Kecewa Terhadap Perlakuan BCA

Saya Husein Abdul Qodir Yahya. Pada tanggal 3 September 2022, saya salah transfer ke rekening ke sesama BCA atas nama Zulkar****, dengan nomor rekening 3410****57. Setelah itu saya langsung telepon HaloBCA pada saat itu juga, untuk melaporkan bahwa saya salah transfer. Lalu pihak HaloBCA mengarahkan saya untuk membuat surat pernyataan dan kronologis kejadian.

Saya sudah membuat semuanya yang diperlukan. Namun sampai sekarang BCA tidak memberikan solusi dan jawaban yang pasti terkait masalah saya, dengan alasan pihak penerima tidak bisa dihubungi dan didatangi alamat rumahnya pun tidak ketemu. BCA bilang tidak bisa berbuat apa-apa. Sementara saya mempercayakan uang saya ke BCA, tetapi ketika saya mendapatkan masalah dan kendala BCA seakan-akan cuci tangan. Apakah hanya karena uang kecil BCA jadi tidak peduli ke nasabahnya?

Saya sangat menyesalkan atas pelayanan BCA terhadap nasabahnya yang mendapatkan kendala di dalam transaksi. Karena seharusnya semua itu melalui sistem, yang mana saat saya melaporkan ke HaloBCA uang saya sudah di-hold oleh BCA. Apa wewenang BCA untuk menahan uang saya? Sampai kapan? Sementara itu uang saya bukan uang BCA dan kronologisnya jelas di sini.

Apakah jika si penerima sudah meninggal tidak ada solusi apa pun? Pihak BCA pun sampai sekarang tidak memberikan update apa pun atas usaha BCA yang katanya menghubungi dan mencari tahu rumah si penerima salah transfer (Zulkar****). Ke manakah uang saya yang kecil itu?

Demikian keluhan dan kendala yang saya hadapi atas permasalahan saya. Semoga BCA bisa memberikan satu kepastian dan solusi yang terbaik.

Husein Abdul Qodir Yahya
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:513    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

237 komentar untuk “Kecewa Terhadap Perlakuan BCA

  • 26 September 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Mau komentar tapi takut salah persepsi. disatu sisi 1000% kesalahan dari pihak pengirim, kenapa bisa terjadi salah kirim? kan sebelum trf ada nama, jumlah, no rekening, dan lalu memasukkan pin.

    Bank manapun tidak diperbolehkan mendebet otomatis uang, makanya harus ada persetujuan dari pihak penerima. Memang agak sulit, cuma yaa gitu.

    Balik lagi BCA pasti akan menindaklanjuti dengan baik. percaya deh. kedepannya mohon hati hati.

    197
    6
    • 26 September 2022 - (17:33 WIB)
      Permalink

      Orang salah itu wajar. Semua manusia pernah melakukan kesalahan, sebab disini nama penerima sama persis jadi saya kira orangnya sama. Tapi disini ayolah BCA harusnya menyelesaikan gimana caranya, bukan malah acuh “terserah kamu kita BCA gabisa melakukan apa-apa, itu resiko kamu”. Bukan seperti itu kan?
      Seharusnya BCA pasti ada solusi terkait masalah ini, ga mungkin setiap keadaan permasalahan nasabahnya sesulit apapun tidak ada solusinya? Berapa banyak BCA mendapat keuntungan dari saya?
      Sekarang masa iya alamat nasabah tidak ditemukan, apa iya gabisa nanya RT setempat sana? Bukti BCA datang nyari alamatnya pun ga ditunjukkan ke saya. Apa saya cuma harus mengikhlaskan uang saya ke BCA??
      Itu uang saya bukan uang BCA.
      BCA ini bank ternama pasti ada solusi dari setiap permasalahan bukan tidak ada solusi dan nasabahnya diacuhkan seperti ini.
      Toh andai kata misal BCA salah transfer ke nasabah, pasti uang ditarik paksa kan??

      14
      136
      • 26 September 2022 - (18:04 WIB)
        Permalink

        Panjang bener, padahal cuma kasih tanggapan sederhana.

        Nanti juga dibalikin kalo udah masuk MK mah.

        18
        7
        • 26 September 2022 - (18:07 WIB)
          Permalink

          Emang udah masuk kok uangnya. Siapa bilang belum masuk? Mohon dibaca dulu dengan teliti biar paham permasalahannya

          1
          47
          • 26 September 2022 - (18:09 WIB)
            Permalink

            Maksud saya nanti juga bakal dibalikin uangnya kalo sudah masuk Mediakonsumen.

            saya baca dari awal sampai akhir mas ga salah komentar😁

            34
            2
          • 26 September 2022 - (18:09 WIB)
            Permalink

            Maksud saya nanti juga bakal dibalikin uangnya kalo sudah masuk Mediakonsumen.

            saya baca dari awal sampai akhir mas ga asal komentar😁

            16
            1
          • 26 September 2022 - (22:29 WIB)
            Permalink

            Sabar gan. Yg Komen kebanyakan fans BCA semua. Belum aza ngerasain kesusahan kaya agan. Mereka seolah sempurna. Ga punya Salah. 😁

            14
            63
        • 27 September 2022 - (08:20 WIB)
          Permalink

          Dalam kasus salah transfer yang dilakukan oleh nasabah maka bank bukan sebagai penanggung jawab dana yang ditransfer, tapi sebagai mediator. Dalam hal ini adalah bahwa bank akan menghubungi pihak penerima dana dan menjelaskan masalahnya. Masalah disini dihubungi via email tidak direspon mungkin email yang didaftarkan bukanlah email utama yang dibuka setiap hari. Kalaupun iya saya aja sehari menerima bisa puluhan email dan saya akan melewatkan email yang saya anggap tidak penting. Dari sini kita tidak bisa menganggap penerima memiliki itikad tidak baik.

          Cara kedua mengubungi penerima, jujur saja banyak orang yang merasa tidak nyaman saat dihubungi oleh pihak tidak dikenal.

          Bank tidak bisa memblokir seenaknya rekening nasabah seperti permintaan TS karena nasabah tersebut juga dilindungi UU 10/1998 UU 7/1992 dan Peraturan Bank Indonesia niat menolong TS bank malah bisa kena masalah hukum yang lebih besar.

          Memang ada UU 3/2011 terutama pasal 85 tentang penguasaan barang yang bukan miliknya, tapi disitu harus dibuktikan niat jahatnya bukan seenaknya orang dituntut dengan pasal ini, orang tersebut harus lebih dahulu di temukan oleh pihak bank ditemui dan dimediasi jika secara nyata terbukti ingin menguasai maka baru bisa dituntut.

          Lalu bagaimana soal transaksi masih di “Hold” apakah tidak bisa dikembalikan aja kepengirim, tidak bisa semudah itu harus ada konfirmasi dari penerima bahwa penerima tidak memiliki keterkaitan transaksi dengan pengirim, kenapa seperti itu? Karena bisa saja jadi klaim sepihak.

          73
          • 28 September 2022 - (22:28 WIB)
            Permalink

            saya pernah 2x salah transf, tp pihak bank BCA bisa menyelesaikannya, dan kebetulan jg,orng yg saya transf nasabah cabang bank tersebut, jd cepat d responnya, puji Tuhan bsknya sdh langsung d transf balik oleh penerimanya, pihak bank bca pasti berusaha semaksimal mungkin, tp klo nasabahnya ganti alamat atau no tlp ya susah jg, makanya dari kitanya harus lebih hati2 jika mau transf

        • 29 September 2022 - (07:42 WIB)
          Permalink

          Wajar aja klo pihak BCA kesal dengan anda, krna isi laporan anda itu sangat nyolot skali malah mnuduh pihak BCA menahan uang anda, dalam aturan perbank-kan transaksi yg anda lakukan itu sah, dan itu jelas² kesalahan anda bukan dari pihak BCA, salam waras.

      • 26 September 2022 - (21:03 WIB)
        Permalink

        Aku pernah sekali 700 rb salah transfer, saya hubungi BCA dan di tindak lanjuti , uang gak balek cuman BCA menhold dana penerima sudah 3 tahun lalu, saya ikhlas kan aja lah jadi pelajaran

        18
        3
        • 26 September 2022 - (21:07 WIB)
          Permalink

          Waduh jangan mau diikhlaskan dong. Itu uang hasil jerih payah masa mau dikasih ke bank yang udah kaya. Klo saya sih ga akan ikhlas biar buat tabungan saya di akhirat😊

          5
          72
        • 29 September 2022 - (16:25 WIB)
          Permalink

          Setuju…. Saya pernah di transfer oleh orang yg Salah… Dan Dana nya memang di hold sama pihak BCA…

          Jadi si penerima uang yang Salah transfer tidak bisa menggunakan uang nya…

          Namun pihak bank yg akan menelepon si penerima transferan yang Salah agar bisa transfer kembali…
          Jadi in sebenarnya masalah waktu saja Dan apakah si penerima uang yang Salah itu Masih menjadi nasabah BCA apa gak..

