Informasi Rincian Biaya Perbaikan PLN yang Tidak Jelas

Dear PLN,

Dengan ini saya menyampaikan keluhan dengan adanya biaya jasa yang cukup mahal untuk perbaikan layanan listrik. Pada tanggal 14 Desember 2022, orang tua saya memanggil orang PLN melalui panggilan Contact Center. Lalu ada orang datang dari PLN dan melakukan pemeriksaan.

Namun kendalanya ada di listrik air yang mati, sehingga harus membeli sambungan kabel yang baru sebanyak 6 meter. Biaya pembelian kabel berbeda di luar rincian biaya-biaya tersebut. Saya sudah menghubungi Contact Center PLN, mereka mengatakan tidak ada patokan harga tetap dan dalam hal ini bisa saja pihak tersebut menembak harga. Seharusnya tidak semahal itu.

Jika biaya itu di luar kewenangan PLN, maka dalam hal ini saya merasa dirugikan. Dalam hal ini, apabila tidak ada ketetapan biaya yang diberlakukan oleh PLN, maka pihak staf lapangan PLN bisa saja melakukan “tembak” harga.

  • Tidak ada kejelasan mengenai biaya-biaya jasa tersebut.
  • Biaya-biaya tersebut di luar pembelian kabel

Mohon klarifikasinya dan mohon melakukan pelacakan staf lapangan yang bertugas melakukan pemeriksaan tersebut. Berikut bukti terlampir.

Meiliana Angraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PLN:
[Total:115    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Informasi Rincian Biaya Perbaikan PLN yang Tidak Jelas

    • 20 Desember 2022 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Ada baiknya nanti klu ada kerusakan ya perbaiki sendiri pak untuk urusan yg di dlm rumah,,karena itu diluar tanggung jawab PLN,,bisa panggil teman atau tetangga bapak sendiri,,klupun ada resiko terkena setrum biar bpk sendiri yg bertanggung jawab,,karena ilmu itu lebih mahal dr jasa yg uang bpk berikan,,apalagi ini urusan setrum listrik PLN.

      16
      16
      • 24 Desember 2022 - (03:30 WIB)
        Permalink

        pak, anda mau bayar 400lebih dan itu belum termasuk biaya kabel? mau gimana juga mereka memanfaat orang bodoh agar mau gak mau harus keluar uang, saya tidak menyebut itu pihak pln, tetapi itu pihak 3 yang kurang hajar terharap rakyat, kalau saya orang jahat saya jual saja rokok 1bungus 100rb, apakah itu logika?, ini bukan masalah ilmu itu mahal, semua ilmu mahal bukan berarti harus jual rokok itu 100rb, listrik bisa di matikan melalui mcb dan hal itu tidak akan membunuh mereka, mengapa anda mengatakan itu akan menyenturum? logika bodoh yang dimanfaatkan orang orang pintar, lain kali anda jangan berkata seperti itu, anda membela penjahat, apa jangan” anda sendiri melakukan hal itu?

        5
        3
        • 24 Desember 2022 - (15:34 WIB)
          Permalink

          Klu sdh tau begitu masalahnya kenapa tdk anda saja perbaiki dari awal,,kenapa harus memanggil pihak PLN atau pihak ketiga,, urusan hak jual beli itu tergantung sang penjual lah menentukan harga,, mana bisa sang pembeli yg nentukan harga,,klu semua pembeli seperti anda yg menentukan harga,,gak lama bakalan gulung tikar & bangkrut toko2,, karena maunya anda pasti pingin murah & berkualitas tinggi.😂😅😅

          2
          3
      • 25 Desember 2022 - (17:50 WIB)
        Permalink

        Dari pengamatan saya,itu bukan tanggung jawab PLN,Krn bukan masalah utamanya wajarlah org PLN membeli kabel dan biaya jasa buat betulin peralatan yg dipakai.

  • 18 Desember 2022 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Memang agak sulit ya kalau perbaikan listrik itu, biasanya yg saya tahu itu kalau kita sudah tahu masalahnya dimana tukang listrik itu mainnya per-titik biasanya 1 titik itu sekitar 50 – 75 ribu, dan itu biaya per orang.

    Cuma biasanya kalau masalahnya itu belum jelas, biasanya yg dateng emang banyak sekitar 2-3 orang. 1 orang kerja, 1 orang tukang bantu2 nah 1 orang lagi ini biasanya orang yg ngerti jadi dia bantu mikir mungkin kelasnya ke seniornya.

