Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas Tanggung Jawab, Sangat Merugikan Seller

Saya mendapatkan pengalaman yang buruk menggunakan marketplace Shopee dan kurir Sicepat. Hari Sabtu tanggal 23 April 2022 saya mendapatkan pesanan senilai Rp3,899 juta via marketplace Shopee dengan menggunakan layanan Sicepat, untuk pengiriman dari Kab. Gresik menuju ke Duren Sawit, Jakarta Timur.

Nomor Pesanan Shopee: 220423C2CAQGBF, Nomor Resi Sicepat Gokil: 004016880583.

Pada hari yang sama pesanan sudah saya proses dan Hari Senin tanggal 25 April 2022 dipickup dan kirim oleh kurir Sicepat dan langsung dapat dilacak keberadaannya. Per hari Senin tanggal 01 Mei 2022 status paket di lacak Paket Telah Diterima ttd.

Ternyata setelah status di lacak “Diterima”, pihak pembeli merasa belum menerima paket dan melakukan komplain pengembalian dana tertanggal 05 Mei 2022, yang kemudian dengan cepatnya disetujui oleh Shopee tertanggal 07 Mei 2022 dan paket saya dinyatakan “Hilang” (di sini saya merasa janggal/aneh, cek tanggal jam di foto paling akhir).

Di sini pihak Shopee dan Sicepat lepas tanggung jawab malah saya yang harus menanggung kerugian besar yang diakibatkan kelalaian dari pihak Sicepat. Paket juga tidak diasuransikan, yang memang di marketplace Shopee tidak menyediakan fitur ini.

Terus terang saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Padahal saya termasuk setia menggunakan Sicepat selama beberapa tahun dan saya juga termasuk seller yang dikenakan biaya admin karena memakai fitur Freeongkir dan Cashback Extra oleh Shopee (dimana saya kira juga digunakan untuk mengasuransikan pesanan).

Bagi saya nilai barang yang hilang tersebut cukup besar dan sangat mengganggu keuangan usaha saya. Belum lagi ketidakjelasan informasi hilangnya paket selain daripada “dinyatakan hilang”, lalu melepas hampir seluruh tanggung jawab, dan  sepertinya kasus seperti ini besar kemungkinan akan terulang di kemudian hari.

Tambahan: (berikut yang saya sebut janggal/aneh)

Foto paket pesanan sebelum di-pickup/dikirim Sicepat:

Foto paket pesanan di dekat lokasi tujuan kalau dicek Google Map (cek tanggal jam 07 April 2022 sama saat paket “dinyatakan hilang” oleh Shopee):

Akhir kata saya harap dengan adanya surat pembaca ini pihak Shopee maupun Sicepat mau memahami/mendengar kekecewaan saya dan memberikan solusi yang baik untuk kerugian material dan immaterial yang saya alami dari permasalahan ini.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Ricky
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:637    Rata-Rata: 3.6/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ricky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ricky dengan judul “Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas...
Baca Selengkapnya

107 komentar untuk “Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas Tanggung Jawab, Sangat Merugikan Seller

  • 13 Mei 2022 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Gile bener enak banget beli barang di shopee, hanya mengajukan tdk menerima paket langsung dananya dibalikin. Jadi kalau mau jual barang di shopee sebaiknya kita hanya mengaktifkan kurir shopee express aja agar ada asuransi jika barang kenapa2. Mungkin ini cara halus shopee utk memonopoli kurir paket di marketplacenya

    82
    1
      • 15 Mei 2022 - (00:39 WIB)
        Permalink

        Paket saya juga pernah hilang pake sicepat.
        Setelah kejadian itu saya ga pernah mau pake lagi si cepat.
        Slogan yang pas harusnya.
        “Sicepat. barang cepat hilangnya, banyak malingnya”

        26
        2
        • 16 Mei 2022 - (05:38 WIB)
          Permalink

          Si cepat memang bermasalah.. kalo kita gak berani terus komplen.. dan pembeli gak bantu komplen.. yg di rugikan penjual..

          Dalam kasus ini pembeli harus nya ikut komplen ke si cepat nya..

          Yg di sayangkan dari si cepat.. barang belom di terima tapi sudah di buat status barang di terima YBS.. harus nya kalo memang belom sampe alamat.. ya kirim dl.. bukan update dl..

          Semoga yg punya si cepat baca chat ini.. agar kurir2 nya bisa di ajarin lebih tanggung jawab..

