Jam Penagihan Aplikasi Pinjol Pinjam Duit yang Tidak Mengikuti Aturan

Pada tanggal 13 Desember 2022 saya memang jatuh tempo tagihan aplikasi pinjol Pinjam Duit. Saya selalu membayar tepat waktu dan tidak pernah ada masalah tapi herannya saya di-chat whatsapp jam 07:20 yang isinya bukan hanya mengingatkan tagihan untuk dibayarkan tapi juga menagih tagihannya. Saya jawab dengan sopan sambil bertanya (bisa liat isi chatnya).

Kemudian dengan nomor berbeda jam 13:52 (akan saya lampirkan) chat mengenai tagihan juga sudah saya jawab sopan dan bertanya kenapa rekannya sebelumnya chat diluar jam penagihan. Eh dijawabnya dengan kurang ajar dan terkesan berdebat. Saya merasa aneh, padahal saya akan bayar hari ini tapi terkendala saya harus menyelesaikan pekerjaan saya dulu dan saya tidak pernah telat bayar sekalipun.

Mohon tanggapannya deh ya.

Dody Hermawan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:70    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

48 komentar untuk “Jam Penagihan Aplikasi Pinjol Pinjam Duit yang Tidak Mengikuti Aturan

  • 14 Desember 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Harusnya seneng kan ya diingatkan, kl telat nanti kena denda. Yg namanya mengingatkan mau pagi, siang, sore, malam ya ndak masalah. Sehari, 2 hari, 3 hari sebelumnya juga menurut saya ya normal, umum.

    Kuota mau habis, ada pengingatnya, masa aktif mau habis, ada pengingatnya, dll. 😀

    23
    76
    • 16 Desember 2022 - (02:16 WIB)
      Permalink

      Kuota ama nagih beda bos.

      Pinjol itu seperti ***** yg menuia bsikan manis d depan tapi d belakangnya penuh dengan duri dan kesesatan. Paham ya.smpe sini. Saya kasih saran.buat pengguna pinjol bila d tagih d brondong baik via wa atau telpon. Sebaiknya jngan d gubris. Bila kita memang dalam.keadan blum bisa membayar atau telat. (Artinya smpe situ batas kita dapat pinjaman lgi sbb udah telat).nah klo udah telat brrti tetep d bayar sampe lunas kan. Perlu d ingat d sini bikin mereka brondong kita sebnnyak mungkin. (Kumpulkan semua bukti2 itu). Bila ada hal2 yg tidak dinginkan kita bisa habiskan pinjol2 brengsek itu dengan menagih yg secara kampungan dan kurang pendidikan itu dengan HUKUM yg berlakku. Ingai simpan dan kumpulkan semua chat mereka..itu kuncinya. Lalu jngan lupa chat d aplksi.mereka dan berikan rating seburuk.mungkin tentang penagihannya d playsttore. Mudah2an ini bermanfaat buat nasabah yg lurus tapi sering telat(karna faktor tertentu bukan buat nasabah yg emang brengsek ga mau bayar atau galbay).

      36
      1
    • 17 Desember 2022 - (22:45 WIB)
      Permalink

      Hore bermunculan DC ilegal…itu aplikasi ilegal luoakan saja ..cape bicara pake laptop …

      • 18 Desember 2022 - (21:02 WIB)
        Permalink

        Tidak mungkin ada DC ataupun Penagihan klo Nasabah / Pengutang sesuai dgn Komitmen Akad Kontrak di awal, keterlambatan dan sifat Mokong Nasabah lah yg menjadikan pekerjaan ini ada, jangan lihat dari sisi Nasabah saja, pertanyaannya klo memang ada keterlambatan dan sudah ditanggapi maka tidak akan ada penagihan seperti Anjing gila yg mengejar2 anak kecil.. Saya pengalaman menangis, bila pagi Nasabah sudah brangkat kerja jam 7:00, malam baru pulang jam 21:00 kapan saya bisa ketemu dan mengingatkan mereka sedangkan surat, pesan, email yg dikirim tidak dibalas dan diacuhkan.. Saya tanya sama kalian.. Apa pendapat kalian mengenai tindakan yg akan saya ambil??? Hanya membiarkan si Pengutang Mokong dan ngak mau tau soal utang2 nya, berlaku pada Undang2 dimana undang2 itu juga menekankan apabila sudah dilakukan cara persuasif dan komunikatif yang standar, dan nasabah mengindahkan bahkan seolah tidak mau tau maka diperbolehkan mengambil kebijakan dengan berbagai pertimbangan bukti, apabila sampai ke Pihak Berwajib… Yang ada mengerti dan sadarlah akan Uangmu ngak bisa sesuai akad kontrak di awal, ajukan Reshedule Ulang dengan mengajukan Permohonan Keringanan angsuran jangan di diamin atau ngak mau tau.. Masalah kekerasan buat nasbah yg sok jagoan.. Jangan kan masalah tagihan sampean senggol aja motor penagih itu maka akan bisa dijadikan bahan adu kekuatan.. Jangan sok Jago.. Sudah ngutang ngotot merasa Benar.. Yang bijak cari Solusi yang terbaik bukan bersembunyi dibalik undang2 Penagihan yang semua pasal nya kamu tidak baca secara keseluruhan.. Ajukan keringanan angsuran atau Pelunasan khusus dengan potongan Diskon, itu baru langkah yang Bijak.. Kami Nagih sudah siap menanggung resiko apapun di Lapangan.. Paham sampai di sini!!!!