          Wasaaalaamm

      • 27 September 2022 - (06:29 WIB)
        Permalink

        Anda datang aja ke bca,dan lapor kepolisian juga,dan minta alamat si penerima,datangi sendiri,minta uang di balikin,yang salah itu anda,jadi memohon bantuan bca benar,tapi tidak bisa salahkan pihak bca dong.

        64
        5
      • 27 September 2022 - (07:13 WIB)
        Permalink

        Saya turut Prihatin. jika hal ini trjadi kpd saya, sedikit share krna saya juga pernah magang di bank selama 6 bln. Kedepan mngkin bisa di list bang nomor yg tdk ada hubungannya mohon di hapus spya tdk terjadi kesalahan. dan selalu pastikan nomor rekening sdh benar apabila krg yakin maka bisa di tanyakan lagi ke user yg abang mau transfer. krna kesalahan pribadi bkn 100% tanggung jawab Bank.
        untuk hal hal yg bersifat kesalahan sndri atau sifatnya kelalaian hukumnya bkn kesalahan bank maka BCA dsini hanya bisa me mediasi saja, kalaupun mediasi gagal maka beberapa SOP akan berlaku semisal Hold dana dll. akan tetapi Bank tdk punya 100% kewenangan penuh atas uang yg sdh di transfer krna penerima juga di lindungi sebagaimana Abang juga. mngkin solusi tepatnya daripda byk keluhan abang ke kantor polisi bikin laporan dan Samperin sndri si alamat penerima dana. cara trackingnya dgn melihat dlu abang transfer ke penerima dgn prihal apa beli brg dll. krna saya yakin pihak bank tdk akan menshare data konsumennya sndri, kalaupun tdk bisa dgn alasan sangat Jauh maka Hal ini tdk ada solusi tepatnya karena pihak bank juga tdk punya kewenangan atas perihal salah transfer. Kecuali itu adalah kesalahn system atau dari pihak bank sndri. Byk berdoa dan semoga di gantikan dgn yg lebih baik aamiin. semoga abang di gantikan rejekinya yg lebih banyak…allahuma aamiin

        53
        • 29 September 2022 - (09:38 WIB)
          Permalink

          Turut prihatin membaca slh transfer ini…semiga segera ada jalan keluarnya..Aamiin

          Tapi stlh ikut membaca lengkap, mmrt sy sama sperti pendapat yg lain..bhw sebenarnya kesalahan ada di nasabah pengirim dn pihak BCA hanya sbg mediator saja antara pengirim dn penerima dana…oleh karena itu, biasakanlah saat transfer diteliti kembali norek dn nama penerima
          Kl meminta BCA utk mblokir norek penerima…penerima pun nasabah BCA dn punya hak yg sama spt bpk, jd gk mungkin BCA utk memblokir norek tsb

          Saran sy, drpd energi bpk habis hanya utk mempush pihak BCA, dimana itu adlh kesalahan bpk sendiri, beda hal kl itu kesalahan dr pihak bank, kita bs nge push pihak bank…alangkah baiknya bpk lakukan tindakan sendiri, tracking alamat rmh dn no hp aktif penerima dn minta dia utk mengembalikan uang bpk

          Smoga segera ada solusi terbaik

      • 27 September 2022 - (07:23 WIB)
        Permalink

        Selamat pagi, membaca permasalah yg Bpk Husein alami, bisa terjadi pada siapa saja, dan biasanya pihak Bank BCA sudah membekukan dana yg ada pada no rek penerima atas rujukan pelaporan yg Bpk husein sampaikan ke BCA dan mengkonfirmasi asal2 usul uang tranferan yg masuk ke no rek penerima dari pihak bca Itupun klu dana tsb belum di tarik sama no rek bersangkutan. Tinggal bgmn pihak penerima etika untuk membuat surat pernyataan dan kuasa ke BCA untuk mengambil dan mengembalikan dana Bpk .
        Untuk masalah ini akan memakan waktu. Saran saya tinggal tunggu saja pak. Sambil sesekali menanyakan ke pihak BCA.

        • 27 September 2022 - (23:48 WIB)
          Permalink

          Dengan tidak membela kesiapapun tp berbicara terhadap aturan yg ada dalam hal salah transfer adalah kesalahan nasabah dan pihak bank tidak bisa digugat atas dasar apapun. Bukan perkara nominal kecil atau besar tp ketika kita membuka rekening kita sudah memahami aturan2 yg berlaku dan sudah mendatanganinya yg berarti kita sudah paham dan siap bertanggung jawab dengan segala resiko ketika kita menyimpan uang di bank. Silakan dibaca lagi ketentuan2 yg ada sblm melayangkan keluhan

      • 28 September 2022 - (13:48 WIB)
        Permalink

        Pernah dengar berita penipuan yg kita disuruh transfer gak,
        Jujur saja sih
        Pernah denger ada orang kehilangan uang karena ditipu disuruh transfer gak
        Walaupun lamgsung sadar apakah uangnya balik
        Kalau setiao salah transfer bank bisa nahan uangnya
        Maka sistem bank jadi kacau, lu aja minta alamat rumahnya, cari sendiri tuh orang yg lu salah transfer,
        Bener itu uangmu
        Tapi sesuai aturan bank
        Transaksi yg kamu lakukan itu telah merubah posisi uangmu menjadi milik orang lain

        Uangmu tidak pernah ditahan oleh bca

        Tapi uangmu kamu kasihkan orang lain bukan ditahan bca ngerti kagak?

        4
        1
      • 28 September 2022 - (19:08 WIB)
        Permalink

        Transfer lewat Mobile Bca kan harus daftar no rekening dulu. Jadi kalo ada 2 nama yg sama berarti sebelumnya Anda sudah mendaftarkan nomor rekening orang yg salah trf itu.

        Jadi tinggal Anda ingat sendiri aja itu siapa dan harusnya sebelumnya ada transaksi dgn orang tsb. Kalo udah inget ya coba hub orang tsb mungkin nomor hpnya msh disimpan

        Ga mungkin ujug2 ada nomor rekening orang tsb di daftar tujuan transfer kalo Anda belum input sebelumnya.

        Kalo alasan salah input nomor tapi ternyata pemilik rekeningnya sama namanya kayanya kemungkinan sangat kecil ada kebetulan spt itu

      • 30 September 2022 - (09:45 WIB)
        Permalink

        Kok Goblok ya anda? Kesalahan transfer itu udah jelas di anda… Kalo anda dibalikin dan menang, semua orang nanti melakukan hal yang sama… Transfer ke rekening diri sendiri, lalu bilangnya salah transfer, sesudah itu semua alamat kontrakan yang sudah tidak ditinggali, enak toh menipu semacam itu? Yg BCA lakukan adalah benar… Cek ke RT/RW.. Jika tidak ada, maka uang tidak bisa dikembalikan walau ada surat pernyataan… Itu bukan perusahaan nenek lu tong!!!!

        Yang kedua : gimana cara di hold? Kalo transfer antar bank mungkin masih bisa.. lu transfer antar BCA itu lgsg masuk.. otak dipake dulu untuk pikir sebelum ngomong… Oh iya lupa, otaknya kosong ya?

    • 26 September 2022 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Dan sampai detik ini pun BCA tidak ada update solusi atas case saya ini. Bahkan ketika saya telfon ke cabang penerima terkait, jawaban oknum karyawan BCA nyolot ke saya loh.
      Apa mentang nama sudah besar jadi gamau ribet mengatasi permasalahan uang kecil seperti ini? Sombong sekali BCA. Saya sangat kecewa atas perlakuan BCA ke saya.

      1
      87
        • 26 September 2022 - (18:03 WIB)
          Permalink

          SOP itu hanya sebatas terms and condition tertentu. Kalau kasusnya si penerima tidak bisa dihubungi harus ada solusi lain. Terkait kasus laporan penipuan aja BCA bisa langsung blokir rekening terlapor tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu.
          Pertanyaannya sekarang BCA kemanakan uang saya? Apa hak BCA menahan uang saya? Memangnya saya menipu disini? Kan tidak. Disini case nya jelas kesalahan transfer.
          Tolong pahami sisi konsumen, saya disini masih mau rugi uang saya tertahan karena kesalahan saya, Tetapi BCA disini gamau rugi sama sekali, malahan menahan uang nasabah tanpa persetujuan. Apakah bijak perlakuan tersebut?