          Paket saya di terima tgl 28 feb.. tapi asli nya di terima tgl 5 maret.. itu juga karna di samperin pembeli..

          3
          1
    • 15 Mei 2022 - (08:03 WIB)
      Permalink

      Turut bersimpati atas apa yg dialami penulis. Saya tadinya termasuk star seller, sudah mulai ogah ogahan jualan via sopi, toko ijo masih saya pertahankan.
      Gini gaess, yuk kita mulai kurangi transaksi via marketplace kalau ga butuh² banget.
      Maraknya dunia jualbeli online via marketplace sama sekali ga membuat kesejahtraan bagi seller ataupun kurir. Karena harga jadi ancoor, yang makin kaya itu para konglo pemilik saham di brand marketplace dan expedisi.
      Omong kosong itu mensejahtrakan rakyat, t4ik kucing..Anda umkm terbantu oleh marketplace?? Selamat buat anda, tetapi dibalik keuntungan mu yg cuma bbrp ribu preak, mereka untung 2-3x lipat dari anda aja, belum dari ribuan seller lainnya

      32
      11
  • 13 Mei 2022 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Saya Juga Mulai Was Was Sama Sicepat Status Paket Pesanan Saya Malah Masih Stuck Belinya Di Shopee Kirimnya Pake Sicepat Dan Gak Tau Kenapa Baru Setengah Perjalanan Paket Pesanan Saya Tidak Dapat Kabar Yang Pasti Udah Saya Tunggu Sampai Lebih Dari 15 Jam Lebih Dari Jam 2 Pagi Sampai Jam 10 Malam Ini Tetap Sama Saja Stuck Kalau Begini Caranya Mulai Hari Ini Saya Tidak Mau Lagi Pake Sicepat Bikin Saya Emosi Saja 😡😤 & Lama Kelamaan Nasib Sicepat Terancam Sama Persis Dengan Si Anter Aja Alias Entar Aja Sama Sama Buruk Nya & Bakal Dibenci Oleh Pengguna Nya Masih Mending J&T & JNE Yang Sudah Sangat Berpengalaman Dalam Mengirim Paket Jika Anda Berpendapat Bahwa J&T Di Tempat Tinggal Kalian Itu Jelek Nyatanya Di Tempat Tinggal Admin Kurir J&T Sangat Sering / Terlalu Sering Di Tempat Tinggal Admin & Respon Nya Sangat Cepat Sekali Untuk JNE Belum Pernah Saya Coba & Mau Dites Untuk Menggantikan Posisi Sicepat Apakah JNE Lebih Baik Ketimbang Sicepat? Atau Sama Saja Sama Sama Lambat? Kita Lihat Saja

    8
    29
    • 14 Mei 2022 - (05:53 WIB)
      Permalink

      Shopee keras kepala banget yak tidak mau menyediakan asuransi, keras kepala nya juga tidak disertai tanggung jawab. Kalau sebelum ada mp, Kebijakan ekspedisi mengganti 10x ongkir mungkin ada tepatnya, karena yang murah2 kerugian bersifat minor. Tapi dengan adanya mp harusnya diganti sesuai nilai

      14
      1
      • 14 Mei 2022 - (06:15 WIB)
        Permalink

        Kalau barang mahal pakai asuransi setiap ekspedisi ada kok tinggal minta. Cuman 0,2%*total barang*ongkir memang di shopee itu terpisah beda dgn Tokopedia ada opsinya. Kemungkinan barang anda diambil kurir atau costumer yg tidak jujur. Tanpa asuransi cuman dapat 10x biaya ongkir.

        9
        1
        • 14 Mei 2022 - (06:52 WIB)
          Permalink

          Kalau yang sistem Pickup rada ribet ngurusnya, bahkan mungkin tidak mau. Kalau jnt jne akan lebih mudah ngurus asuransi di luar mp. Alangkah nyaman dan amannya shopee memberikan opsi asuransi. Terima kasih

        • 14 Mei 2022 - (17:37 WIB)
          Permalink

          Untuk para penjual online, kayaknya sudah mulai harus berfikir jika jualan barang mahal di shopee. Dengan resiko yang ada, dan tidak adanya opsi asuransi dari shopee. Kayaknya untuk barang yang nilainya mahal atau lebih dari 10x ongkir lebih baik le Tokopedia dan aktifkan opsi wajib asuransi. Ini demi rasa aman dan nyaman pembeli dan juga seller

          13
          1
        • 15 Mei 2022 - (04:19 WIB)
          Permalink

          Lihat tracking resinya diatas parah sekali,klu bisa begini nanti pasti akan ada lagi kasus sama yg lain….kasihan sellernya…. Lagian Sicepat juga klu dulu bagus,klu sekarang semakin buruk ..

