Surat Pembaca

Kecewa dengan ZARA Indonesia

Kepada Zara Indonesia, tolong perbaiki sistem pengiriman pembelanjaan online di aplikasi Zara.

Pada tanggal 22 Desember 2022, saya melakukan pembelian barang melalui aplikasi Zara, dengan nomor transaksi: 52673990531. Setelah transaksi berhasil, diinfokan di aplikasi bahwa barang tersebut akan dikirim dari Zara Tunjungan Surabaya. Sebagai catatan, saya mencantumkan alamat lengkap saya di kota Padang Sumatera Barat.

Hanya saja untuk kode pos, saya mengisi kode pos daerah Jakarta, dikarenakan saya tidak dapat mengisi kode pos sesuai alamat untuk melanjutkan pembayaran. Sebelumnya saya pernah beberapa kali melakukan hal yang sama, saat saya pesan di aplikasi Zara, dengan cara input kode pos daerah Jakarta, dan tidak ada masalah.

Setelah menunggu beberapa hari, ternyata saya diemail oleh Zara, bahwa transaksi tersebut dibatalkan, dengan alasan belum support pengiriman ke kota yang tidak ada Zara Store-nya. Saya juga telah menghubungi CS Zara melalu chat untuk konfirmasi hal tersebut. Namun jawabannya tetap sama. Padahal transaksi saya sebelum-sebelumnya berhasil dan barang diterima dengan baik di alamat yang sama.

Yang membuat saya semakin kecewa, ternyata pada waktu yang sama, teman saya juga melakukan transaksi di aplikasi Zara, dengan alamat pengiriman juga ke salah satu kota di Sumatera Barat dan mengisi kode pos Jakarta seperti yang saya lakukan. Namun ternyata pesanan dia, dengan nomor order 52680950331, sampai dengan selamat.

Bukankah seharusnya dengan adanya online store melalui aplikasi Zara, diharapkan penjualan Zara Indonesia dapat bertambah karena dapat menjangkau customer yang tidak terjangkau oleh store reguler Zara, yang hanya ada di mall tertentu di kota-kota tertentu pula? Bukankah mau dikirim ke mana pun pesanannya di Indonesia yang bayar ongkir-nya juga customer yang bersangkutan? Jadi apa susahnya tim Zara mengatur pengiriman barang pesanan ke alamat yang tidak ada store Zara-nya?

Untuk itu, tolong Zara Indonesia benahi. Jangan sampai perusahaan sebesar Zara kalah sama UKM kecil yang produknya sudah dijual online dan bisa dikirim ke mana saja di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Budi Susanto
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Harusnya sebelum kamu komentar baca dan pahami dl secara utuh surat yg saya kirim, pahami poin2 permasalahannya.

    Yg namanya komplain tentu baru d lakukan setelah ada sesuatu hal yg bermasalah, kl d lakukan sebelum adanya permasalahan itu namanya saran

    Dan poin dari surat saya adalah :
    1. saya tidak ada mengatakan kl menggunakan kodepos berbeda dari alamat adalah hal yg wajar.
    2. Kekecewaan saya adalah karena pesanan saya dibatalkan pengirimannya sedangkan teman saya yg bertransaksi setelah saya justru pengiriman sampai sesuai alamat. Padahal dengan cara input alamat yg sama ( terlepas dr transaksi2 saya sebelumnya jg lancar2 saja).
    3. Tidak ada informasi dlm aplikasi zara tsb yg menginfokan bahwa pengiriman di luar area tidak didukung baik melalui running text ataupun banner info, justru dalam ketentuan purchase conditions menerangkan pengiriman berlaku hanya untuk wilayah indonesia ( bukan untuk wilayah tertentu)
    4. Tidak ada juga penguncian dlm pengisian alamat khususnya pada poin kelurahan, kecamatan, kota, ataupun provinsi, jika tidak didukung pengiriman harusnya tidak dapat dipilih sehingga tidak bs melanjutkan transaksi

    Dan dari semua poin d atas lah saya harapkan kepada zara di akhir surat saya agar diperbaiki, apakah tetap dengan area pengiriman seperti saat ini atau yg lebih luas ke seluruh indonesia, yg terpenting adalah kejelasan informasinya

    Satu lg komentar anda yg mengatakan saya "ngarep" atas inkonsistensi seakan-akan saya mendapatkan keuntungan dari kejadian ini. Perlu anda pahami dengan jelas, saya di sini beli barang, dan bayar, bayar ongkir jg, bukan minta kiriman produk gratis dari zara.

