Kecewa dengan Sistem Pengiriman Kartu Kredit BCA

Assalamualaikum. Nama saya Sigit, dengan nomor rekening  BCA: 5485222***. Pada tanggal 24 Juni 2022, saya mengajukan aplikasi kartu kredit BCA secara online melalui website. Pada tanggal tersebut pula saya menerima notifikasi bahwa kartu saya disetujui.

Pada tanggal 27 Juni 2022 saya menghubungi pihak Halo BCA yang menginfokan bahwa kartu saya sudah status On Delivery sejak 27 Juni 2022. Saya kemudian melalukan follow up status kartu pada tanggal 3 Juli 2022 dan Halo BCA menyatakan bahwa kartu saya statusnya “Retur” oleh pihak kurir dengan alasan “Alamat tidak lengkap/tidak jelas”.

Padahal saya tahu pasti alamat saya sangat jelas. Selama ini tidak pernah ada sekalipun paket saya yang tidak sampai karena alasan alamat tidak jelas. Yang lebih mengecewakan lagi, kurir melakukan retur secara SEPIHAK, tanpa melakukan kontak dengan saya. Padahal nomor HP saya hanya satu dan selalu aktif, tapi tak satu pun ada panggilan dari kurir sama sekali dan tiba-tiba status kartu diretur.

Akhirnya karena mencoba untuk memaklumi. Saya mengikuti arahan Halo BCA untuk pengajuan pengiriman ulang dengan penambahan detail alamat. Perlu diketahui alamat yang saya berikan adalah berupa nama jalan, nomor rumah, RT, RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, kode pos, sampai tanda patokan “khas” dan warna rumah. Bahkan informasi ini kembali diulang oleh pihak CS agar tidak terjadi kesalahan penulisan huruf per huruf. Saat itu saya diberikan nomor laporan: 2064885150.

Pada tanggal 4 Juli 2022 saya mendapat email dari BCA yang menyatakan kartu saya gagal kirim (padahal hal ini sudah saya ketahui melalui Halo BCA sejak 3 Juli 2022). Sehingga saya coba follow up kembali status kartu saya. Dilaporkan oleh CS Halo BCA pada tanggal 4 Juli 2022, status kartu saya sudah “On Delivery” atau dalam pengiriman kembali dan diminta menunggu 7-14 hari kerja.

Karena saya khawatir, sejak tanggal 4 Juli sampai tanggal 12 Juli 2022 saya selalu menghubungi Halo BCA 1-2x/hari hanya untuk mengecek status pengiriman kartu. Yang mana Informasi yang didapatkan hanya sekedar “On Delivery“, status menggunakan jasa kurir apa tidak diketahui, status “lokasi” terakhir kartu tidak diketahui.

Nomor kontak atau bahkan sekedar nomor resi pengiriman yang seharusnya berhak diketahui oleh pihak penerima pun, tidak diketahui. Sehingga nasabah hanya dipaksa menunggu “buta” tanpa kejelasan informasi.

Tanggal 12 Juli 2022 sekitar pukul 12.50 WIB saya menghubungi Halo BCA lagi untuk menanyakan status pengiriman kartu saya. Dari pihak CS Halo BCA menyatakan bahwa kartu saya diretur lagi pada tanggal 11 Juli 2022, dengan alasan yang sama yakni “Alamat tidak lengkap atau tidak jelas”. Ini sangat konyol karena alamat yang saya berikan kurang jelas apanya lagi? Apakah perlu saya berikan ukuran tanah saya agar menjadi jelas? Dan lagi-lagi sama, retur dilakukan sepihak oleh kurir tanpa sekalipun menghubungi saya selaku pihak penerima.

Keluhan yang sama sampaikan ke CS Halo BCA hanya direspons sama. Mereka hanya menyarankan untuk dibuatkan laporan kembali. Saya rasa hal ini tidak ada gunanya karena hanya mengulangi hal yang sudah terjadi sebelumnya.

Bagaimana bisa sekelas Bank BCA sangat tidak profesional dalam hal pengiriman kartu kredit nasabah? Saya selalu meminta solusi konkret, tapi tidak pernah diberikan solusi selain dibuatkan nomor laporan berulang-ulang, yang pada akhirnya berujung retur hingga 2 kali. Kemudian saya dibuatkan laporan pengiriman kartu lagi dengan nomor laporan: 2064504686 dan 2064504421

Yang cukup mengecewakan setiap laporan ini diberikan masa service level 5 hari kerja. Padahal kartu saya diretur tanggal 11 Juli, saya mengetahui status retur ditanggal 12 Juli, hanya selisih 1 hari. Jika BCA atau kurir profesional, seharusnya maksimal 1 hari saja kartu saya sudah bisa dikirimkan kembal. Atau setidaknya BCA menghubungi kurir untuk kembali ke alamat saya, karena status retur diketahui baru 1 hari, yang artinya posisi kartu saya belum jauh dari tempat tinggal saya.

