Salah Transfer 400 Juta Rupiah, Pihak Bank Tidak Membantu Menyelesaikan Masalah

Saya melakukan salah transfer melalui KlikBCA pada tanggal 14 Juli 2022, dengan nominal Rp400 jutaan. Transaksi dari rekening BCA a.n. Mr. Jun Zhang (partner bisnis saya) dan dia adalah seorang WNA. Setengah jam setelah saya menyadari kesalahan, saya lalu turun ke bawah, karena kebetulan di kantor kami ada Bank BCA Cabang Sahid Sudirman Center. Namun dari pihak CS meminta saya untuk telepon ke HaloBCA.

Saya sudah melakukan pengaduan via kontak 157, dengan nomor pengaduan: P220701100, tetapi dari pihak BCA belum ada tanggapan. Setelah dengan rumitnya prosedur, lalu saya mendapatkan nomor pengaduan dan diminta menunggu 14 hari kerja.

Setelah saya menunggu 14 hari kerja, karena tidak ada respons dari Bank BCA, maka saya menghubungi lagi Halo BCA dan dikatakan: “Bank hanya bersifat pasif dengan menunggu itikad baik dari penerima dana”.

Saya langsung pergi ke Bank BCA Cabang Sahid Sudirman Center dan CS mengatakan sesuai SOP memang sudah sesuai dengan yang disampaikan HaloBCA.

Saya lalu meminta dipertemukan dengan penerima dana, karena bank mempunyai hak untuk memanggil nasabah berdasarkan UU 3/2011 pasal 85. Namun CS tetap mengatakan SOP-nya begitu. Jika memang SOP begitu mengapa harus menunggu 14 hari kerja? Saya kan bisa langsung membuat laporan ke kepolisian.

Saya ini juga bekerja di industri keuangan, tetapi di tempat saya tidak ada SOP yang memberatkan nasabah macam itu. Tolong OJK untuk segera menindak dan melakukan sesuatu akan kejadian ini.

Terima kasih.

Maximilianus MK Stefanus
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:339    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

108 komentar untuk “Salah Transfer 400 Juta Rupiah, Pihak Bank Tidak Membantu Menyelesaikan Masalah

  • 9 Agustus 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    bukannya klikbca masukkin token bca 2x untuk transfer ?
    kok gak dilihat lagi pas masukkin token terakhirnya..
    ratusan juta itu ,,, duit..

    21
    5
    • 9 Agustus 2022 - (13:27 WIB)
      Permalink

      Penasaran klo nominal sebesar ini gimana BCA bertindak. Update di komentar atas jika ada info

      • 9 Agustus 2022 - (16:25 WIB)
        Permalink

        Saya agak bingung memahami kalimat yg anda tulis. ” Transaksi dari rekening BCA a.n. Mr. Jun Zhang (partner bisnis saya). ”

        Klw sy pahami apakah anda bertransaki menggunakan rekening BCA a.n. Mr. Jun. Bukan rekening anda sendiri?

        20
        • 11 Agustus 2022 - (02:21 WIB)
          Permalink

          Pelajaran utk bank diatas, cari bank yang peduli kenyamanan dan perlindungan bantuan kepada nasabah , pindah bank…

      • 9 Agustus 2022 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Sering baca keluhan salah transfer, tapi pihak bank rata-rata seperti pada GAGAP gak bisa respon cepat. Padahal nasabah butuh GERCEP, karena kalau respon bank lelet, dana akan hilang dialihkan atau diambil orang tsb.

        11
        4
        • 10 Agustus 2022 - (18:31 WIB)
          Permalink

          Setahuku memang pihak bank tidak bisa main asal tarik dana dari rekening nasabah, mereka cuma bisa bantu buat follup ke nasabah saja, selebihnya tergantung nurani yg terima uang itu, gitu sih

          5
          1
      • 9 Agustus 2022 - (20:41 WIB)
        Permalink

        Saya TF 50rb aja…saya slalu cek lagi biar pasti rekening penerima nya sudah benar apa blum gimana kalo 400jt yaa..🤔

        13
        1
      • 10 Agustus 2022 - (04:18 WIB)
        Permalink

        INI DIREKTUR PINJAM DUIT YA JUN ZHANG NYA ?
        perlu di ingat saya sangat yakin aja proses pelayanan pihak bank menurut saya lebih baik dari pada perusahaan bapak nya , jangan terlalu seenak nya menjelekan atau tentang prosedur penting yang ada di perusahaan besar yang sudah bertahan lama di indonesia ,
        Tapi untuk permasalahan bapak nya saya doakan aja cepat selesai

