Masalah Klaim Biaya Rumah Sakit AXA Mandiri dan AXA Financial

Salam,

Nama saya Irvan Arfansyah dari Sumatera Utara. Saya memiliki 2 polis dari Asuransi AXA, yaitu:
nomor polis: 100-433-0027848 (AXA Mandiri) dan nomor polis: 320-101-0149971 (AXA Financial). Pada tanggal 6 s.d. 12 Februari 2022 saya dirawat di RS Siloam Medan. Kemudian pada tanggal 04 Maret 2022, saya mengajukan klaim Hospital Cash Plan melalui pos dan juga email.

Saya sudah melengkapi semua dokumen dari RS sebagai persyaratan untuk klaim. Beberapa minggu kemudian ada respons email dari AXA, bahwasanya klaim saya di-pending karena ada permintaan dari AXA ke RS berupa dokumen, yang saya tidak tahu itu dokumen apa. Saya konfirmasi ke RS bahwasanya sudah mengirimkan berupa bukti tagihan ke pihak AXA.

Okey, beberapa minggu kemudian klaim saya masih juga tidak ada jawaban. Lalu saya hubungi ke AXA, katanya ada beberapa dokumen yang masih diminta lagi ke pihak RS dan saya tidak tahu itu dokumen apa. Saya konfirmasi lagi ke RS, mereka infokan bahwasanya mereka tidak ada menerima email atau info apa pun tentang permintaan dokumen dari pihak AXA.

Ini kan namanya mempermainkan saya. Terkesan kesengajaan AXA untuk memperlama atau bahkan tidak mau memproses klaim saya. Saya sakit loh, saya dirawat di RS, dan saat saya berisiko sakit, saya berhak mengajukan klaim, karena memang itu tujuan kalian menjual polis kalian untuk dibeli.

Yang saya heran, mengapa AXA tidak profesional mengenai klaim saya, terkesan sengaja diperlama seperti ini. Saya beli asuransi ini pakai duit loh, dan saat saya sakit saya mau ambil manfaat yang notabene itu adalah hak saya. Apa kalian hanya mau mendebit premi setiap bulan tapi tidak mau menerima klaim? Sungguh jahat jika memang begitu. Sampai sekarang (per tanggal hari ini saat saya menulis surat ini di Media Konsumen 11 Oktober 2022) klaim saya masih dinyatakan pending.

Saya sengaja memblok kartu kredit saya supaya tidak ada pendebetan premi lagi setiap bulannya. Jujur saya sangat merugi kalau premi terus didebit, tapi hak saya sebagai nasabah pemilik polis diabaikan. Sungguh mengecewakan.

Setahu saya, proses klaim wajib terus diproses walaupun polis telah laps, karena sewaktu saya mengajukan klaim pada saat polis masih aktif dan selama periode klaim berjalan premi masih terus didebit.

Tolong tanggung jawab AXA (AXA Mandiri dan AXA Financial), kalian harus profesional. Kalian menjual polis ke saya sebagai nasabah dengan perjanjian polis yang saya sangat paham isinya. Jangan mau uang dari nasabah saja tapi tidak mau menunaikan kewajiban.

Irvan Arfansyah
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi AXA Mandiri dan AXA Financial:
[Total:42    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Masalah Klaim Biaya Rumah Sakit AXA Mandiri dan AXA Financial

  • 16 Oktober 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Jangn pernah percaya sama
    Asuuuransi ini
    Berapa kali sales-nya telp
    Menawarkan produk ini dengn iming iming murahan
    Jijik saya

    7
    1
  • 16 Oktober 2022 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Salah satu alasan kenapa banyak masyarakat RI ogah ikut asuransi salah satunya ya ini. Giliran nawarin manisnya melebihi gula. Giliran mau klaim malah dipersulit. Bayar premi lancar tiap bulan. Giliran ada masalah, agen malah kabur

    9
    1
  • 16 Oktober 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Asuransi swasta itu cari untung, jadi mereka pasti berupaya menghindari claim nasabah. Paling tepat memang pakai BPJS Kesehatan. Proteksi, iuran, dan persyaratannya jauh lebih baik dibandingkan asuransi swasta.

    8
    1
  • 16 Oktober 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Kalo klaim dr pihak personal sering muter2 gitu, sy dl pake Axa juga gitu semua dokumen komplit klaim di pending gara2 ttd tidak sama (emang ada ngajuin klaim tipu2 ttd dg dokumen resmi dr RS) , lgsg k Mandiri ttd di depan CS Axanya d Bank, kalo klaim aja dipersulit ngapain diterusin.. Kalo asuransi korporat lebih mudah telp HRD, lgsg di call asuransinya lgsg dicairin gk berani macam2..

  • 16 Oktober 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah semua nasabah saya tidak pernah ada yg gagal klaim kalau rawat inap pasti cashless dan rawat jalan kontrol juga kartu hitam cashless

    • 17 Oktober 2022 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Pk Irvan, dokumen untuk klaim adalah
      1. Formulir klaim yang isinya sebagai berikut, diagnosa dokter, info rumah sakit, tanggal dirawat.
      2. Billing tagihan seluruh Rumah Sakit yg merawat
      3. hasil laboratorium selama dirawat di RS
      4. Copy resep obat-obatan selama dirawat di Rumah Sakit.

      Semoga bisa membantu Pak Irvan dalam proses klaim tersebut. Semoga klaim nya cepat cair ya Pak.