      • 15 Mei 2022 - (13:16 WIB)
        Permalink

        Depan rumah saya tempat kost yang pagar selalu ditutup, kurir paket saya lihat melemparkan paketnya ke dalam pagar lalu di foto, setelah di foto paket tadi diambil lagi dengan ditarik pakai sapu dari luar pagar, diambil dan dibawa kembali oleh kurirnya.

        • 17 Mei 2022 - (19:20 WIB)
          Permalink

          Sepertinya memang dari pihak pembeli yang dengan sengaja mengajukan kompain tidak merasa terima barang , kalau sudah komplain tidak merasa terima , kurir yang bersangkutan pasti akan melakukan kunjungan kepada pembeli untuk masalah komplain tersebut , sudah bisa di pastikan pembeli memang ingin dapatkan kembali uang dan barang belanjaan gratis

    • 14 Mei 2022 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Saran saya j&t aja karna j&t kantornya biasanya ada dstiyap wilayah…. Jne…. Ditempat saya tidak ada kantor dan stiyap ambil paket pembeli suruh nambah ongkir lagi… Kan menjengkelkan…

  • 14 Mei 2022 - (01:59 WIB)
    Permalink

    Pantesan tetangga gw kerja sebagai supir kurir antar barang, rumahnya penuh barang barang paket,kadang bawa TV LED 3,kipas angin, karpet,pisau yg 1 set segala tetek bengek jg ada

    16
    14
    • 14 Mei 2022 - (17:59 WIB)
      Permalink

      Jangan memfitnah tanpa dasar yg kuat.. dosa besar lo…. apakah anda yakin ntar kalau tetangga anda yg bekerja sebagai kurir tidak trima dan lapor polisi pencemaran nama baik, anda nangis …. jangan syirik dan iri bila tetangga anda lebih sukses dari anda… bisa aja tetangga anda bekerja lebih keras dari anda

      19
      4
      • 17 Mei 2022 - (09:42 WIB)
        Permalink

        Pencemaran nama baik kalau yang di cemarkan namanya bukan orang terkenal polisi juga ogah gan

  • 14 Mei 2022 - (03:44 WIB)
    Permalink

    Itu sih paket bukan murni hilang, tapi sengaja diambil Krn nilainya tinggi, harusnya pihak expedisi yg tanggung jawab penuh..kejar aja terus bang expedisi nya….jgn mau klo cm dignti 10x ongkir…masa sih barang sebesar itu hilang? Aneh..

    22
    1
    • 14 Mei 2022 - (04:22 WIB)
      Permalink

      Begitulah kalau tanggung jawab sangat kurang/tidak amanah. Barang ukuran jumbo dengan berat lebih dari 11kg dengan gampang dibilang “Hilang”. Cuman sebelum dinyatakan “Hilang” diajak foto Selfi dulu (ada tanggal jam dan koordinat lokasi).

      6
      1
    • 15 Mei 2022 - (13:27 WIB)
      Permalink

      Jangan suudzon kurir ga bakal tau nilai paket, isi paket kecuali COD.
      Pada dasarnya kalau paket ga di terima / hilang itu banyak faktor, bisa keluarga yg ambil tapi lupa kasih tau, bisa di ambil orang lain yang lewat didepan rumah, bisa salah kirim, nah soal salah kirim bisa salah kurir bisa salah pembeli karena salah kasih alamat.
      Kalaupun ada complain paket hilang sudah pasti kurir ganti secara penuh sesuai nominal paket, itulah ekspedisi.
      Jadi kalau kurir memang ambil dengan sengaja paket itu ya percuma karena pasti dia kena ganti juga.

      • 17 Mei 2022 - (08:44 WIB)
        Permalink

        Saya tanya para netizen apakah ada yg dpt asuransi ganti rugi beneran apa tdk dri si cepat? Saya order hp dlm paket hp sdh menyala dan lcd bergaris separo kadang lebih. Sya complain ke seller katanya hp sdh di cek qc hp normal ga ada mslh akhirny diskusi di tutup krn mslh slese selang beberpa hari ada wa dari si cepat katanya minta kronologi mulai dri menerima paket smpe unboxing tpi ujung2ny ga ada ganti rugi akhirnya hp sya servis sendiri.

