Surat Pembaca

Cara Karyawan Alfamart Akcaya Pontianak Membalas Chat Konsumen

Dear MK, terima kasih sebelumnya sudah memuat review saya ini.

Saya adalah pengguna aplikasi Alfagift dan pelanggan Alfamart sejak Alfa masuk ke Pontianak. Berbagai kemudahan saya dapat di aplikasi Alfagift, bahkan beberapa kali saya menemukan kecurangan harga selisih saat cek struk transaksi di Alfagift, masalah selesai saat saya klaim ke Alfa bersangkutan.

Pagi ini saya melakukan pemesanan beberapa barang dari Alfagift. Setelah 1 jam saya chat, katanya masih antre. Akhirnya setelah 1 jam 45 menit saya chat lagi untuk konfirmasi jika belum diantar, maka cancel saja. Jika ybs sudah hampir tiba, gak mungkin saya akan cancel. Tapi balasan yang saya terima sangat menohok. Atas dasar apa ybs menyuruh saya jangan pesan lagi jika tidak bisa sabar? Apakah 1 jam 45 menit kurang sabar? Apakah tidak bisa dibalas dengan kalimat yang lebih sopan?

Di bawah saya lampirkan 1 chat lagi dari karyawan lainnya, sangat sopan dan dari awal sudah info bahwa antrean sedang ramai. Tidak seperti chat satunya yang kasar, tidak ada diinfo dari awal apakah berkenan menunggu?

Orderan saya memang hanya 200 ribu, tapi rasanya tidak perlu dan tidak etis membalas chat dengan nada arogan seperti itu. Kecuali jika memang saya yang chat kasar duluan, maka silahkan dibalas demikian.

Teruntuk Alfamart Pontianak, khususnya Akcaya di Jl. Purnama, alangkah baiknya karyawan ditatar attitude-nya saat bekerja. Tidak semua konsumen akan diam saja saat diperlakukan begini.

Aurelia Yanti
Kota Pontianak

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • 1 jam 45 menit buat saya masih sebentar.
    Saya yang pesan alfagift pagi, dikirimnya sore aja, masih bisa sabar nunggu.
    Kalau saya seperti kamu, mungkin udah banyak surat pembaca buat alfamart dari saya. Tapi selama gratis ongkir, buat saya yang penting sampai. ?

  • Mungkin perlu tambahan pelatihan komunikasi secara internal dan alangkah baiknya jawab secara spesifik, misalnya pesanan masuk 30, kakak di urutan 20, estimasi pengantaran 4 Jam setelah pesanannya diterima. Walau realitanya kondisi lapangan bisa lebih cepat atau lambat Tergantung karyawan mempertimbangkan jarak dan waktu pengantaran.

  • Padahal kurir nya gaada bekata kasar
    Emg bener si kalau gak sabaran mending gausah pake jasa antar, pickup sendiri aja ke toko. Terkadang merasa terzdolimi padahal dia sendiri yang gak bisa ngertiin orang lain, cari pembelaan di media konsumen padahal dia juga salah .

  • Dulu, sekitar thn 1996 lulus SMA pas saya pertama kali memasuki dunia kerja, saya pertama kali diterima di perusahaan jasa komunikasi. Krn tugas saya berkomunikasi langsung dengan pelanggan, maka perusahaan mentraining para karyawannya selama seminggu, program Service Excellent namanya.
    Materi yg saya dapat a.l. :
    - Greeting/salam
    - Memahami sifat2 pelanggan
    - Apa yg diinginkan pelanggan
    - Mengatasi komplain dr pelanggan
    - Magic words

    Keliatannya karyawan tsb belum dapat training ky gini jadi dia tdk punya standar pelayanan perusahaan
    Apalagi perusahaan ini terdaftar sbg salah satu emiten di bursa efek, seharusnya bisa menyaring SDM yg bisa memberikan pelayanan dengan standar yang baik

    • beda dong antara bagian komunikasi dengan kurir dilapangan. meski SOP bagus tapi efek dilapangan kadang berpengaruh.

