Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna

Halo media konsumen,

Kami penjual di Tokopedia dengan nama Toko Gudangshakeel. Pada dasarnya penjualan kami hampir 50% menggunakan jasa kirim Antaraja karena memang kurirnya paling rajin pickup. Dalam 1 hari bisa 2x-3x sehari dan kurirnya baik serta responsif selama ini. Tapi sudah 1-2 bulan ini pengiriman Antaraja sering mengalami permasalahan.

Dan puncaknya 1 minggu ini ada 2 paket pengiriman ke Customer kami di Bali mengalami permasalahan dengan 2 resi sbb:

  • 10005183196913 – Pengiriman tanggal 15 Juli hingga tanggal 21 Juli 2022 Paket masih status ditugaskan ke Kurir Satria, hingga saat ini Paket belum sampai ke Pelanggan dan sudah kami laporkan ke call center Antaraja dengan nomor pelaporan 6306104 dari tanggal 25 Juli dan sudah masuk ke laporan komplain Tokopedia
  • 10005211698460 – Pengiriman tanggal 19 Juli hingga tanggal 23 Juli 2022 Paket masih status ditugaskan ke Kurir Satria, hingga saat ini Paket belum sampai ke Pelanggan an sudah kami laporkan ke call center Antaraja dengan nomor pelaporan 6240154 dari tanggal 28 Juli dan sudah masuk ke laporan komplain Tokopedia

Hingga hari ini baik dari Antaraja belum dapat konfirmasi sama sekali, sedangkan customer kami yang bule ada di Bali sangat kecewa dengan pelayanan dari toko kami, Tokopedia dan Kurir Antaraja dan merasakan customer experience yang sangat jelek berbelanja di Tokopedia. Pihak Tokopedia juga sampai saat ini belum memberikan solusi dan belum juga mem-followup kendala kami dan hanya kami yang sibuk melaporkan ke CS Antaraja.

Per hari ini juga kami akan matikan jasa kurir Antaraja meskipun pengiriman kami kurang lebih 50% mengunakan jasa Antaraja.

Besar harapan kami dari pihak Tokopedia juga memberikan sanksi ke Antaraja atas keluhan kami dan mungkin juga komplain-komplain pelanggan-pelanggan lainnya. Serta besar harapan kami juga Pihak Tokopedia mengevaluasi total kemampuan handling keluhan/komplain tokopediacare dalam menyelesaikan masalah seller/buyer.

Tri Haryo Putra
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:15    Rata-Rata: 3.7/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Tri

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Tri yang berjudul: “Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna” di mediakonsumen.com pada...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna

  • 30 Juli 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Customernya salah, yang bertanggung jawab bukan seller karena yang memilih kurir kan customer. Tanggung jawab seller hanya sampai diserahkan ke kurir, jika ada masalah dengan kurir adalah tanggung jawab kurir bukan seller.
    Seharusnya anda menjelaskan ke pihak customer jika ingin refund ada prosedurnya, melalui menu komplain tokopedia, nanti pihak tokopedia kan menginvestigasi (biasanya 5 hari kerja). Jika dinyatakan hilang, tokopedia akan klaim ke pihak asuransi atau kurir.
    Jika sudah masuk komplain, arahkan customer untuk diskusi di halaman komplain bukan di chat, supaya pihak tokopedia bisa ikut membaca.

    Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami barang hilang tidak cuma anteraja, ekspedisi lain juga bisa hilang. Melalui menu komplain semuanya direfund full, hanya saja memang harus sabar.

    13
    5
    • 31 Juli 2022 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Kalau buyer pake fitur bebas ongkir yg milih kurir bukan seller maupun buyer. Tapi topednya kak.

      • 31 Juli 2022 - (22:57 WIB)
        Permalink

        Masa sih mas bro 😁 saya sudah berkali” bisa milih mau pake bebas ongkir( sicepat & antaraja) atau engga kecuali penjual tidak memberikan pilihan ekspedisi lain
        Ini toped yg mana ya masbro 😅

        • 1 Agustus 2022 - (09:03 WIB)
          Permalink

          Itu kalo ga pake fitur free ongkir, bener bisa milih ekspedisi. Kalo pake fitur free ongkir, ekspedisi otomatis dipilihkan oleh pihak Tokopedia, buyer ga bisa milih ekspedisi. Situ coba aja check out pake fitur free ongkir biar paham. Saya pengguna Tokopedia sejak 2018. Udah paham seluk beluk check out di Tokped.

