Surat Pembaca

Kecewa Terhadap Perlakuan BCA

Saya Husein Abdul Qodir Yahya. Pada tanggal 3 September 2022, saya salah transfer ke rekening ke sesama BCA atas nama Zulkar****, dengan nomor rekening 3410****57. Setelah itu saya langsung telepon HaloBCA pada saat itu juga, untuk melaporkan bahwa saya salah transfer. Lalu pihak HaloBCA mengarahkan saya untuk membuat surat pernyataan dan kronologis kejadian.

Saya sudah membuat semuanya yang diperlukan. Namun sampai sekarang BCA tidak memberikan solusi dan jawaban yang pasti terkait masalah saya, dengan alasan pihak penerima tidak bisa dihubungi dan didatangi alamat rumahnya pun tidak ketemu. BCA bilang tidak bisa berbuat apa-apa. Sementara saya mempercayakan uang saya ke BCA, tetapi ketika saya mendapatkan masalah dan kendala BCA seakan-akan cuci tangan. Apakah hanya karena uang kecil BCA jadi tidak peduli ke nasabahnya?

Saya sangat menyesalkan atas pelayanan BCA terhadap nasabahnya yang mendapatkan kendala di dalam transaksi. Karena seharusnya semua itu melalui sistem, yang mana saat saya melaporkan ke HaloBCA uang saya sudah di-hold oleh BCA. Apa wewenang BCA untuk menahan uang saya? Sampai kapan? Sementara itu uang saya bukan uang BCA dan kronologisnya jelas di sini.

Apakah jika si penerima sudah meninggal tidak ada solusi apa pun? Pihak BCA pun sampai sekarang tidak memberikan update apa pun atas usaha BCA yang katanya menghubungi dan mencari tahu rumah si penerima salah transfer (Zulkar****). Ke manakah uang saya yang kecil itu?

Demikian keluhan dan kendala yang saya hadapi atas permasalahan saya. Semoga BCA bisa memberikan satu kepastian dan solusi yang terbaik.

Husein Abdul Qodir Yahya
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • 1. Istilah di hold itu bukan berarti uangnya ada di BCA bro tapi uang tetap ada di rekening penerima namun di ditahan agar tidak berkurang atau digunakan transaksi sambil menunggu konfirmasi. Jadi tindakan meng hold dana ini sudah sangat sangat benar sekali
    2. Bank tidak bisa seenaknya memindahkan dana dari rekening satu ke yg lain tanpa ada persetujuan dari pemilik rekening atau perintah dari otoritas yg lebih tinggi (pengadilan atau yg lainnya).

    Jadi pembelaan anda di komentar itu maaaf seribu maaf menunjukan anda kurang paham dengan aturan sepeti apa yg di bilang sama yg udah² komentar lebih dulu dan maaf lucu jatuhnya. Dah dibilangin sama yg lebih tau dan yg pernah ngalamin masih aja nyokot dan sombtau sendiri serta cari menangnya sendiri

    • Sebenernya bisa aja pihak BANK tarik langsung uang yg salah trfr tadi, tapi ga dilakukan sebab kesalahan oleh Nasabah, tapi.... kalo yg Salah kirim pihak BANK, beuhh.. gercep banget ditarik kembali tanpa Konfirmasi.
      Tanya Kenapa ???

  • SOP BCA sudah benar sesuai hukum dan undang undang pembuktian salah transfer itu kan sepihak. kalau misal kasus saya beli mobil bekas terus mobil dan bpkb sudah saya bawa terus saya bilang ke BCA salah transfer tanpa konfirmasi ke pihak ke 2 bisa runyam kan. Dan memang salah transfer itu sesuatu yg rumit entah sapa yg salah ku tak tau

    • Iya asli?
      Tapi saya ga gentar karena saya mau memperjuangkan hak saya. Mau 1000 buzzer ya saya ga peduli. Wong saya merdeka kok?

      • Puanjang lebar ketik komentar bilang hak lah, zalim lah, dungu lah, buzzer lah, padahal tinggal ke kantor polisi buat laporan soal salag transfer beres

        *****

      • Dengan keputusan saya untuk mengikhlaskan uang ke penerima dan mencabut laporan agar dana tidak di hold BCA lagi, saya rasa case ini sudah clear.
        Terima kasih semua yang sudah memberi pendapat dan mendoakan masalah saya selesai.
        Semoga sehat dan sukses selalu!

  • Saya pernah juga salah transfer. Karna proses bank pasti lama Jd saya insiatif cari sosmed orang tsb.

    Mungkin bisa dicontoh.. Alhamdulillah saya cari nama penerima di IG dan langsung bs saya temukan (Karna nama lengkapnya Ndak pasaran )

  • Anda ini lucu,anda yang salah tapi yang disalahkan pihak BCA,seolah-olah ini kesalahan murni BCA. Coba sebelum berkoar-koar, anda pikir dulu yang salah duluan itu siapa? Iya, saya tahu manusia itu tidak luput dari kesalahan,tapi apa dengan anda berkoar-koar masalah selesai? Saya rasa tidak. Mau anda melaporkan masalah ini ke media,atau siapapun tetap saja ini kesalahan murni dari diri anda sendiri. Saya perhatikan, Orang-orang kasih komentar bahwa itu juga salah anda, anda tidak terima. Terus mau nya anda apa sebenarnya? Anda tidak bisa menyalahkan BCA juga, masih untung BCA mau menanggapi keluhan Anda. Coba saya tanya. Kalau anda di posisi sebagai pihak BCA dan anda mendapatkan keluhan sama persis kaya gitu apa yang anda akan lakukan/solusi untuk meng clear kan masalah ini? Sementara pihak penerima dana tidak bisa dihubungi dan bisa aja si penerima dana pindah alamat. Apa yang anda lakukan coba? Pasti anda juga akan menyuruh konsumen BCA untuk tetap menunggu selama masalah ini di proses. Anda tidak berguna berkoar-koar di media konsumen. Semua masalah itu ada prosedur nya sendiri. Emang nya anda pemilik bank nya gitu? Saya kasih tahu sekali lagi, pihak bank BCA itu hanya sebagai pihak ke 3 antara anda dan si penerima dana. Oke silahkan mau anda berkoar-koar di media konsumen atau mana pun juga. Tapi saya tegas kan sekali lagi, itu adalah kesalahan anda sendiri. Ga bisa anda seenaknya ngatur2 bank. BCA sudah coba melakukan yang terbaik untuk keluhan anda. Segala resiko salah transfer merupakan TANGGUNG JAWAB SI PENGIRIM UANG

    • Owh iya 1 lagi, saya pun pernah tertipu sebanyak 1 juta rupiah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apakah saya menyalahkan pihak BCA? Jawabannya tidak, karena itu adalah kesalahan murni dari saya yang memberikan nomer kartu ATM saya ke si penipu. Tentu aja saya ga Terima uang 1 juta saya di ambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (si penipu) , solusinya apa? Saya hanya meminta pihak BCA untuk menutup akun saya dan saya pun sudah melaporkan si penipu ke pihak yang berwajib. Untuk apa saya menyalahkan BCA. Karena kesalahan itu murni dari saya dan si penipu itu. Tolong dong bro, agak sedikit bijak yah dalam menanggapi masalah.

  • Kok saya jadi lapar ya baca surat pengaduan MK yg ini ???,pingin koment tp dh bnyak terwakili oleh komentar orang lain ???