          4
          69
          • 27 September 2022 - (08:49 WIB)
            Permalink

            Saya jg pernah salah tf melalui m-bca pada bulan maret 2022 sebesar 4.950.000 rupiah dgn penerima awalan namanya tri…. utk yg salah dan yg sebenarnya, dan saya langsung telp halobca, dan di suruh buat surat pernyataan, dan pihak bank langsung menghold dana saya di rek penerima, lalu saya ingat” ternyata si penerima itu saya kenal dan saya datangi, lalu dia bilang dana sdh di hold pihak bank, akhirnya saya lapor lagi ke halo bca disuruh tunggu 3 hari kerja dan pas mau di buka hold nya oleh pihak bank saya di telp, lalu saya datangi penerima dan di tf balik uang saya.
            intinya kalo kita tf melalui m-bca kan harus di daftar dulu baru bisa tf antar rekening dan sebelum tf di cek dulu nama penerima apa sudah betul

            18
            1
          • 27 September 2022 - (10:40 WIB)
            Permalink

            SOP itu harus di lakukan tidak berdasarkan term dan kondisi tertentu..dan kenapa laporan penipuan bisa langsung terblokir rekening terlapor karena ada surat dr kepolisian.
            Misal nih saya salah transfer ke penulis, dan kita ga kenal, trus saya lapor BCA untuk blokir rekening penulis, apa penulis terima tiba2 rekening di blokir pdhl kesalahan ada di si pengirim dana?disini BCA hanya sebagai mediator, baiknya tanya alamat data rekening penerima, datangi sendiri, bicarakan baik2.
            Semoga kasusnya cepat selesai

            17
    • 27 September 2022 - (05:02 WIB)
      Permalink

      berbagi pengalaman ya, sy pernah terima salah transfer 7jtan, bukan nasabah yg trf tp pihak bank yg salah trf. sy dihubungi pihak bank dan diminta kembalikan. lalu sy trf balik. dari situ sy tau bank tdk serta merta bisa tarik uang di rek nasabah begitu saja walopun yg salah trf pihak bank sendiri.

      37
      • 27 September 2022 - (07:13 WIB)
        Permalink

        Mo sharing pengalaman yang sama.salah tramsfer 300k lapor BCA terus mekanismenya sama seperti TS sebutkan.sepertinya BCA cuma Mediator keputusan tetap di pihak penerima dana.sebab yang terjadi di saya pihak penerima menelpon saya meminta maaf tidak bisa mengembalikan dana tersebut karena rekening sudah tidak di pakai..buku atm dan mobile banking beliau bilang sudah lupa..ya sudah akhirnya ya saya ikhlaskan

        14
        1
      • 27 September 2022 - (10:48 WIB)
        Permalink

        @Adhi
        Saya juga maunya datangi sendiri pak. Contact si penerima sendiri. Tapi pihak bank tidak mau memberikan alamat atau nomor telefon si penerima, jadi terkesan saya dipermainkan. Saya telfon haloBCA menanyakan solusi jawab haloBCA wewenang ada di cabang penerima. Tanya ke cabang penerima wewenang ada di haloBCA.
        Mangkanya saya post di MK mengharapkan pihak bank memberikan solusi terbaik atas masalah ini. Jika memang pihak bank tidak ada respon sama sekali nantinya, sepertinya saya akan menimbang untuk melapor ke polisi dan mempercayakan polisi untuk bisa membantu saya.
        Terima kasih atas semua saran dan doa baiknya, semoga kebaikan selalu menyertai anda semua🙏

        1
        12
        • 27 September 2022 - (17:48 WIB)
          Permalink

          Klu mau tanya alamat harus ada ijin polisi pak . Karena memang sdh ada undang2 perlindungannya.

          Kemungkinan bca jga sdh berusaha menghubungi nasabah lewat telfn . Tetapi ada kemungkinan no telfn yg terdaftar d bca sdh tidak aktif.

        • 27 September 2022 - (21:27 WIB)
          Permalink

          Uang nya itu ada di rekening penerima, jd yg d untungkan itu bukan bca tp penerima,
          Knp bank ga Bs ksh data krn terkait kerahasian data nsbh.
          Yg Bs di lakukan bca, bca sbg mediator (penengah).
          Biasanya org bank sdh brusaha hub penerima,
          Terkait penerima yg ga Bisa d hubungi, biasanya banyak nsbh yg pindah alamat n ganti nomor HP.
          Jd, kl bca di tuntut n di salahkan, spt nya blm ada dasarnya.
          Tuntutan ke polisi harus ada bukti di aTAs kertas n baca kembali ketentuan waktu buka rek awal Dan pasal2 nya. Jgn krn emosi, nanti akan merugikan diri sendiri.

        • 27 September 2022 - (23:51 WIB)
          Permalink

          transfer ke saya aja agak banyakan yaa.. kebetulan alamat rumah & nomor telpon saya sudah ganti.. & klu ada email masuk pun saya pura2 tidak baca saja..

        • 28 September 2022 - (11:57 WIB)
          Permalink

          BCA tidak mungkin memberi kan alamat , ataupun nomor telpon penerima ke pada pihak manapun, karena itu melanggar aturan, kecuali dalam rangka penyidikan kepolisian. Dan itu pun yg minta data, polisi nya, bukan pelapor nya.
          Coba di balik, ketika tiba2 ada orang lain dengan motif tertentu, tiba2 minta alamat dan no HP anda ke bank dan di berikan. Apakah anda akan terima?
          Soal nomor rekening penerima, anda sudah daftarkan sebelum nya di MBCA, coba di ingat2 dulu pernah ada transaksi apa? Barangkali masih ada jejak nya yg bisa di cari sendiri..

    • 27 September 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Saya sejutu sama bung Edi, untuk kesalahan yg timbul dari nasabah sendiri dari pihak bank tidak bisa berbuat banyak. Ga bisa pihak bank semena-mena men’debit rekening milik org lain. Sudah ada aturan dan undang2nya. Makanya sebelum trsf teliti dulu no.rek dan nama penerima, sebelum pencet “OK”

      24
    • 27 September 2022 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Saya jg pernah salah transfer antar BCA .dan uangnya ngak akan dikembalikan.karena katanya pihak bca TDK punya wewenang menarik kembali uang yg salah transfer.tinggal tunggu etika baik dari pihak penerima salah transfer utk dikembalikan.itulah sesungguhnya hukum tumpul keatas tajam kebawah.banyak kejadian bank yg salah transfer kenasabah malah dipidanakan nasabah .

      3
      13
      • 29 September 2022 - (00:21 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin ya kakak…
        Tp kl dari kronologi nya ya memang salah kakak…
        Memang manusia tidak ada yang tidak pernah salah..tapi balik lagi ini memang kesalahan kakak,kurang tepat juga jika menyalahkan pihak bank. Setidak nya pihak bank sudah berusaha menghubungi penerima..

        Kalau dulu saya pernah (bukan salah transfer) tapi transfer ke rekening penipu / scammer dan menyadari setelah sudah transaksi transfer (kebetulan transaksi valas). Tp setelah menyadari (keesokan harinnya) langsung lapor dan ditanggapi dengan baik kok dan uang saya kembali walau memang butuh waktu beberapa bulan dan ada potongan biaya adm dll…

        Semoga ada solusi terbaik buat kakak. Dan jika memang tidak bisa dapatkan kembali uang nya,bisa dapat rejeki lain yang lebih baik lagi…aminnnn…
        anggap saja penerima memang orang yang sedang membutuhkan dana tersebut dan kakak sudah menjadi malaikat penolong nya karena salah transfer tersebut.
        Tetap bersyukur ya kakak….

    • 28 September 2022 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Ah emang elunya yang error,, udah tau uang itu berharga walaupun jumlahnya kecil,, orang mah periksa lagi dong waktu trf.

      Waktu lu mau transfer kan harus daftar nomor rekening dulu, lah itu udh muncul nama penerima dana nya siapa,, masa ga lu baca???

      Waktu mau transfer juga lu kan mesti pilih nomor rekening yg mau dituju dan ADA NAMANYA yang lu BACA LAGI.

      Terus waktu mau transfer juga ada KONFIRMASI NAMA PENERIMA dana yg mau lu transfer.. Masa iya ga dibaca?

      Lu transfer sambil merem/ mabuk apa gimana?

      Murni kesalahan anda bosque, bukan pihak bank. Jadikan pelajaran. Ini berarti anda ga menghargai uang anda walaupun sekecil itu. Kalau anda menghargai nya, pasti anda jaga dan teliti!

    • 28 September 2022 - (21:41 WIB)
      Permalink

      Saya pernah dapat transferan masuk dari orang tidak dikenal, kira2 uang nya ratusan juta. Bukti nya masih ada. Tapi tidak ada pihak dari Bca konfirmasi ke saya, tidak ada telepon atau email ke saya dari pihak Bca. Lalu 1 hari atau 2 hari kemudian uang nya langsung ditarik oleh Bca kok. Tanpa persetujuan saya. Kenapa kasus bapak Husein tidak bisa seperti saya? Bca kok sekarang parah.. tolong bantu customer dengan cepat dan baik. Thanks

    • 27 September 2022 - (05:22 WIB)
      Permalink

      Gatau sih tapi situ kesannya maksa, temen saya yang tinggal didaerah disana ga ada RT nya, jgn menyama ratakan sama yg dikota.

      Apalagi ga ada surat dari polisi, mana berani BCA blokir org. Coba datengin kantor BCA terus marah2 berani gak?

      Disini udh jelas situ yg salah, tapi malah seakan itu salah BCA yg ga bisa balikin duit situ, btw gua bukan user BCA jadi ga maksud bela pihak apapun.