        2
        10
        • 19 Desember 2022 - (09:31 WIB)
          Permalink

          ya kan iku gak terlambat ajg hari itu hari terakhir dia bayar cuma waktunya masih belum adaa😒

        • 20 Desember 2022 - (06:23 WIB)
          Permalink

          Bener bang, gue juga pernah telat dan di telepon oleh pihak pinjol akulaku. Gue angkat dan konfirmasi kalau gue kaga bisa bayar sekarang. Ditanya juga kapan bisa bayar dan gue sebutin gue bisa bayar tanggal sekian. Kena denda juga gpp, akhirnya mengerti orang pinjolnya. Karena menurut gue, kebanyakan orang minjem. Kaga pernah mikirin nanti gimana bayarnya, tapi main pinjem aj. Gue pribadi, kalau minjem selalu hitung” pendapatan gue. Bisa bayar apa engga, kalau engga ya gue engga minjem atau ubah limitnya sesuai kemampuan atau pinjam ke teman.

  • 15 Desember 2022 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Salah satu bentuk cara PINJOL tidak paham aturan dan maunya hanya fokus ke keuntungan saja

    31
    5
    • 15 Desember 2022 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Sy ini nasabah Pinjam Duit sejak krg lbh 3 thn. Limit pinjaman yg ditawarkan sampe 5.7 jt.. Kalau sdh jatuh tempo, menelpon dan WA g berhenti2.. Smua pinjol gt modelnya… Biar yg ad ijin OJK maupun yg g ad ada ijin, sm aja modelnya.. Mkx sdh sy lunasi dn alhamdulillah, hidup sy skrg sdh tenang… Bpk/ibu,, jauhi Pinjol trmasuk Pinjam Duit, krn mrk tdk mau tau : kt dilarang telat biar 1 hri aj…

      26
      1
      • 16 Desember 2022 - (08:23 WIB)
        Permalink

        Betul skrg pinjol ilegal & legal g ad bedanya cara nagih nya,semoga cepet di tutup aj sm pemerintah,udh byk bikin sengsara masyarakat

        19
        • 16 Desember 2022 - (11:21 WIB)
          Permalink

          Laporin Ke cs, kalo cs gak gubris lapor ke Afpi/OJK, jangankan 7.20 , dc wa 7.59 juga gak boleh karna ada sanksi, itu DCnya nantang, dia jual langsung dibeki aja, langsung ke afpi ojk, pasti kicep itu dc

          10
      • 16 Desember 2022 - (11:19 WIB)
        Permalink

        Smg pembaca disini dimurahkan rezekiy jauh pinjol mereka benar benar ganas dalam menagih beda dgn bank yg sdh terlanjur jangan mau galau tulob

        12
      • 17 Desember 2022 - (22:47 WIB)
        Permalink

        Namanya org invest di perusahaan muterin uang cuci uang jiar dpt keuntungan …uang setan dimakan jin ga usah dibayar biar seklian yg nagih ga dpt.komisi..pdhal komisi nya buay bayar utang kredit

    • 15 Desember 2022 - (21:09 WIB)
      Permalink

      Gk usah di bayar bos..anda masih mending jam 7 pagi.saya di chat wa tagihan jam 1 pagi,jam 4 pagi sama jam 5 pagi..

      Lebih Baek anda gk usah bayar.banyak pinjol udah melanggar aturan ojk,aturan norma2 kemasyarakatan

      23
      3
        • 18 Desember 2022 - (07:57 WIB)
          Permalink

          Wkwk.klhtny Ada DC yg kepanasan 😆😆.
          Salahny sendri tidak di verifikasi yang bener.klo ad DC yg cara penagihan udah bar bar,bahasa kebun binatang kluar, pengancaman gk usah di bayar.pinjol bukan membantu tapi meresahkan masyarakat

          3
          1
  • 15 Desember 2022 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Hahaaa kalo ada berita media konsumen sperti ini pasti yg komen banya DC PENGANGGURAN yg kasih makan anak istri hasil intimidasi dan nakuti orang….awas jadi tumor uang yg kalian makan hasil intimidasi

