Agar Teliti dengan Modus Baru Promo IKEA Akhir Tahun

Saya adalah seorang pelanggan setia IKEA, yang memang menyukai produk-produk IKEA, karena kualitasnya yang lebih baik dan presisi jika dibandingkan dengan produk-produk serupa di kelasnya. Selain itu IKEA juga memberikan kita kebebasan meng-customize/memodifikasi produk-produknya, sehingga customer yang kreatif semakin tertarik.

Namun sangat disayangkan, akhir tahun ini saya kira IKEA telah mengambil langkah yang keliru, dengan promo (SALE) akhir tahun mereka terutama dengan salah satu produk mereka yakni FEJKA (tanaman tiruan) FICUS BENJAMINA EXOTICA 21 cm.

Saya tertarik terhadap promo produk tersebut yang harga normalnya adalah Rp999.000, menjadi Rp699.000 dan membelinya hari ini (24/12/2022) di IKEA JAKARTA GARDEN CITY.

Masalah baru terungkap setelah di perjalanan pulang, saya kembali melihat setruk belanja kami dan sangat terkejut ternyata harganya tidak promo yakni tetap Rp999.000.

Kemudian saya berniat melakukan komplain dan bertanya via telepon ke call center IKEA dan menjelaskan permasalahannya.

Team call center IKEA kemudian meminta kami untuk menyebutkan nomor artikel/produk yang ada pada bukti belanja kami dan setelah mengecek ternyata no produknya adalah 004.915.74 -FEJKA (Tanaman Tiruan) FICUS BENJAMINA EXOTICA, 21 cm –https://www.ikea.co.id/in/produk/dekorasi/tanaman-tiruan/fejka-art-00491574 yang memang produk tersebut tidak promo.

Tetapi lucu/uniknya ternyata sama persis dengan produk no. 403.751.72 -FEJKA (Tanaman Tiruan) FICUS BENJAMINA EXOTICA,21 cm-https://www.ikea.co.id/in/produk/dekorasi/tanaman-tiruan/fejka-art-40375172 yang merupakan produk yang kami harapkan.

Di situ saya baru sadar bahwa kami sudah terkecoh dengan trik/modus pihak IKEA dengan sengaja mengganti atau menggandakan nomor produk(yang sama persis) sehingga besar peluang customer salah mengambil produk yang dikira PROMO padahal TIDAK jika kurang teliti/tidak melihat nomor produk yang diambil padahal secara fisik dan ukuran sama (kedua produk tsb sama persis dan itu dibenarkan/disampaikan langsung oleh customer service saat kami konfirmasi via telepon).

Saya sebagai pelanggan dan pengguna produk IKEA, terus terang sangat kecewa dengan apa yang telah dilakukan oleh team promo/sales IKEA yang sepertinya mereka ingin bermain-main dan berusaha mengambil keuntungan lebih dari customer dengan cara yang sedikit licik -saya kira- yakni memanfaatkan ketidaktelitian customer atau dengan kata lain ingin mengecoh customer yang tidak selalu aware dengan nomor produk tetapi hanya mengandalkan visual saja.

Saya di sini menulis surat ini dengan maksud membagikan pengalaman buruk sebagai pelajaran kita bersama  terutama teman-teman customer IKEA agar selalu lebih teliti terhadap hal-hal seperti ini sehingga tidak merasa kecewa dan dirugikan oleh IKEA atau perusahaan lain yang memiliki modus yang serupa.

Kemudian jika surat ini dibaca oleh pihak IKEA INDONESIA, saya berharap bisa melakukan koreksi terhadap strategi bisnis agar jangan sampai customer enggan berbisnis dengan Anda dikarenakan kelicikan strategi perusahaan demi mendapatkan sedikit cuan lebih.