    • ?maaf mending pak budi pesannya pakai alamat saya di surabaya baru nanti barang pesanan bapak saya kirim ke alamat yang di maui sama pak budi?

  • Wajar juga sih kalo TS kesel.
    Kalau memang area tidak terjangkau, seharusnya sewaktu mau checkout order sudah ditolak.
    Saya belum pernah pake Zara ini.
    Mungkin aplikasi ini belum siap dengan database area2 yang dijangkau.

    Idealnya, databasenya sudah lengkap (ada). Pembeli tinggal isi Alamat Jalan rumah saja (No. RT/RW, dsb).
    Kota, kabupatan, kecamatan, sampai Kode Pos otomatis keluar sesuai hirarki pilihan area.

    Pilih Jawa barat ya langsung muncul pilihan nama2 kota di Jawa barat.
    Kemudian pilih Sumedang, muncul pilihan kecamatan2 di Sumedang....
    Sebetulnya opsi seperti ini hal yang mendasar dalam suatu aplikasi yang membutuhkan input alamat lengkap.

    Dari keterangan TS, jika kode Pos bisa (pernah) diisi sembarangan (menggunakan kode pos area berbeda dengan propinsi) menunjukkan aplikasinya memang tidak ada database untuk verifikasi input alamat (atau database nya belum siap).
    Kode Pos tidak "match" dengan propinsi baru ketahuan saat barang mau dikirim. Itupun mungkin setelah dicek oleh manusia :)
    ya... kadang bisa dikirim... kadang nggak bisa.... tergantung "mood" orang kurirnya... hihihi :)
    Ini yang bisa bikin pembeli kesel.

    Sistemnya nggak tegas, kalau nggak bisa ya ditolak... tujuan sistem antara lain untuk hal2 yang beginian.... validasi atau verifikasi lah istilahnya... :)
    Sepertinya kayak gitu..... mungkin... bisa jadi... :)

    • Inti kekecewaan = jika kemarin dulu bisa, harus sekarang bisa, wong temen sekarang bisa terkirim. Namun jika memang tidak bisa, harusny semua juga tidak bisa, entah itu kemarin dulu, sekarang atau besok.. tidak ada pengecualian.

      • iya... itulah kalo sistemnya lemah (mungkin ya)... bisa menimbulkan kekecewaan bagi customer.. kadang bisa kadang nggak :)
        Selain itu, sistem seperti ini juga bisa menimbulkan kerugian secara langsung (beban biaya) bagi e-commerce nya karena perhitungan biaya ongkir jadi nggak akurat...

        Agak heran juga kalo ada e-commerce yang input alamatnya seperti ini....
        Padahal masalah input data alamat ini termasuk hal paling penting dalam transaksi online karena menyangkut biaya kurir, tingkat keberhasilan sampai di tujuan, dll....
        Input seperti ini mungkin disebut berpotensi "Garbage In Garbage Out".... TS ini kebetulan saat ini lagi dapet "Garbage" nya... transaksi ditolak.. ditolaknya pas udah bayar... akibat sistem yang tidak memfilter "Garbage In" nya...
        kok malah ngomongin soal Sampah ya... hehhehhe :)

        • Waktu transaksi sebelumnya berhasil.... perusahaan e-commerce nya yang dapet "Garbage" (nombokin biaya kurir....)
          :) :) :)

          • Ongkirnya lebih mahal dari kirim paket seberat 2kg , untuk 1 buah parfum, murah ya ongkir untuk "garbage'

          • Kalo gitu, lengkap sudah kekacauan karena masalah Input di aplikasi ini.... transaksi di-cancel setelah beberapa hari nunggu... ongkirnya juga dihitung tinggi...
            Semoga dengan masuknya SP anda, pihak Zara mengevaluasi sistem aplikasi nya biar makin oke kayak e-commerce lainnya.... biar rame e-commerce handal di negeri ini....

