Pembelian Token Listrik di Shopee Bermasalah, Pembeli Dirugikan

Saya sebagai pembeli, merasa rugi membeli token listrik di Shopee. Saya mengalami kerugian materi dan fisik. Kejadian ini terjadi pada hari Rabu, 04 Mei 2022 pukul 11.57 WIB, saya membeli token listrik seperti biasanya di Shopee dan mendapatkan status pembelian atau pesanan kamu sedang diproses dan akan selesai sebentar lagi.

Saya melihat status ini, saya cuekin saja karena token listrik masih ada sisanya dan belum mau saya pakai. Pada hari Kamis tanggal 05 Mei 2022 malam hari, listrik token rumah saya berbunyi (token listrik Anda akan habis). Setelah itu saya langsung cepat-cepat buka aplikasi Shopee, yang saya beli token listriknya pada hari Rabu tanggal 04 Mei 2022, ternyata saya lihat di menu pesanannya masih dengan status sedang diproses dan sebentar lagi selesai.

Setelah saya melihat status pesanannya, saya langsung menghubungi CS Shopee untuk menanyakan masalah token listrik saya tidak kunjung masuk nomor tokennya. Saya berbicara dengan CS Shopee, yang memberikan informasi, saya disuruh menunggu 1 x 24 jam untuk masalah nomor token listrik tersebut, kemungkinan bisa lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Karena setelah menunggu 15 menit lebih belum juga ada solusi (saat saya sedang membutuhkan token listrik untuk listrik rumah saya), maka saya membeli token listrik lagi di tempat lain dan berhadap besok sesuai dijanjikan nomor token listrik saya sudah ada untuk bisa saya isi. Di sini saya sudah mengalami kerugian materi dan fisik, karena tidak seharusnya saya membeli token listrik lagi.

Setelah saya menunggu, keesokan harinya saya mendapatkan informasi bahwa pihak Shopee membutuhkan waktu proses kerja 2-5 hari kerja. Di bagian ini sudah tidak seperti yang dijanjikan oleh CS Shopee sebelumnya, bahwa butuh waktu kerja 1 x 24 jam. Setelah saya mendapatkan informasi tersebut saya langsung chat CS Shopee.

Seperti biasa CS Shopee dengan kalimat menyuruh kita untuk menunggu lagi untuk nomor pesanan. Karena saya tidak mau rugi atas kesalahan Shopee, tanyakan terus ke pihak CS Shopee mengenai masalah token listrik saya dan mengucapkan akan diproses secepatnya dan diprioritaskan ke tim yang terkait.

Karena tidak percaya dengan CS Shopee, saya tanyakan masalah ini terus. Sampai-sampai saya memberikan batas waktu sampai besok masih tidak selesai masalah token listrik ini mau saya masukkan di Media Konsumen, agar dibaca oleh semuanya pembaca di Indonesia. Pelayanan dari pihak Shopee sangat-sangat jelek. Kenapa saya bilang sangat jelek? Karena konsumen belum selesai menanyakan perihal masalah token listrik, langsung main mengakhiri percakapan.

Apakah kalau manajer atau tim CS tidak bisa memberikan solusi untuk konsumen, langsung memberikan instruksi mengakhiri chat saja? Ini kisah saya, setelah lama selalu membeli token listrik di Shopee. Apakah surat ini akan ditanggapi oleh pihak Shopee?

Herman
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:109    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Pembelian Token Listrik di Shopee Bermasalah, Pembeli Dirugikan

    • 8 Mei 2022 - (18:06 WIB)
      Permalink

      ADA BIAYA PENANGANAN 1000 JIKA PEMBAYARAN MELALUI (VIRTUAL ACCOUNT) TRANSFER BANK KECUALI SEA BANK

      • 8 Mei 2022 - (18:50 WIB)
        Permalink

        Kelemahan PLN mobile belum bisa bayar langsung di aplikasi. Yg didapat cuma kode bayar/nomor virtual akun bank. Yg harus di eksekusi lgi diaplikasi mobile banking blm bisa otomatis seperti debet online. Masih input manual