Demikian saya sampaikan semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Cikarang, 24 Desember 2022,

Tri Budi N.
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai IKEA Indonesia:
[Total:59    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan IKEA Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Tri Budi

Dengan hormat, Sehubungan dengan dimuatnya surat pembaca dari Bapak Tri Budi N. pada hari Minggu, 25 Desember 2022 dengan judul...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Agar Teliti dengan Modus Baru Promo IKEA Akhir Tahun

    • 26 Desember 2022 - (07:28 WIB)
      Permalink

      Sudah saya tanyakan ke CS dan harus dateng kesana untuk penukaran plus dengan catatan jika stok masih ada serta tidak bisa kita booking dulu via phone/call.

      Jadi menurut saya itu berpotensi akan kecewa 2 kali nanti jika saya sudah kesana ternyata stok habis.

      Intinya saya disini merasa IKEA keliru membuat 1 produk dengan 2 nomer artikel yang mana itu sangat berpotensi merugikan customer seperti yang saya alami.

      14
      • 26 Desember 2022 - (09:13 WIB)
        Permalink

        sekedar informasi, sebagai sesama konsumen IKEA , mungkin memang ada satu barang dengan bentuk yang sama namun artikel berbeda. biasanya , yang membedakan secara fisik , adanya kemasan / box pada item yang dibeli, sedangkan di item yang promo tidak ada box/ kemasan . jangan lupa ketika membeli barang di IKEA , di cek kembali harga yang tertera di bawahnya , apakah promo atau tidak . mungkin masukan dari saya seperti itu , terimakasih

  • 26 Desember 2022 - (04:05 WIB)
    Permalink

    Wah kok bisa ya sekelas IKEA membuat promo tricky seperti itu,,sangat di sayangkan,, semoga bisa di evaluasi lagi kedepannya.

  • 26 Desember 2022 - (06:09 WIB)
    Permalink

    melihat kemampuan finansial anda yg sanggup membeli tanaman imitasi yang gak penting, seharusnya promo ataupun tidak itu bukan masalah berarti untuk anda kan..

    tidak ada unsur penipuan juga dalam dagang dan teknik marketing hal ini biasa dimana mana.

    8
    57
    • 26 Desember 2022 - (07:29 WIB)
      Permalink

      apakah orang dengan kemampuan financial tinggi, terus tidak boleh mengharapkan promo? anda waras? jelas jelas ikea salah disini, walaupun ts jg ada kesalahan yaitu ga teliti saat membayar, tapi yang dilakukan ikea sangat tidak benar.

      32
      1
      • 26 Desember 2022 - (15:00 WIB)
        Permalink

        Lagipula modus penipuan di sini sangat jelas, karena pihak CS sendiri membenarkan bahwa kedua barang itu sama persis, hanya saja diberi nomor produk berbeda. Tak mungkin lah pembeli melihat sampai kepada nomor produk.

        17
        1
        • 26 Desember 2022 - (16:09 WIB)
          Permalink

          kalo barang kecil begini, biasa kita jarang ngeliat nomor produk karena bisa langsung ambil di etalase. beda kalo barang besar yang kita mesti ambil sendiri di gudang, patokan kita ya nomor produk.

      • 26 Desember 2022 - (16:36 WIB)
        Permalink

        Ketololan & kemiskinan jgn dipertontonkan secara publik .
        Statement paling goblok 2022.

        9
        16
        • 29 Desember 2022 - (08:08 WIB)
          Permalink

          Sekedar informasi buat sedama konsumen, belanja ke ikea itu kan self service ya. Engga kaya di ace atau yang lainnya yang selalu ditemani sama salesnya. Jadinya kita dituntut untuk jadi customer cerdas, biasanya saya kalau kesana, ketika lagi diproses kasir sesekali saya liat layar untuk memastikan harganya dan ketika struk belanja keluar saya cek ulang barang dan harganya terkhusus barang yang promo, jadi kalau ada yang ga sesuai langsung bilang ke csnya. Meskipun barang terlihat sama tapi kode berbeda, ini sih bukan penipuan. Tapi memang kitanya aja yang kurang teliti

          1
          2
      • 27 Desember 2022 - (11:00 WIB)
        Permalink

        utk Lebih memastikan barang promo/ga .. baik’nya tanya di depan kasir & Langsung cek bon sebeLum keluar toko .. Langsung kompLain saat itu Jg .. itu pengaLaman sy

    • 26 Desember 2022 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Sebagai konsumen kita berhak share pengalaman serta memberikan masukan ke produsen/penjual.