      31
      1
      • 27 September 2022 - (07:48 WIB)
        Permalink

        Saya bales komentar yang ini. Saya emang bukan pengguna BCA, Maksud dari hasil jerih payah yang di ikhlaskan ke bank yang sudah kaya itu bagaimana? Apakah anda transfer ke rekening perusahaan BCA?? itu kan sudah masuk ke nomor rekening tujuan penerima , yang untuk itu bukan bank. Yang untung itu yang anda transferin, dapat duit nyasar.
        Jadikan pembelajaran saja kalau salah transfer seperti itu, jangan menyalahkan Bank,

        22
  • 26 September 2022 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Murni kesalahan anda, BCA tidak punya wewenang terhadap dana yg anda salah tranfer tersebut, yg bisa BCA lakukan hanya meditasi antara pengirim dan penerima dana, dan sialnya penerima dana tidak bisa di hubungi, kalaupun bisa di hubungi jika penerima dana tidak bersedia memberikan kontak/nomor hp nya kepada anda maka BCA tidak akan memberikannya kepada anda, di bank manapun prosedurnya akan seperti itu, bukan hanya di BCA, jadi jarusnya kita lebih hati hati lagi jika mau melakukan tranfer ke orang lain

    51
    1
    • 26 September 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Apakah suatu lembaga bank tidak teliti dengan data nasabahnya sampai alamat rumah nasabah tidak ketemu itu bukan suatu kesalahan??

      74
      • 26 September 2022 - (18:42 WIB)
        Permalink

        apa BCA harus datangi satu per satu nasabah yang mau buka rekening? lain kali periksa dulu nomor rek sama nama nya.

        43
        1
        • 26 September 2022 - (18:46 WIB)
          Permalink

          Kok buka rekening? Datangi satu satu?? Kan sudah tertera nomor rekening si penerima. Artinya cuma ada 1 orang yang megang rekening tersebut.
          Coba dibaca yang bener dulu bu baru komentar

          65
          • 27 September 2022 - (07:59 WIB)
            Permalink

            Salah sendiri, yang di salahkan Bank.
            Padahal meskipun NAMANYA PENERIMA sama , nomor rekening kan berbeda?? Disitu kan sudah tersedia KOLOM untuk memasukkan nomor rekening, setelah masukkan nomor rekening ada konfirmasi dulu apakah sudah benar nomor rekening tersebut beserta namanya. Baru masukkan PIN. Padahal tadi sudah bilang kalau manusia itu wajar dari kesalahan, itu emang benar, tapi tidak berhak untuk kesalahan dari sendiri di lempar ke pihak lain karena kesalahan sendiri, itu tinggal nunggu kebaikan dari pihak penerima dana saja, dan BCA tidak akan mengembalikan, kalau BCA mengembalikan dana ANDA terus orang yang Anda transferin itu saldonya tidak di ambil BCA. saya juga akan coba transfer ke keluarga saya dengan pura2 salah transfer, biar di balikin juga + saldo yang saya transfer ke keluarga saya masih utuh..awok2

            25
            1
      • 26 September 2022 - (19:39 WIB)
        Permalink

        Data alamat saat pembukaan rekening dengan saat skrg belum tentu sama. Kecuali jika nasabah tsb memiliki kartu kredit bank yg sama, biasanya nasabah tidak perlu lapor ke bank kalau sekedar punya rekening tabungan aja (beda dgn KK yg mesti update kalau tidak mau kartu pengganti nyasar). Saya aja alamat ktp beda dgn alamat domisili. Terlebih sejak e-ktp diberlakukan seumur hidup, banyak yg seperti itu. Semoga anda nyasar transfer nya ke orang yg jujur dan sedang tidak terlilit hutang/butuh duit utk makan, jd masih besar harapan bisa balek dananya. Secara berkala hapus daftar transfer yang tersimpan (yg sekiranya hanya 1x transaksi / tidak kenal langsung), seandainya terulang kembali, minimal kita punya contact hp orgnya lsg.

        28
        • 26 September 2022 - (19:43 WIB)
          Permalink

          Atas laporan BCA tim terkait sudah datang ke alamat dan tanya RT. Saya tanya jawab RT bagaimana BCA tidak menjawab. Dari situ saya heran.
          Aamiinn terima kasih doanya pak, doa bapak baik semoga kembali ke bapak juga

          1
          31
      • 27 September 2022 - (03:15 WIB)
        Permalink

        Ya ga bisa gitu donk masbro.

        Nasabahnya kan bukan ente doank.

        Makanya teliti sebelum trf

        Dlu jg saya pernah salah trf , mau gmn lg

        Ikhlasin aja.

        24
      • 27 September 2022 - (11:43 WIB)
        Permalink

        Mas², buka rekening itu g selalu perorangan, bisa kolektif, jgn kan alamt rumah, kadang mmn aja g da, itu murni kesalahan nasabah, pihak bank d bank manapun itu cuma bantu mediasi, g bisa main asal blokir, main asal debet dana nasabah lain tanpa persetujuan pemilik rekening, atau ada perintah pengadilan dan lembaga yg berwenang lainnya. Kasus kyk gni g cuma satu dua, g cuma d bank ts. Itulah gunanya ada halaman konfirmasi disetiap transaksi, klau peraturan bank harus ngikutin maunya ts y gmn, ntr dkit² org slah tf, rekening tujuan yg g tau menahu d blokir. Ckup sabar, tunggu proses, klau pihak penerima g terkonfirmasi ydh dananya stay d rekening tsb, klau ts mau manjangin masalahnya lapor polisi, lanjut pengadilan, tunggu putusan pengadilan ngasih wewenang k bak terkait utk debet dana tsb. Mdh²n jd pembelajaran agar selalu cermat, teliti, jgn buru² d setiap transaksi.

      • 28 September 2022 - (14:06 WIB)
        Permalink

        Emang alamat ktp selalu sama dengan alamata tinggal,
        Posisi menirut hukum saat ini uang itu bukan lagi uang kamu karena sudah kamu transfer ke orang lain
        Banyak kejadian salah transfer
        Tapi gak ada yang nyalahin bank segitunya gak kayak kamu,
        Pakai bilang bca nahan uang kamu

        Woii sadarr itu bukan uang kamu lagi karena sudah kamu transfer ke orang lain

    • 27 September 2022 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Jadi gini bro yg salah itu di pihak pengirimannya harusnya sebelum kirim bisa di kroscek lagi nama penerima dan no rekening penerima yang paling penting karena kalau sudah lewat mobile BCA semua transaksi menjadi tanggung jawab nasabah itu sendiri. Pihak bank pun pasti punya peraturan nya dan pihak bank pun juga tidak bisa semerta merta untuk meng autodebet dana tersebut dari nasabah tanpa ada konfirmasi, seandainya itu dilakukan BCA juga menyalahi aturan dan bisa kena kasus hukum juga bro. Jadi sebelum kirim dana baiknya di kroscek ulang ulang bro teliti di angka kalau nama sama
      Sekian

      14
  • 26 September 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Anda yang salah transfer kok Bank yang dikecam? Sebelum kecam pihak lain, kecam dulu diri Anda sendiri, kenapa Anda bisa salah transfer? BCA tidak menahan uang Anda, tapi sudah masuk ke rekening penerima.

    Makanya, sebelum transfer pastikan dulu nama dan rekening penerima, sudah benar belum? Kalau anda sudah transfer, uang Anda sudah berpindah ke rekening penerima. Untuk mengembalikan uang Anda, bank harus mendapatkan persetujuan dari penerima. Paham gak?

    36
    2
    • 26 September 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      oh iya 1 lagi,sy pernah topup pulsa via tokopedia ke nomor penipu sebesar 200ribu,sy di telpon pihak toped menanyakan tektek bengek kronologi,tapi endingnya apa si dia cuma memblokir agar nomor tersebut tidak bisa daptar aplikasi,kalau masalah saldo dia gk mau balikin karena di anggap sy dengan sadar mengirim pulsa tsb. sama hal nya sg paypal,jual beli paypal itu di larang

      18
  • 26 September 2022 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Heh BCA itu ngehold uang saya di rekening penerima, kok anda bilang bank ga nahan uang saya. Anda tau apa disini? Yang rugi itu saya. Anda disini klo cuma bisa menyalahkan aja gabisa ngasi solusi mending diem, coba misal diposisi saya anda ngelakuin apa?

    Gimana mau dapat persetujuan klo si penerima gabisa dihubungin? Alamat aja ga nemu. Salah siapa disini klo sampe alamat aja ga ditemukan. Yang punya data si penerima siapa? Bapakmu?? Udah paham blum sampai sini?
    Anda ini nasabah juga apa bukan? jikalau anda dirugikan bank yang mendukung anda siapa kalau bukan sesama nasabah? Bukannya saling membantu malah nyalahin sesama. Orang seperti anda ini kalau jadi pejabat bakal bahaya, ngeliat rakyatnya susah jawab anda “siapa suru nyari kerja yang gaji dikit”. Begitu ya?
    Dapat bayaran berapa anda??