        7
        9
          • 10 Agustus 2022 - (10:35 WIB)
            Permalink

            wkwkwk….bank terdabest gak boleh disalahkan..banyak buzzernya

          • 8 September 2022 - (15:33 WIB)
            Permalink

            Klo bank yg salah tranfer langsung grecep bahakan bisa memidanakan pemilik rekening nya wkwk

    • 9 Agustus 2022 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Kan alamat penerima jelas masih mitra bizniss tinggal hubungi beri penjelasan pasti dipahami. Pihak pengirim sama pihak penerima pasti saling ngerti. Kalau tidak ada penyelesaian tinggal tempuh jalur hukum.

      20
      1
    • 9 Agustus 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Setau saya, setiap permasalahan seperti ini, tidak bisa langsung semau konsumen , di selesaikan dengan cepat, asuransi, bank dan keuangan, mempunyai jalur penyelesaian 14hari kerja memang, biarpun kita adukan ke ojk tetap memang 14hari kerja itu untuk analisa, laporan, jurnal, misalnya uang kita tersangkut di ATM ya ga bisa kita ambil saat itu juga, karna ada alur nya, petugas ATM di beri surat dulu untuk pengecekan jurnal ATM, analisa selisih dll, sebenernya tetep di ganti tapi memang membutuhkan proses,.. Nah lain kali kita sebagai konsumen juga hati hati dalam bertransaksi dan tidak perlu tergesa gesa apalagi soal duit.

      8
      2
      • 10 Agustus 2022 - (13:22 WIB)
        Permalink

        Aku juga pernah kasus. Org nya salah transfer ke aku. Dan pengirim telp ke bca dan sambungkan ke aku. Jadinkita bertiga teleconference call. Tidak perlu waktu 14 hr. Aku terima dana sktr 2-3 hari lalu. Mgkn pengirim dana baru menyadarinya. Dan lsg ctct bca . Memang semua dlm hal ini harus ada itikad baik dr penerima.

        Cuma saya mau pastikan tidak perlu 14 hr merja.

        • 10 Agustus 2022 - (14:04 WIB)
          Permalink

          Nah itu dia pak, seharusnya BCA cepat bertindak..
          Entah apakah SOP mereka berubah..

    • 11 Agustus 2022 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Istri Saya juga punya masalah yang sama. Salah transfer, kejadiannya tanggal 13-juli-2022. Semua SOP pelaporan juga sama dengan bapak Steve diatas. Lapor halo bca dan buat surat pernyataan salah transfer, bukti transfer, fotocopy ktp. Setelah 14 hari kerja, sama juga seperti kasus diatas, tidak ada kabar jelas. Ketika menghubungi HaloBCA jawabannya juga sama. “Pihak bank bersifat pasif.”

      Tetapi berhubung nominalnya hanya 900 ribuan, jadi saya juga sudah lelah untuk follow-up BCA terus menerus. Saya ikhlaskan saja.

      Saran saya, ketika terjadi kasus seperti ini, selain lapor ke HaloBCA, juga harus langsung buat laporan polisi supaya pihak BCA lbh serius menangani. Jangan tunggu 14hari kerja seperti yang diminta BCA, itu percuma.

      • 10 Agustus 2022 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Mas Steve tadi pagi ada di ATM BRI kah? Di sebelah saya ada laki2 lagi tlp tadi pagi di ATM BRI, saya denger mas nya bilang “lapor polisi dulu apa ke BCA dulu”.
        Semoga cepet selesai ya mas masalahnya. Semoga uangnya kembali.

    • 9 Agustus 2022 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Saya tf 500 ribu aja sampe saya pelototi tu layar.. Takut salah.. Apakabar yg 500 juta.. Ya Tuhan.. Smg kembali uang nya ya pak

  • 9 Agustus 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Semoga uangnya bisa segera kembali lagi pak dan bisa jadi pembelajaran untuk semua orang agar verifikasi lagi nomor dan nama tujuan sebelum tf biar tidak salah kirim.

