Surat Pembaca

Kecewa dengan Proses Refund Agoda

Pada tanggal 20 Juni 2022, lalu saya booking hotel di Agoda. Namun sistem membatalkan pesanan tersebut dan akan melakukan refund uang sejumlah Rp160.921. Agoda memberi 2 opsi, yaitu refund berupa AgodaCash atau transfer bank. Saya pilih metode transfer bank.

Tak lama kemudian mereka meminta sejumlah informasi seperti data diri dan negara dari bank, serta mata uang yang digunakan. Saya kemudian isi data tersebut dan telah mengirimkannya ke Agoda.

Pada hari yang sama, Agoda akan melakukan refund uang saya dan diminta mengisi beberapa informasi untuk mempercepat proses refund seperti pada email berikut:

Selang beberapa hari, Agoda melalui Hyperwallet (rekanan Agoda) mengonfirmasi untuk mulai melakukan refund. Saya selesaikan step tersebut dan diminta menunggu 1-3 hari kerja.

Kemudian datanglah email baru dari Agoda untuk melakukan klaim refund saya. Singkatnya saya telah selesaikan proses ini dan mengisi data-data pribadi (mohon maaf tidak menyertakan tangkapan layar karena berisi data pribadi).

Proses klaim pun berjalan lancar dan saya diminta menunggu beberapa hari lagi.

Namun setelah beberapa hari, email yang Saya dapatkan berupa notifikasi refund yang gagal dilakukan. Saya coba dan masih tetap gagal.

Saya sudah coba hubungi Customer Chat Agoda, tapi. Mereka bersikeras refund sudah berhasil. Karena berdasarkan sistem, refund memang telah berhasil, tapi notifikasi gagal refund juga beberapa kali saya terima.

Saya sangat menyayangkan proses refund yang sangat rumit dan sulit dilakukan ini.

Anton Toni Agung
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • tapi 5x refund itu termasuk dalam hitungan 15 hari penerimaan email kan ka? atau lebih dari 15 hari yang ditentukan?

    • Masih di waktu 15 hari itu. Kalau perorangan hanya menuliskan nama saja (nama depan/belakang)

  • ka, mau tanya kemarin saya sudah mngisi claimnya. kemudian saya harus menunggu balasan lagi atau melakukan claim lagi?

    • Tunggu aja sampai ada email lagi, klo tidak ada email gagal tefund. Berarti lancar proses refund nya

      • maaf kak mau tanya, sy kan baru refund tadi jam 3an, nah sampe sekrng masih belm ada email masuk. untuk masuk email nya harus nunggu berpa hari? soalnya sy baru pertama pake agoda terus malah di refund

        • Sekitar 2-4 hari biasanya, tp bisa lebih lama dari itu. Ditunggu aja email konfirmasi dari agodanya

  • Permisi kakk saya mau bertanya mengenai refund agoda, saya sudah melacak pembayaran, saat saya cek keterangannya dalam verifikasi itu bagaimana ya kak? Berhasil atau gagal refund saya?

    • Pengalaman saya ga ada, tau² ada transfer masuk aja. Jadi ditunggu dulu aja apakah gagal atau tidak

    • Ada, nanti akan dapat email berupa lacak pengembalian dana anda. Mulai dari dibuat - tinjauan- diproses- dirilis

  • Mau share jg pengalaman saya sama persis seperti yg mas anton alami.. Booking hotel di cancel oleh agoda.. Hanya saja klo saya tidak sampe pengembalian 15 hari... dalam waktu 2 hari refund sdh masuk ke rek.. Tgl. 11 Sep22 bayar via transfer.. Tgl. 12 sep22 email masuk dari hyperwallet berupa form pengisian data diri dan rekomendasi norek.. Saat itu saya rekomendasikan norek Bank Mandiri.. Bersyukur Tgl. 13 Sep22 refund masuk ke rek saya..