Ironisnya ternyata masalah seperti ini bukan hanya terjadi pada saya. Ini juga terjadi pada nasabah lain dan terus berulang. Hal ini tidak akan terjadi apabila nasabah bisa mendapatkan informasi mengenai kurir yang digunakan, mengetahui nomor resi pengiriman, atau setidaknya kurir mau menghubungi penerima apabila memang alamat dirasa tidak jelas. Namun ternyata BCA tidak memilih kenyamanan nasabah sebagai prioritas mereka.

Sigit Nugroho Wicaksono
Tolitoli, Sulawesi Tengah


Update (14 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pengiriman kartu kredit Bank BCA:
[Total:12    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Kecewa dengan Sistem Pengiriman Kartu Kredit BCA

  • 13 Juli 2022 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Perlu diketahui bahwa, kebanyakan bank menggunakan jasa pengiriman pihak ke-3 untuk pengiriman kartu kredit. Jadi dalam hal ini bank tidak ada sangkut pautnya dgn proses pengiriman. Aku juga pengguna BCA, dan tidak pernah ada kendala dalam pengiriman kartu, karena dikirimkan ke alamat kantor. Sepanjang yang aku tahu, di amplop kartu itu cuma ada nama penerima dan alamat, tidak ada nomor hp-nya, jadi memang berbeda dgn pengiriman paket belanja online yang pasti di hubungi oleh kurir ketika alamat tidak ditemukan. Btw, ketika alamat rumah tidak ditemukan, kenapa tidak mengganti dgn alamat kantor saja?

    4
    1
    • 13 Juli 2022 - (14:19 WIB)
      Permalink

      ya, saya punya beberapa KK bank lain.
      sepertinya tidak bakal ada nomor penerima.
      alasan keamanan.

    • 13 Juli 2022 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas informasinya, bila tidak adanya nomor Hp karena alasan keamanan saya rasa saya bisa paham. Namun yang menjadi masalah, No. Resi tidak diberikan dan bahkan menggunakan jasa kurir apa juga tidak di infokan, bila saja hal itu di infokan jelas saya akan Follow Up ke Pihak Kurirnya. Jadi dalam pandangan saya, kalau memang nomor kontak tidak dapat dicantumkan, setidaknya pihak Bank bisa memberikan Informasi mengenai Kurir yang digunakan atau bahkan Nomor Resi pengiriman.

      Kemudian perihal alamat kantor, kantor saya posisinya di pedalaman daerah, Alamat Rumah saya di Area Perkotaan dan cukup mudah ditemukan, selama ini saya menggunakan Kurir-kurir lainnya tidak pernah ada masalah menemukan alamat rumah saya. Alamat Rumah saya yang di perkotaan saja mereka beralasan tidak dapat ditemukan apalagi kalau saya ganti ke alamat kantor yang alamatnya lebih di pelosok. selain itu saya juga tidak selalu ada di kantor.

      • 13 Juli 2022 - (14:45 WIB)
        Permalink

        Kalau saya mengaku Anda dengan meminta hal tersebut kemudian kartu oredit di salahgunakan bagaimana?

        pengiriman kartu adalah verifikasi tahap akhir jadi pastikan alamat mudah ditemukan dan orangnya ada

        paling gampang gunakan alamat tempat usaha atau kantor untuk pengiriman selanjutnya kartu pengganti terserah kemana aja pasti sampai

        1
        1
        • 13 Juli 2022 - (16:32 WIB)
          Permalink

          Pertama, kalaupun anda mengaku saya dan kartunya anda ambil mungkin bisa, tetapi tidak akan bisa anda gunakan, karena harus diaktivasi langsung oleh saya menggunakan nomor Hp saya yang terdaftar.

          Kedua, mungkin bisa dibaca kembali srtikel dan komentar tambahan saya, alamat saya sudah sangat jelas dan bahkan saya berikan patokan sebuah “Kantor” yang bersebelahan dengan rumah saya juga.

      • 13 Juli 2022 - (14:46 WIB)
        Permalink

        kurir yang anda bayangkan sangat beda dengan kurir yang dipakai oleh bank mba Sigit, mereka bukan JNE, J&T, sicepat dan sebagainya

        kurir yang mereka pakai biasanya kurir dokumen, bisa internal bisa eksternal, tidak ada nomor resi dll

        apakah ini kartu kredit pertama yang anda bikin?

        • 13 Juli 2022 - (16:34 WIB)
          Permalink

          saya punya beberapa teman, mereka dikirimi beragam, ada yang JNT, ada yang POS, ada yang Ninja Express, jadi pasti ada resinya ya…

          Kebetulan ini Kartu Kredit Ke-3 yang saya Ajukan. Saya sudah pernah mengajukan CC di dua bank lain sebelumnya dan tidak pernah ada masalah seperti ini, semuanya sampai dengan aman.