      • 10 Agustus 2022 - (10:45 WIB)
        Permalink

        Maaf ia saya bantu komen. Yang namanya transfer kan pasti ada keterangan nama penerima kenapa ga dilihat dulu.

        Kalau menurut ak sih km kurang beramal. Atau
        Maaf ia apa km pernah lakuin bercinta bukan yang sah mudah mudahan ga ia. Soalnya ak pernah kayak gitu hidup apes terus banyak masalah. Ketimpah sial.

        Terus 400 juta itu besar jarang orang jujur .
        Uang ga ada kata saudara. Apalagi masuk ke orang miskin pasti dipakai. Kalau dah habis mau gimana lagi. Walaupun dipenjara ga bakal bisa kembali lagi .

        Soalnya ak punya teman 1 profesi dia dapet uang salah transfer 60 juta langsung dipakai ga dikembalikan .

        Mang ada ia hukum nya saya baru tahu.
        Dipenjara berapa lama. Klo 5 tahun belum tentu bisa cari uang sampai 400 juta.
        Mending dipanjara . Kalau uang sudah habis ga bisa ganti hanya orang elit yang mudah dapet uang segitu

        1
        14
        • 11 Agustus 2022 - (06:23 WIB)
          Permalink

          Maaf ya kak tapi dari komentarmu itu pemikirannya terlalu sempit.. Di saat ada orang kena musibah kok bisa-bisa nya bawa-bawa masalah bercinta, apa hubungannya? Semua orang bisa ngalamin hal buruk sekalipun dia terus berbuat kebaikan, setidaknya berempatilah sama yang kena musibah..
          Mending di penjara tapi makan uang orang lain? Mungkin penyebab kakak hidupnya kurang beruntung termasuk karena berpikir begitu bukan karena masalah bercinta saja.. Kalau berpikir prioritas hidup utama adalah uang, maling udah jadi profesi legal dong kak😂 semoga hati dan pikiran kita semakin bersih dari hal-hal negatif seperti itu ya, aamiin..

    • 9 Agustus 2022 - (16:17 WIB)
      Permalink

      Awalnya kami sudah mau melaporkan kepolisi, tetapi setelah datang ke Bank BCA Cabang Sahid Sudirman Center, kami diminta untuk menunggu dan diberikan nomor pelaporan..
      Saat kami konfirm sekali lagi, dikatakan TIDAK PERLU LAPOR POLISI dan hanya diminta menunggu 14 hari kerja..
      Setelah 14 hari kerja tanggapan dari BCA malah mengatakan, BCA hanya bersifat pasif saja menunggu etiket baik dari nasabah itu..
      Kalo tahu begitu kan sudah kami laporkan dari awal..

      11
      2
      • 9 Agustus 2022 - (22:20 WIB)
        Permalink

        Kalo urusan sama bank mah ribete minta ampun… Apalagi kalo uang kita yg keluar…. Kalo bisa roouwet knapa harus mudah…. Asli kesel

        5
        1
      • 10 Agustus 2022 - (07:27 WIB)
        Permalink

        Sy melakukan 2 x kesalah transfer. Amin balik semua. Memang tunggu itikad baik dr penerima dana (yang salah transfer). Secara tidak langsung sebenarnya dana di hold. Kalau salah transfernya BCA ke BCA. Kalau beda bank hanya himbauan saja.
        Kalau tidak ada itikad baik. Kita bisa membuat laporan ke polisi. Tapi pastikan dulu PENERIMA dana ada itikad baik atau tidak. Takut nya PENERIMA dana belum sempat ke bank.

      • 10 Agustus 2022 - (08:48 WIB)
        Permalink

        Pasti anda kesal sekali, tidak gentlemen sekali manager cabang yang anda sampaikan. Coba jika anda dishare disini Nama manager cabang tersebut, saya yakin beliau akan lebih proaktif.

        2
        2
      • 10 Agustus 2022 - (13:31 WIB)
        Permalink

        Kasusnya kok berbeda ya. Dulu aku jd penerima dana. Dan pengirim dana tidak perlu tunggu 14 hr kerja untuk tunggu respon.
        Apakah skrg berubah?
        Krn saya ingat terima dana 2-3 hr sblmnya. Dan setelah itu aku di telp oleh bca dan melakukan teleconf call bertiga. Bapak sudah bener yg aktif lsg telp bca. Harusnya ga perlu tunggu 14 hr kerja. Buat apa? Buat tunggu penerima dana telp bca kalau ada salah transferan? Kdg penerima dana juga kirain ini adalah pembayaran customernya. Menurut aku call center bcanya dan cs apa ada kekeliruan dlm menyampaikan masalah ini?