    • saya juga baru cancel dan memilih pilihan transfer. untuk email dari hyperwallet memang bukan di tanggal yang sama ya?saya baca informasi ini email hyperwaller untuk mengisi nomor rekening baru ada dihari berikutnya. terimakasih informasinya

    • Cara agar nama sesuai di rekening bagamana ya kak? Nama saya Andika Restu Pranata kalo ditulis di nama depan Andika Restu dan nama belakang Pratana nama belakang tidak muncul diakun Agoda sedangkan kalo nama belakang tidak diisi tidak bisa di simpan. Mohon solusinya kak??

  • Aku mau bagiin pengalaman juga, tgl 24 September 2022 kemarin aku juga melakukan refund di App Agoda. Udah was-was bgt karena setelah batalin pesanan aku baru cek review refund di google soal Agoda dan ternyata banyak yang kecewa. Udah bete bgt karena sayang uangnya gak bakal kembali. Tapi, aku ikutin semua proses refundnya sesuai apa yang diinstruksikan dari email. Sedikit rumit, cuma masih bisalah diikutin. Dan ternyata uangnya per hari ini tgl 27 September udah sukses ditransfer ke rekening. Seneng bgt rasanya ?

    Tips biar proses perilisannya mudah/ transfer refundnya cepat.

    Pertama adalah nama yang dipakai untuk pesan di Agoda harus sesuai dengan nama yang kita gunakan pada Bank yang akan digunakan buat refund. Tidak masalah kmu pas pesan hotel transfer pake rekening mama atau papa atau suami atau istri, asalkan AKUN Bank yang buat refund sesuai dengan NAMA kamu yang tercantum di aplikasi Agoda

    Kedua adalah alamat 1 dan alamat 2, disamain aja.

    Ketiga adalah gunain bank yang udah besar namanya dan mempunyai kredibilitas yang baik. Contohnya : BCA, Mandiri, BRI, BNI.

    • pada dasarnya semua bank legal dan resmi sama sja, memang dari sistem hyperwallet nya sulit karena dia kantornya di singapura.

    • Cara agar nama sesuai di rekening bagamana ya kak? Nama saya Andika Restu Pranata kalo ditulis di nama depan Andika Restu dan nama belakang Pratana nama belakang tidak muncul diakun Agoda sedangkan kalo nama belakang tidak diisi tidak bisa di simpan. Mohon solusinya kak??

  • Selamat malam,, saya baru saja mengalami hal yg sama..intinya saya terGODA dengan rate hotel yg murah..dengan ketentuan "NON REFUNDABLE" tertulis 170.000 kemudian ketika membayar menjadi 222.300. okelah tetep saya bayar dengan M-Banking.. menunggu proses reservasi 5 menit.. ketika saya buka aplikasi lagi kemudian tiba2 reservasi hotel cancelled..
    Asumsi saya dicancel oleh pihak hotel atau agodanya Hanya berselang waktu 5 menit.
    Saya lihat T&C nya waktu pengembalian 30 hari..
    Apakah benar demikian?

    Disclaimer: sy tidak meng-CANCEL reservasi tsb.

    Mohon saran dan pencerahan.

    • dicoba saja pak untuk melakukan refund, sebaiknya gunakan rekening dengan nama yang sama dengan nama pemesan hotel, agar lebih cepat diproses

  • Saya sering dan mengandalkan booking hotel LN (4 benua) dan dalam negeri via Agoda dan beberapa kali mengajukan refund karena berubah jadwal atau sekedar booking untuk syarat pengajuan visa.
    Semuanya tidak ada kendala & refund sangat cepat (maksimal 3 hari).
    Karena Agoda adalah OTA luar, kalau transaksi pemesanan lebih direkomendasikan menggunakan Kartu Kredit, karena kalau ada pembatalan & pengajuan refund prosesnya lebih cepat. Jadi tidak perlu menginput data rekening tabungan bank karena refund otomatis akan masuk ke Kartu Kredit yang sudah di-input saat melakukan pemesanan.
    Kalau transfer ke rekening bank, bisa jadi sistem perbankan LN dan dalam negeri belum standar sehingga diperlukan verifikasi yang lama.

    • betul, memang menggunakan kartu kredit sangat mudah untuk refund, namun tidak semua orang punya kartu kredit