          • 1 Agustus 2022 - (12:14 WIB)
            Permalink

            Bkn sdh di tentukan tokped, tp emg promo gratis ongkir cm ekspedisi itu doang. Sy sering pake gratis ongkir dpt anteraja dan sicepat.

          • 2 Agustus 2022 - (17:10 WIB)
            Permalink

            iya .. bener bu .. 😁

        • 5 Agustus 2022 - (01:30 WIB)
          Permalink

          yg bebas ongkir emang tokped yg tentuin kurirnya …. kecuali klo mau bayar sendiri ongkir baru customer yg pilih sesuai budget

    • 31 Juli 2022 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Di tokopedia sekarang pakai fitur kurir rekomendasi..makanya kalo dapet bebas ongkir ngga ada pilihan kurir untuk buyer..kita cuma milih jenis reguler atau sejenisnya..setelah kita udah bayar baru ketahuan di notifikasi kalo kurir nya AnterAja..
      Lo ngga pernah belanja ditokopedia ya..
      Makanya tokopedia pengen tampil beda tapi malah jadi sampah

      2
      1
      • 1 Agustus 2022 - (16:00 WIB)
        Permalink

        Kita bisa tau siapa ekspedisinya kl pakai gratis ongkir. Bisa dicek saat memilih metode pembayaran. Kl di app bagian paling bawah ada detail yang bisa dilihat termasuk ekspedisi apa yang dipilih.

  • 30 Juli 2022 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Paling juga bogan itu bulenya. 🤭
    Berarti kendala ada di SS Padang Sambian Kaja , bisa jadi ga ada kurir yang anter. Udah coba minta no telpn kantor tersebut dari CS nya ? Kalau suruh ambil sendiri mana mau ya mereka. Ada kok kantornya, kl search jangan ketik anteraja padang sambian, tapi alamatnya. Keliatan ada diruko itu kantornya

    • 31 Juli 2022 - (17:13 WIB)
      Permalink

      Anteraja sampah, sejak ramadhan kemaren bisa telat seminggu bahkan lebih. Bubarin aja skalian

  • 30 Juli 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Ini sih pembeli dan penjualnya juga punya andil salah.

    Pembeli: Dia WNA, seharusnya kalau dia mau belanja, dia tanya dulu kurir apa yang cepat sampai ke Bali, sesuai estimasi, layanannya apa, jangan ngeliat bacaan “free shipping” main cekout aja. Giliran nyampenya lama dia minta refund, merasa nggak adil buat nunggu, kalau saya jadi penjualnya saya jawab “i can’t refund, it’s not my fault.” Bodo amat dia mau ngambek atau gimana kek, peduli amat sama statusnya bule.

    Penjual: Anda WNI, apalagi penjual online, pasti paham gimana bobroknya kinerja Anteraja, dari grup komunitas, dari sosial media, dari rating di aplikasi & google maps, itu hancur semua. Seharusnya anda jelasin ke bule pecinta gratisan ongkir ini untuk jangan milih free shipping kalau dia mintanya cepet sesuai estimasi. Bisa kan anda jawab diawal “you better don’t choose free shipping option because it will make your package to late.”
    Kalau dia tetep milih free shipping, jelasin resiko ditanggung sendiri, ga bisa minta refund.

    11
    8
  • 31 Juli 2022 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Hahaha baru terbit ya? Emang Tokopedia Care tidak berguna mengatasi keleletan AnterAja. AnterAja itu paling lelet. Reguler berasa cargo. Pas pengembalian barang ke penjual, bisa kelar 3 hari, pas pengiriman ke pembeli kena 10 hari. Darurat Tokopedia bung! Hahaha

  • 31 Juli 2022 - (15:56 WIB)
    Permalink

    kemarin saya juga sebagai seller mengalami juga kirim dr jkt barat ke padang tgl 11 baru terkirim tgl 26 akhirnya dpat bintang 1 dr pembeli
    Pakai anter aja bikin deg deg an

    • 1 Agustus 2022 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Saya pesen tas pengiriman dari Mojokerto, status udah siap delivery by courier Anteraja, tau2 status berubah jadi ada kendala operasional. Besoknya status paket saya dikembalikan ke gudang pusat Bandung dan mau dikirim balik ke penjual. Gimana ga spot jantung. Paket bukan paket COD, udah dibayar. Akhirnya telpon call center Anteraja, kirim email komplain, thank God paket saya dibalikin ke staging dan dianter ke rumah 🤦‍♀️ Jadi ngeri mau pake jasa Anteraja lagi.

