DC Bank Mega Meminta Uang untuk Pengajuan Program Diskon dan Cicilan

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan ruang kepada saya, untuk menyampaikan kekecewaan terhadap oknum DC Bank Mega, yang meminta uang untuk proses pengajuan diskon dan keringanan cicilan kartu kredit.

Saya adalah pemilik kartu kredit Bank Mega Gold 4201-9201-****-**77 dan Mega Carrefour 4890-8700-****-**90. Sejak terkena pemutusan kerja di 2019 dan covid, tagihan kartu kredit tersebut macet sampai dengan saat ini.

Pada bulan April ini, DC sudah 3x datang ke rumah, tetapi posisi saya sedang narik Gojek (driver online). Akhirnya saya bisa hubungi via telepon dan WhatsApp saja, dengan kesepakatan saya menyanggupi untuk mulai membayar kembali cicilan kedua kartu tersebut pada bulan Mei 2022. Kesanggupan saya untuk pembayaran pokoknya saja dan cicilan tiap kartu sebesar Rp500 ribu/bulan tiap tanggal 24 sesuai dengan info dari DC tersebut. Pihak DC meminta uang sebesar 1 juta rupiah, sebagai biaya untuk pengajuan keringanan tersebut (agar bisa push dan negosiasi dengan bagian collection-nya), tetapi tidak saya tanggapi.

Setelah itu, DC meminta segera agar membuat surat pernyataan di atas materai, sebagai syarat pengajuan keringanan. Sesuai permintaan DC tersebut, pada tanggal 26 April 2022, saya pun membuatnya agar segera bisa diajukan.

Tanggal 27 April pukul 9 pagi, DC sampaikan bahwa pengajuan keringanan 2 kartu tersebut sudah disetujui atasannya. Setelah menginfokan hal tersebut, DC menagih uang 1 juta rupiah sebagai jasa dalam proses pengajuan keringanan yang sudah disetujui tersebut. Saya tidak hiraukan permintaan tersebut. Karena saya tidak menghiraukan permintaan tersebut, DC telepon terus menerus dan mengancam bahwa program yang telah diajukan dan disetujui tersebut, bisa dibatalkan oleh DC, karena saya tidak memberikan uang sesuai yang diminta DC tersebut.

Mohon perhatiannya kepada Bank Mega, untuk oknum DC seperti ini, Setahu saya tidak ada biaya dalam proses pengajuan keringanan tersebut (mohon koreksinya). Bagi saya kalau hanya sekedar uang bensin yah sah-sah saja, karena saya juga hargai pekerjaan mereka.

Mohon tanggapannya dari pihak terkait karena saya beritikad baik ingin menyelesaikan tunggakan kartu kredit ini, tetapi mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari oknum DC tersebut.

Ilham Hidayat
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DC Bank Mega:
[Total:301    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

53 komentar untuk “DC Bank Mega Meminta Uang untuk Pengajuan Program Diskon dan Cicilan

    • 30 April 2022 - (05:29 WIB)
      Permalink

      bisa jd bekas pinjol. lompat ke bank. tergantung bank nya skrg selektif ga dalam menerima karyawan. klo ga bener gini pecat lgs aja.

      8
      1
    • 30 April 2022 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Anggapan yang Salah besar jika menganggap DC Pinjol itu lebih parah dari DC Bank.

      Justru kebalikan nya, DC Bank, apalagi bank2 tertentu, itu JAUH lebih sadis dari pada pinjol, pinjol sih DC nya sebetulnya Cupu, anak kemaren sore yang bisa nya ancem dan sebar data lewat onlen aja

      Tapi DC bank mungkin ngerasa lebih kebal hukum, dan bank punya uang buat bayar agensi DC yang kejam2. Dateng bisa rame rame kek boyband dan melakukan intimidasi di lapangan. Pinjol mana bisa begitu.

      16
  • 29 April 2022 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Kalau permintaan dana 1jt nya di transfer ke rekening pribadi DC jangan pak, laporkan saja Oknum seperti itu.. Tapi kalau dana 1jt nya di transfer ke rekening BANK MEGA CC atas nama bapak gapapa memang seperti itu mekanisme nya untuk keringanan cicilan

    15
    2
    • 30 April 2022 - (05:28 WIB)
      Permalink

      mungkin klo itu sebagai DP gpp. tapi alasan DC nya sebagai “jasa”. itu mah bisa2an DC nya

      5
      1
      • 30 April 2022 - (05:40 WIB)
        Permalink

        Setuju pak. Jangan mau kalau masuk ke kantong pribadi DC..laporkan aja ke bank nya kalau ada DC yang fraud pak..pihak bank tidak boleh menerima gratifikasi apapun.