        1
        1
  • 14 Mei 2022 - (05:36 WIB)
    Permalink

    Itu akal2an pembeli saja barangnya di status sudah diterima, padahal yang menerima itu keluarga serumah

    9
    7
  • 14 Mei 2022 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Halo kak,saya juga sedang was was menunggu paket yg sejak tgl 12mei 2022 jam 10 pagu stuck gak ada pergerakan,saya tanyakan ke pihak shopee jawabannya suruh menunggu,saya tanya ekspedisi si cepat jg suruh menunggu,padahal estimasi barang diterima tgl 14mei 2022,saya beli hp seharga 1,6jt😭😭

    4
    2
    • 15 Mei 2022 - (22:14 WIB)
      Permalink

      Tunggu aja biasa kalau telat pangling 1 sampai 2 hari aja telatnya kecuali waktu mudik kemarin saya nunggu lewat seminggu.

    • 16 Mei 2022 - (04:09 WIB)
      Permalink

      Aku sering belanja di SHOPEE,untuk jasa kurir dikota ku bagus sih,untuk Sicepat juga biasanya cepat nyampek,cuma kali ini agak lama,kemungkinan suasana lebaran.tapi klu aku belanja barang yang berharga aku pakai jasa JNE,biar mahal tapi aman.dan juga cepat.

  • 14 Mei 2022 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Laporkan ke Polisi saja.. Itu namanya penipuan dan penggelapan. Laporkan ke-dua nya, termasuk Shopee nya pak. Shopee bisa disebut sebagai kaki tangan karena lepas tanggung jawab (tidak ada bukti pengawasan dari shopee) begitu juga kurirnya. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga buat mereka setelah berurusan dengan hukum.

    15
    2
    • 14 Mei 2022 - (06:48 WIB)
      Permalink

      Di S&K sudah tertera, tanpa asuransi barang di ganti 10X lipat ongkir atau jika lebih murah di ganti nilai barang.. Mau lapor kemana aja juga kalah, karena udah di ganti 10X ongkir..

      • 14 Mei 2022 - (07:25 WIB)
        Permalink

        Hukum yang berlaku hukum Indonesia. S&K itu cuma berlaku kalau memang isinya adil dan tidak merugikan salah satu pihak. Itu cuma akal-akalan penjual saja supaya nggak ada yang protes. Kalau S&Knya nggak masuk akal, bisa aja dituntut. Makanya ada jurusan hukum perdata, bukan hukum S&K.

        • 15 Mei 2022 - (22:18 WIB)
          Permalink

          Kan sudah setuju dari awal kayak buka lapak saya Terima barang rusak saya komplain saya wajib kirim barang dan ongkir saya tanggu sendiri meskipun seller tidak tanggapi komplain saya agar uang saya kembali walau nyesek gimana buat ga bisa dibantah kalau dah gitu.

  • 14 Mei 2022 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Saya curiga ini antara pihak ekspedisi disana yg nakal atau pembeli yg nakal, krn nilai barang besar

    • 14 Mei 2022 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Pantesan Sekarang Banyak Masyarakat saya lihat sudah mulai kembali berbelanja di toko-toko dikota mereka, Saya Lebih setuju BUMI HANGUSKAN para Jasa Kurir Pengiriman, lebih memajukan ekonomi lokal,

      9
      20
      • 14 Mei 2022 - (07:41 WIB)
        Permalink

        Heh tholol, kalo mau komen mikir dl. Setiap bidang usaha pasti ada oknumnya jd ga bs anda bgtu sj seenaknya ngomong spti itu. Dan jasa ekspedisi jg telah membuat banyak warga negara ini berstatus bkn pengangguran kaya anda.

        18
        4
        • 14 Mei 2022 - (09:29 WIB)
          Permalink

          Shopee lg shopee lg…..dah banyak kasus nih shopee merugikan seller.s&k cm dpt ganti 10x ongkir itu sdh sangat tidak adil.mending modalnya buat jualan cilok drpd dipakek jualan di shopee.lumayan banyak lho untung jualan cilok

          6
          1
        • 15 Mei 2022 - (06:29 WIB)
          Permalink

          bisa dituntut shopee karena tidak mencantumkan asuransi,dimana akan merugikan penjual ,bnyk celah hukum nya dan yg nuntut akan menang dengan shoppe,lagian bnyk kasus seperti ini masih ajah berani jualan di situ ,parah ,dan ingat akan terjadi dan terjadi lagi boss

      • 14 Mei 2022 - (09:20 WIB)
        Permalink

        Emang lu tiap hari belanja di warung sebelah lu? Ga pernah MC, pizza HUT, matahari, masuk mall, dan beli barang merek luar?

