Surat Pembaca

Retur Blibli Ditolak dengan Alasan Tidak Jelas

Pada tanggal 18 Agustus 2022, saya membeli sandal Birkenstock Honolulu EVA White ukuran 40 di Blibli, dengan nomor pesanan: 12109094578. Pesanan tersebut saya terima tanggal 19 Agustus 2022. Namun setelah saya coba, ternyata ukuran sandal kekecilan.

Saya langsung mengajukan retur pada hari itu juga, dengan nomor: RMA586654, agar sandal dapat ditukar ke ukuran 41. Saat itu warna putih ukuran 41 sedang habis, jadi saya minta ditukar ke warna hitam. Sesuai keterangan di website Blibli, produk sandal dapat dikembalikan jika ukuran tidak sesuai.

Sesuai instruksi retur barang dari email Blibli di bawah, sandal tersebut saya masukkan kembali ke boks dan boks tersebut saya tutup dengan selembar selotip agar aman waktu pengiriman. Label pengembalian juga saya tempel diatasi boks sepatu. Kemudian boks-nya saya masukkan ke kantong plastik dan saya berikan ke kurir Blibli tanggal 20 Agustus 2022.

Namun ternyata pada tanggal 21 Agustus, pihak Blibli menelepon saya dari nomor 02140400871 dan mengatakan bahwa retur saya ditolak, dengan alasan telah melanggar syarat dan ketentuan retur. Dikarenakan kardus sandal tidak dalam kondisi “asli” (sudah ditempel label pengembalian dan ditutup selotip), sehingga tidak bisa dijual lagi ke customer lain.

Pihak Blibli menjelaskan kalau seharusnya saya mengemas kembali boks sepatu tersebut dalam kardus/packaging lain, baru labelnya ditempelkan di paking luar tersebut.

Yang membuat saya kesal adalah, kenapa aturan tersebut tidak ditulis dengan jelas dalam instruksi pengembalian yang di email Blibli ke customer? Di email tersebut hanya dijelaskan kalau produk harus dikemas dengan aman (makanya saya beri selotip) dan diberikan label pengembalian.

Pihak Blibli berdalih kalau ketentuan tersebut ditulis di halaman Syarat & Ketentuan Pengembalian. Namun saya tidak menemukan kalimat yang jelas menyatakan kalau label tidak boleh ditempel di kardus asli barang: https://www.blibli.com/faq/topic/pengembalian-produk/syarat-dan-ketentuan-pengembalian/

Saya sendiri sudah menjadi pelanggan Blibli sejak tahun 2015 dan saat ini sudah level Infinite. Namun karena kejadian ini, jujur saya kapok membeli produk fashion seperti baju dan sepatu (yang size-nya harus pas) di Blibli, dikarenakan ketentuan retur yang tidak jelas.

Terima kasih. Best regards.

Freddy Wijaya
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mau info, barusan pihak Return Management dari Blibli sudah menghubungi saya. Terima kasih karena pihak Blibli sudah memberikan respon dengan sangat cepat, saya appreciate.

    Saya sudah menyampaikan kembali kalau permasalahan saya adalah aturan/T&C terkait pemasangan label yang tidak diinformasikan dengan jelas di email instruksi. Semoga kedepannya bisa diperbaiki supaya customer lain tidak ada lagi yang salah paham.

    Terima kasih juga kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat saya ini :)

  • Kenapa gk di bungkus packing lagi sih? Jelas rusak lah box nya..

    Logika aja anda mana mau nerima paket kalau box telanjang gitu? Tanpa kardus/buble wrap tambahan..

    Blibli sdh kasih kelonggaran boleh return kalau ukuran gk pas.. Marketplace lain mana mau..

    • Anda baca dari mana ya box nya rusak? Perasaan di artikel saya tidak pernah menulis box diterima Blibli dalam keadaan rusak. Blibli cuma menolak karena ditempel label pengembalian, bukan penyok atau rusak.

      Kalau Blibli menolak karena box dalam keadaan penyok/rusak saya tidak akan komplain. Saya juga sudah wrap lagi dengan plastik sebelum dikasih ke kurir, bukan box begitu doang.

