Surat Pembaca

Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas Tanggung Jawab, Sangat Merugikan Seller

Saya mendapatkan pengalaman yang buruk menggunakan marketplace Shopee dan kurir Sicepat. Hari Sabtu tanggal 23 April 2022 saya mendapatkan pesanan senilai Rp3,899 juta via marketplace Shopee dengan menggunakan layanan Sicepat, untuk pengiriman dari Kab. Gresik menuju ke Duren Sawit, Jakarta Timur.

Nomor Pesanan Shopee: 220423C2CAQGBF, Nomor Resi Sicepat Gokil: 004016880583.

Pada hari yang sama pesanan sudah saya proses dan Hari Senin tanggal 25 April 2022 dipickup dan kirim oleh kurir Sicepat dan langsung dapat dilacak keberadaannya. Per hari Senin tanggal 01 Mei 2022 status paket di lacak Paket Telah Diterima ttd.

Ternyata setelah status di lacak “Diterima”, pihak pembeli merasa belum menerima paket dan melakukan komplain pengembalian dana tertanggal 05 Mei 2022, yang kemudian dengan cepatnya disetujui oleh Shopee tertanggal 07 Mei 2022 dan paket saya dinyatakan “Hilang” (di sini saya merasa janggal/aneh, cek tanggal jam di foto paling akhir).

Di sini pihak Shopee dan Sicepat lepas tanggung jawab malah saya yang harus menanggung kerugian besar yang diakibatkan kelalaian dari pihak Sicepat. Paket juga tidak diasuransikan, yang memang di marketplace Shopee tidak menyediakan fitur ini.

Terus terang saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Padahal saya termasuk setia menggunakan Sicepat selama beberapa tahun dan saya juga termasuk seller yang dikenakan biaya admin karena memakai fitur Freeongkir dan Cashback Extra oleh Shopee (dimana saya kira juga digunakan untuk mengasuransikan pesanan).

Bagi saya nilai barang yang hilang tersebut cukup besar dan sangat mengganggu keuangan usaha saya. Belum lagi ketidakjelasan informasi hilangnya paket selain daripada “dinyatakan hilang”, lalu melepas hampir seluruh tanggung jawab, dan  sepertinya kasus seperti ini besar kemungkinan akan terulang di kemudian hari.

Tambahan: (berikut yang saya sebut janggal/aneh)

Foto paket pesanan sebelum di-pickup/dikirim Sicepat:

Foto paket pesanan di dekat lokasi tujuan kalau dicek Google Map (cek tanggal jam 07 April 2022 sama saat paket “dinyatakan hilang” oleh Shopee):

Akhir kata saya harap dengan adanya surat pembaca ini pihak Shopee maupun Sicepat mau memahami/mendengar kekecewaan saya dan memberikan solusi yang baik untuk kerugian material dan immaterial yang saya alami dari permasalahan ini.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Ricky
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ricky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ricky dengan judul “Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • menurut saya itu resinya bisa d cek kok pasti ada foto penerima nya setau sta sicepat klu ngirim paket pasti di foto dulu makanya klu di foto kurir mau jadi klu ada apa apa pihak expedisi dan seller bis kalah klu ada foto bukti penerima dan vidio unboxing

  • Ibarat shopee belanja di pasar dan tokopedia belanja di mall.
    Kalo gue pribadi sih beli barang dengan harga 400rb keatas mending ke tokopedia jelas ada asuransi dan cashback point ?
    Kalo dibawah 300rb bisalah ke toko oren. Itupun dengan hati yg was was dikit ?

  • Menurut hasil pengamatan saya, baik di sosmed dan cerita temen, kalau mau pakai kurir SiCepoot sama Anteraayo itu ngirim barang yang murah2 aja. Karena kalau make 2 jasa pengiriman ono pasti ada aja cerita barang gak nyampe ke pembeli. Saya pribadi kalau belanja dengan nominal gede lewat toko ijo terus kurir JeEnEh. Dulu si Anteraayo bagus waktu pertama kali ada, si kurir pakai jaket atributnya terus di paket ada prinan logo Anteraayo, sekarang saya kalau belanja pake kurir Anteraayo yg dateng kurir pakaian bebas terus ga ada logo Anteraayoonya. Jadi kesimpulannya dengan biaya murah/reguler, semakin cepat paket sampai maka banyak prosedur yg dilewati dan bisa memberikan celah bagi oknum untuk mengambil barang. Kalau paket mau cepet sampai ya perlu biaya yg lebih besar, hitung2 membeli waktu

  • Lain kali kalau mu belanja bayar di t4 aja,, lebih baik dari pada ketipu lagi..
    Saya kalau mu belanja banayak atau sedikit selalu milih cod. Ada barang ada uang,,
    Klw ada uang ada barang secara online ya kek gini yg di takutin. Tanggung jawabnya itu loh..
    Lain kali pilih yang cod aja.
    Tapi baguslah kalau di viramka, biar ketauan jeleknya kinerja shope..
    Semoga pihak shope melihat ini dan malu dengan saingannya

  • Ini yg gk jujur antara si kurir/si pembeli kaeena celah gk ada asuransi terus si shope lepas tanggung jawab sebagai mediator udah kaya nyediain tempat tp tanpa ada penertiban,dari balasan pembahasan yg saya lihat pihak shope langsung memutuskan secara sepihak tanpa instevigasi ke pihak kurir padahal penjual udh punya bukti jelas sedangkan pihak pembeli cuma mengaku belum dapat barang,harusnya bisa di telusuri ke pihak expedisi tp sepertinya pihak shopi karena deadlinenya terlalu cepat(mungkin)sampai melewatkan investigasi pihak ekpedisi

  • aku juga sama keluarga cuman jual barang murah di shopee sebagai seller, barang mahal di toko ijo, tapi kalau personal belanja buat kebutuhan apapun gk pernah di shopee wkwkw, kalo dihitung2 untung jual di toko ijo dan gk was2, jualan di shopee untung pas lebaran aja, tetangga dan kerabat jg dah pada pindah ke toko ijo

  • Paket sudah sampai tujuan berdasarkan koordinat lokasi. Kemungkinan pertama paket dibawa kembali oleh sioknum kurir, lalu digelapkan. SOP dari siCepat sekarang ketika barang sudah diterima/diserahkan kepada pembeli, harus ada bukti foto sipenerima dg paketnya. Itu pengalaman saya ketika beli Hp dari market place dg jasa kirim siCepat. (SOP seperti itu gara-gara pernah ada kasus pembeli yg nakal, karena dulu SOPny tidak seperti itu). Alhamdulillah selama ini saya beli Hp beberapa kali aman! Kemungkinan ke-2, pembeli yg nakal, karena tahu kurir tak punya bukti kuat ketika paket sudah diterima oleh pembeli, alias paket ditaruh begitu saja oleh kurir diatas meja atau didepan rumah. Kejadian seperti ini sudah sering saya alami (paket ditaruh di depan pintu atau di atas meja ketika dirumah tak ada orang). Tapi untuk paket yang isinya Hp, kurir minta Foto sipenerima. Kasus seperti yg anda alami memang harus diViralkan, supaya ada penanganan yg serius dari market place maupun pihak ekspedisi.