    48
    4
  • 15 Desember 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Namanya orang ngingetin mas.. Ya kalau samian orang baik ya udah tinggal respon nanti ya saya lagi kerja.. Gitu aja beres.. Gk perlu perdebatan yg sia”.. Karena mas juga punya tanggunh jawab sama mereka.. Berfikir rasional aja mas.. Mreka udh baik minjemin duit.. Kalau disaat masnya btuh duit trus kgk ada yg minjemin macam mana??? Jdi brsyukur aja lah mreka ngingetin karena cumak mau minta hak nya aja.. Berfikir rasional, cerdas, dn jan suka menyalahkan orang lain.. Trimakaaih

    19
    25
  • 15 Desember 2022 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Sekarang sudah tanggal 15 Desember, apakah sudah dibayar?

    Kalau soal mengingatkan / reminder yang waktunya tidak berkenan di hati, ya sudah lah menurut saya mau bagaimana lagi, sudah komplain dan tidak digubris kan?
    Yang penting sudah dibayar belum?

    Berikutnya mungkin bisa dipertimbangkan cari sumber pinjaman utang yang lain saja, karena yang kali ini kan mengesalkan cara mengingatkan / reminder nya

    8
    16
  • 15 Desember 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    jangan2 kalo wa nya jam 7.59 juga protes nih wkwkwkwk.
    jam 7.20 mah udah siang mas.

    3
    9
  • 15 Desember 2022 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Yang nagih kan biro jasa DC, bukan rentenirnya. Ibarat anda hajatan yang mengamankan kan preman pakai baju ormas, bukan polisi.

    Mereka memang dibayar untuk menegur, menggertak, mengancam, meneror, bahkan pernah ada kasus menculik (yang korbannya anggota DPRD).

    Menghadapi mereka dengan nalar dan kewarasan adalah hal irasional. Cara paling persuasif adalah abaikan seabai-abainya. Cara paling preemtif adalah bertindak seperti kang Mus, gebuk dulu tanya belakangan.

  • 15 Desember 2022 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Yg komen negatif pasti debt collector yg bikin customer ogah membuat pengaduan di media konsumen.

    12
    1
  • 15 Desember 2022 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Ga bs komen pintar ya? Apa2 yg komen kontra selalu di bilang DC. Be smart dikit lah

    4
    11
    • 15 Desember 2022 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Betul, di MK klau g sejalan ama TS langsung d judge DC.
      Agak lucu memang ngeliat netizen Mk 😂

      4
      6
      • 19 Desember 2022 - (18:15 WIB)
        Permalink

        Ente bener gan,.. lucu jg bacanye sih,.. lgsg membabi buta yg kontra pasti dibilang temennye DC.. govlok2.. 🤣

        • 22 Desember 2022 - (14:12 WIB)
          Permalink

          Saya juga pernah masalah dengan app pinjam duit,
          Sudah DIBAYARKAN “sesuai” catatan tanggal jatuh tempo, tp masih telp ke contact, nantang nyuruh angkat telp, saya rekam semua pembicaraannya sekalian, dan menyuruh melunasi bunga yang masih jatuh temponya bulan Januari 2023 dan April 2023.

          Ga usah bertele2, langsung saya kontak OJK via Whatsapp lalu diarahkan ke Contact OJK, isi beberapa form, yang aneh lagi, saat isi form point 3 si wanita penagihan ini masih telp dan menyuruh untuk angkat,
          Sikat aja sekalian, hari ini saya mau laporkan ke polisi juga, mengganggu privasi orang, data dan bukti sudah saya serahkan ke ojk dan pihak hukum.

    • 17 Desember 2022 - (21:18 WIB)
      Permalink

      Betul, kalau boleh dibuat kesimpulan memang mayoritas bangsa kita orang2nya ya (mungkin juga termasuk saya) typical orang yang mau ngutang susah bayar.

  • 15 Desember 2022 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Ya baru jam segitu,saya mlm pagi siang udh kaya minum obat ditelpon DC pinjol,jgn terlalu berharap mrka ikut aturan jam penagihan cuekin aja pokoknya 😁😁😁

    8
    1
  • 15 Desember 2022 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Hampir semua pinjol memang begitu karena mereka juga mengingatkan nasabah agar terhindar dari denda dan bunga. Dan kalau kualitas kredit buruk otomatis nanti nasabah juga yang susah karena SLIK OJK nya jadi jelek.

    Saya pribadi udah batasi penggunaan pinjol dan lebih fokus ke perbankan seperti kartu kredit atau KUR (kredit usaha rakyat) karena gimanapun bank lebih menjaga nasabahnya ketimbang pinjol.

