Cara Karyawan Alfamart Akcaya Pontianak Membalas Chat Konsumen

Dear MK, terima kasih sebelumnya sudah memuat review saya ini.

Saya adalah pengguna aplikasi Alfagift dan pelanggan Alfamart sejak Alfa masuk ke Pontianak. Berbagai kemudahan saya dapat di aplikasi Alfagift, bahkan beberapa kali saya menemukan kecurangan harga selisih saat cek struk transaksi di Alfagift, masalah selesai saat saya klaim ke Alfa bersangkutan.

Pagi ini saya melakukan pemesanan beberapa barang dari Alfagift. Setelah 1 jam saya chat, katanya masih antre. Akhirnya setelah 1 jam 45 menit saya chat lagi untuk konfirmasi jika belum diantar, maka cancel saja. Jika ybs sudah hampir tiba, gak mungkin saya akan cancel. Tapi balasan yang saya terima sangat menohok. Atas dasar apa ybs menyuruh saya jangan pesan lagi jika tidak bisa sabar? Apakah 1 jam 45 menit kurang sabar? Apakah tidak bisa dibalas dengan kalimat yang lebih sopan?

Di bawah saya lampirkan 1 chat lagi dari karyawan lainnya, sangat sopan dan dari awal sudah info bahwa antrean sedang ramai. Tidak seperti chat satunya yang kasar, tidak ada diinfo dari awal apakah berkenan menunggu?

Orderan saya memang hanya 200 ribu, tapi rasanya tidak perlu dan tidak etis membalas chat dengan nada arogan seperti itu. Kecuali jika memang saya yang chat kasar duluan, maka silahkan dibalas demikian.

Teruntuk Alfamart Pontianak, khususnya Akcaya di Jl. Purnama, alangkah baiknya karyawan ditatar attitude-nya saat bekerja. Tidak semua konsumen akan diam saja saat diperlakukan begini.

Aurelia Yanti
Kota Pontianak

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Alfamart:
[Total:115    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “Cara Karyawan Alfamart Akcaya Pontianak Membalas Chat Konsumen

  • 22 Mei 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    kalo menurut saya, bahasanya masih sopan atau biasa saja, dan tidak kasar juga.
    tapi memang lain orang lain juga ingin diperlakukan seperti apa. mungkin kalimatnya saja yang lebih diperhalus, walau intinya sama.

    13
    10
    • 24 Mei 2022 - (06:44 WIB)
      Permalink

      Yaelah… Mestinya Anda sendiri lihat gimana cara anda menulis balasan chat. “Sudah 1 jam lewat…. Belum jalan antar kan? Cancel aja. Makasih”
      Kamu pikir ini sopan?
      Kalau minta cancel kasih kata “Tolong”.
      Emang makasih itu juga kata yg sopan?.
      Memberi titik banyak itu maksudnya penekanan kan? Intonasi tinggi kayak ornag marah bukan?
      Dasar songong, jadi orang jangan tinggi hati luu.

      11
      3
  • 22 Mei 2022 - (18:53 WIB)
    Permalink

    memang seharusnya tidak bicara begitu, tapi kadang harus berfikir dengan memposisikan diri sebagai kurir , sudah capek dijalan, panas dan membawa banyak antaran, mungkin jadinya agak emosi …

    16
    7
  • 22 Mei 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    bahasanya tidak kasar, meskipun penilaian setiap orang beda. Tp mmg benar sih, klo gk sabaran ya gk usah pesan lagi…

    24
    6
    • 22 Mei 2022 - (22:53 WIB)
      Permalink

      Hmm, jawaban pegawainya memang songong dan tidak etis sih.

      Tapi Anda nya juga kurang sabaran.
      “1 jam 45 menit kurang sabar apa”
      Ya memangnya customer hanya Anda?
      Kan sudah dibilang sedang antre.

      Kalau butuh saat itu juga datang saja sendiri ke toko.

      21
      6
  • 22 Mei 2022 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Pdhl sdh di jelaskan lg banyak pesanan dan yg antar cm 1, bs jd dia ambil yg terdekat dl. Seharusnya anda sabarlah, apalagi kalau barangnya ga urgent tuk di gunakan.
    Kaya gini aj pake ngadu ke MK, ga lgsg datengi aj alfamartnya tuk ngomong lgsg.

