu keluarnya setan termasuk penipu
    Penipu itu baca Lu sedang buat akun dan ngajuin pinjaman.. akhirnya di kirim lah link.

    Lue juga bilang kalau mlam hari sistim pengawasan kredovo lengah. Nggak ada malaikat penjaga. Akhirnya setan penipulah yg masuk.

  • Semoga gak terjadi pda yg lain
    Koq gampang sekali y kiram kirim kiram kirim..
    Apakah baru sekali pinjam" Online

    • Kok pada bilang pin otp,,

      Yg saya tangkap dari artikel itu
      Si korban ajukan pinjaman ke kredivo
      Tidak lama kemudian ada telpon masuk yg ngaku dari kredivo dengan alasan kredivo gangguan lah itulah
      Lalu si penelpon kirim link lewat wa,
      Si korban klik linknya, trus log-in masukin otp dari link tersebut,
      Si penelpon mah tak perlu repot-repot minta otp pin apapun itu, kan si korban udah log-in sendri dan masukin pin serta otp.
      Dan si penelpon bisa masuk ke kredivo nya dong, trus beli pulsa
      Nah soal pinjaman duitnya kan masuk ke rekening korban, kan nomer rekening korban lah yg ada di aplikasi tersebut,
      Si penelpon nyuruh refund dengan alasan blabla,
      Karna tidak bisa refund ke aplikasi nya langsung maka si penelpon memberikan virtual account-nya ke korban,
      Dan d tranferlah itu duit ke virtual acount,
      Dan ternyata itu virtual acount DANA,,

      Soal apakah penelpon itu orang dalam kredivo,
      Bisa iya bisa tidak

  • Masnya udah pake Smartphone kapan? kalo baru sih gamasalah jadiin pengalaman. Kalo udah lama make hape, pasti udah pernah di iggetin sama aplikasi jika lagi melakukan OTP Atau semacamnya. Apa textnya gak di baca apa gimana? Udah serinng di ingetin masih aja kebablasan.

  • Lalu fungsinya fitur Unlink perangkat terbaru kredivo yang baru saja di luncurkn februari kemarin apa dong ??? Apakah Mngkin kakaknya ini telah meUNLINK perangkat dari link yang dkirimkan oleh penipu tersebut. jdi akunnya bisa berpindah tangan dengan mudah. Tapi herannya juga kok masih ada celah buat oknum" seperti ini yg justru merugikan nama baik kredivo. semoga kdpan kredivo ada fitur pengenal wajah saat mau mencairkan limit atau mnggunkan limit sprti punya akulaku jdi pembobolan sangat bsa d antisipasi dan mngkin saja pembobol jg ikut mnyimak artikel ini. Dan kakakny yg sabar smoga urusany d permudah.

    • Saya pernah alami hal yang sama persis, setelah mengajukan pinjaman , langsung di telvon katanya ada tagihan double, tp alhamdulilah saya orang yg susah percaya, aplikasi kredivo saja tidak kasih notif tagihan double, makanya langsung saya marahin aja tu orang yg telvon .
      Spertinya system kredivo gak seaman pinjaman lain .

  • Alhamdulillah, saya selama pakai kredivo fintech ngk pernah ngalamin ada indikasi penipuan, semoga kakak depermudah segala urusan ya kak Aamin" dan untuk penipu semoga dengan dia mencari uang dengan menipu dapat teguran dari tuhan, ingat yang melakukan pasti ada yang lihatt