Surat Pembaca

Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna

Halo media konsumen,

Kami penjual di Tokopedia dengan nama Toko Gudangshakeel. Pada dasarnya penjualan kami hampir 50% menggunakan jasa kirim Antaraja karena memang kurirnya paling rajin pickup. Dalam 1 hari bisa 2x-3x sehari dan kurirnya baik serta responsif selama ini. Tapi sudah 1-2 bulan ini pengiriman Antaraja sering mengalami permasalahan.

Dan puncaknya 1 minggu ini ada 2 paket pengiriman ke Customer kami di Bali mengalami permasalahan dengan 2 resi sbb:

  • 10005183196913 – Pengiriman tanggal 15 Juli hingga tanggal 21 Juli 2022 Paket masih status ditugaskan ke Kurir Satria, hingga saat ini Paket belum sampai ke Pelanggan dan sudah kami laporkan ke call center Antaraja dengan nomor pelaporan 6306104 dari tanggal 25 Juli dan sudah masuk ke laporan komplain Tokopedia
  • 10005211698460 – Pengiriman tanggal 19 Juli hingga tanggal 23 Juli 2022 Paket masih status ditugaskan ke Kurir Satria, hingga saat ini Paket belum sampai ke Pelanggan an sudah kami laporkan ke call center Antaraja dengan nomor pelaporan 6240154 dari tanggal 28 Juli dan sudah masuk ke laporan komplain Tokopedia
Resi pengiriman pertama
Resi Pengiriman pertama
Resi pengiriman kedua
Resi pengiriman kedua

Hingga hari ini baik dari Antaraja belum dapat konfirmasi sama sekali, sedangkan customer kami yang bule ada di Bali sangat kecewa dengan pelayanan dari toko kami, Tokopedia dan Kurir Antaraja dan merasakan customer experience yang sangat jelek berbelanja di Tokopedia. Pihak Tokopedia juga sampai saat ini belum memberikan solusi dan belum juga mem-followup kendala kami dan hanya kami yang sibuk melaporkan ke CS Antaraja.

chat dengan customer
chat dengan customer

Per hari ini juga kami akan matikan jasa kurir Antaraja meskipun pengiriman kami kurang lebih 50% mengunakan jasa Antaraja.

Besar harapan kami dari pihak Tokopedia juga memberikan sanksi ke Antaraja atas keluhan kami dan mungkin juga komplain-komplain pelanggan-pelanggan lainnya. Serta besar harapan kami juga Pihak Tokopedia mengevaluasi total kemampuan handling keluhan/komplain tokopediacare dalam menyelesaikan masalah seller/buyer.

Tri Haryo Putra
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Tri

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Tri yang berjudul: “Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna” di mediakonsumen.com pada...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya yang biasa pake anter aja dipimpong keberbagai hub cuma bisa ketawa, intinya pake antar aja itu kalo barang ga urgent,

    Sebagai pembeli di tokopedia sebenernya bisa nyiasatin gratis ongkir pake antaraja atau sicepat (walau ga selalu berfungsi). Caranya, bikin alamat baru disebrang pulau, pilih alamat tersebut saat mau pilih kurir, terus liat sisa ongkir yang dibayarkan jika pake alamat tersebut, sesuaikan selisihnya dengan harga ongkir sicepat/anter aja.

  • Tetap tenang pak tri, jangan panik cuma karena tekanan dari customer macem si anna ini yang ga tau prosedur... Minta refund ga jelas wong duitnya aja ga ada di anda. Anda sudah melakukan kewajiban, arahkan saja customer untuk komplain melalui tokopedia care karena ini udah jadi urusan tokped, kurir dan customer.

  • Tidak bisa menyalahkan pembeli... Karna problem tokopedia ketika pembeli memilih gratis ongkir seharusnya masih muncul pilihan kurir yg terdaftar sebagai gratis ongkir, ini kekurangan sistem tokopedia... Penjualpun seharusnya menyediakan pilihan kurir lain sebagai gratis ongkir.. jadi pembeli masih bisa memilih kurir lain sebagai gratis ongkir.... Bertambah parah lagi ketika pembelinya seorang bule yg notabene tdk mengetahui kurir mana yg terbaik... Mereka hanya tau semua kurir di indo baik2 saja....

  • Seller jalan ke drop place ga bisa ya?

    Pick up setau saya, itu adalah fasilitas opsional.

    Kemudian kalau mau cepet ya bayar agak mahal lah..

    Atau bisa cari seller satu wilayah kemudian pake instan.

    Saya sudah biasa beli seperti itu. Ataupun ketika jadi seller saya langsung mencari drop place terdekat untuk masing-masinh kurir...

  • tokopedia bakal kasih sanksi ke anteraja? jgn mimpi. anteraja itu anak emas toped, salah satu pemegang sahamnya ya toped. mau sebusuk apapun anteraja bakal tutup mata koq toped. saya ud lama nonaktifkan anteraja. biar bebas ongkirnya langsung ke sicepat. setiap mau order jg saya inbox dl sellernya minta dimatikan dl anteraja. ud sakit hati bangeet sama kurir satu itu.

  • Saya mau cerita Busuknya MANAGEMENT ANTERAJA

    Rumah saya dekat SS staging anter aja & hub anteraja.

    Kemarin saya ke hub anter aja (tempat semua barang di drop dri luar bali ke bali)

    Syaa tunjukin resi namun tidak bisa ambil & tidak bisa di tracking barang saya ada di hub atau di ss staging yg sudah 9 hari posisi di tracking itu berada di hub & blm dianter2.

    Saya ke SS staging tempat barang mau dikirim oleh curir. Lalu ada pegawai anteraja mengatakan kami tidak bisa bantu cek barang. Krna adminnya resign sambil ketawa2 speti preman dengan temen lainnya.

    Saya debat & alasannya muter2 dri management anter aja. Bahkan tidak ada solusi. Solusinnya katanya TUNGGU. saya tany sampe kapan? Dia bilang tanya tokopedia. Telfon CS anter aja di jakarta.

    Lalu saya bilang. biar saya cek barang saya sendiri. Masak saya tdk bisa ambil barang yg merupakan Hak saya!. Si management bilang itu bukan SOP anteraja.

    Lalu saya diusir pulang!! BARANG ALAT2 KOMPUTER SENILAI 15 JT. Bayangin saya ga bisa ambil! Ga dikasih kejelasan. TOLONG DIBLACKLIST AJA INI EXPEDISI ANTERAJA. SANGAT2 BUSUK & PEGAWAINYA SPRTI PREMAN SEMUA