Kecewa dengan Proses Refund Agoda

Pada tanggal 20 Juni 2022, lalu saya booking hotel di Agoda. Namun sistem membatalkan pesanan tersebut dan akan melakukan refund uang sejumlah Rp160.921. Agoda memberi 2 opsi, yaitu refund berupa AgodaCash atau transfer bank. Saya pilih metode transfer bank.

Tak lama kemudian mereka meminta sejumlah informasi seperti data diri dan negara dari bank, serta mata uang yang digunakan. Saya kemudian isi data tersebut dan telah mengirimkannya ke Agoda.

Pada hari yang sama, Agoda akan melakukan refund uang saya dan diminta mengisi beberapa informasi untuk mempercepat proses refund seperti pada email berikut:

Selang beberapa hari, Agoda melalui Hyperwallet (rekanan Agoda) mengonfirmasi untuk mulai melakukan refund. Saya selesaikan step tersebut dan diminta menunggu 1-3 hari kerja.

Kemudian datanglah email baru dari Agoda untuk melakukan klaim refund saya. Singkatnya saya telah selesaikan proses ini dan mengisi data-data pribadi (mohon maaf tidak menyertakan tangkapan layar karena berisi data pribadi).

Proses klaim pun berjalan lancar dan saya diminta menunggu beberapa hari lagi.

Namun setelah beberapa hari, email yang Saya dapatkan berupa notifikasi refund yang gagal dilakukan. Saya coba dan masih tetap gagal.

Saya sudah coba hubungi Customer Chat Agoda, tapi. Mereka bersikeras refund sudah berhasil. Karena berdasarkan sistem, refund memang telah berhasil, tapi notifikasi gagal refund juga beberapa kali saya terima.

Saya sangat menyayangkan proses refund yang sangat rumit dan sulit dilakukan ini.

Anton Toni Agung
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

100 komentar untuk “Kecewa dengan Proses Refund Agoda

  • 4 Desember 2022 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Saya kira saya hanya satu satunyna orang yang tidak menerima refund dari agoda. ternyata banyak teman teman yang lain yang tidak menerima juga, jujur saya kecewa sih kecewa banget malah walapun dengan nominal 361k tapi buat saya jadi males mau pake agoda lagi. mereka bilang sudah refund tapi saya cek mutasi tidak ada uang masuk sama sekali.

    • 9 Desember 2022 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Baru aja saya alami

      Tgl 6 Des pesan hotel lewat agoda & lgsg bayar via transfer bank mandiri. Besoknya (tgl 7 Des) saya melakukan pembatalan & dihari yg sama dpt email dr agoda disuruh nunggu 1-2 hari. Tgl 8 Des dpt email dr hyperwallet & diminta isi data² berkaitan ttg pengembalian dana. Alhamdulillah hari ini dana refundnya udh masuk ke rekening saya ?

      • 1 Maret 2023 - (14:03 WIB)
        Permalink

        Kak izin bertanya.
        Saat ini saya sedang mengajukkan refund agoda lalu dapat email untuk mengisi data Nama depan dan belakang dan mata uang yg digunakan, setelah itu tidak mengisi data pribadi seperti nomor rekening. tetapi ketika cek aplikasi , refund saya sedang diproses dan dana akan dikirimkan melalui rekening dalam 30 hari. Tetapi saya belum isi rekening apapun, untuk hal ini apakah memang seperti ini prosesnya? atau saya hanya tunggu email selanjutnya?

        • 4 Juni 2023 - (01:36 WIB)
          Permalink

          mba, ini sama dengan yg baru saya alami. setelah itu ada kelanjutannya gak di refund atau gak nya?

        • 24 Juni 2023 - (00:37 WIB)
          Permalink

          Aku sedang mengalami ini kak, apakah kembali kak uang kakak?dan berapa lama pengembaliannya?

  • 10 Desember 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Sama dgn yg saya alami 3 hari yg lalu..pembatalan terjadi krn kesalahan sistem di agoda, bukan saya yg mengajukan pembatalan..tp transferan uang tetap diterima sistem..proses refund berbelit2 & butuh waktu lama..cek di aplikasi progress refund “AGODA HAS FINISHED PROCESSING YOUR REFUND”, tapi faktanya DANA BELUM MASUK KE REKENING SAYA..perusahaan global tp sistemnya kacau..

  • 10 Desember 2022 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Booking saya dicancel karena sytem error dan saya segera melakukan refund. Refund pertama via mobile gagal, saya cek di track refund nama tidak sesuai dengan nama rekening. Akhirnya saya ulang via web, ada petunjuk untuk menulis nama rekening di kolom last name, saya isi kolom last name sesuai nama rekening dan selang sehari refund berhasil.