    • 30 April 2022 - (06:48 WIB)
      Permalink

      Kalau kesel and mau bales DC nya gampang, oke setuju akan bayar 1 juta (klo bisa nego dibawah itu), tapi kirim via transfer ke rek pribadi DC nya. Setelah transfer adukan ke bank mega kuningan (tmpt nya para DC) bahwa ada pungutan dlm pengajuan keringanan cicilan (restruct) di jamin itu DC dipecat. Kenapa saya yakin ? Karena saya tahu Bank Mega Benci dengan hal yg seperti itu.

      12
      • 30 April 2022 - (08:50 WIB)
        Permalink

        Anda salah besar pak, bank mega gk akan pecat DC nya, waktu dulu saya jg pernah bermasalah sm DC tp saya bukan pihak yang berhutang. Saya di terror setiap hari sm DC dan DC tersebut dapet database no telp kantor saya dari bank mega. Komplen ke pihak bank mega pun saya harus mengancam CSO mereka. Setelah masalah kelar saya langsung menutup kartu kredit bank mega saya. Bank mega gk akan peduli DC mereka gmn kerjanya, yang penting duit balik.

        9
        1
        • 30 April 2022 - (15:17 WIB)
          Permalink

          Iya betul, kali kita dah niat byr tp msh juga di teror, hak ush kalem kalem sama DC nya..kalo dia gas,kita gas balik😄, kalo perlu kita yg teror DC nya. Wkwkwk

          5
          1
        • 1 Mei 2022 - (12:38 WIB)
          Permalink

          DC itu biasanya bukan karyawan bank tetapi karyawan rekanan bank jd bank nggak bisa kasih sanksi apapun ke DC.
          Dlm hal penagihan bank sdh menyerahkan data kredit macet ke rekaman utk ditagih rekanan dapat komisi atau lebih nominal penagihan.

    • 3 Mei 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Ini mah namanya nyari kesempatan dalam kesempitan , ga usah di bayar lah lagian dc itu cuman agen klu sudah acc dengan pihak bank meganya ga mungkin bisa di batal kan. Jangan mau di bodohin

  • 30 April 2022 - (00:07 WIB)
    Permalink

    Utang kartu kredit lg. di saat kerja enak dikit lgsg gaya sok borju dgn buat CC, uang bukannya di tabung kalau misalnya ada apa2. Apa ga malu ya kalian nulis gini di tertawakan org lain.

    24
    46
    • 30 April 2022 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Kayak ga punya empati sedikit jd orang, klo ga bisa kasih solusi mendingan diam ga usah coment

      10
      1
      • 1 Mei 2022 - (00:35 WIB)
        Permalink

        Ga usah mengharapkan empati org lain bung, sadar diri sendiri sj, kalo blm punya tabungan banyak, ga usah sok2an pake CC. kalo terjadi apa2, mau bayar pake apa? Di media ini terlalu banyak keluhan ttg debitur yg nunggak bayar cicilan baik itu CC ataupun pinjol, seolah olah jadi tempat mempertontonkan aib sendiri.

        2
        8
        • 1 Mei 2022 - (02:29 WIB)
          Permalink

          Benar , tapi kan merek mecari solusi bung mungkin yg punya pengalaman serupa bisa memberikan solusi apalagi untuk Dc begini yg mau memeras orang yg sedang terlilit makin dililit ada yg mengais keuntungan sendiri di atas kesengsaraan orang, yg seolah-olah menjadi super hero ,DC begini harus dibtertibkan,

          Lain hal Klo bung adalah DC nya pantes klo komen bung seperti itu.

          • 1 Mei 2022 - (03:44 WIB)
            Permalink

            Komen yg kontra dikira DC, segitu sempit kah pemikiran kalian? Lagian, dia tdk punya bukti kalau ada DC yg minta DP, bs jd itu cm alasan dia tuk ttp tdk mau bayar hutangnya.

          • 1 Mei 2022 - (04:41 WIB)
            Permalink

            Orang awam pun paham bung dengan stemant anda posisi anda dmn, jangan di bela yg salah bung,

            Dan coba bung telaah lebih dalam tulisan saya, iti jelas tertulis

            “Lain hal klo bung adalah DC nya pantes klo komen bung seperti itu”
            in tidak ada kata pernyataan menuduh klo bung DC nya jadi jangan baper ya

          • 1 Mei 2022 - (06:38 WIB)
            Permalink

            Anda yg nulis tp anda yg ga paham dari tulisan anda. Sdh jelas2 anda blg kalau sy DC nya pantas komen spti itu. Itu artinya anda menganggap sy DC dgn komen kontra. Lucu anda ini

            1
            5
    • 1 Mei 2022 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Lu jongosnya bank mega ya? Drtd gw bacain komen lu kok sewot banget sama ni penulis, apa bapak lu DC ya jd tiap.hari makan dr uang ginian?

