Kecewa dengan Kualitas Produk AC Daikin

Berbekal dari nama besar Daikin, masjid kami (Masjid Al Mustaqim, Jl. Parangtritis 124 Yogyakarta) memutuskan memakai Daikin sebagai penyejuk udaranya. Tipe yang kami pakai model VRV dengan Outdoor RXQ18AY14. Untuk pengontrolnya kami gunakan pengatur tempel dan SVM (pengontrol via wifi).

Awal pemakaian semua berjalan dengan baik, namun setelah pemakaian 4 bulanan SVM tidak bisa terkoneksi. Setelah dilakukan perbaikan ternyata software rusak. Beberapa bulan kemudian kejadian ini terulang lagi (perbaikan terakhir 28 April 2022). Pada tanggal 29 Juli 2022 SVM tidak bisa terkoneksi lagi.

Jadi dalam waktu 13 bulan telah terjadi 3x kerusakan SVM. Karena masa garansi telah habis, saya menghubungi call center Daikin untuk perbaikan. Dan yang mengejutkan biaya untuk pengecekan saja Rp. 700.000,- + ppn dengan masa garansi 3 bulan.

Dalam quotation yang dikirimkan tertulis Checking Outdoor unit VRV, padahal semua unit AC berjalan dengan baik, yang bermasalah hanya SVM saja. Ibaratnya remote mobil yang rusak tetapi ditagih biaya pengecekan mesin.

Kalau dari pengalaman selama pemakaian 13 bulan sudah 3x terjadi masalah pada SVM maka dalam 1 tahun kami harus menganggarkan 2,4 juta hanya untuk pengecekan SVM.

Adakah solusi dari Daikin supaya SVM bisa awet?

Heru Budi Setiawan
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:154    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Kecewa dengan Kualitas Produk AC Daikin

  • 5 Agustus 2022 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, harga acnya berapa ya pak?
    Karena terkadang kebijakan biaya perbaikan itu sebanding dengan harga unit dan cara penanganannya.

    Untuk saat ini, infonya kan pengecekan ya? Apakah sudah dikunjungi dari team service, ataukah baru penawaran biaya saja ya?

    Jangan kaget nanti kalau biaya perbaikan, mungkin bisa sampai 2juta atau lebih, tergantung dengan kondisi kerusakannya.

    5
    6
  • 5 Agustus 2022 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Secara keseluruhan harganya cukup besar namun yang saya keluhkan seringnya kerusakan pada SVM (kontrol AC via HP/wifi) yang sudah 3x selama 13 bulan pemakaian. Kalau outdoor & indoor tidak ada masalah, pengoperasian bisa memakai panel tempel. Biasanya terjadi corrupt pada software SVM nya. Mahal kalau bisa dipakai bertahun-tahun tidak terlalu memberatkan. Kalau per 3 – 4 bulan rusak jadi terasa berat dan menggangu. Perbaikan SVM saat masih masa garansi, teknisi hanya melakukan pengecekan pada SVM nya, tidak pernah pengecekan pada unit VRV nya. Sementara pada Quotation/penawaran tertulis Checking Outdoor Unit VRV.

    10
    1
    • 6 Agustus 2022 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Apakah selama masa garansi di 13 bulan itu, hanya pengecekan saja atau ganti SVM,
      kalau ada penggantian 3x selama 13 bulan harusnya ada kebijakan dari Daikin nya untuk membantu lah..

  • 5 Agustus 2022 - (16:57 WIB)
    Permalink

    rubah aja konterol nya ke Wired atao wireless kalok memang sering bermasalah.

    • 5 Agustus 2022 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Mungkin dari main powernya setahu saya vrv sangat sensitif dengan sering anjloknya NCB , memang unit canggih tetapi sensitif, jika AC standar masih bisa di rubah rangkaian menjadi quick start running 🙏

  • 6 Agustus 2022 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Hari ini (Sabtu, 8 Ags. 2022) Tim teknisi dari DAIKIN JOGJA telah melakukan pengecekan & perbaikan unit SVM kami. Alhamdulillah SVM telah normal kembali dan untuk selanjutnya Tim Teknisi DAIKIN siap melakukan support apabila ada kendala lagi pada unit SVM. Dengan demikian keluhan kami telah terselesaikan dengan baik. Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menjembatani permasalahan kami.

    • 7 Agustus 2022 - (00:21 WIB)
      Permalink

      Trimakasih pak heru budi setiawan telah berbagi pengalaman dalam memakai produk Daikin.saya rasa ini pengalaman bagus untuk menjadi bahan perbaikan dalam produk Daikin sendiri sekarang banyak produk yang mengeluarkan type VRF dari Daikin. Gree dan LG, cuma di sayangkan tidak banyak teknisi paham dengan kerusakan di dalamnya apalagi modulnya cukup mahal kalau ganti.

  • 7 Agustus 2022 - (15:55 WIB)
    Permalink

    AC daikin emang begitu , untuk maintenan kalau ada yg rusak mahal sekali . Saya juga pernah mengalami masalah dgn daikin multi inventer kalau ada masalah mendingan buang saja Ac nya ganti dgn merk lain . Dan sampai sekarang saya sudah tidak percaya dgn kwalitas AC DAIKIN 🙏

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kualitas Produk AC Daikin

oleh Heru Budi Setiawan dibaca dalam: 1 menit
14