    2
    83
    • 27 September 2022 - (21:35 WIB)
      Permalink

      Uang nya itu ada di rekening penerima, jd yg d untungkan itu bukan bca tp penerima,
      Knp bank ga Bs ksh data krn terkait kerahasian data nsbh.
      Yg Bs di lakukan bca, bca sbg mediator (penengah).
      Biasanya org bank sdh brusaha hub penerima,
      Terkait penerima yg ga Bisa d hubungi, biasanya banyak nsbh yg pindah alamat n ganti nomor HP.
      Jd, kl bca di tuntut n di salahkan, spt nya blm ada dasarnya.
      Tuntutan ke polisi harus ada bukti di aTAs kertas n baca kembali ketentuan waktu buka rek awal Dan pasal2 nya. Jgn krn emosi, nanti akan merugikan diri sendiri.

    • 27 September 2022 - (23:47 WIB)
      Permalink

      BCA itu hanya bisa HOLD dana di Penerima agar dana itu juga tidak bisa diambil oleh Penerima. Dan BCA tidak bisa main asal ambil dana yg salah transfer itu dan di kembalikan ke Pemilik. Autodebit aja harus membuat pernyataan dri Nasabah,di luar dari itu pihak bank ga akan pernah main asal debit aja. Anda menyimpan Norek tersebut dlm daftar rekening transfer. Berarti anda kenal dong dengan orang tersebut..??? Saya pernah kejadian transfer ke orang,yg ternyata adalah penipu. Sblm saya transfer,saya melakukan chat via WA kemudian saya transfer dana sesuai kesepakatan. Setelah saya tau bahwa saya tertipu,saya menghubungi pihak BCA untuk mem freeze / hold no rek tersebut,tentu nya dgn persyaratan yg komplit. Akhir nya pihak BCA meng HOLD / Freeze norek tersebut,selang 1 minggu no wa penipu itu menghubungi saya via WA. Meminta saya untuk mencabut laporan saya agar uang yg ada di rekening nya bisa diambil / melakukan transaksi. Dri sini pihak BCA jika sdh membekukan norek,artinya tidak akan bisa melakukan transaksi pd norek tersebut. Sampai saat ini pun uang saya tidak bisa kembali dan norek penipu tersebut masih dalam kondisi di bekukan oleh pihak BCA. Sampai sini paham.???

    • 27 September 2022 - (23:53 WIB)
      Permalink

      kalau pada awalnya Anda yang salah, coba maju sebagai orang salah, jangan mencak2 begini dong..

  • 26 September 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    udah tau salah transfer, kok malah marah marah? padahalkan situ sendiri yg toledor,, emang gak liat dulu nmr rekening orang yang dituju? wlpn namanya Sama, tapi nmr rekening pasti beda,,
    ini kena tipu kah ?

    34
    • 26 September 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Bukan salah salahan disini. Gunanya media konsumen itu konsumen berharap permasalahannya ditanggapi oleh pihak terkait. Dicari solusinya karena konsumen merasa tidak dapat keadilan.
      Semua orang pernah ngelakuin kesalahan.
      Saya berharap solusi dan penyelesaian dari bank terkait bukan ngambang tidak ada penyelesaian.

      4
      47
      • 26 September 2022 - (21:23 WIB)
        Permalink

        emang mao keadilan yg bagaimana? kan disini murni kesalahan anda,, Bank BCA mah cuma phak ke 3,, kecuali kalo uang di atm sanda tiba² ilang tanpa sebab, nah baru deh komplen ke BCA nya..

        coba kalo kasusnya dibalik,, ada orang yg salah transfer ke rekening anda, apakah anda bakalan langsung balikin uangnya ? apakah anda bakal yakin klo tiba² ada yg nelpon kalo itu dr pihak bank?

        28
        2
        • 26 September 2022 - (21:40 WIB)
          Permalink

          Keadilan untuk mengembalikan uang saya lah, orang itu uang saya dan hak saya kok untuk mengecam. Dan bank sebagai lembaga yang berani membuka wadah masyarakat untuk menyimpan uang ya wajib bertanggung jawab untuk mengatasi segala permasalahan nasabahnya terkait menggunakan fasilitas dan layanannya. Bukan malah lepas tangan, ini case bukan hal yang sulit dan sangat mudah jika bank mau bergerak untuk mencari solusi. Misal uang anda ditahan orang lain anda terima ga? Saya kerja untuk anak istri kok mau dihibahkan ke bank?

          Udah jelas yang menghubungi pihak penerima itu nomor HaloBCA yaitu 1500888. Kok masih meragukan pihak bank atau bukan, pun BCA klaimnya sudah meng email si penerima. Jadi gaada alasan apapun lagi. Klo mau ditanya saya bakal mengembalikan atau ngga? 100 rupiah pun saya ga pernah ngambil sesuatu yang bukan milik saya.
          Jadi tolong pertanyaan anda ini ga apple to apple.

          52
          • 26 September 2022 - (21:48 WIB)
            Permalink

            masalahnya kan dari anda, dan anda minta solusi? kalo gitu knp gak anda ajah yg nyari tuh alamat penerimanya, anda bilang bCA sudah mengemail si penerima untuk mengembalikan uang anda, tapi balik lagi ke si penerima itu mau balikin apa nggak, dan kalo emang anda mao cepet coba deh lapor polisi dulu, jelas²in sedetail²nya buat bukti ke BCA supaya dibuka alamat sipenerima.

            dan 1 lagi wlpn telpon asli langsung dr BCA, gak semua orang langsung angkat, apalagi nmr yg gak dikenal, sy jg yakin klo sanda ada nmr tlpn yg gk dikenal pasti gak buru² diangkat

            35
            1
          • 26 September 2022 - (22:03 WIB)
            Permalink

            Antum yang salah trus kenapa antum yang marah2? Dasar bahlul. Hadeuuhhhh

            38
            1
  • 26 September 2022 - (20:24 WIB)
    Permalink

    coba bikin laporan polisi, rasanya ada undang-undang yang mengatur salah transfer. Mungkin jika ada surat polisi BCA berani mendebet langsung.

    22
    • 28 September 2022 - (01:07 WIB)
      Permalink

      Coba anda ada di posisi si penerima dana salah transfer, lalu tiba2 rekening anda diblokir oleh pihak bank kira2 enak ga tuh ga ada konfirmasi sebelumnya. Dan disini anda tidak bisa menyalahkan bank karena transaksi tersebut dianggap sah karena secara sadar anda telah memasukkan PIN transaksi m-banking dan berhasil. Sudah bagus bank mau membantu sebagai mediator anda & si penerima dana walopun belum berhasil dihubungi. Dan pihak bank tidak bisa begitu saja memberikan data pribadi si penerima.

  • 26 September 2022 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Saya suka baca MK Krn seru liat komentar2 yg saling serang satu sama lain 😂😂..
    Apalagi ada perdebatan yg tiada ujung nya,,, seru deh pokoknya 😂😂

    28
    2
    • 27 September 2022 - (05:30 WIB)
      Permalink

      Apalagi kalau TS nya model gini, yang minta rekening penerima dananya diblokir hanya supaya telepon atau kontak dari bank direspon. Salah sendiri trus pakai menyusahkan orang yang ngga tahu menahu. Sebagai pembaca tadinya kasian jadi gregetan dan pingin ketawa sekaligus geleng-geleng kepala.

      33
      1
    • 27 September 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Anda salah transfer kok salahin pihak bank, pihak bank sudah benar membantu anda melakukan mediasi…

      Jika belum ada hasil, ya sabar penerima belum bisa di hubungi

      Jangan salahin bank, tapi salahin anda sendiri..

      12
  • 26 September 2022 - (20:45 WIB)
    Permalink

    sy juga daptar rekening via BCAmobile secara gratis tanpa harus ke cabang,dan untu berjagajaga sy juga membuat kartu ATMnya secara online,tertulis biaya pencetakan plus ongkir sebesar Rp 40.000 telah di bayarkan,tapi sampai saat ini tak kunjung datang itu kartu atm udah berbulan bulan,alasanya alamat tidak di temukan.Mau komplen harus tlp CS keluar pulsa maleslah dan malu juga uang gak seberapa

    4
    1
    • 26 September 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Pake aplikasi Halo BCA bisa bu. Telfon sepuasnya gratis hanya memakai internet/wifi aja.
      Tinggal download aplikasinya

      1
      15
    • 27 September 2022 - (01:07 WIB)
      Permalink

      Install pak hallo bca di play store maka gratis anda kontak hallo bca. Sejauh ini (22 tahun) pakai bca pelayanan memuaskan. Di banding bank lain.

  • 26 September 2022 - (21:55 WIB)
    Permalink

    @Jopa kalau si penerima tidak mengembalikan saya bisa lapor polisi dan ketemu delik hukumnya. Permasalahannya disini uang saya itu ditahan BCA, dan BCA seharusnya tidak punya wewenang untuk ngehold uang nasabah. Karena itu uang nasabah bukan uang BCA.