      • 25 Oktober 2022 - (20:18 WIB)
        Permalink

        Dari pihak AXA mengajak bertemu tatap muka di jam kerja, saya tak tau apa tujuannya.
        Tapi saya memang tak bisa di jam kerja, karena saya juga tidak bisa meninggalkan pekerjaan saya dikantor.
        Dan akhirnya mereka mengirimkan email bahwa klaim saya tidak dilanjutkan (diberhentikan), tak tau pasti apakah maksudnya ditolak atau bagaimana.
        Tp yg pasti memang AXA ini asuransi yang curang menurut saya.
        Saya tak akan merekomendasikan asuransi ini kepada siapapun.

  • 16 Oktober 2022 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Amin, saya sampai sekarang pake asuransi kesehatan aman aman aja, semua sesuai tagihan, anak pakai AIA sy dan istri pake Allianz.

    4
    1
  • 16 Oktober 2022 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Hi.. klo dari pendapat saya pribadi.. itu biaya perawatan RS sudah dibayarkan asuransi PaninDai-IchiLife.. dan untuk asuransi kesehatan tidak berlaku double klaim.. hanya bisa klaim di 1 perusahaan asuransi saja tetapi apabila anda mengambil asuransi kesehatan dari axa financial indonesia (Maestro Optima Care) anda masih bisa pengajuan klaim manfaat harian sebesar 1jt/hari dikali berapa hari rawat inap d RS (dgn catatan selama tidak ada klaim di axa financial, dlm hal ini semua biaya ditanggung oleh Panin). Mungkin pihak manajemen axa financial dan axa mandiri bisa menjelaskan lebih lengkap. Thanks.

    • 16 Oktober 2022 - (19:28 WIB)
      Permalink

      Axa mandiri bisa double klaim pak… keluarga saya ada yang pake axa mandiri. Soal klaim di axa memang gak pernah cepat. Paling cepat 60 hari kalender. Paling sering lebih dari 60 hari, itu setelah 60 hari ditelpon terus call centernya. Kekurangan dokumen dari rumah sakit yang diminta itu memang gak ada diminta ke rs oleh pihak axa sampe waktu 60 hari habis. Jadi axa memang sengaja memperlama dan mengulur waktu untuk bayar klaim.

      • 16 Oktober 2022 - (20:18 WIB)
        Permalink

        Klo cash plan (santunan) seperti 500rb/malam bisa claim berkali2 di semua polis asuransi yang ada fasilitas cash plan nya pak.. klo sesuai tagihan (on bill) sepertinya hanya boleh 1x aja karena yang diminta pihak asuransi adalah bukti pembayaran yang asli, kecuali bisa mendapatkan semua dokumen2 aslinya mungkin bisa double claim sesuai tagihan 😁

          • 19 Oktober 2022 - (15:55 WIB)
            Permalink

            Iya pak, saya ajukan klaim Hospital Cash Plan..
            Karena waktu telemarketing menjual via telepon dijelaskan ini bisa double claim

  • 19 Oktober 2022 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Itu kalau jaman orba ada invoice seperti itu, dijamin ‘dibredel’ RS nya. Semua pake bhs asing pengetikannya.

  • 19 Oktober 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Hahaha, SP tentang asuransi pasti bakal muncul juga komen para agen maupun testi “syukurlah saya lancar klaim” LOL

    Yang jelas, *cukup besar* konsumen yang sulit/dipersulit ketika klaim.
    Di MK aja banyak penulisnya, yang gak nulis di MK pasti lebih banyak lagi.
    Berarti semua yang sulit (entar ngomong “dipersulit” dibilang pencemaran lagi…) tergolong apes yah, tidak seperti testi2 yang “sukses & lancar”…
    Tergolong “kurang beruntung” yah, karena bukan anda2 yg jadi agennya, karena pasti akan diuruskan sampe ke ujung dunia sampe sukses klaimnya…

    Gambling amat kalau mau ikut asuransi.
    Sudah gambling karena bayar premi terus2an tanpa tahu apakah bakal klaim (kalau bisa memang amit2 jangan sampe perlu klaim), eh ternyata ketika terkena musibah & memang perlu klaim, lah kok dobel apes, karena susah klaim akibat kemarin ketika ttd polis tidak ketemu anda2 agen2 yang tepat.

  • 25 Oktober 2022 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Saya beberapa kali mendapat panggilan telepon dari AXA, menanyakan alamat saya dan mau datang kerumah saya.

    Sebenarnya tujuanya apa mau mengunjungi alamat rumah saya?
    Apa dengan mengunjungi saya klaim saya akan diproses dan disetujui begitu?
    Atau kalian mau menuntut saya karena tidak terima saya membuat surat keluhan di Media Konsumen, begitu?

    Begini sajalah, tidak usah bikin acara pertemuan segala.
    Saya orang bekerja yang selalu sibuk dari hari Senin sampai Sabtu, dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Saya tidak ada waktu untuk mengurusi ini, karena masalah klaim ini adalah urusan kalian selaku pihak asuransi yang harusnya berkewajiban memenuhi hak nasabah.
    Dokumen klaim yang saya kirimkan itu sudah lengkap, hanya saja kalian saja yang mempersulitnya dengan alasan² yang kalian bikin sulit sendiri.
    Kalau kalian mau proses klaim saya dan approove ya syukur Alhamdulillah karena itu memang hak saya.
    Kalaupun tidak kalian proses ya sudah tak apa, Tuhan yang akan membalasnya.
    Yang pasti saya tidak akan pernah lagi merekomendasikan asuransi ini ke keluarga kerabat atau teman² saya.
    Dan saya sudah cukup lega menyampaikan kekecewaan saya di Media Konsumen.

    Ini Final Statement dari saya.
    Terimakasih.

    #YLKI
    #MediaKonsumen

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AXA Mandiri dan AXA Financial?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Masalah Klaim Biaya Rumah Sakit AXA Mandiri dan AXA Financial

oleh zona dibaca dalam: 2 menit
25