Salah Transfer 400 Juta Rupiah, Pihak Bank Tidak Membantu Menyelesaikan Masalah

Saya melakukan salah transfer melalui KlikBCA pada tanggal 14 Juli 2022, dengan nominal Rp400 jutaan. Transaksi dari rekening BCA a.n. Mr. Jun Zhang (partner bisnis saya) dan dia adalah seorang WNA. Setengah jam setelah saya menyadari kesalahan, saya lalu turun ke bawah, karena kebetulan di kantor kami ada Bank BCA Cabang Sahid Sudirman Center. Namun dari pihak CS meminta saya untuk telepon ke HaloBCA.

Saya sudah melakukan pengaduan via kontak 157, dengan nomor pengaduan: P220701100, tetapi dari pihak BCA belum ada tanggapan. Setelah dengan rumitnya prosedur, lalu saya mendapatkan nomor pengaduan dan diminta menunggu 14 hari kerja.

Setelah saya menunggu 14 hari kerja, karena tidak ada respons dari Bank BCA, maka saya menghubungi lagi Halo BCA dan dikatakan: “Bank hanya bersifat pasif dengan menunggu itikad baik dari penerima dana”.

Saya langsung pergi ke Bank BCA Cabang Sahid Sudirman Center dan CS mengatakan sesuai SOP memang sudah sesuai dengan yang disampaikan HaloBCA.

Saya lalu meminta dipertemukan dengan penerima dana, karena bank mempunyai hak untuk memanggil nasabah berdasarkan UU 3/2011 pasal 85. Namun CS tetap mengatakan SOP-nya begitu. Jika memang SOP begitu mengapa harus menunggu 14 hari kerja? Saya kan bisa langsung membuat laporan ke kepolisian.

Saya ini juga bekerja di industri keuangan, tetapi di tempat saya tidak ada SOP yang memberatkan nasabah macam itu. Tolong OJK untuk segera menindak dan melakukan sesuatu akan kejadian ini.

Terima kasih.

Maximilianus MK Stefanus
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jadi pelajaran berharga buat nasabah, selalu cek and ricek kembali sebelum tekan tombol kirim, karena ketika kita tekan tombol kirim/transfer pasti muncul dulu nama dan nomor penerima rekening untuk konfirmasi, kalau yakin dan benar, baru kirim. Disini kesalahan ada pada si pengirim, mungkin buru buru sampai ga cek and ricek dulu

    • Saya pernah mendapatkan salah transfer dr seseorang sebesar 200jtan 4thn lalu, di note nya utk bayar perhiasan. Akhirnya saya lapor ke bank klo ada yg salah transfer ke rek saya. Dan saya bersedia utk mengembalikan jika ada yg melapor. Jawaban bank nya enteng sih "krn transfer tersebut memang ditujukan ke mbak anda, jadi itu uang mbaknya"
      Aku dah kyk, helllow aku ga jual perhiasan, lgpula uang haram ini, bukan hak aku 😑 (pkoknya saat itu sy maksa buat laporan)
      Lalu sekitar 2 bln lah, sy dihubungi pihak bank klo ada yg lapor salah transfer. Pihak yg salah tf tsb sdh lapor polisi. Singkatnya yg salah transfer ini mikir sy ga ada itikad baik utk mengembalikan uang tsb. Spertinya ada miss di banknya, aku ga tau. Ya aku jelasin crita dr awal nrima uang, lapor ke bank sampe nunggu kabar. Trus aku balikin deh uangnya. Berakhir damai, cm kliatan bgt pihak yg salah transfer jd kesel ama bank😅

      Jd, spertinya ada 2 kemungkinan klo proses lemot gini, antara banknya emang males dan ga peduli nasabah ato memang nasabah penerima tdk melapor.

      Di usut terus ya pak, semoga cepat kembali uangnya, walo butuh effort dan sabar..

      • Aq jg pernah dengan nominal 2jt an. Untung langsung dkoreksi sebulan kemudian sm si bank. Kadang jadi ragu kl mw jujur sama bank, soalnya ga direspon jg. Kalo kondisi sekarang setelah pandemi ya maleslah ke bank buat lapor ada duit salah masuk. Pasti sebodo amat yg nerima apalagi kl dia terbiasa dengan nominal segitu. Kek kasus d surabaya, yg salah masukin nomer pegawai BCA yg akhirnya jd korban sales mobil.

        Saran saya langsung laporin aja pak ke polisi, dan si bank bisa masuk ke dlm terlapor II juga. Biar gercep dikerjain. Sekarang kl ga dgertak orgnya malas2.

      • Ini mbk lisa orang kaya. 200 juta mungkin dia punya lebih.

        Coba mbk lisa orang miskin ga punya rumah gaji kecil . Pasti diambil
        Bohong aja.

