Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Tokopedia Care yang Sangat Lambat

Pada tanggal 26 Oktober 2022, saya melakukan pembayaran Kartu Kredit BNI Pertamina saya melalui aplikasi Tokopedia, dengan nominal sebesar Rp5.708.000 + admin Rp9.000, jadi totalnya sebesar Rp5.717.000.

Pada tanggal 01 November 2022, saya mendapatkan pesan WA dari pihak BNI unit collection Jakarta Kota, yang menginfokan bahwa kartu kredit BNI Pertamina saya sudah jatuh tempo dan belum dibayarkan. Saya bingung, ini kartu kredit setahu saya sudah saya bayarkan melalui aplikasi Tokopedia, dan setelah saya cek benar saja kartu kredit sudah saya bayar pada tanggal 26 Oktober 2022 ( jatuh tempo tanggal 31 Oktober 2022 ).

Lalu saya komplain ke Tokopedia Care mengenai hal tersebut. Dikarenakan kalau lewat dari tanggal jatuh tempo, pasti akan dikenakan biaya denda. Saya tidak mau itu terjadi, makanya saya langsung komplain ke Tokopedia Care. Hanya saja tanggapannya sangat lambat, sampai saat ini saya tulis di Media Konsumen, tetap saja belum ada kejelasan.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Tokopedia Care yang sangat lambat penanganannya. Kalau ini terkena denda kartu kredit saya, siapa yang akan menanggungnya? Padahal hampir semua kartu kredit saya bayar melalui aplikasi Tokopedia. Kalau sudah begini saya jadi mikir-mikir lagi untuk bayar melalui Tokopedia.

Semoga hal ini menjadi pembelajaran buat kita semua, terima kasih.

Hendra
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin bisa di follow up ke BNInya juga angka 285.400 itu sisa tagihan, denda, atau apa? Karena jauh bgt selisih dari 5,7 ke 200 sekian.

  • Yang belum dibayar hanya 285.400, mungkin pembayaran melalui tokopedia nominalnya kurang.

    • Nominal Rp. 285.400 itu adalah nominal minimum pembayaran dari total Rp. 5.717.000

  • Tgl 26 hari sabtu..sabtu minggu bukan hari kerja proses mundur..klo ga mao denda kan tingal bayar lg lwt bni lgs..seolah2 harus nunggu uang Dr tokopedia masuk..Salah sendiri resiko bayar pakai pihak ketiga yg proses lama

    • Mas Batman yg tercinta, mas lihat Kalneder yg bulan berapa? Itu 26 Oktober 2022 hari rabu, bukan hari sabtu.
      Makanya kalau malam itu tidur, jgn begadang, jadinya kan ga fokus lihat hari aja bisa salah.

    • Sebelumnya saya bayar jam segitu ga pernah ada masalah sih.. mungkin memang lagi apes kali

  • Transaksinya itu tgl 26 jam 23:19 .
    Ini jam-jam "rawan" transaksi antar perbankan/gateway.

    Mending sekalian di jam 03:30 langsung gerak cepat sistemnya karena masa rawan transaksi sdh lewat.

    Tp untungnya org collectionnya ngingetin jd TS langsung tanya ke CS tokped.

    Sekarang yg kalang kabut ya bagian backend officenya tokped cari2 nomer transaksi. ?

    • Bayar kartu kredit mending transfer bank aja, lewat Tokopedia kena admin Rp 9.000 transfer bank lain cuma Rp 6.500

      Makin kesini Tokopedia emang makin ngak jelas harus bener bener hati hati untuk dapetin promonya

      • betul,apalagi per tanggal 2 november transaksi d toped tidak bisa menggabungkan kupon bebas ongkir dn cashback harus pilih salah satu so, percuma ada cashback kalau harus bayar ongkir apalagi ongkirnya lebih mahal drpda cashbacknya

  • Pembayaran tagihan kartu kredit melalui transaksi bank to bank saja perlu waktu settlement transaksi by system minimal 3-5 hari kalau tidak ada kendala sistem.
    Kalau melalui sistem pihak ketiga (non bank) bisa jadi lebih lama, apalagi kalau ada kendala sistem dan sabtu-minggu tidak dihitung sebagai SLA service pihak ketiga.
    Untuk tagihan2 perbankan (CC), lebih aman dibayarkan melalui sistem perbankan (bank to bank). Kalau saya pribadi merasa lebih aman membayar seluruh tagihan (bank & non bank) melalui channel digital perbankan dan sejauh ini tidak pernah mengalami masalah.

  • Saya juga mengalami pelayanan tokopedia care yg lambat, padahal saya hanya minta kelonggaran sedikit untuk waktu kirim barang.. Jadi untuk membenahi masalah sehubungan internal tokopedia pun susah, apalagi masalah dengan pihak lain..

    Tokopedia care harus bebenah.

    • Yg sabar yha, saya juga ini udah extra sabar.. sampai skr keluhan saya juga masih gantung.. Ga jelas Tokopedianya

  • Bayar kartu kredit bebas masalah dari HP anda langsung plung saat itu juga dan bebas biaya termasuk hari libur? Cobalah Jenius BTPN, ini sekedar berbagi pengalaman, bukan pegawai atau afiliasi bank nya