        Ckckck bahasanya pakai bumi hanguskan lagi ckck

          • 14 Mei 2022 - (10:54 WIB)
            Permalink

            Saya pelanggan shopee, pernah beberapa kali kejadian barang ga saya terima tapi kurir sudah update pesanan diterima yang bersangkutan, biasanya saya tunggu satu hari, kalau ga ada baru saya langsung hubungi kurirnya di kantor terdekat. Kadang kurir kejar target tapi barang ga dianterin…. Kalau disamperin dah ga bisa ngelak dia mah

  • 14 Mei 2022 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Ini kemungkinan antara pembeli nya yang curang atau mungkin juga kurirnya. Tapi yang anehnya itu pihak shopee kok bisa bisanya langsung approve padahal di tracking ada tulisan sudah diterima. Ini yang harus diselidiki pembeli sama kurirnya. Kalo sebagai seller emang perlu was was jualan di shopee. Karna shopee itu mendewakan pembeli entah yang salah pembeli atau penjual pasti yang dimenangin pembelinya. Udah banyak curhatan² dari seller² lain sebelumnya. Padahal yang bayar biaya admin yang super gede di shopee (dibandingin tokopedia, lazada, bukalapak) juga penjual, Kok bisa semena mena sama penjual.

    12
  • 14 Mei 2022 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Yang aku heran. Kok gak kapok kapok sih pakai shoppee. Padahal udah tau gak ada asuransinya.

    11
    1
  • 14 Mei 2022 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Ngapain lu pada pake aplikasi Shopee… punya Negara lain kok pada bangga, udah cukup kaya itu owner nya di singapura,

    5
    3
  • 14 Mei 2022 - (07:50 WIB)
    Permalink

    Kalo saran saya mas liat foto pas barang sampe dimana tetangga/saudara setau saya harus difoto buat bukti kalo kurir ga foto kemungkinan diambil kurir nakal dan filing saya udah kerja sama Kepala gudang , makanya kurir dan gudang slow aja karena Emang Daerah jakarta Rawan maling berkedok kurir Dya tau harganya 4jt besar , kalo gada foto posisi kasih siapa mending Lapor polisi ancam semua karyawan kurir SHOPPE daerah Malaka Jakarta timur

    4
    1
  • 14 Mei 2022 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Shopee iki ndablek ya. Seharusnya di investigasi dulu itu, entah kurirnya yang curang atau pembelinya yang curang. Setiap penerimaan barang ke konsumen pastikan ada photo penerimaan sebagai bukti penerimaan barang disertai alamat/koordinat lokasi tujuan. Jangan ujug2 ACC komplain customer, itu sama aja shopee nya tulil.

    9
    1
    • 14 Mei 2022 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Kapok jualan barang2 mahal di Shopee, ntah karena Shopee terlalu mendewakan pembeli bila seller bukan official store (kalo official store berbeda lagi).
      Menurut saya mintain aja data diri kurir yang terakhir bawa paket agan. Interogasi bisa jadi betulan hilang atau di gelapkan. Karena kalo kiriman Shopee para kurir tau tidak ada asuransi.
      Kalo perlu laporkan oknum tersebut bila terindikasi ada kecurangan biar menjadi contoh2 yang lain. Karena yang BU itu bergentayangan dimana2.

      6
      1
  • 14 Mei 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    eeeeaaaa….sicepat lg. kapok make sicepat. dulu saya jg pengguna setia sicepat krn harga ga mahal dan pengiriman bisa cepat. tapi setelah kejadian kmrn pesanan saya ada 2 paket di toko berbeda, barang sdh dipickup dr tgl 29 April dan di tgl 30 april tuh paket sudah ada diwilayah saya dan saat itu jam 12 siang seharusnya msh ada pengantaran. tp sampai tgl 1 mei status ga berubah masih di gudang mereka. tgl 3 mei saya coba hub ke cs sicepat..cuma bs bantu follow up. tgl 4 – 6 saya telp terus ke cs dengan jawaban sama dan paket saya tidak diantar2 juga. waktu itu infonya akan dicari dulu. ko bs dicari seharusnya klo ada yaa tinggal dikirim aja. 3 hari alasan akan dicari trus. akhirnya paket saya tgl 7 malam jam 10 baru diantar dan itupun dititip ke satpam perumahan. setelah ini mending pake kurir lain lebih mahal dikit beda seribu. asal jelas

