Surat Pembaca

Kecewa dengan Sistem Pengiriman Kartu Kredit BCA

Assalamualaikum. Nama saya Sigit, dengan nomor rekening  BCA: 5485222***. Pada tanggal 24 Juni 2022, saya mengajukan aplikasi kartu kredit BCA secara online melalui website. Pada tanggal tersebut pula saya menerima notifikasi bahwa kartu saya disetujui.

Pada tanggal 27 Juni 2022 saya menghubungi pihak Halo BCA yang menginfokan bahwa kartu saya sudah status On Delivery sejak 27 Juni 2022. Saya kemudian melalukan follow up status kartu pada tanggal 3 Juli 2022 dan Halo BCA menyatakan bahwa kartu saya statusnya “Retur” oleh pihak kurir dengan alasan “Alamat tidak lengkap/tidak jelas”.

Padahal saya tahu pasti alamat saya sangat jelas. Selama ini tidak pernah ada sekalipun paket saya yang tidak sampai karena alasan alamat tidak jelas. Yang lebih mengecewakan lagi, kurir melakukan retur secara SEPIHAK, tanpa melakukan kontak dengan saya. Padahal nomor HP saya hanya satu dan selalu aktif, tapi tak satu pun ada panggilan dari kurir sama sekali dan tiba-tiba status kartu diretur.

Akhirnya karena mencoba untuk memaklumi. Saya mengikuti arahan Halo BCA untuk pengajuan pengiriman ulang dengan penambahan detail alamat. Perlu diketahui alamat yang saya berikan adalah berupa nama jalan, nomor rumah, RT, RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, kode pos, sampai tanda patokan “khas” dan warna rumah. Bahkan informasi ini kembali diulang oleh pihak CS agar tidak terjadi kesalahan penulisan huruf per huruf. Saat itu saya diberikan nomor laporan: 2064885150.

Pada tanggal 4 Juli 2022 saya mendapat email dari BCA yang menyatakan kartu saya gagal kirim (padahal hal ini sudah saya ketahui melalui Halo BCA sejak 3 Juli 2022). Sehingga saya coba follow up kembali status kartu saya. Dilaporkan oleh CS Halo BCA pada tanggal 4 Juli 2022, status kartu saya sudah “On Delivery” atau dalam pengiriman kembali dan diminta menunggu 7-14 hari kerja.

Karena saya khawatir, sejak tanggal 4 Juli sampai tanggal 12 Juli 2022 saya selalu menghubungi Halo BCA 1-2x/hari hanya untuk mengecek status pengiriman kartu. Yang mana Informasi yang didapatkan hanya sekedar “On Delivery“, status menggunakan jasa kurir apa tidak diketahui, status “lokasi” terakhir kartu tidak diketahui.

Nomor kontak atau bahkan sekedar nomor resi pengiriman yang seharusnya berhak diketahui oleh pihak penerima pun, tidak diketahui. Sehingga nasabah hanya dipaksa menunggu “buta” tanpa kejelasan informasi.

Tanggal 12 Juli 2022 sekitar pukul 12.50 WIB saya menghubungi Halo BCA lagi untuk menanyakan status pengiriman kartu saya. Dari pihak CS Halo BCA menyatakan bahwa kartu saya diretur lagi pada tanggal 11 Juli 2022, dengan alasan yang sama yakni “Alamat tidak lengkap atau tidak jelas”. Ini sangat konyol karena alamat yang saya berikan kurang jelas apanya lagi? Apakah perlu saya berikan ukuran tanah saya agar menjadi jelas? Dan lagi-lagi sama, retur dilakukan sepihak oleh kurir tanpa sekalipun menghubungi saya selaku pihak penerima.

Keluhan yang sama sampaikan ke CS Halo BCA hanya direspons sama. Mereka hanya menyarankan untuk dibuatkan laporan kembali. Saya rasa hal ini tidak ada gunanya karena hanya mengulangi hal yang sudah terjadi sebelumnya.

Bagaimana bisa sekelas Bank BCA sangat tidak profesional dalam hal pengiriman kartu kredit nasabah? Saya selalu meminta solusi konkret, tapi tidak pernah diberikan solusi selain dibuatkan nomor laporan berulang-ulang, yang pada akhirnya berujung retur hingga 2 kali. Kemudian saya dibuatkan laporan pengiriman kartu lagi dengan nomor laporan: 2064504686 dan 2064504421

Yang cukup mengecewakan setiap laporan ini diberikan masa service level 5 hari kerja. Padahal kartu saya diretur tanggal 11 Juli, saya mengetahui status retur ditanggal 12 Juli, hanya selisih 1 hari. Jika BCA atau kurir profesional, seharusnya maksimal 1 hari saja kartu saya sudah bisa dikirimkan kembal. Atau setidaknya BCA menghubungi kurir untuk kembali ke alamat saya, karena status retur diketahui baru 1 hari, yang artinya posisi kartu saya belum jauh dari tempat tinggal saya.

Ironisnya ternyata masalah seperti ini bukan hanya terjadi pada saya. Ini juga terjadi pada nasabah lain dan terus berulang. Hal ini tidak akan terjadi apabila nasabah bisa mendapatkan informasi mengenai kurir yang digunakan, mengetahui nomor resi pengiriman, atau setidaknya kurir mau menghubungi penerima apabila memang alamat dirasa tidak jelas. Namun ternyata BCA tidak memilih kenyamanan nasabah sebagai prioritas mereka.

Sigit Nugroho Wicaksono
Tolitoli, Sulawesi Tengah


Update (14 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Iya pengiriman kartu kredit bca lambat dan beberapa kali tlpn hallo BCA SMA aja
    Cuma iya di buat kan laporan ya
    Estimasi 7 SD 14 hari kerja..
    Tapi alhasil udh mau 2 bulan GK datang2 tuch CC..
    Jadi males buat tlfn hallo BCA nya juga
    Entah siapa yang slah,
    Apa karena kita konsumer kecil kali ya
    Cuma di buat senang aja..
    Jadi pada intinya tindakan segnifikan nya tidak ada..
    Seharus nya si pelayanan itu hrs di tampung dan di realisasikan
    Wlwpun konsumen itu tdk bersekela besar..

  • Sama saya sudah 1 bulam 12 hari dari tanggal saya di telp dari pihak bca tanya apakah saya sudah menerima CC yg dikirim saya jawab nlm,lalu saya di arahkan telp hallo bca setelah itu di kirum ulang k alamat usaha return k alamat tempat tinggal juga return akhirnya ada opsi lain yaitu dikirim k kantor cabang,terpantau sudah di kirim k kantor cabang pada tgl 8 maret dan d tgl 19 maret ternyata masih di return juga ,,, kan gak masuk akal,,, lalu cs membuat laporan ulang agar di kirim kembali k kantor cabsng dan di suruh nunggu lagi 5 hari kedepan,capej bgt y kn,,,klo memang blm berjodoh knp di app my bca sudah muncul kartu kreditnya beserta jumlah limitnya,,,