        • kesimpulannya..... Sistem aplikasi ini menimbulkan pemerataan "Garbage"...... semua dapet bagian.. :)

  • Cuma gara gara pas pertama berhasil ngakalin sistem. Jadi dijadikan alasan biar orderan ke2 berhasil. Mau gimanapun situ udah salah. Kalo mau titipin ke temen atau saudara ke alamat yg tercover sama zara. Terus baru kirim ke alamat situ. Saya taun kemaren beli pertalite 7600. Apa saya boleh beli lg harga segitu? Bilang aja pas pertama saya beli harga segitu kok. Tapi kan ada pembaharuan dari sananya. Gabisa seenak jidat. Kecuali situ anak raja

    • Not not kamu baca ga surat saya secara utuh jgn kebiasaan ga baca lengkap lalu komen asal, ini bukan pesanan saya k 2 udah k 4, mana ada yg namanya kebetulan itu bisa berkali2. Kl pun pesanan kmrn gagal saya bisa terima, tp masalahnya pesanan teman saya yg dilakukan setelah transaksi saya aman2 saja terkirim sampai ke alamat . Kamu tau ga apa gunanya online shopping, ya biar kamu ga perlu datang ke toko langsung atau nyusahin lain. Makanya bnyk dl baca dan belajar sblm komen

  • sebaiknya kodeposnya sesuai alamat aja pak.....bisa searching di goggle koq kalo gak tau, yg oenting tau kecamatannya aja.... tp mngkin dlm hal ini.....jangkauan kurirnya yg .belum nyampe ke lokasi bapak, dan juga saran buat ZARA carilah kurir yg bisa dijangkau di semua t4,,,,, misalnya pake pos atau kurir yg lainnya

  • Zara ga salah
    yang salah kamu & teman mu
    Zara ngirim sesuai prosedur
    kamu pake metode salah kode pos
    terkirim tidaknya tergantung pihak ekpedisi
    karna kamu bayar paket dari surabaya ke jakarta
    tapi alamatmu ke sumatra
    1. bikin pusing kurir yang anter
    2. kamu sudah nipu pihak ekpedisi + zara
    3. kamu bikin keluhan tentang kepintaran mu

    • Kamu udah pernah ga pesan di app zara? Jadi jangan asal sok pinter, BARANG D KIRIM ZARA DARI TOKO MANAPUN TIDAK DI INFO SAAT PEMESANAN, ITU INTERNAL ZARA YG MENENTUKAN STOK DIKIRIM DARI MANA. DAN KAMU LIAT D APP ZARA ITU TIDAK ADA INFORMASI YG MENERANGKAN BAHWA PEMBELIAN ONLINE HANYA DIKIRIM UNTUK DAERAH TERTENTU.

      KAMU PERNAH GA KIRIM PAKET DI EKSPEDISI? APA YG D INPUT PIHAK EKSPEDISI HANYA KODE POS SAJA? DARI ALAMAT , KELURAHAN, KECAMATAN, KOTA , DAN PROVINSI SUDAH JELAS TUJUAN KEMANA, GA ADA YG NAMANYA EKSPEDISI KETIPU, JANGAN ASAL KOMENTAR MALAH MENUNJUKAN KEBODOHAN KAMU.

  • Keputusan tepat Zara membatalkan buyer pencari celah, mungkin pertama order Zara berpikir kasihan, tapi klo keterusan jadi 'tuman'. Jangan maksa s&k penjual. Klo memang butuh barangnya, bisa kan pakai pihak ke-3, jastip misalnya.

  • Ini ni yg ga tau tp sok tau, km baca ni S&K nya
    "5. SERVICE AVAILABILITY
    Delivery service for the articles offered on this website is available in Indonesia only"

    Jadi bukan kota A, kota B ..only
    Kl tokonya buka online shopping dan d app sendiri ga d sebutkan khusus untuk daerah tertentu ngapain saya pakai jasa pihak k 3

    Kamu kira perusahaan seperti Zara , perusahaan sosial yg beroperasi dengan prinsip kasihan mengasihani

  • Ini kelihatannya kesalahan ada di kurir Kenny logistik yang belum bisa kirim ke alamat TS. Mungkin selama ini berhasil karena pengiriman melalui kurir lain yang lebih luas jangkauannya.
    Saran saya kalo memang Zara nya ngga kasih tanggapan surat ini... Coba aja sekali lagi transaksi di Zara boleh di tambahkan barang lain juga. Lihat sekali lagi apakah barang bisa sampai. Kalo perlu berikan note bahwa alamat diatas kodeposnya Padang. Atau taruh kodepos Padang diakhir alamat seolah-olah menyatu dengan alamat. Namun kodepos persyaratan toko Zara bisa diisi sesuai dengan pilihan store Zara yang ada.

    Mudah mudahan Zara nya bisa kasih tanggapan biar sistem nya ada perbaikan.. mau jadi online store jangan nanggung. Atau pilihan kurirnya bisa di perbaiki.