  • 16 Desember 2022 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Gak penting banget. Follow up sama mengingatkan gak ada batas jam. Kalo jam 8 itu jam kerja

    2
    1
  • 16 Desember 2022 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Saya pernah dapet beberapa sms dari operator jam 3 pagi dan itu mengganggu saya padahal isinya hanya promo paket internet, sms premium dll, saya biasanya memang pasang nada dering maksimal saat tidur jaga” kalau ada emergency call yang harus segera saya respon. Saya menghubungi pihak operator mereka meminta maaf tapi mereka mengatakan itu dikirimkan oleh sistem terkadang sistem pending,dll jadi baru tersampaikan keponsel saya pada jam tersebut dan mereka berjanji akan lebih memperhatikan lagi pelayanan konsumen.. mungkin itu adalah sistem mereka dan mereka belum bisa mengatur semua pesan dikirimkan pada jam tertentu daripada marah” diabaikan saja bukannya anda membuang waktu anda berdebat dengan mereka hanya dikarenakan jam pengiriman pesan.. jika tidak nyaman hubungi pihak CS dan minta agar hanya menghubungi anda di jam kerja / diluar jam kerja.. saya rasa itu lebih bijak.. dan satu lagi saran saya JAUHI PINJOL JIKA HIDUP ANDA INGIN LEBIH TENANG..

  • 16 Desember 2022 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Yang komentar di MK rata² kebanyakan dc.Amit² jabangbayi,cari duit ngasih makan anak istri dari uang tidak berkah karena suka mengancam,mengintimidasi dan membentak² orang.Ya memang itu tugas² anda² tapi ingat,karma itu berlaku.Debitur memang melakukan pinjaman dan harusnya bisa dengan kata² yang lebih sopan dan tidak mengintimidasi,berdebat dan mengancam.Heran gua,,,pinjol legal maupun ilegal ga ada perbedaanya ya.Naudzubillahimindzalik

    4
    2
    • 20 Desember 2022 - (06:13 WIB)
      Permalink

      Tidak semua orang dengan kata” sopan, lemah lembut dan gemulai mengerti. Terkadang harus dengan kata” sikap atau sikap kasar baru mereka bayar. Ibarat kata, u minjemin duit ke temen u tagih dia bilang entar” dan banyak alasan padahal lagi butuh banget, saat u bilang kasar baru di mulai bayar. Karena gue ngalamin seperti itu, bukan cuma sekali.

  • 16 Desember 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Pinjolnya nagih maksa pdhl belum jatuh tempo, alasannya akan ada perbaikan sistem terus pake ngancam2 sebari ke kontak …

  • 16 Desember 2022 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Kalau keluhan saya tentang aplikasi pinjam duit
    Saya kemarin tanggal 15-12-2022 sudah melakukan pelunasan tunggakan tetapi setelah saya bayar lunas status di aplikasi masih tidak berubah sampai hari ini
    Saya sangat kecewa dengan itu semua kerja cs sangatlah lambat kemana saya mengadu

  • 16 Desember 2022 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Yang masih bela pinjol .. Daripada debat ngingetin soal hutang mending bantu bayarin orang2 yang terjerat pinjol mampu ga ?
    Jangan samakan hidup anda dengan hidup orang lain masing2 punya permasalahan sendiri ….

    7
    1
    • 18 Desember 2022 - (03:24 WIB)
      Permalink

      kalo sy perhatikan komenan dari atas ga ada yg bela pinjol sbenernya lebih ke tafakur diri aja.
      suka tidak suka resiko berhutang ke pinjol ya sprti itu.

  • 19 Desember 2022 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Emang kocak yg komen dimari, giliran gak sependapat ame entu TS lgsg dibilang temennye DC,. Tolol2.. 🤣

  • 20 Desember 2022 - (05:40 WIB)
    Permalink

    Tidak mau ditagih?…. jangan berhutang…hidup tenang…
    Tidak punya duit?…tahan nafsu dan keinginan…hiduplah sesuai kemampuan dan kebutuhan, bukan keinginan….

  • 20 Desember 2022 - (06:02 WIB)
    Permalink

    Menggangu dimananya ya, jam menurut saya standar operasional. Kecuali jam 1 pagi nah baru itu menggangu, lagian kan anda di kirim pesan bukan di telepon. Yang menggangu itu kan kalau di telpon, lagi pula kan andam bisa silent atau balasnya nanti”. Kalau anda mau bayar kan tinggal bayar saja, jaman sekarang kan ada mbanking. Alfa dan Indomaret dimana” dan cuma butuh waktu paling lama mungkin 10 menitan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 48 komentar sampai saat ini..

Jam Penagihan Aplikasi Pinjol Pinjam Duit yang Tidak Mengikuti Aturan…

oleh Dody Hermawan dibaca dalam: <1 menit
48