        Semoga cepat terselesaikan ya pak.

    • 10 Agustus 2022 - (08:18 WIB)
      Permalink

      Sebagai praktisi hukum, kalau transaksi yg terjadi bukan krn kejadian pidana (misal) penipuan, Polisi tidak bisa memproses lbh lanjut. Bank sdh benar bertindak pasif dg inisiatif sekedar membantu menginformasikan ke nasabah penerima, krn kasusnya bukan tindak penipuan. Seharusnya pengirim juga yg proaktif dg lgs menghubungi penerima transfer, krn pengirim pasti sdh mengenal & mengetahui siapa si penerima transfer tersebut.

      3
      2
    • 10 Agustus 2022 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Lah kalau orangnya dah ambil semua uangnya gimana. Apalagi masuk orang miskin ga mungkin bisa kembali lagi.

      Uang ga ada kata saudara. Uang itu segalanya.

      1
      3
      • 12 Agustus 2022 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Wkwk kocak, kok nuduh orang miskin selalu ngambil? Yang ada pasti kaget kalii
        Beda ama orang kaya, pasti diambil. Soalnya udah biasa nerima tranfer gedean

  • 9 Agustus 2022 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Kok bisa sampe salah transfer sih? Masa ga ada pihak otorisasi? Terus cek lagi 2-3x dulu? D kantor kami maker, release dan otorisasi itu beda org semua. Jadi cek nya berlapis. Apalagi dengan nominal sebesar itu. Enak dong yg Terima duit salah transfer. Bisa dpidanakan sih.

    • 9 Agustus 2022 - (15:17 WIB)
      Permalink

      Dia kan rekan bisnis anda, otomatis anda dan dia sudah saling mengenal. Harusnya itu makin mudah dibandingkan tidak saling mengenal. Coba dihubungin rekan bisnisnya.

      • 9 Agustus 2022 - (15:34 WIB)
        Permalink

        Kalo kita terima uang salah transfer dari bank dikejar2. Giliran salah transfer jawabnya ” bank hanya bersifat pasif ” semua bank sama. Bangke

        14
  • 9 Agustus 2022 - (14:36 WIB)
    Permalink

    “Bank hanya bersifat pasif dengan menunggu itikad baik dari penerima dana”

    Ya memang seperti itu. Bank itu mediator transaksi. Ga bisa Bank ujug ujug maksa orang buat kembalikan dana. Atau ngambil dana orang dipindahkan ke rekening anda.

    Berdasarkan UU 3/2011 pasal 85. Tidak ada wewenang Bank memanggil nasabah.
    Kalau si penerima tidak mau ngembalikan, Anda yang tuntut dengan pasal itu. Bukan Banknya yang nuntut. Sekarang kan belum ketahuan penerima mau kembalikan atau tidak mau?

    Saran saya minta infonya ke BCA apakah surat pernyataan salah transfer dan permohonan pengembalian dana sudah disampaikan belum ke si penerima?

    Kalau sudah dan memang tidak ada i’tikad baik dia, Ya bikinlah BAP Kepolisian pakai pasal itu disertai bukti bukti korespondensi BCA. Bahwa si penerima dana berusaha menguasai dana yang bukan miliknya.

    16
    • 9 Agustus 2022 - (16:19 WIB)
      Permalink

      Dari awal kami ingin lapor polisi tetapi oleh CS dikatakan tidak perlu dan hanya menunggu 14 hari kerja..
      Apakah bank sudah menyampaikan itu ke nasabah yang salah transfer, silahkan ditunggu klarifikasi dari bank BCA nya..

      Terima kasih

      • 10 Agustus 2022 - (10:51 WIB)
        Permalink

        Kalau menurut ak minta data penerima di bank . Datengin aja rumahnya. Mudah mudahan rumah nya rumah sendiri. Kalau rumah kontrakan . Ya sudah kemana tahu.
        Banyakan kan orang punya ktp ga sesuai alamat. Biasanya pendatang

        2
        1
      • 10 Agustus 2022 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Ya memang benar sih yang dikatakan CS. Nantipun kalau anda ke Polisi, disuruh Polisi ke Bank dulu melihat iktikad penerima. Jadi beri kesempatan dulu pihak Bank sesuai perannya. Kordinasi baik baik bukan nyari kesalahan ini itu.

