Surat Pembaca

Tidak Ada Itikad Penyelesaian Masalah dari Pinjol Singa.id

Nama saya Aries Budhiarto, salah satu nasabah dari pinjol Singa.id (PT. Abadi Sejahtera Finansindo). Surat ini ditujukan kepada Singa.id, selaku perusahaan pinjaman online. Saya memiliki pinjaman di aplikasi ini yang jatuh tempo tanggal 2 April 2022.

Pada tanggal 1 April 2022, sudah saya lakukan pelunasan secara keseluruhan melalui mobile banking BCA, dimana status transfer sukses/berhasil. Namun ketika cek di aplikasi Singa.id, masih ada keterangan belum bayar. Dengan berbaik sangka, saya pikir mungkin ada keterlambatan update. Namun dari tanggal 1 sampai dengan surat ini saya buat, tidak ada tanggapan dari pihak Singa.id. Saya sudah coba email, tapi tidak ada balasan dan telepon CS, tapi tidak pernah tersambungkan.

Dari tanggal 1 April 2022, setiap hari saya mendapat WhatsApp dari tim collection Singa.id. Saya harus menjelaskan dari awal, bahwa saya sudah melakukan pembayaran. Sampai akhirnya pada saya buat surat ini tanggal 6 April 2022, seperti biasa ada pihak collection yang menghubungi saya. Saya jelaskan dari awal kirim capture pembayaran dan saya tanyakan tentang cek laporan saya.

Namun collection tersebut malah kembali memarahi saya dan menyebutkan saya menantang. Sehingga akhirnya saya beranikan diri untuk buatkan surat ini.

Terima kasih,

Aries Budhiarto
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SINGA.ID atas Surat Bapak Aries Budhiarto

Kepada Yth. Bapak Aries Budhiarto, Menanggapi pengaduan Bapak Aries Budhiarto di Media Konsumen tanggal 08 April 2022 dengan judul “Tidak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Itu sih kerjaan pihak ke 3 yg telat menerima info kalau ada sudah lunas
    Orang orang yg memang kerja gak perlu pakai otak dengan nalar bagus, tp cukup dengan bentakan dan otot yg bagus

    • Klo kita memakai jasa pinjol harus waspada & hati2, sy jg salah satu pemakai aplikasi singa. Dan sdh 3 kali ambil, pembayaran jg selalu sy lunasi di muka (biasany 1 bln dr tenor 3 bln yg d berikan k sy). Tagihan terakhir sy kira2 5jt600rb an, 1 Minggu sblm jatuh tempo sy byr d Alfamart seperti sblm2 ny. Ternyata TDK bisa, kata kasir ny, klo pembayaran pinjol singa d Alfa d batasi maksimal 2jt an. Sy coba k CIMB malah nama yg keluar bkn nama sy, padahal itu nomor va yg tertera d aplikasi singa saat sy pilih pembayaran lwt CIMB. Kasirny pun blg lbh baik jangan d byr dulu, cb hub pihak singa. Dan memang sy coba semua akses sosial media & no wa/tlp yg ada d aplikasi singa. IG sy sm, email, FB, tlp, wa tp TDK ada yg respon. Akhirny sy biarkan sy pikir ya sdh sy tunggu sampai pihak singa tlp sy, tp dari 3-4 hari sblm jth tempo yg menghubungi hp sy hanya mesin. Jd suara wanita yg mengingatkan bahwa jatuh tempo kita tinggal beberapa hari lg, jd sy tdk bs komunikasi dengan mereka. Tiba2 d saat 2 hari sblm jth tempo, sy dapet wa klo sy d haruskan byr tagihan secepatny klo tdk data sy d sebarkan k pihak k 3. Akhir sy tlp dan d jwb, wanita a/n Kartika, sy cerita kan kendala sy soal pembayaran Lalu Kartika ini blg, klo pembayaran nya d atas 3jt va nya d kirim lsg dr pihak singa jd bkn yg tertera d aplikasi. Dia blg nanti dia akan kirim va nya, dan akan keluar nama sy &singa id plus nominal tagihan.
      Akhirnya sy coba, tp sy curiga yg begitu sy pake m-bca dengan nomor va dr Kartika itu ko cm singaid plus nama sy yg keluar tp nominal tagihan TDK keluar seperti yg dia blg. Akhir sy coba LG pake va yg ada d aplikasi ternyata bisa, jd kt hrs hati2. Krn mereka kan tau semua jth tempo dan nominal utang kita, jd kemungkinan d serahkan k pihak k 3 untuk menipu kita. Yg paling penting no va hrs sesuai dengan yg d aplikasi singa sesuai bank ny, CIMB & permata. Klo dapet wa yg mengaku dr pihak singa tp memberi nomor va yg berbeda dengan d aplikasi, jangan pernah mau byr dengan nomor va yg berbeda dr aplikasi singa atau d kirim pihak k 3. Trm kasih semoga bermanfaat

      • Betul sekali, va harus sesuai yg ada pada aplikasi, jika diluar itu sdh pasti penipuan