  • mungkin kuriernya capek anter sana sini dan di minta buru2 makannya jawabannya emosi,
    kl barangnya butuh cepet sebaiknya ke alfanya aja langsung aja,
    saya pernah pesen pagi di anter malem,tp karena barangnya ga butuh cepet jd saya ga pusing

  • Pegawai retail alfamart (dan juga indomaret) sudah mendapatkan training etika pelayanan konsumen sebelum resmi kerja di toko. Dari perusahaan sudah ada SOP bakunya. Kl pegawai bs smp membalas chat songong seperti itu ya termasuk pelanggaran, apapun alasannya.
    Kl sudah ada komplainan seperti ini bakalan mempengaruhi KPI (key performance index) si karyawan dan toko juga, yg biasanya bakal rutin direview oleh perusahaan apakah masih layak kerja atau tdk

    • Sdh pasti mendapatkan training ttg etika kalau anda kerja di bagian lgsg menghadapi konsumen, tp tdk semudah yg anda blg kalau sedang capek trus ada sebab bikin emosi, sdh pasti akan kehilangan kesabaran jg. dan menurut sy kata2nya tdk kasar dan bs di maafkan karena kondisi jg.

      • Sudut pandang baik/buruk chat tsb ya relatif, ada pro kontra. Ada yg menormalisasi hal tsb ya silahkan. Manusia emosi kan normal. Dan itu balik lagi jadi tanggung jawab si karyawan dan pihak toko, krn perusahaan alfamart menerapkan KPI dlm menilai kelayakan performa karyawan dan toko.

  • TS serasa punya kurir pribadi namanya order dr App itu melalui antrian bukan order masuk langsung dianter ke konsumen kalo mau kaya gitu pake aja gomart tentunya ada biaya ekstra, bahasa yang digunakan kurir memang kurang baik mungkin sdh kelewat kesal diperlakukan seperti itu

  • salah ny sih sepele dari pihak AlfaGift tidak Mengkonfirmasi dahulu untuk orderan yg mungkin terlambat karna antaran yg banyak,
    daan Yarabanaa.. saye selaku warge lokal pontianak ni pak/buk maaf sebelom nye, Pontianak ni tadak gak besak2 amat Tak sampai 1-2Kilo maok ke alfamart tu, 15 -20 meter tak dapat ? jalan agak jaoh siket, 50Meteran jalan kaki pon bise awak tinggal di mane pon pasti ade Alfa/Indomaret di selok belok pontianak ni , dan jikalau Saudare ni Perlu benar kebutuhan barang tersebut langsong lah pegi carek sorang, banyak toko2 tu toko kelontong tu bejibun di pontianak tinggal pileh yak yg mane yg kenak di hati ?

    • saye 'TEKANKAN' untok komentar saye ini bahwa "KOTA PONTIANAK INI TIDAK BESAR" untok mencari ALFA/INDOMARET itu Dimane pon anda tingal "TIDAK SAMPAI 20 Menit" Malahan 10 Menit tu tadak sampai udah dapat ketemu tu Alfa/Indomaret "DIMANE PON TEMPAT TINGGAL DI PONTIANAK INI" sekian terima kaseh

  • Itu pasti ada chat lebih panjang..kenapa yg di ss cuma pesan jelek dari kurirnya doang..itu pasti ada chat jelek dan chat makian dari pelanggannya..menurut aku ini cuman minta pembelaan publik dan untuk sengaja biar kurirnya di kasih sangsi dari perusahaan..saya mantan kerja di alfamart..kurirnya itu rekap kerjanya..sebenarnya mereka bukan benar2 kurir..mereka karyawan toko yg hrus ngantar pesanan juga..wajar meraka lama...belum lagi ada barang datang dll..setau saya kalau pesanan di batal itu jadi beban toko..mereka yang harus bayar..mangkanya kurirnya jadi kesel gitu..

  • Kurirnya cm 1 doank gmna katyawan alfa ga kasar
    Klo gue jd karyawan alfa udh gue caci maki sekalian hihiii