      • 1 Mei 2022 - (14:35 WIB)
        Permalink

        Ini lg org yg otaknya kosong. Sdh di bilang kalau komen kontra itu bkn berarti itu org ada hubungan dgn pihak tertentu. Masa gitu aj ga ngerti? Wkwkwkwkwk

    • 3 Mei 2022 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Mungkin pengalaman pribadi bapak ya,ketika punya cc sok borju ada juga yang ga tuh pak , saat perlu saja di pakai dan bayar lunas sebelum jatuh tempo.
      Nyombong dikit pak pegang platinum saja g borju tuh ….
      Jangan koment pak klu cuman memojokan … jangan samakan dengan bapak sendiri

      • 3 Mei 2022 - (20:40 WIB)
        Permalink

        Waduh, sy mah sadar diri dgn keadaan bu. Sy bkn org berada makanya gada niatan punya CC kaya warga +62 lain yg kerja enak dikit udah sok2an belagak ky org kaya. Alhamdulillah sy kalau beli2an pake uang cash hasil kerja.

      • 3 Mei 2022 - (20:44 WIB)
        Permalink

        Hampir semua yg ngadu dsni kasusnya nunggak angsuran CC bu, jd wajarlah kalau sy komen spti ini karena bosan permasalahannya ini2 sj. Kalo mslh mereka emg salah di bank, sy jg ga akan komen spti ini. Kalau solusi ya jual apa yg bisa di jual trus hidup yg wajar sj dgn kemampuan.

  • 30 April 2022 - (01:58 WIB)
    Permalink

    Setau saya kalau ngajuin keringanan itu memang harus ada DP deh, saya juga pernah nunggak bank mega dan Alhamdulillah selesai lunas.

    Dan saya rasa penulis ini nggak berani hadapin dc langsung, justru malah enak ketemuan koq dan mas penulis ini saya rasa punya waktu yg cukup fleksibel utk ketemuan langsung. Dari pernyataan dan lampiran bukti sepertinya nggak ada bukti dimana dc minta uang jasa,. Itu bukan uang jasa melainkan syarat pengajuan keringanan sebagai implementasi komitmen kedua setelah adanya wanprestasi..

    Saya dulu lebih parah dari ini, sampe orang 1 kantor di tlp dan memang ada pelanggaran dari oknum waktu itu

    5
    8
    • 30 April 2022 - (03:26 WIB)
      Permalink

      Ini bukan DP abang, DC terang2an meminta secara by phone sebagai dalih komisi untuk dia pribadi

      4
      1
      • 30 April 2022 - (05:35 WIB)
        Permalink

        Jangan mau diminta seperti ini pak. Ini kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh DC tersebut. Sebaiknya bapak saya sarankan untuk datang langsung ke Bank terdekat. Agar bisa didiskusikan dan dimintakan kemudahan. Ingat pak, pihak bank itu tidak boleh menerima gratifikasi macam itu, bisa dilaporkan ke bank nya langsung pak. Btw, saya juga pernah kerja di bank pak. Lebih enak diselesaikan langsung ketemu dengan petugas di bank nya. Bank juga bakal menghargai niat bapak, jika bapak datang langsung, menjelaskan kondisi keuangan dan meminta keringanan.

      • 30 April 2022 - (08:28 WIB)
        Permalink

        Harusnya lampirkan bukti nya di tulisan ini, jadi biar jelas pak. Khawatir klo nggak ada bukti tulisan ini bisa jadi bumerang

      • 30 April 2022 - (12:05 WIB)
        Permalink

        Knpa ga di rekam sebagai bukti? Sedangkan di SS yg anda lampirkan gada bukti DC tsbt minta DP. Jgn2 ini cm alasan anda sj tuk menolak bawar kewajiban anda

        1
        4
      • 1 Mei 2022 - (04:59 WIB)
        Permalink

        Dah mas laporin aja ke bank tersebut, karena dari kata2 DC nya ada yg rancu, 1 di acc kenapa yg 1 lg di tolak? Ditolaknya kenapa pas masnya ga mau di ajak ketemu sama dia dan di tlp sama dia itu kan rancu, kurang jago buat ngilangin jejak nya.