    1
    1
  • 14 Mei 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Lagi lagi permasalahan marketplace orange, walaupun saya penjual di shopee saya ga pernah berani jual barang2 mahal (harganya ga boleh lebih dari 10x ongkir, kalo yg mahal saya pindahin ke marketplace ijo) so kalo terjadi kasus hilang barang saya siap dengan resikonya, karena yang udah2 mereka selalu lepas tanggung jawab, dan harus sibuk ngejar pihak ekspedisinya sendirian😒

    8
    1
  • 14 Mei 2022 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Ya saran saya jangan jualan produk berharga tinggi di online cukup yg recehan saja.. untuk menghindari orang orang yg gelap mata.. di luar paket saja sudah tertulis jenis produk yg tentunya kalo harganya mahal.. bisa membuat orang gelap mata..

  • 14 Mei 2022 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Elahhh jualan kok di shop**.
    Sy dah tak tendang ni app,mending berhenti jualan dsana dr pada rugi trus,karna hilang,dan salah penanganan kl ada komplin.
    Soal nya sistem nya ga jelas dsno.
    Jadi di manfaatkan orang2 yg tau celah nya,sperti pembeli dan kurir nya.

    6
    1
    • 15 Mei 2022 - (11:00 WIB)
      Permalink

      Yg jualan di Shopee dengan harga jual yg tinggi tanpa asuransi… Mikir dulu dah…
      Cari MP yg sediakan asuransi bagi penjual dan pembeli… Semoga saja dengan ada nya media konsumen bisa merubah kebijakan Shopee dan kurir…
      Berhati-hatilah bagi penjual ataupun pembeli jika berjualan di MP…

  • 14 Mei 2022 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Coba anda melakukan kontroversi terhadap kurirnya, mungkin aja dia khilaf atas alamat yg anda berikan. Beda 1 huruf atau 1 angka di alamat bisa bahaya loh. Disarankan sebelum terima estimasi lebih baik garansi shope nya dinyalakan. Sy belum ada kendala apapun shopee karena teliti dalam mengisi data2.. jika tetap berulang lebih baik anda tegaskan kepada pihak kurir terdekat, terkadang kurir agak bertingkah.

    • 14 Mei 2022 - (17:36 WIB)
      Permalink

      Marketplace (Shopee) & jasa pengiriman (Si Cepat) shrsnya benar² memperhatikan ini krn sdh “lampu kuning”. Dari sekian banyak permasalahan di MEDIA KONSUMEN yg sy baca. Kedua nama ini hampir sering disebut² dgn segala permasalahan yg ada..

      Baik bila SEGERA dilakukan pembenahan ke dalam perusahaan bila tidak mau ditinggal oleh para konsumennya..

      Selain itu jg dpt berdampak luas pd hilangnya KEPERCAYAAN publik baik dr sisi pembeli (konsumen) maupun penjual (produsen) thdp marketplace online & jasa pengiriman (distributor) yg ada di Indonesia.

      Semoga Media Konsumen benar² menjadi sarana pembelajaran & pembenahan utk pihak² terkait agar tdk melulu muncul permasalahan yg berulang² sama.

      🙏🏾🙏🏾🙏🏾

  • 14 Mei 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Itu status di terima,tapi pembeli belum menerima,bisa jadi itu permainan kurir sicepat,saya pernah seperti itu,saya langsung telpon CS sicepat dan adu argomen dan karena saya punya bukti kuat,akhirnya pihak CS sicepat menelepon dan memberikan sanksi pemecatan terhadap kurir tersebut dan menintrograsi ternyata sengaja gak dikirim malahan dipake sampai berbulan bulan.kurir si cepat menggunakan pelanggan setia untuk bukti foto fake..saya korban pembeli dengan jasa kurir si cepat.