        200 juta berapa tahun bisa terkumpul 10 tahun belum tentu bisa dengan gaji serabutan.

        Ak diceritain sama teman 1 profesi dia dapet salah transfer 60 juta ga dikembalikan dia bilang rezekinya dia. Dia ga merasa takut .karena dia orang susah kalau dia kaya pasti dikembalikan.

        • Tergantung manusianya. Saya pertama takut Tuhan. Kedua males urusan dgn polisi, krn pasti sy ikutan keluar duit😅
          Untung saja wktu itu si ibu mau secara kekeluargaan, krn memang ada miskom dari bank. Semuanya bicarakan baik2 jd masalah slesai dgn damai.

    • Awalnya kami sudah mau melaporkan kepolisi, tetapi setelah datang ke Bank BCA Cabang Sahid Sudirman Center, kami diminta untuk menunggu dan diberikan nomor pelaporan..
      Saat kami konfirm sekali lagi, dikatakan TIDAK PERLU LAPOR POLISI dan hanya diminta menunggu 14 hari kerja..
      Setelah 14 hari kerja tanggapan dari BCA malah mengatakan, BCA hanya bersifat pasif saja menunggu etiket baik dari nasabah itu..
      Kalo tahu begitu kan sudah kami laporkan dari awal..

  • Pernah tetangga saya, mengalami kejadian hal serupa., tapi di BRI,. 150jt

    Tapi untungnya karena udah sering transaksi di situ di bantu sama kepala cabang , dia ngasih no tlp dan alamat no yang bersangutan salah tf , dan dari BRi juga nlp ni,, lalu tmn saya itu nlp lgsung k yg salah tf untungnya di tanggapin baik baik sama yg tf cuma dia minta maaf karena sudah ke pake berapa juta tapi itu ga masalah sama tmn saya sisa nya suruh tf balik

    • Ohh itu yang kami inginkan dari awal pak..
      Sekarang tinggal tunggu dari pihak BCA saja..

  • Biasanya kalau kita lapor polisi duluan akan dilempar ke banknya lagi, karena ini belum masuk ke ranah pidana.
    Memang harus nunggu proses dari banknya dulu baru ke kepolisian.
    Kecuali kalau si penerima dana sudah terbukti melakukan tindakan penggelapan dana yang ditransfer tersebut, selama itu belum terjadi pihak kepolisian belum bisa berbuat apa2, makanya harus nunggu investigasi dari pihak banknya dulu.
    Semoga masalahnya cepat selesai.

    • Ternyata betul pak..
      Seperti pimpong ini..
      Dari pihak polisi katanya tunggu investigasi dari bank, dari bank katanya harusnya dilaporkan polisi dulu..

      Amin pak, semoga cepat selesai..

  • Akibat kurang teliti orang yg GA tau apa" bisa dilaporin padahal dia lagi melongo dirumah ya Tiba" masuk duit , Kalo emg dia orang baik pasti Di pulangin sih , klo bisa Minta nomor tlp penerima kyanya lbh enak , bisa Di omongin baik" Minta maaf uda Salah transfer , apes"nya Tu orang Lg butuh duit trs GA Di balikin

  • Tapi di bank bri, pernah ad yg salah tf ke saya, dari bri ny bisa langsung main blokir sejumlah uang yg salah tf, apa bank bca tidak begitu? Atau krn yg salah tf itu punya kenalan di bri sehingga bank bisa langsung blokir dana yg salah tf itu? Soalny begitu saya tf balik uang yg salah tf itu, langsung di buka blokirny sama bri

    • kuncinya adalah anda harus transfer sendiri, tidak akan pernah bank bisa mentransferkan dana di rekening anda ke rekening orang lain. sehingga itu tetap dianggap itikad anda untuk mentransferkan, masalah blokir memblokir mungkin antar bank beda kebijakan

    • Sama, saya juga pernah mengalaminya, ada orang yg salah transfer ke saya sebesar 1jt, pihak BRI kemudian menelepon saya, memberitahu kalau ada nasabahnya yg salah transfer kesaya sebesar 1jt, dan dananya oleh pihak Bank (pegawai Bank yg telpon saya) di blokir sementara, saya diminta segera mengembalikannya. Untungnya saya punya M-banking, saat itu juga saya bilang akan mengembalikannya, kemudian blokir di buka, dan dana saya transfer kembali.

    • Betul sekali, seharusnya seperti itu..
      Saya juga pernah salah transfer melalui BRI dan SOP mereka begitu..
      Entah ini BCA kenapa beda SOP nya..

  • BCA memang buruk, sedangkan mereka BCA salah transfer ke nasabah, nasabahnya dijadikan narapidana. Cepat kosongin saja deh saldonya dari bank terkutuk ini.