Kecewa dengan ZARA Indonesia

Kepada Zara Indonesia, tolong perbaiki sistem pengiriman pembelanjaan online di aplikasi Zara.

Pada tanggal 22 Desember 2022, saya melakukan pembelian barang melalui aplikasi Zara, dengan nomor transaksi: 52673990531. Setelah transaksi berhasil, diinfokan di aplikasi bahwa barang tersebut akan dikirim dari Zara Tunjungan Surabaya. Sebagai catatan, saya mencantumkan alamat lengkap saya di kota Padang Sumatera Barat.

Hanya saja untuk kode pos, saya mengisi kode pos daerah Jakarta, dikarenakan saya tidak dapat mengisi kode pos sesuai alamat untuk melanjutkan pembayaran. Sebelumnya saya pernah beberapa kali melakukan hal yang sama, saat saya pesan di aplikasi Zara, dengan cara input kode pos daerah Jakarta, dan tidak ada masalah.

Setelah menunggu beberapa hari, ternyata saya diemail oleh Zara, bahwa transaksi tersebut dibatalkan, dengan alasan belum support pengiriman ke kota yang tidak ada Zara Store-nya. Saya juga telah menghubungi CS Zara melalu chat untuk konfirmasi hal tersebut. Namun jawabannya tetap sama. Padahal transaksi saya sebelum-sebelumnya berhasil dan barang diterima dengan baik di alamat yang sama.

Yang membuat saya semakin kecewa, ternyata pada waktu yang sama, teman saya juga melakukan transaksi di aplikasi Zara, dengan alamat pengiriman juga ke salah satu kota di Sumatera Barat dan mengisi kode pos Jakarta seperti yang saya lakukan. Namun ternyata pesanan dia, dengan nomor order 52680950331, sampai dengan selamat.

Bukankah seharusnya dengan adanya online store melalui aplikasi Zara, diharapkan penjualan Zara Indonesia dapat bertambah karena dapat menjangkau customer yang tidak terjangkau oleh store reguler Zara, yang hanya ada di mall tertentu di kota-kota tertentu pula? Bukankah mau dikirim ke mana pun pesanannya di Indonesia yang bayar ongkir-nya juga customer yang bersangkutan? Jadi apa susahnya tim Zara mengatur pengiriman barang pesanan ke alamat yang tidak ada store Zara-nya?

Untuk itu, tolong Zara Indonesia benahi. Jangan sampai perusahaan sebesar Zara kalah sama UKM kecil yang produknya sudah dijual online dan bisa dikirim ke mana saja di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Budi Susanto
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Zara Indonesia:
[Total:15    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

54 komentar untuk “Kecewa dengan ZARA Indonesia

  • 12 Januari 2023 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Mungkin saja sistem komputer di Zara sudah berubah sehingga apabila alamat dan kode pos tidak cocok maka alamat pengiriman dianggap invalid. Entahlah dengan teman anda, apakah dia pakai alamat Jakarta dan kode pos Sumatra Barat?

    Jika transaksi batal, selama uang anda dikembalikan tidak jadi masalah kan? Tinggal pesan ulang dan kali ini gunakan kode pos yang valid. Tidak ada alasan menggunakan kode pos yang salah kecuali anda punya niat tertentu. Jika tidak tahu kode pos alamat anda di Padang, bisa cari di Google atau tanya pak RT/Lurah setempat.

    10
    • 12 Januari 2023 - (14:40 WIB)
      Permalink

      Tolong d baca yg lengkap mas, saya tidak bs melakukan pembayaran jika input kodepos selain kota yg ada Zara store jadi bukan karena saya tidak tahu kodepos sendiri, saya jg sudah berkali melakukan pesanan dengan kode pos jkt dan barang sampai dengan selamat, dan teman saya itu pesan dengan alamat Sumbar tapi dengan kodepos diisi jakarta ternyata sampai. Jadi tidak bisa di alasankan sistem Zara tidak bisa proses jika beda antara kodepos dengan alamat. Sebagai tambahan barang pesanan saya sudah dikirim dari Surabaya dan sewaktu transit d jakarta baru pesanan saya d batalkan dan diretur ke Zara GI. Jika memang distemnya tidak bisa proses seharusnya dr awal barang tsb tidak akan jalan sampai k jakarta.
      Satu lg ini bukan soal duit dikembalikan atau tidak, tetapi soal PELAYANAN, seharusnya perusahaan yg buka online shopping sudah mempersiapkan sistem yg mendukung apalagi Zara itu toko retail besar, jika memang hanya melayani kota tertentu saja, ya harus di cantumkan dlm applikasi Zara note yg jelas
      dan dilaksanakn konsisten , bukan malah ada transaksi yang sukses terkirim dan ada yang gagal pengiriman.