        • 1 Mei 2022 - (06:40 WIB)
          Permalink

          Pelaporan atas apa? Pemalakan? Bukti jg ada ga. Yg ada dia malah disuruh bayar hutangnya. Lucu anda ini

          • 1 Mei 2022 - (10:55 WIB)
            Permalink

            Santai bung ko kayaknya anda yg panik bung selow lah,

            , itu di WA nya jelas ada penganceman dan penekanan kalau bung bilang ga ada,
            berarti subjektif sekali bung menelaah kasusnya,

        • 1 Mei 2022 - (14:40 WIB)
          Permalink

          Semua DC kata2nya bgtu, bahkan ada yg lbh kasar. Lantas bs di jadiin aduan? Para DC aj di bayar pihak bank tuk nagih, paling cm kata2 mutiara yg kluar dari pihak bank.

          • 1 Mei 2022 - (15:03 WIB)
            Permalink

            @mulya Selow lah bung kontranya bercampur panik hehhee,

            @mas ilham: laporkan aja ke pihak bank atau di bawa aja ke ranah hukum ini bisa di kenakan 2 pasal berlapis

            – uu pasal 369 ayat 1
            – sama uu ITE tahun 2016

        • 2 Mei 2022 - (20:53 WIB)
          Permalink

          Kalau sy DC anda boleh blg kalo sy panik, lah ini org yg cm komen kontra lagi2 di anggap DC, gada lg pembelaan kalian yg lbh pintar?

          1
          3
          • 2 Mei 2022 - (21:06 WIB)
            Permalink

            Saya cukup pintar untuk mengetahui anda DC begitu juga sebaliknya anda kurang pintar untuk menutupi jati diri anda , klo anda DC juga seharusnya senang dan membantu untuk menertibkan DC yg menyimpang begitu, kecuali emang anda melumrahkan untuk DC yg begitu,

        • 3 Mei 2022 - (20:49 WIB)
          Permalink

          Wuidih, hebat sekali anda nyebut sy dc karena sy komen kontra. Di berita yg lain sy komen kontra terhadap org yg komplain ttg ekspedisi, di blg sy karyawan ekspedisi tsbt. Kok pemikiran org2 spti anda yg komen di media ini, banyak yg pendek ya otaknya.

          • 9 Mei 2022 - (23:52 WIB)
            Permalink

            Jangan seperti itu bang, kita juga gk tau dia pakai cc karena apa, siapa tau dia beli barang untuk keperluanya dia seperti obat atau sandang pangan bang, mau komentar kontra silahkan bang itu hak anda tapi selama kita gk tau dia hutang karena apa lebih baik jangan memojokan mereka bang kasian juga mereka

          • 9 Mei 2022 - (23:56 WIB)
            Permalink

            Karena saya pernah mengalami saya punya cc disalah satu bank swasta sudah 7 tahun dan tidak pernah saya pakai, saya pakai saat saya terdesak disebabkan awal2 covid ada pengurangan pegawai dan saya kecelakaan dan tidak sangup bayar uang rumah sakit dan akhirnya memakai cc yang berujung menungak 2 bulan tapi akhirnya segara saya lunasi

    • 30 April 2022 - (05:33 WIB)
      Permalink

      Saya pernah bantu teman saya, perihal penyelesaian kredit macet kartu kredit Bank swasta lain di Surabaya, karena kebetulan teman saya sering ke luar kota.
      Teman saya pernah dihubungi oleh salah satu DC (mengaku namanya X), dan DC tsb melontarkan perkataan yang kurang pantas, akhirnya ketika didatangi teman saya di Bank Penerbit kartu kredit di Jakarta, pihak Bank, mengaku tidak ada nama DC X tsb. Sepanjang DC tidak memberikan surat penagihan utk diselesaikan di kantor Bank Penerbit kartu kredit, maka abaikan saja permintaan uang/jasa tsb.
      Permintaan keringanan, pengurangan, penghapusan & pelunasan kartu kredit macet harus diselesaikan di Bank Penerbit kartu kredit, masalah harus di Cabang mana itu harus di komunikasikan. Biasanya pertemuan di Bank, dilakukan perjanjian pelunasan yang besarnya disepakati oleh kedua pihak, apalagi jika ada pengurangan/penghapusan itu biasanya tertulis dalam laporan perjanjian.
      Kalau memang beritikad baik untuk menyelesaikan kredit macet, ya harus pro aktif utk bilang apa adanya sesuai kemampuan & kondisi Anda, berapa lama juga tergantung negosiasi Anda. Kalau sudah ada perjanjian pelunasan dengan Bank, maka kecil kemungkinan pihak DC menghubungi Anda, kalaupun jika ada DC abaikan saja & bilang sudah ada perjanjian pelunasan dengan Bank. Demikian share saya. (Terima kasih)

