Surat Pembaca

Gojek Tidak Merespons Komplain Biaya Tol dan Parkir Fiktif

Saya adalah pengguna Gojek, yang telah menggunakan jasa Gojek sekitar 6/7 tahun silam. Selain aplikasi ini, saya juga aktif pada beberapa aplikasi sejenis lainnya, terutama penyedia jasa online transport dan online food.

Pada tanggal 4 Oktober 2022, kami menggunakan jasa GoCar, dengan nomor order RB-140635-4310715 dan Mitra Gojek (driver) atas nama Re** mengendarai Toyota Rush plat B21**T*M, sebagaimana terlampir di bawah ini:

Satu hari setelah transaksi tersebut, saya kembali membuka aplikasi Gojek untuk mendapatkan pelayanan jasa GoCar kembali. Namun begitu kaget saya, ongkos trip sebelumnya dengan harga Rp68.500 menjadi Rp105.500. Ketika saya lihat riwayat pemesanan, ditemukan bahwa Mitra Gojek (driver) melakukan fraud berupa biaya tol Rp32.000 dan parkir Rp5.000, total Rp37.000 saldo GoPay saya dirampas.

Melalui fitur Need Help pada halaman riwayat pemesanan, saya melakukan klaim atas fraud transaction tersebut dan mendapatkan respons yang cukup baik pada awalnya, dengan nomor tiket klaim 129411663, tanggal 5 Oktober 2022.

Namun selang beberapa waktu kemudian, CS Fitri mengaku tidak dapat menghubungi saya di nomor terdaftar dan CS Fitri meminta saya untuk memberikan nomor lainnya yang dapat dihubungi. Setelah saya berikan 2 nomor aktif saya (yang selalu aktif 24/7), tidak ada tindak lanjut dari CS Fitri tersebut. Satu hari kemudian, tanggal 6 Oktober 2022, saya kembali melakukan reminder terhadap klaim saya tersebut. Namun tetapi tetap nihil sebagaimana terlampir di bawah ini:

Tidak sampai di situ, setelah lelah menunggu, sekitar 2 minggu kemudian tepat pada tanggal 23 Oktober 2022, saya melakukan klaim kembali dengan nomor tiket klaim: 132219708. Namun direspons oleh BOT Auto Reply and Action. Klaim saya ditutup sepihak, karena sudah ada tiket sebelumnya yang statusnya masih Open sebagaimana terlampir di bawah ini :

Karena tidak ada tindak lanjut, saya memutuskan kembali melakukan klaim pada tanggal yang sama dengan nomor tiket klaim 132220472, berhasil tidak Auto Close dan direspons oleh CS Aldise. Namun kembali saya diminta menunggu tiket sebelumnya yang masih Open. Speechless!

Alhasil saya melakukan reminder pada tiket awal untuk merespons klaim saya dan memberikan batas waktu. Saya masih berharap bahwa Gojek tetap bisa memberikan layanan terbaik bagi customer, sebagaimana iklan-iklan jargon Gojek, yang mengatakan bahwa aplikasi Gojek adalah aplikasi yang paling secure, dana hilang bisa kembali dengan mudah dan cepat, dan sebagainya. Namun iklan tetaplah iklan, hanyalah kepalsuan yang saya rasakan.

Padahal ini adalah perkara mudah. Gojek bisa melihat riwayat perjalanan pada trip saya tersebut, untuk mempelajari apakah benar yang saya katakan dan apakah benar terjadi fraud pada perjalanan saya tersebut.

Well, berbagai cara telah saya lakukan, semoga ada tindaklanjut yang solutif dengan mengembalikan hak saya. Semoga para customer yang telah loyal selama ini menggunakan Gojek, yang telah “tersakiti” oleh pelayanan Gojek, tidak menutup akunnya dan ini bukan menjadi pemicu redupnya keberhasilan Gojek.

Regards,

Akbar Ramadhan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Cara close thread bagaimana ya ? Aplikator sudah approved bahwa fraud ada pada driver dan sudah ditrack rutenya melalui riwayat Aplikator serta mereka sudah menyampaikan perihal teguran kepada driver agar tidak mengulangi fraud serupa.
    Sebagai permintaan maaf selain saldo gopay saya kembali, Aplikator jg memberikan saya voucher Gofood sebagai ganti rugi dan apresiasi terhadap saya.
    Terima kasih.

  • Saya baru saja pagi mengalami hal yang sama, Pak. Rute saya dari area Cipondoh ke Bintaro. Pas selesai ada charge toll fee di aplikasi sebesar 50rb, padahal ketika lewat toll (4x) saya selalu bayar dengan e-money saya sendiri. Langsung curiga dengan transaksi-transaksi sebelumnya. Kebanyakan ok, tapi ada 1 transaksi yang saya lagi2 di-charge 24rb toll fee. Cek aplikasi sebelah tidak pernah terjadi hal seperti itu. Sedang mengajukan klaim juga untuk mengusut apakah ini oknum atau aplikasinya, yang konon menurut drivernya "untuk driver baru sekarang aplikasinya memang begitu (langsung otomatis charging toll ketika melewatinya?)"

    • Wah, same case. Setau saya tidak ada otomatis Parking Fee dan Toll Fee dari Aplikator, memang Aplikator deteksi dari mana. Selengkapnya bisa dicek di https://www.gojek.com/blog/gocar/bayar-tol-parkir/ disebutkan bahwa driver lah yang dapat melakukan pembebanan sesuai arahan customer.
      Dalam waktu 3 mingguan saldo saya baru dikembalikan oleh Aplikator, dengan melampirkan bukti-bukti sebagaimana diatas. Bahkan sebagai permintaan maaf Aplikator memberikan voucher apresiasi sebesar 100.000 untuk Online Food. Semoga hal yang sama berlaku di casenya ya dan semoga segera direspon oleh Aplikator.

  • Pertanyaan : yakin tidak lewat tol??
    Yakin tidak mengubah rute ke supirnya???
    Krn banyak juga kejadian krn customer merubah arah ke tujuan tersebut..