        Komen saya diatas menanggapi tulisan anda bahwa bank mempunyai hak untuk memanggil nasabah berdasarkan UU 3/2011 pasal 85 yang itu keliru. Peran bank hanya menyampaikan apa yang anda harapkan kepada penerima. Untuk blokir pun bank tidak memiliki wewenang karena ini bukan kasus penipuan.

        Tapi saya yakin case ini akan diselesaikan BCA sesuai perannya sebagai mediator. Karena 400 juta itu juga bukan nominal kaleng kaleng. Ada potensi viral kemana mana.

        Semoga cepat selesai masalahnya.

  • 9 Agustus 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    sekarang ngepidanain orang gampang ya… tinggal targetin aja jadi org yg nerima salah transfer…

    3
    3
    • 9 Agustus 2022 - (16:40 WIB)
      Permalink

      nggak juga bang , asal dananya balik orangnya gk kabur gk bakal kena pidana .
      lagian si pembuat minta biar uang itu balik dulu bukan nyalahin si penerima

  • 9 Agustus 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    harusnya bisa lebih teliti sebelum melakukan tranfer, jangan terpaku pada norek saja tapi lihat juga apakah nama tertera sudah sama atau belum, dicocokan kembali..

  • 9 Agustus 2022 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Bila si penerima dana jujur dan kooperatif..
    Tolong di apresiasi gan..
    Hehe…
    Semoga urusannya cepat kelar y…

  • 9 Agustus 2022 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Jadi pelajaran berharga buat nasabah, selalu cek and ricek kembali sebelum tekan tombol kirim, karena ketika kita tekan tombol kirim/transfer pasti muncul dulu nama dan nomor penerima rekening untuk konfirmasi, kalau yakin dan benar, baru kirim. Disini kesalahan ada pada si pengirim, mungkin buru buru sampai ga cek and ricek dulu

    • 9 Agustus 2022 - (23:54 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mendapatkan salah transfer dr seseorang sebesar 200jtan 4thn lalu, di note nya utk bayar perhiasan. Akhirnya saya lapor ke bank klo ada yg salah transfer ke rek saya. Dan saya bersedia utk mengembalikan jika ada yg melapor. Jawaban bank nya enteng sih “krn transfer tersebut memang ditujukan ke mbak anda, jadi itu uang mbaknya”
      Aku dah kyk, helllow aku ga jual perhiasan, lgpula uang haram ini, bukan hak aku 😑 (pkoknya saat itu sy maksa buat laporan)
      Lalu sekitar 2 bln lah, sy dihubungi pihak bank klo ada yg lapor salah transfer. Pihak yg salah tf tsb sdh lapor polisi. Singkatnya yg salah transfer ini mikir sy ga ada itikad baik utk mengembalikan uang tsb. Spertinya ada miss di banknya, aku ga tau. Ya aku jelasin crita dr awal nrima uang, lapor ke bank sampe nunggu kabar. Trus aku balikin deh uangnya. Berakhir damai, cm kliatan bgt pihak yg salah transfer jd kesel ama bank😅

      Jd, spertinya ada 2 kemungkinan klo proses lemot gini, antara banknya emang males dan ga peduli nasabah ato memang nasabah penerima tdk melapor.

      Di usut terus ya pak, semoga cepat kembali uangnya, walo butuh effort dan sabar..

      3
      2
      • 10 Agustus 2022 - (07:08 WIB)
        Permalink

        Aq jg pernah dengan nominal 2jt an. Untung langsung dkoreksi sebulan kemudian sm si bank. Kadang jadi ragu kl mw jujur sama bank, soalnya ga direspon jg. Kalo kondisi sekarang setelah pandemi ya maleslah ke bank buat lapor ada duit salah masuk. Pasti sebodo amat yg nerima apalagi kl dia terbiasa dengan nominal segitu. Kek kasus d surabaya, yg salah masukin nomer pegawai BCA yg akhirnya jd korban sales mobil.

        Saran saya langsung laporin aja pak ke polisi, dan si bank bisa masuk ke dlm terlapor II juga. Biar gercep dikerjain. Sekarang kl ga dgertak orgnya malas2.