    Sudah jelas yang telfon nomor haloBCA yaitu 1500888, sudah di email, tapi tidak dijawab si penerima kok. Ini karena si penerima tidak tau, BCA harus ambil tindakan agar si penerima notice permasalahan ini.

    28
    • 26 September 2022 - (22:19 WIB)
      Permalink

      Uang anda bukan di BCA gan, tapi di penerima. Bank BCA ga bisa seenaknya main debet rekening nasabahnya, terus langsung ditransfer ke rekening anda. BCA tidak tahan saldo penerima. Bisa aja ketika anda salah transfer, si penerima langsung tarik semua uangnya, BCA bisa apa? Sama aja misal penipuan kirim uang, kan bank ga bisa seenaknya main debet rekening penipu langsung ditransfer balik ke rekening korban. Menurut pihak bank anda secara sadar mengirim uang ke orang lain, dan itu sama bank dianggap transaksi valid. Beda kalo misal anda setor tunai, uang masuk tapi saldo ga bertambah, ini bisa diganti sama pihak bank.

      29
      • 26 September 2022 - (22:28 WIB)
        Permalink

        Uang saya di rekening penerima tapi di hold oleh BCA gan. Klaimnya BCA jelas bilang “uang bapak sudah dilakukan penundaan transaksi oleh kami pak jadi semacam di hold di rekening penerima” si penerima ga akan sadar bahwa ada uang nyasar masuk di rekeningnya gan. Disatu sisi mungkin nomor si penerima udah hangus semua, dan alamat sudah pindah. Lantas bagaimana si penerima melakukan laporan atas uang nyasar ini? Masuk di rekeningnya aja ga keliatan.
        Satu satunya tindakan yang seharusnya dilakukan BCA menurut saya ya rekening penerima diblokir. Agar si penerima notice dan gabisa transaksi lalu melapor ke BCA. Baru bisa dilakukan mediasi

        28
        • 27 September 2022 - (01:04 WIB)
          Permalink

          Yg salah anda, kenapa orang lain yang dibuat repot dgn memaksa BCA harus diblokir rekeningnya ?

          KALAU SEANDAINYA saya jadi orang yang dapat salah transfer dari anda, mungkin saya tidak akan mau transfer kembali kepada anda. Saya akan memaksa anda mengambil uangnya secara CASH langsung ke tempat saya. Krn sudah membuat repot sampai memblokir rekening yang bahkan mungkin mengganggu banyak transaksi lainnya

          Pantas lah orang cabang jawabnya kesal begitu.
          Pdhal di email udh dijelasin, mereka cuma sbgai perantara dan duit bs kembali jika ada itikad baik dari yang nerima

          36
          • 27 September 2022 - (01:45 WIB)
            Permalink

            Karna dengan blokir si rekening penerima dia baru bisa notice bahwa ada uang nyasar ke rekening dia. Itu solusi dari saya, Klo ga gitu apa anda punya solusi lain? Ga ada kan??

            Repot apanya tinggal transfer balik?
            Kalau si penerima langsung merespon ga akan jadi serumit ini. Anda ini kan berfikir bukan diposisi saya mangkanya ngomong seenaknya anda aja. Itu uang 3,6 sekian yang saya cari pake usaha saya sendiri, Yang mengontrol dan ngehold uang saya itu BCA, saya tanya sekarang ada wewenang apa BCA ngehold uang saya di rekening penerima? Uang anda saya hold mau ga?? Saya lebih ikhlas ngasih uang saya ke si penerima dengan status jelas disini daripada ditahan oleh BCA tanpa kejelasan dan kepastian sampai kapan.
            Anda ini ga pernah kan diblokir secara sepihak oleh bank karna dituduh menipu? SAYA PERNAH. Ketika sudah tidak terbukti menipu rekening saya baru dibuka, berapa lama saya dirugikan oleh pihak bank karena tindakan bank yang semena mena itu? dan saya request mau dimediasi oleh si pelapor yang menuduh saya menipu pihak bank tidak menjembatani. Lantas tugas bank disini apa? Cuma hanya memastikan bank tidak rugi gitu kan??
            Jadi yang saya tekankan disini saya ingin BCA tegas sikapnya bukan saya disuru nunggu tanpa kepastian, orang nyari alamat penerima aja gabisa kok.
            Tugas bank itu melayani dan membantu nasabahnya, bukan malah kesel.
            Kalau misalkan uang saya memang ga dikembalikan ya gapapa, saya akan tagih di akhirat nanti. Siapa yang kena? Ya pihak yang menahan uang saya. Simple

            3
            39
          • 27 September 2022 - (07:46 WIB)
            Permalink

            Ngarang terus husein, makin ngaco balasannya

            Orang bodoh mana yang rekeningnya pernah diblokir sepihak dan merasa dirugikan tetapi masih menggunakannya sampe detik ini

            Ente kadang² ente

            20
    • 27 September 2022 - (06:52 WIB)
      Permalink

      bca ngehold dana jika si penerima akan bertransaksi keluar sehingga si penerima akan mengajukan komplain ke bca, bru bca bisa proses kenapa tdk bisa bertransaksi.. bukan ngehold saldo di rekening bang… apalagi jika rekening nya sudah kosong.. coba baca yang benar dari tanggapan bca

      12
    • 27 September 2022 - (23:56 WIB)
      Permalink

      silakan lapor polisi Pak.. & tolong kabari kami para pembaca jika Bapak bisa menang & benar secara hukum.. kami tunggu Pak..

    • 28 September 2022 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Wheela yg harus kamu pahami setelah kamu transfer secara aturan itu bukan uang kamu lagi, pakai nuduh uang kamu ditahan bca segala,

  • 26 September 2022 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Jika terjadi salah transfer ada SOP sendiri. Bank harus minta klarifikasi dari penerima dulu dan konfirmasi ke penerima jika ada salah transfer. Bank gak bisa main tarik kembali uang yg di transfer karna itu transaksi sah. Kalau bank main tarik aja tar semua orang bisa seenaknya udah transaksi lalu minta bank tarik kembali duitnya. Kacau kalau begitu. Makanya sebelum masukin pin dicek dan ricek kembali akun penerimanya.

    16
    • 26 September 2022 - (22:18 WIB)
      Permalink

      Saya paham. Dari tgl 3 saya nunggu. Bank juga bilang minta waktu 10 hari. Saya udah nunggu lebih dari waktu yang diminta tapi jawab bank si penerima gabisa dihubungi dan alamatnya tidak ditemukan. Terus siapa yang bisa nyari si penerima kalau bukan pihak bank yang punya data si penerima? Intinya BCA disini harus punya solusi Terhadap semua permasalahan nasabahnya. Bukan malah lepas tangan. Ada RT di alamat penerima masa gabisa ditanya kan aneh sampe sekarang ga masuk di akal saya alamat nasabah kok bisa ga ditemukan

      29
  • 27 September 2022 - (00:45 WIB)
    Permalink

    Hilang simpati saya setelah melihat bukti komplain beliau di email BCA, Terkesan memaksa bukan meminta bantuan

    Setelah baca komentar juga, saya melihat bahwa beliau sama sekali tidak merasa kelalaiannya adalah satu kesalahan.

    Soal alamat, saya rasa ga semua alamat memiliki RT sejenisnya, contohnya di daerah saya. Bahkan nomor rumah saja tidak ada. Hanya ada nama jalan saja

    BCA & Seluruh perbankan ga ada 1 pun yang bisa semudah itu mengembalikan dana salah transfer krn kesalahan sendiri bukan sistem, benar kata @squall jika hal tersebut sangat mudah. Bakalan banyak orang yang habis transaksi minta balik dana dgn alasan salah transfer kya beliau ini.

    Anda minta dilindungi dan dilayani juga diberikan solusi hnya krn menganggap diri anda seorang nasabah.

    Lantas bagaimana nasabah yang menerima dana salah transfer anda ? Apakah orang tersebut tidak layak mendapat perlindungan dari BCA ? Apakah orang tersebut bisa diperlakukan semena mena oleh BCA ? Dgn cara di debet paksa, bahkan mengganggu waktunya ?

    31
    • 27 September 2022 - (03:47 WIB)
      Permalink

      Siapa bilang seluruh perbankan gabisa?
      Permata bisa kok. BNI pun bisa.
      Sodara saya sendiri yang pernah dapet masalah serupa. Jawaban dari mereka “kita gabisa nahan uang nasabah terlalu lama” dan saya sangat setuju ucapan itu.
      Akhirnya disuru bikin surat pernyataan lagi beserta bukti2 yang ada clear masalah. Apanya yang harus diribetin??