    • Bener bgt bang. Malah parah nya lagi data juga di sebar. Yang aneh bini ane gal ada pinjem ko bisa bisa nya ada tagihan dan ancem2. Ane ajak ketemuan gak berani. Pake mau viralin bini ane. Di ajak ketemu gak berani

  • Lawan aja emang ngeselin sistemnya pada ga dibenerin ,jangan mau bayar2 kali nnt ga dibalikin kaya nasib saya tuh diindodana masih ngejar2 biar dibalikin duit saya

  • Memang ngeselin nih Singa-ID mesti dilaporin polisi saya juga sama masalahnya di Singa -ID sdh bayar sekaligus lunasin Rp.4,990 jt tapi di aplikasinya masih muncul ada tagihan 2 bln, ada Debt Collector masih WA malam2 pas mau tidur , sdh email komfirmasi 20x , nelpon ratusan kali g diangkat², mesti dilaporin OJK dan Polisi biar kapok.

    • Kasusnya berarti sama dengan saya, susah melakukan pelunasan tapi tagihan ke 2 dan 3 masih tetep ada....

      Coba email, jawabannya sama ( mesin penjawab otomatis) "silahkan masukan nama, no hp, email dan nik, untuk memudahkan pengecekan" tpi sudah berulang kali saya balas, ya tetep itu jawaban dari email singa.id.

      Saya coba hubungi no telpon CS yang tertera namun sangat menjengkelkan " telpon diangkat tapi di tinggal ngobrol dengan rekannya" jangankan mendengar keluhan nasabah nya, jawab salam aja tidak....

    • Mau ilegal mau legal sama aja.. ??
      Saya mah galbay.. 5 apk pinjol legal 15 pinjol ilegal.. Lagian semuanya nagihnya kaga ada yg halus.. Padahal blm jatuh tempo.. Sekalian aja gua lenyap in semuanya... ???

    • Yg kayak gini harus dilaporkan ini, padahal kita sebagai nasabah sudah melakukan tanggung jawab, mengikuti prosedur. Tapi dipersulit hingga menyusahkan kita nasabah. Minta solusi malah menantang plus membentak dan mengancam tidak akan memproses klaim bukti pelunasan.

      • Betul itu polisikan saja, termasuk laporkan jg individu yg sdh melakukan ancaman bisa kena pidana

      • sudah coba konfirmasi belum ke bank BCA untuk dilaporkan transaksinya ini. karena anda menggunakan metode transfer antar bank jadi ada juga kemungkinan trx belum sampai tujuan. saya pernah terjadi transfer ke bank lain belum samapai dan ketika telfon ke bank dibuatkan laporannya 4-5 hari dana dikembalikan

  • Senasib. Saya bayar di apk masih ada tagihan. Masih di wa mulu. Bantuin dong. Saya niat baik bayar malah di wa mulu

  • sumpah sih apk kurang ajar banget...
    ko bisa updatenya gak otomatis, jelas bisa merugikan pelanggan kalo gitu.
    itu sistem apaan kali ya, kalo virtual normal adalah di saat kita melakukan pembayaran otomatis akan langsung hilang tagihan kita.
    sangat aneh juga siih ko bisa bisanya dc yang proses bukan cs resminya..
    sangat aneh bgt.. jauh dari ojk.
    gempur terus bng,,

  • Intinya ga profesional, mana ada ke konsumen kasar tidak ber etika begitu, mending cari aplikasi yg profesional. Lebih bagus jgn gunakan pinjol, seperti rentenir berkedok teknologi.

  • ngeri juga ya pinjol, kok gitu amat bahasanya ke nasabah, ini kok pemerintah legalin hal kayak gini, parah emang di jaman ini segala macam negatif ada, perusahaan apa ya karyawannya kek gitu, saya kira itu bukti yg cukup untuk membubarkan perusahaan tersebut, memalukan

  • Kok bnyk betul sih yg masih pke pinjol abal2 ini? Pdhl bnyk pinjol yg lebih jelas dan terkenal.. Akulaku, Uangme (bunga terkecil), Indodana, Kredivo,dll

  • Udah banyak kasus yg spti, tp anehnya masih ada sj yg pinjam. Jd yg bego siapa

    • Lu kan orang kaya hidup enak jadi gak perlu pinjol kan . Nah kalo lu udah kaya , harusnya lu jgn ikut komenin media konsumen deh. Lu urusin aja kekayaan dan hidup enak lu itu sambil berzakat.

      • Walaupun saya tidak begitu kaya2 amat, namun dengan gaji UMR sudah cukup bagi saya untuk tidak berurusan dengan pinjol. Lha situ UMR apa UMK?? Kok panas ??

      • Sekedar share, awal2 pinjol msh blm menjamur ky skrg, sy sdh berurusan dgn mereka. Akulaku, kredivo, julo. Dan jujur, sy pinjam duit tuk belanja dan gali lobang tutup lobang. Tp dl mah mereka ga pake DC, jd komunikasi lancar. Sdh lunas semua, sy uninstall semua. Alhamdulillah skrg beli2an pake uang sendiri. Tp saya aminin omongan anda, mudah2an sy jd kaya beneran. Amin ?