Surat Pembaca

Penjual di Shopee Tidak Profesional

Pihak Shopee yang terhormat,

Saya sebagai pelanggan setia Shopee, ingin menyampaikan komplain terhadap toko KUCA Official Shop yang berstatus Shopee Mall. Yang menurut saya sangat tidak amanah dan tidak profesional dalam menjual produknya.

Pada tanggal 11 November 2022, saya melakukan checkout pesanan atas 1 unit Kursi Malas Tempat Tidur Lipat model kapas mutiara dengan lebar 75 cm, yang dijual KUCA Official Shop dengan nomor pesanan: 221111R9GSKD53.

Tanggal 12 November 2022, saya sudah mendapatkan chat dari admin penjual bahwa produk yang saya pesan habis dan ditawari untuk ditukar dengan model lain.

Anehnya kalau model yang saya pesan habis, mengapa sewaktu saya checkout, model produk tersebut ready stock dan bisa dibeli? Lebih anehnya lagi, tanggal 17 November 2022 saya mencoba test beli model produk yang sama yang katanya habis tersebut, ternyata model produknya masih ready stock dan bisa dibeli serta bisa dimasukkan ke keranjang. Di situ masih tertera jumlah tersisa 7 buah.

Bahkan sebelum saya membeli produk tersebut, istri saya sudah duluan melakukan checkout pembelian atas model produk tersebut tanggal 6 November 2022, dengan nomor pesanan: 221106BWS7D3WD. Namun produknya tidak dikirim juga dengan alasan yang sama, yakni model produknya habis dan ditawari untuk dengan ditukar dengan model lain.

Terakhir terjadi pembatalan secara otomatis oleh sistem Shopee pada tanggal 9 November 2022, karena penjual tidak kunjung mengirimkan pesanan tepat waktu.

Melalui surat pembaca ini, saya meminta agar pihak Shopee segera menyelidiki masalah ini dan mendesak pihak penjual agar segera mengirimkan pesanan saya sebelum tanggal 19 November 2022 untuk menghindari pembatalan otomatis yang kedua kali.

Jika kali ini produk saya gagal dikirim juga, saya harap pihak Shopee bisa bertindak tegas terhadap toko “nakal” yang telah merugikan konsumen setia Shopee. Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Shopee dan saya berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.

Hormat saya,

Joni
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ada kemungkinan penjual ingin merusak harga pasaran.. Karena biasa nya pembeli pasti membandingkan harga termurah di pasaran.. Kemudian apabila ada yg pesan, penjual beralasan stok kosong karena memang tidak mungkin bisa dijual dengan harga segitu.. Toko lain yg tidak bisa bersaing akan berhenti menjual produk tsb sehingga tersisa 1 toko yg menjual.. Kemudian harga dikembalikan ke harga normal..

  • Bantu jawab sekiranya membantu karena saya berjualan di shopee juga, ada beberapa kemungkinan:
    1. Penjual tsb berjualan di beberapa platform e-commerce sekaligus sehingga data stok tidak akurat khususnya untuk komoditi yang stocknya tidak massive/terbatas seperti kursi di atas

    2. Penjual hanya sebagai reseller/dropshiper, sehingga tidak punya data stok akurat secara real time

    3. Stock produk terkunci sistem shopee (tidak bisa dirubah penjual) karena produk terdaftar dalam promo undangan shopee, biasanya pendaftaran promo undangan shopee itu 2 Minggu sebelum promo di mulai, untuk produk yang stocknya terbatas, kendala produk habis sebelum promo/saat promo dimulai sering terjadi

    4. Penjual sengaja/lalai/malas update stok karena kebanyakan varian produk yang di jual, atau sengaja tidak hapus stok agar produk tidak tenggelam (alogaritma shopee jika produk habis otomatis tidak akan di "up" di mesin pencarian shopee) , jadi saat stock sudah terisi kembali link produk Masih teratas di pencarian shopee

    Saran, biasakan bertanya stock ready atau tidak, jangan terpaku data stock di produknya, karena sekelas toko official/resmi pun data stock belum tentu akurat

    Nb : untuk kasus Kaka di atas sebetulnya yang rugi tuh penjual nya karena tokonya mendapatkan points penalti dar shopee akibat keterlambatan/pesanan tidak dikirim sampai batas waktu keterlambatan

    Sekian semoga bermanfaat

  • Ada baiknya sblm CO tanya ketersediaan barangnya.. krn mungkin jg toko tsb ada transaksi offline atau dimarket place lain sehingga kelewatan untuk stok opname masing2 produknya.. wong buyer dichat sampe 3x jg ga direspon.. toh klo batal dananya kembali jg, seller jg kena pinalty..

  • Kerugian macam apa yang ditimbulkan ke konsumen ya? Uangnya kan juga balik?

    Tapi tokonya tidak etis, itu aja

    • Kasihan juga sih kalau dibilang tidak etis. Mungkin dia jual di banyak market place. Kalau kayak gitu kan, stok nya memang jadi tidak akurat.

  • Udah tau begitu , masih di order ulang sampe 3x pula.. emang di Shopee yg jual begituan cuma satu toko ? , Hebat nih toko penglarisnya..... Wkwkwk

  • Kalau dilihat harganya sih gak masuk akal. Mungkin sih seller gak mau jual. Hak seller sih tp ratingnya bakal turun

  • Itu sengaja biar ung ketahan dan cari model lain, saya pernah alami jg tapi saya biarkan.. Ya kalau memng nga di kirim yg dapet rekomendasi buruk kan toko nya. Kalau di tokopedia, buka lapak nilai tokonya turun 10-20point jaman dulu tidak tau kalau sekarang.

  • penjual harusnya cancel, stok otomatis koso g kl shopee
    pembeli jg seharus ya udh dikasih tau kosong ngapain beli lagi? kejar diskon?

    memang haknya seller mau jual atau tidak di harga berapapun tp jgn php jg

    ya paling anda rugi waktu tgl ajuin cancel