      29
      • 27 September 2022 - (07:52 WIB)
        Permalink

        Mulai karangan bebas lagi ente nih
        Kalo permata & bni bisa dengan mudah
        Narik dana kembali, brti buanyak orang yang bertransaksi kena tipu
        Habis beli barang online, setelah dikirim langsung buat laporan salah kirim kmudian duit balik
        Wah enak banget buat menipu berarti

        Saran dari ane, mending ente baca deh surat pembaca sebelumnya yang ngaku salah transfer pake BRI. Noh ente baca pelan², gimana cara minta tolong yang bener.

        https://mediakonsumen.com/2022/09/05/surat-pembaca/mohon-bantuan-mediasi-terkait-masalah-salah-transfer-ke-sesama-rekening-bri

        13
        • 27 September 2022 - (09:02 WIB)
          Permalink

          Gausah bilang karangan bebas bro. Sampai saat ini orangnya ada nih klo mau nanya silahkan aja, saya saksi hidupnya. Buat apa ngarang cerita bro? Mangkanya ente belum pernah ngerasain diblokir sepihak sama bank sih jadinya ngotot gajelas aja😃
          Gausah ngajarin saya minta tolong, dari awal saya telfon haloBCA ngomong baik-baik, saya datang ke cabang pun baik baik. Tetapi karena tingkah bank yang seolah tidak mempertahankan asas Know Your Customer jadi saya kesal. Ini uang saya bro saya yang punya hak atas uang ini oke.

          22
          • 27 September 2022 - (09:11 WIB)
            Permalink

            Ga salah kata komen yg bawah

            ” TROUBLE MAKER ” wkwkwk

            11
            1
          • 28 September 2022 - (01:19 WIB)
            Permalink

            yg salah siapa yg disalahin siapa, udeh lu udah salah, jangan ngerasa sok bener terus, inget2 aje itu siapa, kn bisa tf berarti udah terdaftar, klo terdaftar berarti seengganya pernah transaksi tf kn, inget2 lg tf ke siapa, transaksinya apa, datengin aja atau kontak langsung orangnya,jangan seoalah2 bank bisa ngatur dan lo bisa seenaknya bro, sekarang klo uang udah diterima dan langsung di tarik penerima trus uangnya udah di pake buat beli beras sama spp anaknya, pihak bank yg harus ganti? ikhlasin aja duit kecil

  • 27 September 2022 - (01:44 WIB)
    Permalink

    @Husein
    Pak, gini aja daripada pusing ngandelin teamnya halobca mending bapak dtg ke KCU terdekat. Sukur2 bisa ke pusat.
    Biasanya solusinya cepet pada hari itu juga kelar kalau masalah salah transfer.

    Ngandelin CS online lama aksinya karena mereka juga nunggu analis..bulak-balik nanya progressnya. Cs online dimana, analis dimana.

    Soalnya sy jg pernah ngalamin yg sama cuma sy sbg penerima dana salah transfer sesama BCA.

    Ok bisa dicoba ke KCU semoga cpt kelar urusannya.

    • 27 September 2022 - (01:46 WIB)
      Permalink

      Sudah pak saya udah datang. Tapi jawab mereka wewenang ada di haloBCA. Ketika saya tanya haloBCA jawabnya wewenang ada di cabang si penerima.

      11
      • 27 September 2022 - (02:38 WIB)
        Permalink

        Hmm aneh, seharusnya pihak bank melihat referensi UU No.3/2011.

        Seyogyanya pihak bank membatalkan transfer setelah mendapat keterangan yg valid.

        Yang saya khawatirkan anda bisa menjebloskan si penerima ini kedalam jeruji besi. Kan jadi tambah ruwet. 😩

        Lha kok bisa? Bisa. Ada di pasal 85 UU 3/2011. Makanya sy dl waktu nerima salah transfer buru-buru request tolakan transfer.

        2
        2
        • 27 September 2022 - (03:36 WIB)
          Permalink

          Mangkanya itu pak. Saya juga aneh ngeliat ini bank kok ga ngasi kepastian apapun. Saya melapor tapi malah seperti dipermainkan. Saya disuru nunggu pihak penerima untuk merespon yang sejatinya pihak bank tidak mampu untuk menghubungi si penerima. Padahal saya sudah ngasih bukti yg jelas semua ada. Telfon haloBCA jawab mereka wewenang ada di cabang KCU penerima, saya ke KCU terdekat jawab mereka wewenang di haloBCA.

          Saya pun sudah menawarkan apa perlu saya buat surat pernyataan yang seandainya disuatu hari nanti si penerima protes ke BCA merasa tertipu atau uangnya hilang, saya siap ganti 2 kali lipat. Kenapa saya sepede itu? Karna memang ini murni salah transfer yang seharusnya mudah untuk dicari solusinya.
          Tetapi pihak bank tetap dengan prosedurnya. Itulah sebab saya kecewa dengan BCA, kok gaada rasa peduli dan ga berusaha mencari solusi terhadap case ini. But anyway, semisal BCA tetap gamau mengembalikan uang saya yowes gapapa biar mereka tanggung di akhirat aja lah🙂

          16
  • 27 September 2022 - (04:00 WIB)
    Permalink

    @ Cecep
    Betul sekali gan, mereka nganggep seolah olah yang dia bela ini Tuhan. Saya geleng geleng kepala ngeliatnya kok sampe segitunya ngebela, kompak lagi. Digaji kali ya😂

    23
    • 27 September 2022 - (04:16 WIB)
      Permalink

      TS adalah contoh manusia Buruk Muka cermin yg di belah. Tipikal manusia yg punya kesalahan tapi tdk mau mengakui kesalahan dan malah menyalahkan orang/pihak lain. Dh itu aja koment saya.

      Saya pernah salah transfer dan akui itu murni kesalahan saya, nominal di atas 50 juta. Telp ke BCA proses hampir sebulan. Sabar dan tetep update dg sopan. Alhamdulillah dana kembali.

      39
      1
  • 27 September 2022 - (04:44 WIB)
    Permalink

    situ yg buat kesalahan , lalu nyalah nyalahin sana sini mati matian, sy tegaskan aja dana gak bakal balik kalo penerima ga bs di hub dan ga mau ngebalikin, itu murni kesalahan anda, penerima punya hak mutlak memakai dana direkening pribadinya

    salah apa sengaja ngaku salah setelah ada suatu hal, itu sulit dibuktikan

    apalagi sebelum transfer m-bca itu ada PROSES BERJENJANG, mulai dr mendaftarkan rek lebih dulu , konfirm nama, masuk pin

    saat mau transfer jg muncul kembali konfirmasi berjenjang berupa konfirmasi rek tujuan, nama, dan pin

    aneh aja bisa salah

    15
    • 28 September 2022 - (15:04 WIB)
      Permalink

      betul dengan penjelasan nya Pak Albert, saya setuju.

      Saya pengguna BCA juga, setiap transaksi ada step by step nya, sebelum masukkan pin.
      Saran dari saya untuk Pak Husein, lebih teliti lagi ya Pak setiap bertransaksi. Karena ketika anda memasukkan Pin mbca dan klik OK artinya anda setuju dan bertanggung jawab penuh atas transaksi tsb.

  • 27 September 2022 - (05:32 WIB)
    Permalink

    inilah penting nya ketelitian jgn asal pencet OK aja ente yg jelas2 salah kok Bank nya dipaksa suruh tanggung jawab ente waras bank jg punya SOP ga bs blokir seenak nya aja dan uang ente di Hold transaksi jangan maksa bank ya kalau itu beneran uang ente kl bukan semua prosedur bank mutlak sesuai aturan ga bisa seenak nya aja ente ngatur bank harus ini harus itu wkwkwkwkwkw kocak sumpah ya semoga uang ente bisa kembali dan BCA jg cepat tanggap menyelesaikan masalah nya

    • 27 September 2022 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Betul bro, kalo bank asal main blokir dana nasabah ntar gantian masalah antara penerima dana dgn bank BCA. Nasabah bisa menuntut balik ke bank yg asal main blokir. Gw baca koment TS kok lucu, dia seenaknya minta blokir, skg coba aja dibalik kalo tiba2 rekening nya diblokir tanpa sepengetahuan dia gimana??

      11
      • 27 September 2022 - (07:56 WIB)
        Permalink

        Si ts ngaku rekeningnya pnah diblokir spihak krna dituduh nipu
        Yang saya heran, orang bodoh mana masih menggunakan bank yang sama jika rekeningnya pernah diblokir sepihak spti itu

        12
        1
        • 27 September 2022 - (13:31 WIB)
          Permalink

          Udah ketemu kan orangnya.. Udah pernah diblokir sepihak masih aja mau pake layanannya.. Nyata..

  • 27 September 2022 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Bang….
    buat laporan ke polisi aj….
    “Pemakaian Dana yang bukan milik”
    ntar mngkin d mediasi/ d pertemukan dg BCA terdekat….
    bru minta d pertemukan dg penerima Dana/ transfer….