    18
    7
  • 22 Mei 2022 - (22:48 WIB)
    Permalink

    bahasanya masih wajar kok menurut saya, dan tidak ada kata kata kasar. wajarlah ya banyak anteran/antri kali makanya dijawab gitu, kurir juga pasti ada batas waktu antarnya. tenang aja pasti diantet kok. kalo saya simple sih mau dateng jam berapapun bebas, kecuali jika sudah ada batas waktu terus lewat estimasi ya wajib ditanya. kalo diklik indomaret ada waktu batas antarnya. cmiiw.

    7
    7
    • 23 Mei 2022 - (04:50 WIB)
      Permalink

      Secara profesionalitas, kata2 tak pantas, menunjukkan kurang pendidikan dan kurang matang berpikir. Bila sistem layanan antar diadakan perusahaan, sdh merupakan tanggung jawab untuk mengupayakan pesanan pelanggan, bukan mencari alasan, bila karyawan tak siap ya diganti, bila perudahaan tak siap jangan lakukan layanan antar pesan.

      10
      17
      • 23 Mei 2022 - (08:07 WIB)
        Permalink

        Itu sdh dijelaskan lewat chat kalo banyak antaran dan antre. Dan pengiriman oleh kurir itu tdk bs di pastikan waktunya brpa jam.

        8
        6
  • 23 Mei 2022 - (04:23 WIB)
    Permalink

    Emang ga kasar
    Tapi kalau sebagai kurir/pegawai bahasanya seperti itu ya maaf maaf,
    Ga kepake di dunia kerja
    Sudah resiko pekerjaan
    Dan lagi order antar tu langsung

    12
    3
  • 23 Mei 2022 - (06:41 WIB)
    Permalink

    KONSUMEN TOLOL BANGET… DI JAWA TENGAH BANYAK ALFAMART DAN INDOMART TERIMAKASIH JADI LEBIH CEPET 1 MENIT SAMPAI LOKASI

    5
    7
  • 23 Mei 2022 - (06:50 WIB)
    Permalink

    Efek pandemi masih terasa akibatnya banyak usaha yg mengurangi karyawan. Seharusnya lebih bijak dalam menyikapinya, bersikap lebih empati ke org lain ga rugi kok. Btw kemarin saya habis order di alfagift jg & nilainya malah ga sampai 15rb tp tetep dikirim cepet ga sampai sejam sudah dtg. Jadi ya memang tergantung jumlah kurir & kepadatan pesanan saja.

    9
    4
  • 23 Mei 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    baru satu setengah jm ….
    kan d Alfagift ada pilihan ambil di toko ….
    klo urgent pilih itu ajh ….

    emang jawaban si kurir arrogant.
    tp sbg konsumen jg harus ngerti…
    kurir alfa nya cuman satu, yg order lga banyak…

    d tambah kau sbg konsumen ngchat.. seolah olah kurir nya blm kirim dan minta cancel…

    hey inget km itu blanja di Alfagift masih gratis ongkir nggk usah mikirin tenaga, bensin, bahkan uang parkir… cuman butuh waktu menunggu kgk bkalan sampai satu hari itu pesanan diantar

    21
    3
    • 23 Mei 2022 - (13:23 WIB)
      Permalink

      sama kak, saya jg sering pesan lewat alfagift , kdg pesan pagi baru dianter siang, kadang sore, pernah pesen sore baru dianter besok ny jg pernah..
      tp y gpp saya jg santai, apalagi misal barangny saya ga keburu pake, misal saya butuhny cepet, ya saya mesen d aplikasi ( karna takut kelupaan klo misal beli2 ambil langsung pas d toko ny ) trus saya ambil sendiri d toko ny..
      klo saya , saya maklumin aja namany jg freong, toh mas kurirny jg ngrangkep jd pegawai toko dll.. sama2 maklumin, ini pengalaman saya sih

      12
      1
  • 23 Mei 2022 - (08:36 WIB)
    Permalink

    1 jam 45 menit buat saya masih sebentar.
    Saya yang pesan alfagift pagi, dikirimnya sore aja, masih bisa sabar nunggu.
    Kalau saya seperti kamu, mungkin udah banyak surat pembaca buat alfamart dari saya. Tapi selama gratis ongkir, buat saya yang penting sampai. 😁

    18
    3
  • 23 Mei 2022 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Mungkin perlu tambahan pelatihan komunikasi secara internal dan alangkah baiknya jawab secara spesifik, misalnya pesanan masuk 30, kakak di urutan 20, estimasi pengantaran 4 Jam setelah pesanannya diterima. Walau realitanya kondisi lapangan bisa lebih cepat atau lambat Tergantung karyawan mempertimbangkan jarak dan waktu pengantaran.