      • 1 Agustus 2022 - (13:54 WIB)
        Permalink

        Mendingan sekarang jangan pake anteraja !! Udah ga beres … Udah sebulan lebih banyak yang komplain di medsos anteraja tp ga ada tindakan yang berarti !! Paket saya udah 4 hari dihub jakarta timur !!! Saya komplain via wa,medsos,email jawabanya sama semua !! Ga menjelaskan kenapa terlambat malah di suruh nunggu !!!

  • 31 Juli 2022 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Enggak gitu juga gan. Kan itu SOP Tokopedia. Lagian gratisan juga butuh kuota. Dari kuota juga sudah membayar pendapatan Tokopedia. Begitu

  • 31 Juli 2022 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller juga pakai anteraja, belum ada kendala. Cuma kebanyakan yg pake anteraja hanya regional, misal hanya pulau jawa. Yg dari luar sepertinya belum ada yg pake anteraja, malah kebanyakan menggunakan pos, jnt dan jne. Saya masih membuka pilihan pakai pos, mungkin banyak seller yg tidak mau lagi menggunakan pos.

  • 31 Juli 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Saya yang biasa pake anter aja dipimpong keberbagai hub cuma bisa ketawa, intinya pake antar aja itu kalo barang ga urgent,

    Sebagai pembeli di tokopedia sebenernya bisa nyiasatin gratis ongkir pake antaraja atau sicepat (walau ga selalu berfungsi). Caranya, bikin alamat baru disebrang pulau, pilih alamat tersebut saat mau pilih kurir, terus liat sisa ongkir yang dibayarkan jika pake alamat tersebut, sesuaikan selisihnya dengan harga ongkir sicepat/anter aja.

  • 1 Agustus 2022 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Tetap tenang pak tri, jangan panik cuma karena tekanan dari customer macem si anna ini yang ga tau prosedur… Minta refund ga jelas wong duitnya aja ga ada di anda. Anda sudah melakukan kewajiban, arahkan saja customer untuk komplain melalui tokopedia care karena ini udah jadi urusan tokped, kurir dan customer.

  • 1 Agustus 2022 - (04:48 WIB)
    Permalink

    Tidak bisa menyalahkan pembeli… Karna problem tokopedia ketika pembeli memilih gratis ongkir seharusnya masih muncul pilihan kurir yg terdaftar sebagai gratis ongkir, ini kekurangan sistem tokopedia… Penjualpun seharusnya menyediakan pilihan kurir lain sebagai gratis ongkir.. jadi pembeli masih bisa memilih kurir lain sebagai gratis ongkir…. Bertambah parah lagi ketika pembelinya seorang bule yg notabene tdk mengetahui kurir mana yg terbaik… Mereka hanya tau semua kurir di indo baik2 saja….

  • 1 Agustus 2022 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Seller jalan ke drop place ga bisa ya?

    Pick up setau saya, itu adalah fasilitas opsional.

    Kemudian kalau mau cepet ya bayar agak mahal lah..

    Atau bisa cari seller satu wilayah kemudian pake instan.

    Saya sudah biasa beli seperti itu. Ataupun ketika jadi seller saya langsung mencari drop place terdekat untuk masing-masinh kurir…

  • 1 Agustus 2022 - (20:57 WIB)
    Permalink

    tokopedia bakal kasih sanksi ke anteraja? jgn mimpi. anteraja itu anak emas toped, salah satu pemegang sahamnya ya toped. mau sebusuk apapun anteraja bakal tutup mata koq toped. saya ud lama nonaktifkan anteraja. biar bebas ongkirnya langsung ke sicepat. setiap mau order jg saya inbox dl sellernya minta dimatikan dl anteraja. ud sakit hati bangeet sama kurir satu itu.

 Apa Komentar Anda?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna

oleh Tri dibaca dalam: 1 menit
28