Surat Pembaca

Pembelian Token Listrik di Shopee Bermasalah, Pembeli Dirugikan

Saya sebagai pembeli, merasa rugi membeli token listrik di Shopee. Saya mengalami kerugian materi dan fisik. Kejadian ini terjadi pada hari Rabu, 04 Mei 2022 pukul 11.57 WIB, saya membeli token listrik seperti biasanya di Shopee dan mendapatkan status pembelian atau pesanan kamu sedang diproses dan akan selesai sebentar lagi.

Saya melihat status ini, saya cuekin saja karena token listrik masih ada sisanya dan belum mau saya pakai. Pada hari Kamis tanggal 05 Mei 2022 malam hari, listrik token rumah saya berbunyi (token listrik Anda akan habis). Setelah itu saya langsung cepat-cepat buka aplikasi Shopee, yang saya beli token listriknya pada hari Rabu tanggal 04 Mei 2022, ternyata saya lihat di menu pesanannya masih dengan status sedang diproses dan sebentar lagi selesai.

Setelah saya melihat status pesanannya, saya langsung menghubungi CS Shopee untuk menanyakan masalah token listrik saya tidak kunjung masuk nomor tokennya. Saya berbicara dengan CS Shopee, yang memberikan informasi, saya disuruh menunggu 1 x 24 jam untuk masalah nomor token listrik tersebut, kemungkinan bisa lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Karena setelah menunggu 15 menit lebih belum juga ada solusi (saat saya sedang membutuhkan token listrik untuk listrik rumah saya), maka saya membeli token listrik lagi di tempat lain dan berhadap besok sesuai dijanjikan nomor token listrik saya sudah ada untuk bisa saya isi. Di sini saya sudah mengalami kerugian materi dan fisik, karena tidak seharusnya saya membeli token listrik lagi.

Setelah saya menunggu, keesokan harinya saya mendapatkan informasi bahwa pihak Shopee membutuhkan waktu proses kerja 2-5 hari kerja. Di bagian ini sudah tidak seperti yang dijanjikan oleh CS Shopee sebelumnya, bahwa butuh waktu kerja 1 x 24 jam. Setelah saya mendapatkan informasi tersebut saya langsung chat CS Shopee.

Seperti biasa CS Shopee dengan kalimat menyuruh kita untuk menunggu lagi untuk nomor pesanan. Karena saya tidak mau rugi atas kesalahan Shopee, tanyakan terus ke pihak CS Shopee mengenai masalah token listrik saya dan mengucapkan akan diproses secepatnya dan diprioritaskan ke tim yang terkait.

Karena tidak percaya dengan CS Shopee, saya tanyakan masalah ini terus. Sampai-sampai saya memberikan batas waktu sampai besok masih tidak selesai masalah token listrik ini mau saya masukkan di Media Konsumen, agar dibaca oleh semuanya pembaca di Indonesia. Pelayanan dari pihak Shopee sangat-sangat jelek. Kenapa saya bilang sangat jelek? Karena konsumen belum selesai menanyakan perihal masalah token listrik, langsung main mengakhiri percakapan.

Apakah kalau manajer atau tim CS tidak bisa memberikan solusi untuk konsumen, langsung memberikan instruksi mengakhiri chat saja? Ini kisah saya, setelah lama selalu membeli token listrik di Shopee. Apakah surat ini akan ditanggapi oleh pihak Shopee?

Herman
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya juga baru kena masalah persis kaya mas nya.. Sdh 3hr token sy digantung 200rb sm shopee.. Sy mw tanya mas, brp hari sampe akhirnya token nya muncul??sy sdb maki2 itu cust shopee.. Kesel bgt

      • Nah saya sedang mengalaminya sekarang, apakah nanti, prosesnya akan slesai atau gagal,lalu bagaimana klo gagal

    • ADA BIAYA PENANGANAN 1000 JIKA PEMBAYARAN MELALUI (VIRTUAL ACCOUNT) TRANSFER BANK KECUALI SEA BANK

    • Beli di PLN mobile membayarnya tetap ke ATM juga...jadi tetap repot

      • KENAPA HARUS KE ATM KAN SEKARANG SUDAH BANYAK YANG PAKE MOBILE BANKING LEWAT HP

      • Kelemahan PLN mobile belum bisa bayar langsung di aplikasi. Yg didapat cuma kode bayar/nomor virtual akun bank. Yg harus di eksekusi lgi diaplikasi mobile banking blm bisa otomatis seperti debet online. Masih input manual

      • Saya ada aplikasi gampang buat beli token pln..harganya juga lumayan murah

  • Begitulah jelek sope kalo beli produk digital gak masuk cuma disuruh tunggu lama, kalo ditempat lain cuma hitungan jam sdh balik dana refund semoga sope bisa memperbaiki sistem, sama penjual Produk Digital disope lemah bgt garansi 10 hari penjual disuruh push sendiri ke pembeli utk klik pesanan diterima sangat tidak manusiawi karna pembeli ada yg brengsek habis terima voucher langsung OFFLINE, tinggal seller mkn angin nunggu dana cair padahal fee 2.5% loh

    • Sopiiiii memang parah, saya pernah beli pulsa indosat sebesar 50K.dikirim 25K
      Ketika saya komplain, krn jumlah pulsa hanya separo (25k), komplain saya ditolak.
      Mau sy viralkan jumlahnya sangat sedikit.
      Makanya di sini skalian sy sampaikan.
      btw Apa sisopiii mau memperbaiki?????
      Jawabnya: Sangat diragukan

  • klo beli token listrik jangan di jam 23.40 - 00.20, berlaku untuk semua aplikasi, jika beruntung cuma pending proses, jika tidak beruntung ya nyangkut..
    Klo mau aman hindari transaksi pembelian token atau transfer uang di jam 23.30 - 01.00.. pengalaman pribadi saya bermasalah di jam tersebut..

  • Heran masih pake E-commerce luar, nyata nyata si ijo no 1 sekarang, lokal, Saya hampir tidak pernah bermasalah bayar pdam, kartu halo, bayar pasca bayar listrik, dan berkali kali beli token prabayar...transaksi juga 300an x (beli barang beli dari kaltim)
    HERANNNNNN...!! ?

  • Selain beli di PLN Mobile tanpa biaya admin. Bisa jg beli di TMRW UOB Bank digital. Bebas biaya admin untuk bayar tagihan apapun

  • Gua pake aplikasi gojek beli token listrik tengah malam jam 12 malam. Hampir seminggu sekali . Sebulan 4 x jam tengah malam. Berhasil terus ga pernah nyangkut. Aplikasi gojek paling bagus aman. Ga pernah masalah klo pembelian listrik dah setahun lebih . Seminggu sekali beli listrik.

  • Kasus saya beli top up google play ternyata kode voucher y gk bisa masuk,saya klaim ke shopee trnyata uang tidak bisa kembali

    • Halo pake herman. Kejadian bapak dithn 2022 trjadi sama saya hari ini pukul 06:20. Dg nominal sama seperti bapak herman. Apakah ada pertanggung jawaban dari pihak shopee pak??