    13
  • 23 Mei 2022 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Padahal kurir nya gaada bekata kasar
    Emg bener si kalau gak sabaran mending gausah pake jasa antar, pickup sendiri aja ke toko. Terkadang merasa terzdolimi padahal dia sendiri yang gak bisa ngertiin orang lain, cari pembelaan di media konsumen padahal dia juga salah .

    10
    5
  • 23 Mei 2022 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Dulu, sekitar thn 1996 lulus SMA pas saya pertama kali memasuki dunia kerja, saya pertama kali diterima di perusahaan jasa komunikasi. Krn tugas saya berkomunikasi langsung dengan pelanggan, maka perusahaan mentraining para karyawannya selama seminggu, program Service Excellent namanya.
    Materi yg saya dapat a.l. :
    – Greeting/salam
    – Memahami sifat2 pelanggan
    – Apa yg diinginkan pelanggan
    – Mengatasi komplain dr pelanggan
    – Magic words

    Keliatannya karyawan tsb belum dapat training ky gini jadi dia tdk punya standar pelayanan perusahaan
    Apalagi perusahaan ini terdaftar sbg salah satu emiten di bursa efek, seharusnya bisa menyaring SDM yg bisa memberikan pelayanan dengan standar yang baik

    11
  • 23 Mei 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    mungkin kuriernya capek anter sana sini dan di minta buru2 makannya jawabannya emosi,
    kl barangnya butuh cepet sebaiknya ke alfanya aja langsung aja,
    saya pernah pesen pagi di anter malem,tp karena barangnya ga butuh cepet jd saya ga pusing

    5
    1
  • 23 Mei 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Pegawai retail alfamart (dan juga indomaret) sudah mendapatkan training etika pelayanan konsumen sebelum resmi kerja di toko. Dari perusahaan sudah ada SOP bakunya. Kl pegawai bs smp membalas chat songong seperti itu ya termasuk pelanggaran, apapun alasannya.
    Kl sudah ada komplainan seperti ini bakalan mempengaruhi KPI (key performance index) si karyawan dan toko juga, yg biasanya bakal rutin direview oleh perusahaan apakah masih layak kerja atau tdk

    • 24 Mei 2022 - (00:15 WIB)
      Permalink

      Sdh pasti mendapatkan training ttg etika kalau anda kerja di bagian lgsg menghadapi konsumen, tp tdk semudah yg anda blg kalau sedang capek trus ada sebab bikin emosi, sdh pasti akan kehilangan kesabaran jg. dan menurut sy kata2nya tdk kasar dan bs di maafkan karena kondisi jg.

      1
      4
      • 29 Mei 2022 - (19:49 WIB)
        Permalink

        Sudut pandang baik/buruk chat tsb ya relatif, ada pro kontra. Ada yg menormalisasi hal tsb ya silahkan. Manusia emosi kan normal. Dan itu balik lagi jadi tanggung jawab si karyawan dan pihak toko, krn perusahaan alfamart menerapkan KPI dlm menilai kelayakan performa karyawan dan toko.

  • 23 Mei 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    TS serasa punya kurir pribadi namanya order dr App itu melalui antrian bukan order masuk langsung dianter ke konsumen kalo mau kaya gitu pake aja gomart tentunya ada biaya ekstra, bahasa yang digunakan kurir memang kurang baik mungkin sdh kelewat kesal diperlakukan seperti itu

    5
    2
  • 23 Mei 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    salah ny sih sepele dari pihak AlfaGift tidak Mengkonfirmasi dahulu untuk orderan yg mungkin terlambat karna antaran yg banyak,
    daan Yarabanaa.. saye selaku warge lokal pontianak ni pak/buk maaf sebelom nye, Pontianak ni tadak gak besak2 amat Tak sampai 1-2Kilo maok ke alfamart tu, 15 -20 meter tak dapat ? jalan agak jaoh siket, 50Meteran jalan kaki pon bise awak tinggal di mane pon pasti ade Alfa/Indomaret di selok belok pontianak ni , dan jikalau Saudare ni Perlu benar kebutuhan barang tersebut langsong lah pegi carek sorang, banyak toko2 tu toko kelontong tu bejibun di pontianak tinggal pileh yak yg mane yg kenak di hati 🤣