      • 10 Agustus 2022 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Ini mbk lisa orang kaya. 200 juta mungkin dia punya lebih.

        Coba mbk lisa orang miskin ga punya rumah gaji kecil . Pasti diambil
        Bohong aja.

        200 juta berapa tahun bisa terkumpul 10 tahun belum tentu bisa dengan gaji serabutan.

        Ak diceritain sama teman 1 profesi dia dapet salah transfer 60 juta ga dikembalikan dia bilang rezekinya dia. Dia ga merasa takut .karena dia orang susah kalau dia kaya pasti dikembalikan.

        1
        3
        • 10 Agustus 2022 - (13:39 WIB)
          Permalink

          Tergantung manusianya. Saya pertama takut Tuhan. Kedua males urusan dgn polisi, krn pasti sy ikutan keluar duit😅
          Untung saja wktu itu si ibu mau secara kekeluargaan, krn memang ada miskom dari bank. Semuanya bicarakan baik2 jd masalah slesai dgn damai.

    • 9 Agustus 2022 - (16:21 WIB)
      Permalink

      Awalnya kami sudah mau melaporkan kepolisi, tetapi setelah datang ke Bank BCA Cabang Sahid Sudirman Center, kami diminta untuk menunggu dan diberikan nomor pelaporan..
      Saat kami konfirm sekali lagi, dikatakan TIDAK PERLU LAPOR POLISI dan hanya diminta menunggu 14 hari kerja..
      Setelah 14 hari kerja tanggapan dari BCA malah mengatakan, BCA hanya bersifat pasif saja menunggu etiket baik dari nasabah itu..
      Kalo tahu begitu kan sudah kami laporkan dari awal..

  • 9 Agustus 2022 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Pernah tetangga saya, mengalami kejadian hal serupa., tapi di BRI,. 150jt

    Tapi untungnya karena udah sering transaksi di situ di bantu sama kepala cabang , dia ngasih no tlp dan alamat no yang bersangutan salah tf , dan dari BRi juga nlp ni,, lalu tmn saya itu nlp lgsung k yg salah tf untungnya di tanggapin baik baik sama yg tf cuma dia minta maaf karena sudah ke pake berapa juta tapi itu ga masalah sama tmn saya sisa nya suruh tf balik

    • 9 Agustus 2022 - (17:08 WIB)
      Permalink

      Ohh itu yang kami inginkan dari awal pak..
      Sekarang tinggal tunggu dari pihak BCA saja..

  • 9 Agustus 2022 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalau kita lapor polisi duluan akan dilempar ke banknya lagi, karena ini belum masuk ke ranah pidana.
    Memang harus nunggu proses dari banknya dulu baru ke kepolisian.
    Kecuali kalau si penerima dana sudah terbukti melakukan tindakan penggelapan dana yang ditransfer tersebut, selama itu belum terjadi pihak kepolisian belum bisa berbuat apa2, makanya harus nunggu investigasi dari pihak banknya dulu.
    Semoga masalahnya cepat selesai.

    • 9 Agustus 2022 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Ternyata betul pak..
      Seperti pimpong ini..
      Dari pihak polisi katanya tunggu investigasi dari bank, dari bank katanya harusnya dilaporkan polisi dulu..

      Amin pak, semoga cepat selesai..

  • 9 Agustus 2022 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Akibat kurang teliti orang yg GA tau apa” bisa dilaporin padahal dia lagi melongo dirumah ya Tiba” masuk duit , Kalo emg dia orang baik pasti Di pulangin sih , klo bisa Minta nomor tlp penerima kyanya lbh enak , bisa Di omongin baik” Minta maaf uda Salah transfer , apes”nya Tu orang Lg butuh duit trs GA Di balikin

  • 9 Agustus 2022 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Tapi di bank bri, pernah ad yg salah tf ke saya, dari bri ny bisa langsung main blokir sejumlah uang yg salah tf, apa bank bca tidak begitu? Atau krn yg salah tf itu punya kenalan di bri sehingga bank bisa langsung blokir dana yg salah tf itu? Soalny begitu saya tf balik uang yg salah tf itu, langsung di buka blokirny sama bri

    • 9 Agustus 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      kuncinya adalah anda harus transfer sendiri, tidak akan pernah bank bisa mentransferkan dana di rekening anda ke rekening orang lain. sehingga itu tetap dianggap itikad anda untuk mentransferkan, masalah blokir memblokir mungkin antar bank beda kebijakan

