Surat Pembaca

JD.ID Menahan Dana Hasil Penjualan Tanpa Alasan yang Valid

Saya penjual yang berjualan di JD.ID (Toko Revoline Store). Selama saya berjualan di JD.ID saya tidak pernah mengalami permasalahan seperti ini. Dana penjualan toko saya tidak cair dikarenakan adanya indikasi pelanggaran syarat dan ketentuan JD.ID.

Saya sudah menanyakan pelanggarannya ke Tim JD.ID, tapi mereka sendiri tidak dapat menyebutkan dan membuktikan pelanggaran saya. Produk yang saya jual tidak melanggar S&K produk (https://helpcenter.jd.id/vender/issue/40335). Toko saya tidak pernah melakukan penipuan kepada pembeli.

Saya sudah mencoba untuk menyelesaikan masalah ini kepada Tim JD.ID baik melalui chat live bantuan seller JD.ID, email akun resmi milik JD.ID. Namun sampai saat ini saya belum menemukan solusi di balik permasalahan ini.

Respon Tim JD.ID dalam menangani kasus masalah ini juga sangat buruk terkesan seperti bermalas-malasan dan tidak profesional. Saya tanyakan detail permasalahannya, sering sekali sesi chat diakhiri sepihak oleh Tim JD.ID. Seperti sengaja melarikan diri dari tanggung jawab sebagai CS.

Apa memang ini cara JD.ID untuk mendapatkan penghasilan (salah satunya dengan menahan dana penggunanya)? Bayangkan ada berapa banyak pengguna (baik seller maupun pembeli) dan nominal uang yang ditahan sepihak oleh JD.ID tanpa alasan yang jelas dan valid. Dari kasus saya ini saja JD.ID sudah berhasil menahan dana penghasilan saya sebesar 16 juta rupiah, belum termasuk dari pengguna JD.ID yang lain.

Untuk itu kepada Tim JD.ID (jika benar-benar sudah membaca dan memahami kasus ini dengan baik, bukan sekedar template untuk formalitas), saya mohon agar permasalahan saya segera di follow up. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan oleh pengguna setia kalian. Saya jualan di JD.ID karena percaya keamanan sistem kalian, tapi jika tidak segera diperbaiki maka jangan harap saya akan menggunakan JD.ID lagi.

Terkait hal di atas saya pegang semua bukti yang mendukung terkait kasus ini, hanya sengaja tidak saya upload semua (detail) kronologinya, demi keamanan.

Saya harap melalui tulisan saya ini masalah saya dapat dengan cepat diselesaikan dan menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan aplikasi e-commerce serta Tim JD.ID segera memperbaiki sistemnya agar kejadian serupa tidak terulang kembali sehingga merugikan banyak pihak.

Terima kasih.

Permadi
Pati, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya belum cair kaka sedih banget loh ini ..

    Padahal butuh sekali dana nya .

    Di email katanya tunggu 7hari coba aja tunggu 7hr kerja

    • Betul banget , saya barusan tadi juga ada balasan dri pihak jd id katanya disuruh menunggu h+7 setelah settlement terbit

      • Gatau ada apa ya dengan jd.ID sebelum sebelum nya bagus tapi knp skrng kaya gini jadi selow respon admin yang nanganin Toko biasa nya pada fast respon di email juga bales nya lama .

        Terus susah harus komplen kmn lagi selain email ga bs ..

        Pusing banget knp jd.ID nahan uang orang padahal bukan hak mereka utk menahan uang penjual ..

        • Iya skrg pada disuruh nunggu 7 hari coba buat di telegram sharing tentang jd id soal ini pasti banyak bgtt yg ketahan uangnya bukan cuma kita kita aja biar kita tau informasi lebih lanjut lg kayak gini lama lama pusing juga uang lumayan di JD ID itu
          Niat buat belanja lg buat puter modal lg ketahan uangnya gr gr begini, klo misal lg ada perbaikan sistem jgn kyk gini dong harusnya diinformasikan lewat email masing2 ini kan perbaikan engga apa engga statusnya proses audit trus jd trauma saya sm JD ID begini

  • Yang lain bisa join yuk kita komunikasikan lg semoga uang kita semua bisa segera cair

  • sama nih dana penjualan sy jg blm cair dr transaksi tgl 2 november sdh email jg ke Jd.id jawabannya agar di cek berkala selama 7hr kerja? ya Alloh kenapa ya JD. ID

    • saya malah belom ada respon apa" kak
      udh komen abis"an di ig juga gak ada respon, email apa lagi ☹️☹️☹️

    • Sama nih JD.id seolah2 melarikan diri uang sy tidak bisa d tarik kembali apa itu JD.id mencari penghasilan dengan cara menipu konsumennya dengan cara memberikan imbalan palsu kalau tidak bisa d tarik. Tolong dong ke pihak perusahaan JD.id kalau mencari keuntungan dengan cara baik bukan dengan cara penipuan.

  • Sy mau tanya kenapa y JD.ID menahan uang saya udah d tarik d aplikasi tetapi tidak masuk-masuk uangnya. Sedangkan jdi mau tutup