        1
        1
  • 8 Mei 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Begitulah jelek sope kalo beli produk digital gak masuk cuma disuruh tunggu lama, kalo ditempat lain cuma hitungan jam sdh balik dana refund semoga sope bisa memperbaiki sistem, sama penjual Produk Digital disope lemah bgt garansi 10 hari penjual disuruh push sendiri ke pembeli utk klik pesanan diterima sangat tidak manusiawi karna pembeli ada yg brengsek habis terima voucher langsung OFFLINE, tinggal seller mkn angin nunggu dana cair padahal fee 2.5% loh

    2
    1
    • 10 Mei 2022 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Sopiiiii memang parah, saya pernah beli pulsa indosat sebesar 50K.dikirim 25K
      Ketika saya komplain, krn jumlah pulsa hanya separo (25k), komplain saya ditolak.
      Mau sy viralkan jumlahnya sangat sedikit.
      Makanya di sini skalian sy sampaikan.
      btw Apa sisopiii mau memperbaiki?????
      Jawabnya: Sangat diragukan

  • 8 Mei 2022 - (15:26 WIB)
    Permalink

    klo beli token listrik jangan di jam 23.40 – 00.20, berlaku untuk semua aplikasi, jika beruntung cuma pending proses, jika tidak beruntung ya nyangkut..
    Klo mau aman hindari transaksi pembelian token atau transfer uang di jam 23.30 – 01.00.. pengalaman pribadi saya bermasalah di jam tersebut..

    14
  • 8 Mei 2022 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Heran masih pake E-commerce luar, nyata nyata si ijo no 1 sekarang, lokal, Saya hampir tidak pernah bermasalah bayar pdam, kartu halo, bayar pasca bayar listrik, dan berkali kali beli token prabayar…transaksi juga 300an x (beli barang beli dari kaltim)
    HERANNNNNN…!! 😁

    3
    5
  • 8 Mei 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Selain beli di PLN Mobile tanpa biaya admin. Bisa jg beli di TMRW UOB Bank digital. Bebas biaya admin untuk bayar tagihan apapun

    3
    1
  • 8 Mei 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Gua pake aplikasi gojek beli token listrik tengah malam jam 12 malam. Hampir seminggu sekali . Sebulan 4 x jam tengah malam. Berhasil terus ga pernah nyangkut. Aplikasi gojek paling bagus aman. Ga pernah masalah klo pembelian listrik dah setahun lebih . Seminggu sekali beli listrik.

    3
    1
  • 8 Mei 2022 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Kasus saya beli top up google play ternyata kode voucher y gk bisa masuk,saya klaim ke shopee trnyata uang tidak bisa kembali

  • 8 Mei 2022 - (19:47 WIB)
    Permalink

    jam 11.57 siang ya itu pak ?
    apa meteran listriknya awalan 56 ?
    soalnya meteran 56 jam segitu emang gak bisa beli token

  • 8 Mei 2022 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Saya customer platinum shopee. Pelayanan yang buruk sekali yang diberikan CS yang bernama Isyana. Saya dirugikan sebagai customer dimana saya dapet sale, ongkir gratis dan dapat discount 6% tapi tidak di kirim penjual sampai pesanan saya dicancel otomatis. CS Shopee yang benama Isyana bilang kan uangnya sudah di balikin dan masuk ke rekening kamu. Sebelum dicancel otomatis saya sudah hubungin shope tapi dibilang dalam proses pengiriman oleh penjual tapi nyatanya tidak. Disini saya dirugikan karena saya dapet harga sale, ongkir gratis dan Discount 6%, pesanan itu saya mau kasih kado buat orang yang saya kasihi. CS Shopee lebih galak dan tidak ada sopannya yang bernama Isyana. Saya cuma bilang klo customer adalah raja apalagi saya customer platinum. Mohon management shopee diperbaiki. Akhirnya aplikasi shopee saya uninstal. Thanks

    1
    6
  • 8 Mei 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah,tpi beli etoll,lgi di area lingkar jawa dan saldo di pertengahan ga cukup,beli di shope ga masuk² malah sampe 5hr ga masuk,setelah 5hr akhir nya dipulangin,setelah itu pembelian yg mendesak saya ga pernah beli lgi di shope,karna memang penangan nya lambat hanya disuruh nunggu dan cs shope ga pernah memberi solusi hanya membuang waktu/uang(untuk tlp cs).

  • 9 Mei 2022 - (03:57 WIB)
    Permalink

    percuma az komplen k admin chat @shoppe gk ada gunanya. mending klu bli token yg pasti” az. sudah banyak kebobrokan d shopee.