    Nah casenya ini seperti apa. Kalau casenya orang tua anda sudah tau masalahnya dimana (misalnya kabel airnya putus/mati dan hanya butuh orang untuk narik/ganti kabel aja), saya rasa seharusnya yg dateng tidak perlu sampai 3 orang (biasanya cukup 1 orang saja) dan fix anda kena tembak.

    Cuma kalau kondisinya adalah orang tua anda awalnya ga tau masalahnya dimana, itu jadi wajar yang dateng banyak karena mereka butuh teman untuk konsultasi agar ketemu titik masalahnya, karena emang listrik ini hal yang cukup sulit. dan misalkan tukang PLN ini nyari2 masalahnya hampir setengah harian atau bahkan seharian penuh karena MCB/sikring yang jatuh2 ga jelas alasannya apa, kalau menurut saya ya jadi wajar kita memberikan biaya tukang untuk berkerja sehari biasanya sekitar 125 – 200 per orang

    Jadi harus memang di lihat case by case kasus yg di alami orang tua anda ini seperti apa, apakah sudah tahu masalahnya dari awal atau belum.

    43
    4
    • 18 Desember 2022 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Setuju dengan pendapat om @Adiguna. Mungkin (orangtua) bu Meiliana ini inginnya “tahu beres” tanpa memperhitungkan bahwa biaya bisa membengkak.

      Jika ukurannya uang dan ingin berhemat, bisa panggil tukang listrik dekat rumah. Kalau butuh kabel atau alat tambahan bisa diusahakan sendiri supaya paham harga. Untuk memotong biaya makan di luar biaya jasa bisa sediakan air mineral gelas 4 biji ditambah gorengan beberapa potong, seandainya Nasi Padang dianggap kelewat mahal. 👹

      20
      1
    • 18 Desember 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Kalau memang jenis pekerjaannya dianggap mudah (“cuma ganti kabel mesin air doang”) dan mempertimbangkan biaya ya dikerjakan sendiri aja, jadi anda bisa berhemat.

      10
      • 23 Desember 2022 - (11:38 WIB)
        Permalink

        Itu petugasnya ga dapat gaji mungkin,makanya ts yg bayar,jelas2 biaya material nol rupiah

        2
        1
  • 18 Desember 2022 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Sepertinya wajar bayarnya seperti itu, karena menyangkut bahaya dan resiko yang tidak terlihat dan juga yang dibayar bukan materialnya tetapi ilmunya, mungkin sekedar saran kedepan sebaiknya minta bantu teman/tetangga saja karena yang rusak bukan milik PLN tetapi milik pribadi yang bukan jadi tanggungjawabnya PLN.

    11
  • 18 Desember 2022 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Kalau itu perbaikan dalam atau bukan tanggungan pln jadi di kerjakan oleh biro jasa intalatir kalau gak salah sebut ya.
    Jadi memang ada biaya jasa biasanya di musyawarah dulu atau terima beres kerja aja dulu.
    Kalau rusak di luar meteran itu gratis dari pln karena termasuk prmeliharaan dan pelayanan pln.
    Jasa pemeriksaan dgn teliti dan menyeluruh mungkin .
    Makanya mahal.

  • 18 Desember 2022 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Memang mahal kalo pake jasa teknisi pln, tidak ada patokan harga, sudah ikhlaskan saja, jadi pelajaran saja, lain kali untuk kerusakan listrik didalam rumah pakai jasa teknisi listrik kenalan bila ga ada org rumah yg mengerti kelistrikan

  • 19 Desember 2022 - (04:55 WIB)
    Permalink

    Please deh….jika dirasa mahal, maka dari awal jangan suruh orang untuk kerjakan kerusakan di rumah kita .. kerjakan aja sendiri…sebelum tukang yg datang itu bekerja untuk memperbaiki, apa tdk ditanya dulu biayanya???…jika tdk ditanya, maka itu sama artinya seperti kita naik ojek pangkalan langsung minta antar ke lokasi (tdk tanya biaya antar dulu) dan setelah di lokasi diminta biaya antar lalu ngomel karena biaya antarnya terlalu besar….itu kan salah kita sendiri….
    Jika kerusakan terjadi di dalam rumah (setelah meteran) maka itu hak dan kewajiban pelanggan untuk memperbaikinya….