    7
    2
    • 24 Mei 2022 - (04:14 WIB)
      Permalink

      saye ‘TEKANKAN’ untok komentar saye ini bahwa “KOTA PONTIANAK INI TIDAK BESAR” untok mencari ALFA/INDOMARET itu Dimane pon anda tingal “TIDAK SAMPAI 20 Menit” Malahan 10 Menit tu tadak sampai udah dapat ketemu tu Alfa/Indomaret “DIMANE PON TEMPAT TINGGAL DI PONTIANAK INI” sekian terima kaseh

      5
      1
  • 23 Mei 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Itu pasti ada chat lebih panjang..kenapa yg di ss cuma pesan jelek dari kurirnya doang..itu pasti ada chat jelek dan chat makian dari pelanggannya..menurut aku ini cuman minta pembelaan publik dan untuk sengaja biar kurirnya di kasih sangsi dari perusahaan..saya mantan kerja di alfamart..kurirnya itu rekap kerjanya..sebenarnya mereka bukan benar2 kurir..mereka karyawan toko yg hrus ngantar pesanan juga..wajar meraka lama…belum lagi ada barang datang dll..setau saya kalau pesanan di batal itu jadi beban toko..mereka yang harus bayar..mangkanya kurirnya jadi kesel gitu..

    6
    2
  • 23 Mei 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Kurirnya cm 1 doank gmna katyawan alfa ga kasar
    Klo gue jd karyawan alfa udh gue caci maki sekalian hihiii

    5
    2
  • 24 Mei 2022 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Nasihat saya untuk yg punya niat menulis keluhan dgn tujuan menjatuhkan org lain karena mslh sepele, mending di batalkan. Bkn apa2, nanti anda jg yg kena atas perbuatan anda. Istilah kata karma itu real.

    4
    3
      • 24 Mei 2022 - (04:08 WIB)
        Permalink

        padahal cuma masalah yang sepele2 aja , tapi dia punya keluh kesah seperti fatal sampai tidak bisa bernafas 🤣 sampai berniat untuk memutuskan mata pencarian oranglain

        5
        2
  • 24 Mei 2022 - (02:07 WIB)
    Permalink

    Biasa’aja sih,
    Aku aja udah puluhan bahkan ratusan kali pesan d alfagif,
    Kadang sejam sampe kadang 30 menit sampe, kadang juga pesen siang d antar magrib,
    Yg penting barang sampe

    Kalo gk sabar nunggu ya beli aja ke Alfamart nya langsung,
    Jangan-jangan tdak sabar antri d kasir juga nih..

    3
    2
  • 24 Mei 2022 - (03:26 WIB)
    Permalink

    Udah tau Pontianak jalannya padat pesan nya pake alfagif. Kalo emang butuh langsung saja ke Alfamart nya

    4
    2
  • 24 Mei 2022 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Saya kalau belanja di alfa gift kalau ada promo dan itupun gak buru2, pernah checkout jam 10 pagi di antar jam 8 malam karena saya tau kerja di minimarket kek gmana, crew sedikit jobdesk nya banyak, kalau buru2 ya langsung otw ke tokonya

    2
    1
  • 24 Mei 2022 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Menurut saya kurirnya gak salah.
    Justru anda yang memantik untuk diperlakukan seperti itu. Tapi masih sopan loh kurirnya.

    Benar bngt, emang yang beli cuma anda doank. sudah dijelaskan lagi antre, yg nganter cuma 1, tapi malah anda yang nyolot dan minta cancel. Sapa yang gak emosi. Belum dijalanan panas dan riwehnya bawa barang dan cari2 alamat.

    Harus ngertilah. Jangan terlalu arogan dan sombong spt itu sm rakyat kecil/ kurir. Orang udah mau nganterin barang belanjaan anda, namun telat karena banykny pesanan, sudah dijelaskan pula,, anda enak2 nya bilang mau cancel. Coba dirasain di diri anda dulu..
    Hrusnya anda malu, dikoar2 lagi di media. Hadeeehh

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Alfamart?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Cara Karyawan Alfamart Akcaya Pontianak Membalas Chat Konsumen

oleh Aurelia Yanti Lay dibaca dalam: 1 menit
43