      4
      12
      • 12 Januari 2023 - (14:50 WIB)
        Permalink

        padahal sudah di awal, kode pos Padang tak bs diisi di aplikasi, tp kenapa kamu nya maksa banget? isi kode pos Jakarta, pas di Jakarta kurir nya menyadari waduh alamatnya bukan d jkt, tapi di Padang. wajar saja diretur pak. krn alamat tidak lengkap/tidak jelas. Next nya kalo memang mau merk Zara, belinya di shopee/tokped saja yg jelas mendukung pengiriman ke seluruh Indonesia

        13
  • 12 Januari 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Yg jd pertanyaannya adalah, apakah di Padang sana tidak memiliki kode pos sehingga harus memakai kode pos ibukota? kalo memang kode pos Padang/luar Jawa-Bali tidak diperbolehkan di aplikasi Zara, ya jangan maksa utk bertransaksi. kalo ada temannya yg berhasil, sepertinya itu diusahakan oleh tim ekspedisi. kalo utk selanjutnya spertinya ga bs karena ongkir dari Surabaya jelas lebih murah ke Jakarta ketimbang Padang/Sumatera

    3
    1
    • 12 Januari 2023 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Kembali, tolong d baca mas, itu bukan transaksi saya yg pertama, yg sebelum2 nya lancar2 saja.
      Untuk pengiriman dari store manapun tentu tidak akan diinfo saat pesanan, barulah setelah transaksi pihak zara yg menentukan dari store mana pesanan tsb dikirim. Jadi bukan atas permintaan pembeli. Saat pengisian alamat pun, saya bisa isi lengkap dari pilihan opsi yg tersedia dalam aplikasi tsb mulai dari kelurahan sampai provinsi, jika memang belum menjangkau daerah lain harusnya opsi pilihan alamat seperti kelurahan, kecamatan hingga provinsi akan terkunci dan tidak bs dipilih. untuk alamat tsb sudah tersimpan dalam sistem zara, dan itu akan tercantum pada label pengiriman toko dan invoice pengiriman yang akan jelas terbaca pada saat QC pengiriman.
      Saya juga tidak akan melakukan pesan lagi seandainya pesanan saya sebelum2 nya gagal, atau ada note di aplikasi yg menginfokan bahwa orderan hanya untuk wilayah tertentu.

      1
      7
      • 12 Januari 2023 - (22:24 WIB)
        Permalink

        Mungkin sistemnya diperbaiki jadi sekarang tidak bisa kalau tidak sesuai kode posnya

    • 13 Januari 2023 - (10:49 WIB)
      Permalink

      mngkin di aplikasi ZARAnya gak ada kode pos alamat YBS, makanya diisi kopos jakarta….wkwkwkwkkwk

  • 12 Januari 2023 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Menurut hemat saya, kekecewaan penulis sebenarnya berawal dari ngarep.

    Ngarep barang dikirim ke alamat yang tertulis walaupun jelas alamat pengiriman nya belum didukung.
    Ngarep keberhasilan pengiriman sebelum nya bisa dijadikan barometer bahwa seterusnya akan selalu berhasil walaupun jelas wilayah pengiriman nya belum didukung.

    Sebaiknya penulis mengurangi ngarep dan mengikuti syarat ketentuan yang diberikan agar tidak memunculkan kekecewaan kekecewaan lainnya.

    17
    • 12 Januari 2023 - (15:19 WIB)
      Permalink

      Masalahnya tidak ada pemberitahuan d Aplikasi bahwa transaksi hanya bs untuk kota A, B atau C saja, jika sudah ada pemberitahuan sebelumnya dan saya tetap melakukan pememesanan baru ngarep aji mumpung haha

      2
      11
      • 12 Januari 2023 - (15:30 WIB)
        Permalink

        Ada kak, ketika tidak bisa memasukkan kode pos yang sesuai sebenarnya perlu dipertanyakan terlebih dahulu agar mengurangi kemungkinan terjadi kekecewaan seperti yang kakak alami.

        Namun disini kakak memilih untuk mengabaikan hal tersebut dan lanjut mencoba dengan cara yang sebenarnya kakak sendiri sadar dan paham bahwa itu tidak sepenuhnya sesuai, tentunya dengan harapan bahwa keberhasilan sebelum nya dapat dijadikan patokan bahwa ini akan berhasil juga seperti sebelum sebelum nya.

        Jadi kembali menurut hemat saya, sebaiknya kakak mengurangi ngarep dan mengikuti prosedur yang diberikan.

        12
        • 12 Januari 2023 - (15:49 WIB)
          Permalink

          Hehe d bagian mana di aplikasinya dek km baca ada note yg menginfokan kl pemesanan hanya bisa untuk daerah yg ada store saja?