  • 19 Desember 2022 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Setahu saya, bahwa kewajiban PLN hanya sampai Kwh Meter, dan instalasi pelanggan adalah milik pelanggan, krn pada saat bangun rumah, pemilik rumah manggil tukang listrik sendiri utk bikin instalasi, beli material sendiri, biaya sendiri tanpa diketahui oleh PLN. Nah bila mana dikemudian hari ada kerusakan di Instalasi pelanggan maka sdh menjadi hak dan kewajiban pelanggan utk memperbaiki. Kesalahan besar bila PLN ikut memperbaiki Instalasi Pelanggan. Dan kesalahan besar juga bagi pelanggan bila minta diperbaiki oleh PLN. Setahu saya sudah Ada Aplikasi PLN MOBILE yg didalamnya ada fitur LISTRIQU yg bisa membantu pelanggan untuk mencari Instalatir listrik (bukan PLN)

  • 19 Desember 2022 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami case yg serupa. Waktu itu malam hari, tiba-tiba listrik padam, saya cek MCB kok nyala tapi listrik padam, lalu saya hubungi 123 dan menceritakan permasalahannya. Keesokan harinya petugas datang kemudian di cek ini itu, lalu diketahuilah kalau yg bermasalah itu sekringnya (dalam hal ini ada kerusakan pada box sekring dan minta ganti yg baru). Tapi sebelumnya petugas mengatakan kalau ganti box sekring itu ada biaya tersendiri, karena kerusakan di luar MCB dan bukan tanggung jawab PLN. Disini saya harus beli box sekring terlebih dahulu. Tapi oleh petugas diakali sementara yg penting listrik bisa nyala. Dan saya disarankan beli box sekring baru, dan untuk pemasangannya bisa panggil petugas lagi, atau bisa pasang sendiri. Setelah selesai Petugas saya kasih sedikit uang (walaupun sebenarnya gratis). Keesokan harinya saya baru beli box sekring baru lalu saya pasang sendiri.

  • 19 Desember 2022 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Pekerjaan diluar aturan yang ada tapi minta diperlakukan seperti sesuai aturan..

  • 19 Desember 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    itu tagihannya sesuai sistem? klo iya berarti ga ilegal kecuali d bayar tanpa bukti transaksi

    • 23 Desember 2022 - (05:11 WIB)
      Permalink

      Bu,saya cm mau bilangin kE ibu.klo perlu tenaga orang buat perbaiki kabel pompa yg rusak jng telpon pln ibu salah,itu bkn urusan pln,seharusnya ibu nyuruh tukang listrik rumahan,wajar klo kabel pompa rusak ibu di suruh beli kabel karna itu mesin pompa ibu bukan milik pln,terkecuali meteran pln iya gratis.paling kebijakan dari konsumen buat beli es mah wajar.karna dia uda ngambil resiko buat perbaiki rumah ibu..saya cuma pesan ke ibu jadi orang jng pelit dan nyari jasa gratis,uda di tolong masih ngejelekin yg kerja lain kali klo di luar pln kerjain sendiri,inget ilmu itu mahal,masalah listrik resikonya berat urusannya nyawa bu,hargailah orang lain klo mau di hargai,jadi gedek ane denger nye komplain kg jelas ni orang

  • 19 Desember 2022 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Wah ko bayar ya. Kemarin meteran saya (prabayar) kena samber petir sampai mati total, diganti sama PLN gratis wlwpn emang sisa token nya ga ada tapi nunggu diurus 1hari selesai tinggal input ke token baru. Cuma saya kasih orang PLN nya aja 2 org wlwpn emang ga ngasih juga gpp si kayanya.

    • 19 Desember 2022 - (17:33 WIB)
      Permalink

      Setau saya kalau masalahnya di meteran gratis ya, saya juga pernah KWH meter saya error di pencet2 ga mau entah kenapa, saya hubungi PLN di cek dan di ganti baru itu gratis. Cuma kalau masalah instalasi listrik rumah, dimana di sini kasusnya ganti kabel mesin/pompa air itu setau saya bayar karena sudah bukan ranahnya PLN lagi.

  • 19 Desember 2022 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Maaf ya..Harga barang dan jasa sudah naik. Sudah mahal karena ada inflasi.