    • Official kok, yang jual dari Blibli langsung. Barang nya sendiri ori tidak ada masalah :)

  • " Kembalikan produk secara lengkap.
    Pastikan produk dikemas dalam keadaan rapi dan aman. Klaim belum dapat diproses apabila produk yang kami terima dalam keadaan rusak karena pengiriman yang dilakukan "

    Ini yang salah pihak blibli nya kenapa liat packing seperti itu ga di injek2 aja, terus bilang kardusnya rusak dalam proses pengiriman :D

    • Wah kalau gitu saya juga salah dong pak,

      Waktu saya terima barang pertama kali dari Blibli, box nya sudah dalam keadaan kotor berdebu dengan wrapping berantakan tapi saya tidak komplain toh isinya aman, tapi kalau menurut anda harusnya saya injak2 aja kardusnya kemudian minta retur dengan alasan rusak oleh kurir :)

      • Produk lengkap, sesuai dengan kelengkapan saat kamu terima, termasuk kartu garansi (jika ada), buku panduan produk (jika ada), label produk/ tagging (jika ada), aksesoris yang ada dalam paket penjualan, kardus dalam keadaan baik, tanpa coretan, kerusakan, atau penyok (untuk kasus selain produk rusak karena pengiriman).

        Itu syaratnya dah tertulis ga boleh ada coretan atau kerusakan (ya masa hrs dijabar 1-1 kerusakan yang dimaksud itu seperti apa, misalnya: tempel solatip, hansaplast, permen karet, tinta, cat tembok, minyak goreng, dsb...). Ngga akan bisa ditulis semuanya, intinya pake logika aja.

        Dan,poin 1 label pengembalian barang blibli itu syaratnya: tempelkan (label) pada produk pengembalian yang telah dibungkus rapi
        -- bukan pada kardus produk. (!)

        Ga cuma di blibli aja, zalora dll juga sama aja.

  • Kacau banget blibli, cuma gara-gara box. Tinggal Box yang lama yang ada labelnya dikembalikan ke pembeli, Blibli ambil yang baru. Begitu aja report..Pembeli mah yang penting sepatu terpakai. Kaku banget blibli/birkenstock kayak tiang listrik....Kalau saya pakai kardus lain juga boleh...Jualan sepatu atau jualan kardus sepatu???

    • Ya mana bisa begitu. Tiap box kan beda2 label nya, sesuai warna/tipe dan ukuran isi dalem nya. Pembeli berikutnya yg bakal terima returan dr si penulis ini, ya mana mau terima box bekas tempelan label pengiriman. Sepatu harga tertentu itu dijualnya harus dalam kondisi pristine, sampe ke pembeli ga bole ada penyok dll, termasuk juga utk produk Lego, dimana jika dus ada penyok dikit aja (walaupun isi utuh lengkap dan segel ga terbuka) harga jual terpaksa berkurang 20-30%. Diterima dalam kondisi seperti apa, ya minimal baliknya harus sesuai/persis 100% atau bahkan jika memungkinkan dibungkus lebih baik/lebih tebal lagi.

  • Saya juga pernah punya pengalaman sama, dimana pembelian saya berupa berang home appliance (perkakas dapur) yang mana dikirim seller dengan 2 expedisi pengiriman, dimana expedisi pertama hanya invoice saja sementara ekspedisi kedua berupa barang yg dipesan, sebagai catatan, barang yang dipesen hanya sebesar ukuran A4. paket ternyata dikirim dengan dari toko lain (beda alamat dr paket 1 dan 2) dimana paket ke2 datang terlambat 1 hari dari batas waktu yang diberikan, plus ada ketidak sesuaian keterangan (diskripsi) dengan produk yng dikirim. sesuai aturan blibli, saya mengajukan retur dan menunggu persetujuan blibli, setelah disetujui saya kirimkan barang sesuai dengan instruksi Blibli. setelah barang diterima gudang, beberapa hari kemudian saya mendapat konfirmasi retur ditolak dan barang tidak perlu dikirim ke gudang blibli. pada saat yg sama saya mendapat konfirmasi barang akan di kirim kembali ke saya.
    sampai saat ini saya ga tahu alasan retur ditolak padahal sudah sesuai aturan pengembalian, dr CS hanya diinfo bahwa barang sudah sesuai dan setiap saya berikan bukti bahwa ada perbedaan deskripsi + keterlambatan, mereka hanya bilang barang sudah sesuai dan tidak terlambat (mereka hny melihat resi yang tercantum di blibli yg tak lain harnya berisi invoice saja). yang paling mengesalkan adlah kenapa saya disuruh kirim balik dan mendapatkan notif bhw retur sudah di setujui sementara retur barang belum di setujui?