  • 19 Desember 2022 - (16:35 WIB)
    Permalink

    permisi, saya mau nanya, kalau mau mengirim isi form berupa nama pemilik rekening itu ke email agoda yg mana yaa? soalnya yg email dari agoda customer service itu gabisa di reply?? mohon bantuannyaa??

  • 25 Desember 2022 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Kasus saya adalah, pembatalan hotel di thailand; dapat email berhasil refund, lalu mengisi form nama saya saja tidak ada nomer rekening, dan kasusnya adalah saya pakai agoda indonesia tetapi pembayaran pakai bank luar negeri (bank thailand), tetapi ini tidak ada form pengisian nomer rekening, ini bagaimana ya?

  • 11 Januari 2023 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Kak… Kalau sy sudah pengajuan refund lalu dapat balasan email kalau pemesanan bank yg buat transfer kmrn tidak berhasil karena gangguan proses pembayaran… Solusiny bgmn ya? Terima kasih

  • 17 Januari 2023 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Hallo salam kenal. Saya ingin bertanya.
    Saya melakukan pemesanan lewat agoda dan sudah ter-autodebet dr bisa mandiri saya. Tetapi pihak property terlambat meng approve bookingan saya. Sementara uang sudah ditarik dr rekening saya. Ketika saya bertanya ke agoda, pihak agoda bilang bahwa saya belum melakukan pembayaran. Tapi jelas2 saldo saya sudah terpotong. Apakah uang saya bisa di refund ya? Terimakasih

  • 21 Maret 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, karena hotel pertama terlalu jauh saya ganti hotel yang lebih dekat via agoda juga dan hotel pertama dibatalkan, namun sejak pembatalan ygl 3 maret 2023 sampai saat ini uang refund belum juga terkirim kembali kerekening. KACU NI AGODA
    #AGODABURUK

  • 13 April 2023 - (00:57 WIB)
    Permalink

    MENGECEWAKAN,BARU PERTAMA KALI ORDER YG SBLMNYA LANGGANAN DI BOOKING,COM, ORDERAN PERTAMA DI BATALKAN DGN OTOMATIS BOOKINGAN HOTEL YG SALAH HARGA, DAN AWAL BERI KOMPENSASI 5 DOLAR DOANK ,NAEK LG 10 DOLAR ,HELLO GUA INI BUKAN PENGEMIS YA !!!!, GUNANYA APA MOU KEBIJAKSANAAN PEMBATALAN, KALO AKAN BYR FULL 100 % ??? DATA TDK VALID DI SINI MENDING DI BOOKING .COM WALO LBH MAHAL TP VALID ,INI MURAH TP ZONKKKKK,JADI TAKUT BOOKING DI SINI , JANGAN” SEMUA GA VALID BEGITU SAMPAI LOKASI ,ZONK SEMUA ,HATI” LAH YG MAU BOOKING DI SINI ,DI BWH INI ATURAN AGODA YG HNY ISAPAN JEMPOL————->

    https://www.agoda.com/info/agoda-policies.html#8

    Pesanan yang dipesan melalui Agoda didukung oleh Jaminan Pemesanan kami. Apabila pesanan Anda yang telah dikonfirmasi tidak tersedia atau tidak diterima oleh pihak properti, silakan langsung menghubungi Layanan Pelanggan 24 Jam kami melalui nomor yang tertera pada email konfirmasi Anda. Spesialis Dukungan Pelanggan Agoda kami akan mencari akomodasi alternatif di properti yang nyaman dan setara dengan persetujuan Anda.

    Apabila Anda tidak menyetujui akomodasi alternatif, Agoda akan menawarkan pengembalian pembayaran secara penuh di akomodasi yang Anda pesan.

  • 19 Juli 2023 - (16:06 WIB)
    Permalink

    saya dapat notifikasi refund gagal berkali kali dan kebingungan jika payment menggunakan shopee harus mengisi rekening pake nomor apa dan kode bank nya apa. Agoda untuk sistem refund seperti scam

  • 24 Juli 2023 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kendala yang sama sudah proses refund dari tgl 10 Juli namun gagal terus , sudah telepon cs 5 kali pun selalu disuruh menunggu 2×24 jam terus dengan alasan akan dilakukan eskalasi pengecekan di sistem dll, akhirnya saya minta kompensasi atas keterlambatan dan kendala yg saya alami ini dan di offer 10% dari nilai transaksi dan sedang saya nego untuk dinaikkan. Untuk sampai saat ini proses refund masih stuck entah sampai dimana, namun jika untuk kompensasi apabila saya agree di angka yang di offer infonya akan segera dimasukkan di Agoda Cash saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Agoda?

Ada 100 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Proses Refund Agoda

oleh Anton dibaca dalam: 1 menit
100