    1
    1
  • 19 Desember 2022 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Menurut saya kalo instalasi rumah bermasalah tinggal cari teknisi sekitar rumah hemat biaya,tapi gangguan sekitar kWh listrik sampai tiang gratis jika dikenai biaya bisa diklaim petugas piket y.

  • 21 Desember 2022 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Yang rusak bukan meteran…
    Tapi kabel/ pompa air suruh orng PLN
    Ya harus bayar…
    Sudahlah kak ichlaskan saja
    Toh itu sesuai sistem..URUSAN LISTRIK URUSAN NYAWA kalo kenak setrum aduh amit2

  • 22 Desember 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Teknisi 3 orang. Itungannya 100rban ya wajarlah. Lagian masalah yg terjadi air bukan instalasi Mcb/meteran dll. Ngelawak sih

  • 22 Desember 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Apa sebelumnya tidak ada pejelasan dulu kak mana bagian PLN & mana bagian pelanggan ?
    Kalau lihat cerita kk itu kan yang rusak jalur pompa air dan itu sudah masuk instalasi pelanggan bukan kewajiban PLN untuk memperbaiki harusnya cari instalatir buat memperbaiki

    Setahu saya kewajiban PLN dari tiang listrik sampai meter lalu,setelah meter atau bok MCB ke instalasi sudah tanggung jawab pelanggan

    Kalau ada petugas yang datang memperbaiki di intalasi (setelah meter) wajar kalau ada biaya karena itu tanggung jawab pelanggan mungkin itu bukan PLN tapi listriqu(layanan instalasi rumah)

  • 22 Desember 2022 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Saya pernah dimintain temen untuk pengerjaan instalasi listrik di ruko nya yang baru,, total pemasangan piting lampu 85 titik, sebelumnya dia tanya ke petugas pln untuk tarif pemasangan sebanyak itu dipatok 4juta an terima beres..
    Pada akhirnya saya yg mengerjakan hanya dengan biaya 1,5 jt sudah termasuk uang rokok saya cuma 800rb an gpapalah sama temen ;)) lama pengerjaan 2hari sendirian tanpa asisten…

  • 23 Desember 2022 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Halo Kak Meiliana Angraini,

    Kami dari PT Haleyora Power (Anak Perusahaan PLN) yang bertugas mengelola layanan ListriQu, izin untuk menganggapi keluhan Kak Meiliana. ListriQu ini adalah layanan untuk pemasangan dan perbaikan instalasi dalam rumah. Sebelumnya terima kasih atas perhatian yang sudah diberikan dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Izin menginformasikan kami sudah bertemu langsung dengan pelanggan dan memberikan penjelasan kepada pelanggan, terkait rincian dari harga yang ditetapkan petugas. Pelanggan sudah mengerti mengenai rincian pekerjaan serta biayanya yang memang sudah sesuai dengan lingkup kerja dan standar harga dari layanan ListriQu. Pelanggan sendiri merasa puas dengan layanan yang sudah kami lakukan sebelumnya.
    Kami sangat menghargai setiap masukkan positif untuk membuat layanan kami jadi jauh lebih baik.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait ListriQu dapat menghubungi Call Center 150-456.
    Terima kasih.

    • 26 Desember 2022 - (03:35 WIB)
      Permalink

      Hi baru saja tadi malam mcb 1 turun dan saya direkomendasi pln untuk pakai teknisi listriqu, kemudian setelah selesai biaya sampai 1.4 juta.

      1. 220k jasa perbaikan ansleting per lantai (yg terdampak di lantai 1) yang saya bayar 2x karena kata teknisi berdasarkan meteran depan untuk 2 lantai = 440k
      2. 90k jasa pemasangan instalasi pertitik pasang luar. (Treatment dari teknisi = bongkar saklar/colokan >> tempel tespen nuala/mati >> tutup) katanya ada total 9 saklar atau colokan = 810k
      3. Ppn 11%
      4. Transport 20k
      5. Pemeriksaan 50k

      Yg saya bingung yang point 2 pemasangan instalasi seharusnya inituh pekerjaan apa ya pertitiknya 90k. Mohon pencerahan dan arahannya

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Informasi Rincian Biaya Perbaikan PLN yang Tidak Jelas

oleh Meiliana dibaca dalam: 1 menit
33