        • 14 Juli 2022 - (11:39 WIB)
          Permalink

          Saya pernah mengalami hal serupa yg di alami kak sigit pengiriman pertama cc bank bca di retur keterangan alamat tidak lengkap / tidak di temukan kemudian saya telpon ke bank bca cabang di kota saya tinggal di minta alamat lain saya kasih alamat kerja dan Alhamdulillah saya terima dgn aman di kirim kurir POS Indonesia.

    • 13 Juli 2022 - (14:41 WIB)
      Permalink

      oh iya, sekedar tambahan info, Tanda Patokan “Khas” yang saya cantumkan pada artikel diatas adalah “Sebuah Kantor Dinas Pemerintah” di Wilayah Kota tempat saya, dilaporan pengiriman saya kepada CS BCA saya beritahukan bahwa “Rumah Saya adalah Rumah Ke-2 dari Kantor Dinas XXXX” ; Jadi apabila disarankan untuk mengganti ke amalat kantor pun bukan solusi yang konkrit bagi kurir yang sedang diamanatkan mengirimkan kartu saya ini. Karena Kantor yang menjadi patokan khas saya saja tetap tidak dia temukan. Aneh bukan.

  • 13 Juli 2022 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Kurir kartu BCA random.
    ada NCS, FICC, bahkan JNE

    Sebenar nya delivery kartu BCA bisa di ambil di bank BCA KCP terdekat..

    • 14 Juli 2022 - (05:20 WIB)
      Permalink

      Iya benar mas Agus, seandainya di lokasi saya ada KCP terdekat opsi ambil di KCP mungkin sudah saya pilih sejak awal, hanya saja untuk bisa ke KCP saya harus menempuh waktu perjalanan 8-10 Jam Karena KCP Terdekat itu di Kota Lain, sehingga Opsi Pengiriman Melalui Kurir adalah cara yang terpaksa saya ambil.

    • 14 Juli 2022 - (05:16 WIB)
      Permalink

      Kalau seandainya Jarak Rumah saya ke KCP terdekat paling lama 1 jam pasti saya ambil di KCP. Lokasi KCP dan Domisili saya saat ini itu lebih dari 270 KM dengan waktu tempuh 8-10 Jam.

      Mungkin Tidak semua orang beruntung bisa ada KCP yang dekat dengan domisilinya seperti bapak. Jadi Mohon maaf kalau dengan terpaksa opsi pengiriman yang dipilih adalah pada Alamat Domisili.

    • 14 Juli 2022 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Mana bisa kartu kredit diambil di KCP terdekat? Proses pengiriman kartu kredit adalah proses verifikasi terakhir oleh bank bahwa alamat benar dan bkn mafia kartu kredit. Blm pernah punya kartu kredit ya? Asbun

  • 14 Juli 2022 - (11:04 WIB)
    Permalink

    1. Tidak ditelepon : karena no hp memang tidak diberitahukan/ditulis di amplop untuk alasan keamanan

    2. Resi tidak diberikan supaya agan ga bs lgs datang ke kantor kurir dan ambil kartunya sendiri. Kenapa? Karena pengantaran kartu merupakan verifikasi terakhir untuk mengatasi mafia kartu kredit untuk memastikan alamat agan real/mudah ditemukan dll

    3. Proses bank memang seperti itu. Ketika ditanya hanya “on delivery” Bkn seperti agan beli barang di toped/shopee yg tracking paketnya jelas.

    Semoga cukup jelas. Thx

  • 14 Juli 2022 - (11:23 WIB)
    Permalink

    UPDATE :

    Terimakasih kepada Media Konsumen, akhirnya setelah 1 Hari sejak Keluhan saya dimuat, saya langsung dihubungi oleh Pihak Kurir Kartu Kredit, mereka menyampaikan permohonan maaf atas kendala pengiriman oleh pihak mereka dan memprioritaskan pengiriman CC saya.

    Akhirnya CC berhasil saya terima pada hari ini 14/07/2022.

    Terimakasih atas segala bantuan dan perhatiannya.

  • 14 Juli 2022 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Gaji kurir perlu diperhatikan, biar pelayanan bisa lebih baik atau tiap2 kurir harus ada aplikasi khusus yang alamatnya valid sesuai di map. karena google map kadang alamat tidak sesuai yg membuat si kurir lelah, agar kendala yg sama tidak berulang-ulang dan Indonesia bisa sdikit lebih maju dalam hal pengiriman barang.

  • 15 Juli 2022 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Demi alasan keamanan informasi kurir dan pelacakan pengiriman kartu biasanya dirahasiakan. Jadi memang wajib stand by di jam kerja. Kalau memang di hari kerja lebih sering di kantor ada baiknya di alamat kantor. Kalau lebih sering di rumah ya ke alamat rumah. Dan pastikan selama 7 hari kedepan sejak Kartu disetujui tetap ada keluarga atau ada yang terima karena 1x saja tidak ada yang terima bakalan diretur.

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman kartu kredit Bank BCA?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Sistem Pengiriman Kartu Kredit BCA

oleh Wicaksono dibaca dalam: 3 menit
24