    • 9 Agustus 2022 - (19:56 WIB)
      Permalink

      Sama, saya juga pernah mengalaminya, ada orang yg salah transfer ke saya sebesar 1jt, pihak BRI kemudian menelepon saya, memberitahu kalau ada nasabahnya yg salah transfer kesaya sebesar 1jt, dan dananya oleh pihak Bank (pegawai Bank yg telpon saya) di blokir sementara, saya diminta segera mengembalikannya. Untungnya saya punya M-banking, saat itu juga saya bilang akan mengembalikannya, kemudian blokir di buka, dan dana saya transfer kembali.

    • 9 Agustus 2022 - (23:33 WIB)
      Permalink

      Betul sekali, seharusnya seperti itu..
      Saya juga pernah salah transfer melalui BRI dan SOP mereka begitu..
      Entah ini BCA kenapa beda SOP nya..

      1
      1
  • 9 Agustus 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    BCA memang buruk, sedangkan mereka BCA salah transfer ke nasabah, nasabahnya dijadikan narapidana. Cepat kosongin saja deh saldonya dari bank terkutuk ini.

    4
    2
  • 9 Agustus 2022 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Kalau di BRI, dana salah transfer itu bisa diblokir sementara oleh pihak Bank, agar tidak disalah gunakan oleh nasabah penerima, tentunya kalau sudah ada laporan dari si pengirim. Kalau di BCA apakah sama??? Saran aja, kalau anda belum bisa menghubungi sipenerima, minta tolong pihak Bank cabang kota anda untuk menghubungi nasabah penerima dana salah transfer tersebut, bilang kalau anda akan kasih hadiah atau kompensasi atau entahlah apa namanya…. atas kesalahan anda salah transfer dan sebagai ganti rugi merepotkan sipenerima. Kalau dananya udah terpakai sebagian,,, anda bisa bicarakan baik-baik gimana solusinya. Intinya anda yg salah dan anda harus mau mengalah (mungkin juga berkorban beberapa ratus ribu) yg penting sipenerima mau mengembalikan dana anda segera!

    • 10 Agustus 2022 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Salah transfer 400 juta, berkorban ratusan ribu ya mustahil ada orang yang mau direpotkan.
      1% dari 400 juta udah 4 juta loh. Kalau nih orang yang terima mau direpotkan dan minta kompensasi gak sampai ratusan ribu juga dong, tega sekali namanya. Minimal jutaan lah keluar daripada hilang ratusan juta. 😄

  • 9 Agustus 2022 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Mungkin gak fokus saat masukin token padahal pertama suruh mastiin bener gak baru yg ke 2 sukses 400jt gede bgt

  • 9 Agustus 2022 - (23:38 WIB)
    Permalink

    Yg salah nasabah, trus yg disalahin banknya, aneh..

    ibarat org masak nasi di rice cooker kebanyakan air, niatnya masak nasi eh jadinya bubur, yg disalahkan rice cookernya.

    2
    1
  • 10 Agustus 2022 - (01:46 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kalau urusan salah transfer. Bisa di bilang masuk dalam kelalain pribadi. Pihak bank tidak punya tanggung jawab penuh dalam hal itu. Kalaupun ada, itu kebijakan dari pihak bank. Akan lebih bagus. Coba datang ke cabang bank kamu. Untuk konfirmasi. Dan kecabang bank yg di transfer untuk minta data orang yang di transfer. Selesaikan secara kekeluargaan dengan mendatangi orang yang kamu transfer.

  • 10 Agustus 2022 - (06:04 WIB)
    Permalink

    Mengherankan juga ya BRI sama BCA beda SOP
    Saya kalau begitu lebih memilih BRI ajah deh kedepannya.
    Ga akan nyimpann duit gede2 di BCA, paling gede 100rb ajah.

    1
    1
    • 10 Agustus 2022 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Dari pihak bank mungkin bisa dibekukan dulu uang yg salah transfer, sampai dibuktikan kebenarannya, supaya kepercayaan klien terjaga.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 108 komentar sampai saat ini..

Salah Transfer 400 Juta Rupiah, Pihak Bank Tidak Membantu Menyelesaika…

oleh Steve dibaca dalam: 1 menit
108