Surat Pembaca

Informasi Rincian Biaya Perbaikan PLN yang Tidak Jelas

Dear PLN,

Dengan ini saya menyampaikan keluhan dengan adanya biaya jasa yang cukup mahal untuk perbaikan layanan listrik. Pada tanggal 14 Desember 2022, orang tua saya memanggil orang PLN melalui panggilan Contact Center. Lalu ada orang datang dari PLN dan melakukan pemeriksaan.

Namun kendalanya ada di listrik air yang mati, sehingga harus membeli sambungan kabel yang baru sebanyak 6 meter. Biaya pembelian kabel berbeda di luar rincian biaya-biaya tersebut. Saya sudah menghubungi Contact Center PLN, mereka mengatakan tidak ada patokan harga tetap dan dalam hal ini bisa saja pihak tersebut menembak harga. Seharusnya tidak semahal itu.

Jika biaya itu di luar kewenangan PLN, maka dalam hal ini saya merasa dirugikan. Dalam hal ini, apabila tidak ada ketetapan biaya yang diberlakukan oleh PLN, maka pihak staf lapangan PLN bisa saja melakukan “tembak” harga.

  • Tidak ada kejelasan mengenai biaya-biaya jasa tersebut.
  • Biaya-biaya tersebut di luar pembelian kabel

Mohon klarifikasinya dan mohon melakukan pelacakan staf lapangan yang bertugas melakukan pemeriksaan tersebut. Berikut bukti terlampir.

Meiliana Angraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wah ko bayar ya. Kemarin meteran saya (prabayar) kena samber petir sampai mati total, diganti sama PLN gratis wlwpn emang sisa token nya ga ada tapi nunggu diurus 1hari selesai tinggal input ke token baru. Cuma saya kasih orang PLN nya aja 2 org wlwpn emang ga ngasih juga gpp si kayanya.

    • Setau saya kalau masalahnya di meteran gratis ya, saya juga pernah KWH meter saya error di pencet2 ga mau entah kenapa, saya hubungi PLN di cek dan di ganti baru itu gratis. Cuma kalau masalah instalasi listrik rumah, dimana di sini kasusnya ganti kabel mesin/pompa air itu setau saya bayar karena sudah bukan ranahnya PLN lagi.

  • Menurut saya kalo instalasi rumah bermasalah tinggal cari teknisi sekitar rumah hemat biaya,tapi gangguan sekitar kWh listrik sampai tiang gratis jika dikenai biaya bisa diklaim petugas piket y.

  • Yang rusak bukan meteran...
    Tapi kabel/ pompa air suruh orng PLN
    Ya harus bayar...
    Sudahlah kak ichlaskan saja
    Toh itu sesuai sistem..URUSAN LISTRIK URUSAN NYAWA kalo kenak setrum aduh amit2

  • Teknisi 3 orang. Itungannya 100rban ya wajarlah. Lagian masalah yg terjadi air bukan instalasi Mcb/meteran dll. Ngelawak sih

  • Apa sebelumnya tidak ada pejelasan dulu kak mana bagian PLN & mana bagian pelanggan ?
    Kalau lihat cerita kk itu kan yang rusak jalur pompa air dan itu sudah masuk instalasi pelanggan bukan kewajiban PLN untuk memperbaiki harusnya cari instalatir buat memperbaiki

    Setahu saya kewajiban PLN dari tiang listrik sampai meter lalu,setelah meter atau bok MCB ke instalasi sudah tanggung jawab pelanggan

    Kalau ada petugas yang datang memperbaiki di intalasi (setelah meter) wajar kalau ada biaya karena itu tanggung jawab pelanggan mungkin itu bukan PLN tapi listriqu(layanan instalasi rumah)

  • Saya pernah dimintain temen untuk pengerjaan instalasi listrik di ruko nya yang baru,, total pemasangan piting lampu 85 titik, sebelumnya dia tanya ke petugas pln untuk tarif pemasangan sebanyak itu dipatok 4juta an terima beres..
    Pada akhirnya saya yg mengerjakan hanya dengan biaya 1,5 jt sudah termasuk uang rokok saya cuma 800rb an gpapalah sama temen ;)) lama pengerjaan 2hari sendirian tanpa asisten...

  • Halo Kak Meiliana Angraini,

    Kami dari PT Haleyora Power (Anak Perusahaan PLN) yang bertugas mengelola layanan ListriQu, izin untuk menganggapi keluhan Kak Meiliana. ListriQu ini adalah layanan untuk pemasangan dan perbaikan instalasi dalam rumah. Sebelumnya terima kasih atas perhatian yang sudah diberikan dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Izin menginformasikan kami sudah bertemu langsung dengan pelanggan dan memberikan penjelasan kepada pelanggan, terkait rincian dari harga yang ditetapkan petugas. Pelanggan sudah mengerti mengenai rincian pekerjaan serta biayanya yang memang sudah sesuai dengan lingkup kerja dan standar harga dari layanan ListriQu. Pelanggan sendiri merasa puas dengan layanan yang sudah kami lakukan sebelumnya.
    Kami sangat menghargai setiap masukkan positif untuk membuat layanan kami jadi jauh lebih baik.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait ListriQu dapat menghubungi Call Center 150-456.
    Terima kasih.

    • Hi baru saja tadi malam mcb 1 turun dan saya direkomendasi pln untuk pakai teknisi listriqu, kemudian setelah selesai biaya sampai 1.4 juta.

      1. 220k jasa perbaikan ansleting per lantai (yg terdampak di lantai 1) yang saya bayar 2x karena kata teknisi berdasarkan meteran depan untuk 2 lantai = 440k
      2. 90k jasa pemasangan instalasi pertitik pasang luar. (Treatment dari teknisi = bongkar saklar/colokan >> tempel tespen nuala/mati >> tutup) katanya ada total 9 saklar atau colokan = 810k
      3. Ppn 11%
      4. Transport 20k
      5. Pemeriksaan 50k

      Yg saya bingung yang point 2 pemasangan instalasi seharusnya inituh pekerjaan apa ya pertitiknya 90k. Mohon pencerahan dan arahannya

  • Hallo pak, kita sama nih. Baru saja semalem MCB dirmh saya ansleting. Memang biaya bongkar colokan mahal sekali ya. Saya smlm ada 6 titik x 97.000 = kurlep 600.000 diluar yg lain2