  • 9 Mei 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Gw kalo produk digital beli lgs di aplikasi m-banking sih. Udah lengkap bank skrg kok. Beli barang doank di e-commerce

    • 9 Mei 2022 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Wah.. saya malah kebalikannya, tokennya udah kluar. Pas saya pakai ke tolak terus, padahalnya nomernya bener. Saya adukan ke shopee, dan shopee lepas tanggung jawab blgnya transaksi sdh slesai. Lalu saya ke pln 123, jwabannya sama klo tdk ada problem. Jd saling imbal bgitu ga slesai2. Krn keburu token abis, sy beli di tokped 200k, eh bisa tanpa kendala. Rugi 100k deh di shopee 😑 akhirnya utk smua pembayaran ga lg deh pake shopee walo ada embel2 cashback 🤦🏻‍♀️

      • 12 Mei 2022 - (03:40 WIB)
        Permalink

        @Lissa : coba cek di aplikasi PLN Mobile.. pembelian token di shopee tsb ada tercatat di riwayat pembelian token atau tidak.

        saya pernah beberapa kali mengalami kasus yg sama, token tidak bisa diinputkan ke meteran. (beli token dari berbagai macam toko online)
        kasus begitu itu komplainnya harus ke PLN, khan token tsb yang mengeluarkan PLN, jika tidak bisa digunakan, PLN yg harus tanggung jawab.
        penyebabnya antara meterannya yg error atau emg nomor tokennya yg bermasalah.
        yg menjengkelkan, kadang oknum PLN-nya yg kurang ajar, malas kerja jd lempar tanggung jawab.

  • 9 Mei 2022 - (10:23 WIB)
    Permalink

    sama sy beli token di shopee 500.000 tgl 1mei.
    tp jg g bisa di gunakan.
    akhirnya sy bel di warung pulsa ristrik.
    sebab sdh aku coba gak bisa2 token yg sy beli dr shopee

    • 12 Mei 2022 - (03:43 WIB)
      Permalink

      @Suhartono : coba cek di aplikasi PLN Mobile.. pembelian token di shopee tsb ada tercatat di riwayat pembelian token atau tidak.

      saya pernah beberapa kali mengalami kasus yg sama, token tidak bisa diinputkan ke meteran. (beli token dari berbagai macam toko online)
      kasus begitu itu komplainnya harus ke PLN, khan token tsb yang mengeluarkan PLN, jika tidak bisa digunakan, PLN yg harus tanggung jawab.
      penyebabnya antara meterannya yg error atau emg nomor tokennya yg bermasalah.
      yg menjengkelkan, kadang oknum PLN-nya yg kurang ajar, malas kerja jd lempar tanggung jawab.

  • 9 Mei 2022 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Seharusnya Shopee gak usah kebanyakan beralasan lebaran atau apalah, kalau emang gak bisa, uangnya harusnya di refund aja biar pembeli gak berharap dan beli di agen lain. Soalnya produk digital kan sifatnya maya , apalagi pas urgent, ditanya disuruh nunggu 1 × 24 jam. Terus naik, 2 – 5 hari. Kalau 2 – 5 hari gak ada kabar, mau dijanjjiin berapa lama lagi? Males banget jadinya, jika emang transaksi di jam-jam yang bikin maintenance, biasanya gagal dan uang langsung di refund oleh agen. Ini berarti uang anda sedang di tahan pihak shopee. Seharusnya minta kompensasi juga, gak sesuai ama S & K

  • 10 Mei 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Perihal tentang surat saya, Pembelian Token Listrik di Shopee Bermasalah Pembeli Dirugikan sudah diselesaikan oleh team shopee dan langsung saya dihubungi oleh team media sosial shopee tentang masalah ini dengan solusi pemgembalian uang ke saldo shopeepay membutuhkan waktu dari tgl 4-9 mei 2022…terima kasih teman dsini sudah membantu untuk memberikan komentarnya…salam damai terima kasih…

    • 10 Mei 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      sudah masuk ke saldo shopeepay nya? ini tanggal 10 sudahan

      kalo belum masuk, langsung tulis surat pembaca lagi WKWKWKWK

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Pembelian Token Listrik di Shopee Bermasalah, Pembeli Dirugikan

oleh Herman dibaca dalam: 2 menit
31