  • 27 September 2022 - (07:29 WIB)
    Permalink

    Kalau ada yg salah TF ke Anda, Anda mau rekeningnya diblokir? Orang lain juga punya urusan, kalau dia sedang butuh tiba-tiba tanpa sebab diblokir gimana? Yg lucu sebenernya boleh aja mengusahakan uang balik, namanya juga uang sendiri, tapi yg lebih lucu lagi marah-marahnya itu lho, wkwkwk 😂

    10
    • 27 September 2022 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Yang marah siapa om?😂
      Santai kali saya mah. Liat mukamu tu tegang banget, santai aja om wkwkwkkw🤣

  • 27 September 2022 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Untuk kedepan nya, hapus semua daftar nomor rekening tujuan.
    Masukan secara manual saja.
    Save rekening keluarga aja yg sering ditransfer

    • 27 September 2022 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Kalo pegawai bcanya yg salah transfer, pasti tuh si penerimanya dikejar2 sama bank ny dan bisa dipolisikan. Udah ada yg kejadian kyk gitu. Tp kalo nasabahny yg khilaf kyk gini mana mau mrka bantu. Apalagi kalo diliat nominal nya kecil.

      1
      10
      • 27 September 2022 - (11:10 WIB)
        Permalink

        Kalo nominal gede pasti balik. Saudara pernah 200 jtan sehari balik. Cman kalo kecil mungkin di remeh kali ya

        2
        1
  • 27 September 2022 - (07:36 WIB)
    Permalink

    Masak gak tau no rek siapa yg terdaftar di m-banking , kalo ada di m-banking berarti pernah transaksi kan

    • 28 September 2022 - (23:14 WIB)
      Permalink

      Emang pernah mba. Atas nama Zulkarnain dulu pernah jual kripto ke saya. Jadi sudah masuk di daftar transfer saya. Trus ada lagi yang jual ke saya atas nama Zulkarnain. Mangkanya saya kira orang yang sama karna nama bener” persis dan gaada embel embel apapun.

  • 27 September 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Ini susahnya kalau yang melakukan kesalahan dari orang yang tidak paham sistem dan alurnya. Sudah jelas kesalahan dilakukan sendiri, eh malah mau menyalahkan orang lain dengan alasan ini itu segala. Masih mau cari pembenaran lagi bilang manusia itu bisa saja salah. Saya Alhamdulillah sudah berapa puluh tahun punya beberapa rekening bank ga pernah ngalami salah transfer.

    11
  • 27 September 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Lo yg salah, Lo yg nyolot, Lo salahin orang lain pula..
    Please introspeksi diri bosku, mungkin karakter dalam diri Lo perlu direpair..
    ..
    Teliti dah lain x, biar ga ngamuk ngamuk sendiri atas kesalahan sendiri..

  • 27 September 2022 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Kebijakan bank sdh benar dengan melakukan hold direkening penerima, terhadap nominal yang salah kirim dan memang tidak bisa secara sepihak melakukan penarikan kembali tanpa persetujuan pihak penerima, kecuali ada perintah dari pengadilan. Tapi di sisi lain pihak bank juga terindikasi tidak mematuhi asas Know Your Custumer karena sama sekali tidak bisa menghubungi penerima, baik itu melalui tlp, email, maupun kunjungan ke lokasi. Pihak bank kurang membuktikan kesungguhan dan keseriusan usahanya untuk menghubungi penerima. Misalkan dengan menunjukkan bukti pengiriman email, bukti histori tlp, atau bukti chat WA yg semua memperlihatkan penerima tidak merespon, atau bukti pengiriman surat peringatan ke alamat penerima. Setelah itu semua bisa ditunjukkan bank, barulah bisa pihak bank melakukan klaim nasabah tidak bisa dihubungi. Selama pihak bank belum bisa menunjukkan kesungguhannya menghubungi nasabah, maka hak pengirim dana untuk melakukan komplain dan keberatan atas usaha bank yang tidak maksimal dan cenderung melakukan pembiaran dan penundaan dengan berlindung atas alasan menunggu itikad baik penerima.

  • 27 September 2022 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Ente tau kenapa banyak yang bully & ga dapet solusi ama pihak Bank ybs ?

    1. Ga mengakui bahwa itu kesahalan anda
    2. Menormalisasi kshlan dgn alasan manusia biasa berbuat salah
    3. Memaksa Bank YBS melakukan hal diluar wewenang & SOP

    Normal nya orang jika melakukan salah transfer dan minta tolong. Maka permohonannya akan seperti ini

    https://mediakonsumen.com/2022/09/05/surat-pembaca/mohon-bantuan-mediasi-terkait-masalah-salah-transfer-ke-sesama-rekening-bri

    Maka pihak bank akan senantiasa membantu meskipun lama
    Surat dari ente, jangankan orang mau nolong. Ngebaca nya aja orang² hilang rasa simpati.

    Kata terakhir dari ane
    Kalo ente masih tetap angkuh gini
    SEMOGA DANA ENTE GA KEMBALI

    Semoga harimu senin selalu

    18
    • 27 September 2022 - (08:24 WIB)
      Permalink

      Astaga ketemu si trouble maker Husein juga di MK, ternyata kebiasaan marah2 di kampus kebawa sampai dimari jg ck ck ck….

      14
      • 27 September 2022 - (10:18 WIB)
        Permalink

        @Nando.
        Ente mau minta maaf ga atas fitnah dan pencemaran nama baik ke saya?😃

        16
        • 27 September 2022 - (12:03 WIB)
          Permalink

          @Nando
          Jangan lari anda, jangan cuma bisa ngomong terus ngumpet. Perbuatan anda bisa masuk ke delik hukum, anda mencemarkan nama baik saya serta memfitnah saya. Mau minta maaf atau ngga Nando? 😃

          10
    • 27 September 2022 - (08:29 WIB)
      Permalink

      Waduwh.. Kecewa ama BCA y udah gk usah dipake lagi.. Sy juga pernah kecewa sama BNI udah gk pernah pake lagi.. Gitu ajaa koq repot.. Narasi yg sy baca, TS ini udah salah tapi ngotot truzz nyalahin pihak lain.. Merasa orang kecil tapi nyuruh2 kyak yg punya Banknya ajaa.. Gk mau ngikutin prosedur nya kyak apa..

      10
      1
      • 27 September 2022 - (12:17 WIB)
        Permalink

        @Heru
        Klo ga make lagi itu namanya ngambek bro, masa udah tua masi ngambekan..
        Salah satu hak nasabah itu menegur dan memperbaiki bank yang dipakai jika ada yang dirasa keliru. Toh juga setiap bank minta kritik dan saran kok.
        Saya udah bilang saya emang salah, terus kok saya gaboleh nyalahin pihak yang menahan uang saya? Saya orang kecil bukan brarti rela untuk ditindas. Saya punya hak disini sebagai warga negara, dan hak saya dilindungi undang-undang.
        Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
        Lalu anda ini siapa mau ngatur saya?
        Anda mau ngambek gamau make bank nya lagi ya silahkan, klo saya si malu mau ngambek😁

        19
        • 27 September 2022 - (22:50 WIB)
          Permalink

          Sama bang bbrp taon yg lalu saya juga salah transfer beda nominal.. Nah kebetulan rek yang saya salah transfer itu rek kantor cabang yang sama dengan rek saya. Saya ke kantor BCA,kata nya hub Halo BCA,trus saya ikutin ke Halo BCA ternyata diarahin lagi ke kantor BCA karena katanya rek salah transfer satu kantor cabang lebih mudah yang ngurusnya klo dari kantor cabang. Dengan senang hati saya kembali ke kantor BCA,yang ujung2 nya ga membantu malah ga percaya klo saya udah nelp Halo BCA,malah disuruh nelp Halo BCA dari kantor bank BCA. Karena udh jengkel di ping pong saya tinggalin aja karena menurut hemat saya tidak membantu memberi solusi yang terbaik buat nasabah. Semoga kedepan BCA lebih jeli dan cepat mengatasi masalah tidak mempingpong nasabah nya sendiri

        • 27 September 2022 - (23:42 WIB)
          Permalink

          Ya situ juga jangan nindas banknya dong, kan tiap perusahaan punya SOP sendiri. Situ udah coba lapor polisi belum, biar bank buka data nasabahnya juga enak, kalo situ ga mau usaha maksimal, ya jangan ngarep pihak lain.

      • 27 September 2022 - (22:44 WIB)
        Permalink

        1 sisi kasian, 1 sisi ya keteledoran sendiri, dan malah nge gas ke banknya wkwkwkw.. gbisa om bank tau2 debet saldo orang trs dibalikin lg.. gw pernah BNI dlu salah transfer, sampe skrg gbisa balik, lumayan jumlah nya.. karena pemilik rekening sdh wafat, ahli warisnya gatau.. yauda anggaplah kesalahan saya, ikhlaskan, kecuali ada porsi kesalahan bank baru saya gak ikhlas, ini murni dr awal masukin no rekeningnya, trs muncul nama, lalu pin , lalu baru ok.. kan semua di kontrol kita, ada kesalahan ya sewajarnya ke kita.. yg cerita u ada BRI BNI langsung bisa agak mengarang sepertinya kawan.. hehehe..

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 237 komentar sampai saat ini..

Kecewa Terhadap Perlakuan BCA

oleh Husein dibaca dalam: 1 menit
237