Surat Pembaca

Jenius BTPN Tidak Bisa Login

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat tulisan saya. Melalui surat ini saya mau menyampaikan masalah tidak bisa login ke akun Jenius saya, yang sampai saat ini masih belum bisa diakses.

Saya adalah pengguna Jenius aktif sudah hampir 5 tahun dan tidak pernah mengalami kendala seperti ini. Saya tidak pernah melakukan penggantian device dan tidak pernah mendapatkan pemberitahuan email/notifikasi jika harus melakukan pengkinian data. Email dan nomor hp saya juga masih aktif.

Kronologinya, pada tanggal 29 November 2022 siang hari, aplikasi Jenius tidak bisa dibuka dan meminta memasukkan password dan OTP. Setelah saya masukkan password dan OTP, tetap saja tidak bisa dibuka. Hanya muncul di tampilan awal, dengan keterangan sesi berakhir. Saya coba 3 kali, tapi tetap tidak bisa.

Akhirnya saya menghubungi call center 1500365, yang menyatakan akun saya terblokir dan harus melakukan pengkinian data. Saya juga mencoba email ke Jenius Help dan mendapatkan jawaban yang sama. Sore hari saya langsung mendatangi service point yang ada di Royal Plaza Surabaya sesuai petunjuk yang disampaikan oleh email dan CS Jenius.

Setelah saya melakukan open blokir dan pengkinian data pada service point, saya mendapatkan ID CAS-22-GH9892. Keesokan harinya pukul 10 pagi, saya mendapatkan notifikasi email yang menyatakan penyelesaian request atas ID tersebut. Namun sampai tulisan ini saya muat akun saya masih saja belum bisa diakses.

Saya kembali menelepon call center 1500365 siang harinya dan dilayani oleh CS. Sesuai prosedur saya menyampaikan dari awal masalah saya dan hanya diberi jawaban baku yaitu masih dalam proses. Kemudian saya minta disambungkan ke bagian koordinatornya untuk kejelasan, karena sudah ada email notifikasi penyelesaian. CS meminta untuk menunggu lama, hingga pulsa mau habis. Ternyata tidak disambungkan, CS malah memberi jawaban yang sama dan diulang-ulang, hingga sambungan telepon saya terputus

Mohon dibantu Bank BTPN Jenius, OJK dan LPS untuk menindak lanjuti case saya, agar bisa segera clear dan bisa digunakan lagi karena masih ada saldo di dalamnya. Terima kasih.

Trio Septa Hardika
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca Trio Septa Hardika

Dalam rangka menanggapi surat pembaca an Trio Septa Hardika berjudul “Jenius BTPN Tidak Bisa Login” yang dimuat oleh Media Konsumen...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Coba install aplikasi Jenius di ponsel lain dan lakukan login, sementara kartu SIM tetap di ponsel lama. Jika berhasil, terserah anda mau diteruskan pakai device yang baru atau bagaimana. Jika ada pesan minta perijinan pindah device, terserah anda mau diteruskan atau tidak.

    Pada kedua contoh solusi di atas, masalah ada di ponsel lama. Coba lakukan uninstall dan install ulang aplikasi di ponsel lama. Jika masih tidak berhasil, lakukan reset pabrik untuk antisipasi dugaan penyusupan (malware) lewat ponsel. Pastikan ponsel lama tidak di root dan bukan oprekan.