Pencurian Laptop dalam Tas, Saat Perjalanan Menggunakan Bus PO Sugeng Rahayu Rute Yogya-Bandung

Pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2022 pukul 19.30, saya menaiki bus PO Sugeng Rahayu nomor polisi: W 7696 UN, dari terminal Giwangan Yogyakarta, menuju terminal Cicaheum Bandung. Bus tiba di tujuan pada  pukul 6. 30 WIB, tanggal 11 Desember 2022.

Setibanya di terminal tersebut, ada penumpang lain yang juga kehilangan 2 buah HP-nya. Saat itu saya tidak sadar kalau tas laptop saya juga dicuri isi laptopnya dan digantikan dengan 2 buah buka folio besar, yang beratnya menyerupai laptop. Saya baru mengetahuinya setibanya di rumah, saat akan kerja pada pukul 15.00.

Surat laporan polisi
Surat laporan polisi

Atas kejadian pencurian di dalam bus PO Sugen Rahayu tersebut, saya kehilangan laptop perusahaan saya. Saya meminta pertanggungjawaban PO Sugeng Rahayu atas kejadian ini.

Nur Komardi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:43    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Pencurian Laptop dalam Tas, Saat Perjalanan Menggunakan Bus PO Sugeng Rahayu Rute Yogya-Bandung

  • 13 Desember 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Ada kebiasaan kalau harus turun untuk istirahat/makan, penumpang bus yang bijak akan menitipkan barang berharga ke kenek atau supir busnya, tak jarang dengan imbalan sekadarnya sebagai bentuk terima kasih. Hikmahnya, jika barang hilang sudah jelas siapa hidung yang harus ditunjuk.

    Yang jarang sedekah tapi pakai akal sehat, tentu tidak akan meninggalkan barang berharga di dalam bus. Kalau ogah bawa-bawa barang sambil istirahat makan, bisa dimasukkan koper yang disimpan di bagasi bus.

    Menuntut ganti rugi kepada pihak PO bus sebetulnya kurang begitu tepat karena kelalaian ada di sisi penumpang yang membuka peluang adanya kesempatan (bukan cuma niat) bagi si pencuri.

    Cuma sekedar opini kok, soalnya di era milenial begini ternyata masih banyak yang dewasa sebelum waktunya. Pis!

    17
    15
  • 13 Desember 2022 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Sepertinya pernah lihat ada rekaman cctv pencurian di dlm bus. Pencuri 2 org bersebelahan. Apakah itu?

  • 13 Desember 2022 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Dalam transportasi umum, barang bawaan berharga menjadi tanggung jawab penumpang untuk menyimpan dan mengamankan. Tanggung jawab penyelenggara dan awak transportasi adalah memastikan penumpang selamat sampai di tujuan.

    9
    2
  • 13 Desember 2022 - (21:57 WIB)
    Permalink

    1. Tas lu taro mana? Bawah kaki atau tempat nyimpen diatas trus ditinggal tidur gt? Yaudah bro, itu mah ente ngasih ikan ke kucing.
    2. Laporan polisi juga jelek bgt, kata TS niba pagi trus baru ngeh ilang jam 3sore pas mau kerja tapi dilaporan polisi ilang dibus jam 3 sore, kwkwkkwkw

    1
    2
  • 14 Desember 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Yg ilang laptop kantor, perjalanan dinas bukan nih? Knapa ngga naik kreta aja jogja ke bandung drpd naik bis akap..

  • 14 Desember 2022 - (23:42 WIB)
    Permalink

    Mang ente byr kenek brp buat jagain barang berharga pny ente?kok suruh po bus gantiinđŸ™„mending ente suruh polisi yg nerima laporan yg gantiin laptopnya sekalian…

    1
    1
  • 16 Desember 2022 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Pernah nih mengalami juga di bus malam Rawamangun -Ponorogo, tahun 2005.
    Isi penumpang.. hanya separuh dari jumlah kursi .
    Perjalanan bis, sempat mampir di resto.. saya hanya beli Aqua botol besar.. dan pakai uang2 pecahan ambil dompet kecil yang biasa aku selipkan di kantong tas luar. Dan itupun tidak lama.. hanya buang air kecil saja, trs naik. Tas tetap saya bawa.. menjelang subuh knp bis tidak berhenti untuk sholat subuh.. tanda tanya dalam hati, setelah di solo jam 5.30 ada penumpang 3orang lelaki turun..agak mencurigakan
    Tidak lama, penumpang sebelah sana ribut, kebetulan bawa bayi dan suaminya duduk dibawah.kursi sebelah untuk istri dan bayinya. Mereka ribut..tas yang tadi buat duduk suaminya.. tahu2 sdh ada di jok blkg, dan uang, perhiasan hilang
    Dan tiba2 suami ku juga bilang..itu Kayak dompet kamu..ada di bawah.
    Sontak saya kaget.. isinya semua di kuras habis 7juta.
    Padahal tas saya kepit terus, Dan tidak ada kerusakan sama sekali.
    Setelah ramai penumpang semua.. banyak yang kehilangan. Minta sopir berhenti di ktr polisi Warih.
    Kesal.kecewa dan.marah.. itu uang untuk acara keluarga..krn di kampung gak ada ATM., Rasa gak enak di tengah keluarga..krn tidak pegang uang.. hanya ada recehan di dompet kecil.
    Dan itu pun akhirnya di jemput di terminal.
    Dari situ kapok naik bis malam lagi.
    Apalagi yang menaikkan penumpang di tengah jalan.
    Kesal aja.. waktu sholat subuh gak berhenti. Giliran untuk makan di resto lama sekali istirahat nya, jam 03.15- 04.00 padahal tinggal bbrp saat..udah azan
    Padahal dulu zaman kuliah, sering naik bis malam…

  • 16 Desember 2022 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Apakah bapak baru naik bus?
    Semua barang bawaan penumpang adalah tanggung jawab masing-masing penumpang sendiri.
    Jadi tidak bisa menuntut perusahaan ganti rugi.
    Kayak kita kecopetan pas belanja di toko orang, ya gak bisa minta pemilik toko buat ganti barangnya.
    Aku dulu sekiranya bawa barang banyak, lebih memilih tak turun, bawa roti dari sebelumnya buat ganjal perut.

    1
    1
  • 16 Desember 2022 - (17:41 WIB)
    Permalink

    naik pesawat Bdg – Yogya 800rb
    naik bis 200 rb .. lumyan untung 600 rb …

    masa sekelas Pos Indonesia, cuman ngasih akomodasi bis?

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Pencurian Laptop dalam Tas, Saat Perjalanan Menggunakan Bus PO Sugeng …

oleh NUR dibaca dalam: <1 menit
15