    • 14 Mei 2022 - (18:01 WIB)
      Permalink

      Lemahnya sistem,
      klo dari ekspedisi sendiri paket tanpa asuransi bisa dipastikan, ekspedisi tidak mau bertanggung jawab, bila terjadi apa2 pada paket,
      Saran ke Pihak penjual krn sudah tau sistem shopee ndak menyediakan opsi asuransi, sebaiknya harga produk dinaikan sedikit untuk mengcover asuransi, apalagi barang diatas 1juta keatas sudah dipastikan wajib asuransi

      Klo mau ke jalur hukum juga ndak mengapa krn itu juga hak penjual

    • 15 Mei 2022 - (09:30 WIB)
      Permalink

      pemecatan saja kurang, seharusnya diperkarakan ke polisi supaya ada efek jera untuk kurir-kurir lain yang nakal.

  • 14 Mei 2022 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah seperti itu mas, kesalahan adminnya lebih tepatnya terjadi karna adminnya salah input dan ngirim ke daerah lain, hampir sebulan paket saya ga pernah ada kabarnya dan paket saya isinya 2,3jtaan dan hanya diganti 800rbu setelah saya desak akan saya viralkan,
    Setelah hampir lelah nelpon ternyata pihak si cepat ngabarin ada customer yg mesen jilbab ternyata dapetnya kamera atau paket saya…
    Kemudian barang saya 2 minggu setelahnya baru sampe disaya, namun karna packing dari customer yg salah dpt itu kurang aman, touchscreen kamera ada sebagian yg tidak berfungsi….

    Semoga cepet ketemu solusi terbaiknya
    Dan shopee yg saya sesalkan adalah kenapa ga ada asuransi atas kerusakan dan kehilangan …
    Padahal di marketplace lain ada

    • 14 Mei 2022 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas sarannya. Untuk kasus ini jelas bukan kesalahan kirim karena foto terakhir menunjukkan ada di dekat lokasi tujuan. Paket dinyatakan “Hilang” tapi di hari yg sama ada di fotonya. Mungkin karena minimnya rasa tanggung jawab/sangsi atas barang hilang walau merugikan Pihak lain.

      • 14 Mei 2022 - (19:36 WIB)
        Permalink

        Apa waktu pembeli ajukan pengembalian dana, apa kakak tdk memberikan bukti paket yg dikirim, lalu foto yg katanya udah deket alamat dituju?
        Dulu saya pernah ajukan pengembalian dana, jd seller dan buyer sama2 memberikan bukti. Coba hubungi shopee terus kak, rugi besar barang semahal itu apalg SEGEDE itu bisa ilang😣 semoga dapat tanggapan dan penyelesaian dari dua belah pihak ya kak..

        • 15 Mei 2022 - (16:19 WIB)
          Permalink

          Coba di perhatikan lagi bang antara alamat yg di paket sama alamat yg tertera di photo yg menggunakan timestamp apakah sama.. kalau sama brarti paket telah sampai di alamat penerima tp bila beda berarti paket sebelum hilang berada di gerai sicepat. Jadi Abang tinggal push ke sicepatnya aja bang. Moga bisa diselesaikan secepatnya bang

          • 15 Mei 2022 - (16:28 WIB)
            Permalink

            Karena di setiap gerai sicepat itu banyak cctv bang pasti bisa kelacak barang Segede itu apalagi itu ada tanda barhal dimana barhal kalau di sicepat menjadi prioritas untuk kemanan.

      • 15 Mei 2022 - (16:18 WIB)
        Permalink

        Ini lohh…
        Kejadian saya pada 7mei2022. Saya beli mesin motor rp.3 jt dari market place fb.nego di messenger lanjut di wa.dan sepakat penjual bayar ongkir paket sicepat lalu saya menerima foto resi pengiriman paket,ktp pjl,faktur pjl,nomor rekening a.n.ktp pjl melalui wa. Ok. Dari kesepakatan tsb saya transfer sebagian uang dari harga beli. Ok… Dan sampai sekarang paket belum muncul juga. Bukannya saya tdk sabar karena estimasi paket sekitar 15 jam dari cianjur – cileungsi. Setelah di menghubungi sicepat nomor resi tsb bad address (unpick up). Memang dua hari setelah diilll. Media pjl semua tidak dapat di kontak. Dan baru kemarin saya laporkan ke polsek sesuai identitas ktp pjl tsb.

        Hasil saya.kerugian sebagian uang yg di trf ke penjual sesuai dng kesepakatan….

 Apa Komentar Anda?

Ada 107 komentar sampai saat ini..

Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas T…

oleh Ricky dibaca dalam: 1 menit
107