      31
      1
    • 28 Desember 2022 - (01:04 WIB)
      Permalink

      Albert kamu mulutmu kayak orang nggak berpendidikan atau nggak didik sama emakmu

  • 26 Desember 2022 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Saran utk pembeli : Teliti sebelum membeli
    Saran utk penjual : kode barang berbeda walaupun barangnya sama…hhmm tricki juga sih ya🤔
    Semoga ada jalan keluar yg terbaik deh ya❤️

    • 26 Desember 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Benar, dan pengalaman saya ini mudah2an bisa bermanfaat untuk semua agar kita(konsumen) selalu teliti sebelum membeli..

      13
      • 27 Desember 2022 - (07:08 WIB)
        Permalink

        Terima kasih sudah sharing pengalaman. Untuk menghindari hal2 seperti, belanja dimana pun, sebelum membayar saya selalu cek ke kasir apa benar itu barang promo. Kalau ternyata bukan ya batal.

  • 26 Desember 2022 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Link produk pertama sepertinya sudah di takedown oleh ikea mungkin karena di post di MK

  • 26 Desember 2022 - (10:34 WIB)
    Permalink

    saya sbg mantan SPB.. sdh sering dpt produk dr perusahaan yg sama tp harga selisih jauh atau perbedaan diskon..
    biasanya selisih harga antara stock lama yg blm terjual atau ada perbadaan sedikit entah dr tempat atau warna…

    nah tugas saya memisahkan barang yg diskon sama yang tidak diskon.. jika ada customer mengambil barang yg tdk diskon harus nya sales atau kasir memberi tahu terlebih dahulu produknya nggk diskon sblm payment.

    14
  • 26 Desember 2022 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Inilah “cerdasnya” trik marketing. Selalu ada sesuatu dibalik promo. Mungkin barang dilabeli promo karena stok lama yang sudah berdebu, kemasan sudah diacak-acak tikus, atau barang display. Konsumen yang cerdas harus bisa mengimbangi promosi yang cerdas.

    Apakah IKEA menipu? Ini namanya “legal trick”. Tidak salah menurut hukum tapi tidak etis secara normatif. Demi cuan yang penting tidak melanggar hukum, bodo amat dengan norma dan kepatutan.

    6
    4
  • 30 Desember 2022 - (03:47 WIB)
    Permalink

    Sebener ga usah ribet gan di refund aja. Prosedur refund ikea jg ga susah. Selama belum 3 bulan kalo ga salah. Setelah pembelian msh bisa di refund. Tinggal bawa barangnya dan struk pembelian. Nanti di kasih voucher dengan jumlah yg sama. Saya pernah jg tuker barang karena salah ukuran. Apa lagi produk yg ga di diskon bs di tuker itu, selain produk diskon setau saya ga bs tuker.

  • 1 Januari 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Bukan hanya ikea saja sih yg sering promo gini atau produk sama persis tp nomer udah beda dan harga beda. Di unq juga gitu.
    Jadi mungkin ada produk yg sama yg disale krn kurang bagus atau ada sedikit cacat. Lalu dibuat nomer berbeda. Sementara produk yg harga normal kualitas lebih top notch.
    Karena sering ada sale tp sampai kasir bayar normal untuk belanja dibanyak retail, saya selalu tanya atau tunjukin ikalannya sebelum bayar. Ini bener diskon atau gak?

 Apa Komentar Anda mengenai IKEA Indonesia?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Agar Teliti dengan Modus Baru Promo IKEA Akhir Tahun

oleh Tri Budi N dibaca dalam: 2 menit
25