      10
      1
    • 25 Mei 2022 - (12:56 WIB)
      Permalink

      Kalo sdh pengajuan keringanan tp msh macet2 bayarnya kira2 bakal diteror lg ga ka?
      Sy mau mengajukan keringanan tp takut macet dijalan dan dibatalkan

  • 30 April 2022 - (04:03 WIB)
    Permalink

    DC datang menagih hanya untuk minta jatah preman aja.
    DC datang pasti lebih dari 1 orang, ada yg perperan sebagai negosiator, ada juga yg bagian Gertak dan ada juga yg bagian mengawasi lingkungan sekitar.
    Nego jangan sama DC nya. Nego sama org bank nya langsung.
    Pelunasan dengan cicilan dapat diskon 30% . Sedangkan pelunasan secara langsung dapat diskon 40%.
    Jangan takut utk Nego.
    Jangan takut sama DC, mereka maju dgn sistem. Jika anda paham sistem mereka maka anda bisa dengan mudah memperdaya DC.
    Mereka DC sebenarnya jauh lebih pengecut….sudah saya buktikan.

    5
    1
      • 30 April 2022 - (20:13 WIB)
        Permalink

        Langsung saja ke cs bank nya biar langsung dapat jawaban,mungkin ada kesalah pahaman antara sampean sama DC,klau tdk temui aja lah ajak ngopi tanya bener2 sampe sampean paham,,klau dc main tangan teriaki maling aja selesai kok

    • 30 April 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah takut dengan DC, kalau mereka resek tlp lgsg callcenter bank nya, cerita ke Cs nya nanti diberitahu nomer tlp bagian DC nya. laporkan jika perbuatan mereka tdk mengenakan.
      Diskon CC bisa mencapai 40%-50%
      kalau kta KTA bs mencapai 50%-60%>
      ini dibayar 1kali ya, klo cicilan dibawah ini.
      jgn perna memberi uang tips krn itu akan dijagakan zm DC nya..
      kalau di tlp dan di wa dibales saja, jgn mau ketemu apalagi disuru datang ke kantornya.

  • 30 April 2022 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Saya juga termasuk yang mendapat keringanan cicilan pandemi. Bukan telat bayar, tapi di telp untk ikut program tsb dan saya ikuti. Untuk program tsb saya di bantu oleh DC juga, beliau datang ke rumah. Akibat ulah DC yang katanya mau bantu dan tunggu instruksi dari dia. Saya nungguin kurleb 6 bulanan smpe akhirny pihak bank nelp dan tanya knp gk ada bayar2. Ternyata pesan dr pihak bank gk di sampaikan Dc. Dan untuk proses ini, tidk d kenakan biaya adm sama sekali.

  • 30 April 2022 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya hampir sama, bahkan saya pernah sempat transfer 500 rbu. Yang saya tahu itu DC di luar dari bank Mega. Walaupun ngaku2 dari Bank Mega, yang jelas emang Bank Mega sudah memakai jasa pihak luar untuk menyelesaikan utang. Beruntung saya tidak jadi memberikan uang kepada DC itu yang meminta kurang lebih 4.5 jta utk penyelesaian utang 45 juta menjadi cicilan 500 rbu selama setahun katanya bisa lunas. DC nya memakai pakaian hitam atribut Bank Mega, ada kartu namanya. Bersyukur saya sudah melunasi hutang saya full dengan bunga2nya. Tapi sampai sekarang hampir sudah 3 bulan surat pelunasan utang belum dikasih juga. Jangan pernah bermain uang dengan petugas lapangan walaupun itu ngaku resmi dari bank mega. mending datang langsung k office nya.

  • 1 Mei 2022 - (03:29 WIB)
    Permalink

    Pas kapan DC itu minta Duit nya, klo ada buktinya di screenshot lalu bsa di complain ke bank tersebut agar dc nya langsung di Pecat

  • 9 Mei 2022 - (03:22 WIB)
    Permalink

    Nanggung jga udah 3 tahun gag dibayar
    Sekalian aja gag usah dibayar boz 😅
    Toh mau dibayar ato gag…nama situ sudah masuk bi checking
    Gag usah takut ama dc jga..sama2 makan nasi

 Apa Komentar Anda mengenai DC Bank Mega?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

DC Bank Mega Meminta Uang untuk Pengajuan Program Diskon dan Cicilan

oleh Ilham Hidayat dibaca dalam: 1 menit
53