          Coba baca di GENERAL TERMS AND CONDITIONS OF PURCHASE AND USE, poin:
          5. SERVICE AVAILABILITY
          Delivery service for the articles offered on this website is available in Indonesia only ( bukan kota A, bukan kota B, bukan kota C only )

          1
          9
  • 12 Januari 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Contoh memanfaatkan kelemahkan sistem..pertama berhasil lalu ke 2 gagal lalu malah post d mk..bibit2 koruptor..jelas merugikak Zara karna Zara hanya melayani pengiriman daerah yg ada store ny..

    • 12 Januari 2023 - (15:25 WIB)
      Permalink

      si ******, ts bayar ****** buat ongkirnya bukan gratis, kok malah dibilang bibit koruptor? dungu, makanya baca sampai habis

      • 12 Januari 2023 - (16:22 WIB)
        Permalink

        Halo kak, saya bantu jelaskan kembali reply saya diatas agar kakak bisa lebih paham dimana letak mengabaikannya.

        Kakak dengan jelas menuliskan bahwa mengenai detail pengiriman kode pos yang diinput tidak bisa menggunakan kodepos yang sesuai namun menggunakan kodepos kota lain yang didukung (dapat diterima oleh aplikasi dan melanjutkan transaksi).

        Jadi dengan kata lain kakak sadar dan paham sepenuhnya kalau data yang diberikan tidak sepenuhnya benar dan sesuai dengan harapan pesanan dapat dikirimkan sesuai dengan alamat yang kakak inginkan walaupun kakak tahu bahwa kodepos nya tidak sesuai dan terkendala, tentu hal ini kakak lakukan karena sebelum nya kakak sudah mencoba dan berhasil.

        Yang dimana sebaiknya kendala kodepos gagal bisa diklarifikasi dan konfirmasi dahulu dengan pihak Zara sebelum memesan agar tidak menimbulkan kekecewaan yang kakak alami.

        Mengenai informasi jangkauan pengiriman memang tidak dituliskan secara detail yang dapat memicu misinformasi seperti yang kakak alami.
        Namun, kakak selaku pembeli tentu memiliki pilihan untuk dapat mengklarifikasi dan konfirmasi dengan pihak store/Zara mengenai kendala gagal kodepos ini atau mengabaikan seperti yang kakak lakukan, sebelum melakukan pemesanan.
        Yang dimana pada akhirnya berujung kecewa.

        Jadi kembali menurut hemat saya, kakak bisa mengurangi ngarep dan mengikuti prosedur yang berlaku.

        12
        • 12 Januari 2023 - (16:38 WIB)
          Permalink

          Prosedur itu ya harus jls, dalam purchase condition jelas2 dibunyikan 5. SERVICE AVAILABILITY
          Delivery service for the articles offered on this website is available in Indonesia only (bukan only city A,city B ….). Dan saya jg sudah menghubungi CS Zara agar ada solusi tp tidak ada ( dipoin ini saya bs menerima mngkn telah ada perubahan) tetapi selang beberapa hari ternyata paket teman saya yg d pesan jg ke luar area sampai dengan aman tanpa kendala, wajar dong saya kecewa. Jadi ini bukan soal ngarep, tp soal pelayanan, kekonsistenan, dan kejelasan. Kl memang tidak support ya tulis tidak support. Jangan tidak jelas lalu ada yg pesan , dikirim trus d batalkan. Yang lain pesan, dikirim, sukses. Harusnya kl memang itu ketentuan baku perusahaan d tahap QC barang yg akan dikirim akan jelas terlihat kemana alamat pengirimannya dan bs langsung d batalkan.

          1
          8
          • 13 Januari 2023 - (10:36 WIB)
            Permalink

            emang pas bayar ongkirnya kena berapa? sesuai ga sama harga dr sby ke padang pada umum nya? klo pake kode pos jkt, ya mungkin mereka ga mau karna nanti nambah ongkos kirim..

            tinggal order ulang lagi aja sih mbak susah bener kek nya.. pake di post segala .

  • 12 Januari 2023 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Haha mas tau ga berapa ongkir yg saya d bayar untuk pesanan tsb?

  • 12 Januari 2023 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya memanfaatkan kelemahan sistem itu gpp, wajar saja. Tapi jika yang punya sistem sudah sadar dan ingin memperbaikinya, apa tidak boleh ?
    Sebelumnya lolos juga disyukuri, belum ketahuan atau dimaklumi Zara karena beberapa alasan seperti nilai orderan yang besar dsb.. Pasti TS juga bayar ongkir, tapi ke kode pos JKT. Kalau ke yang Padang pasti lebih mahal jatuhnya.

  • 12 Januari 2023 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Kl memang sudah diperbaiki sistemnya tentunya pesanan teman saya berikutnya jg akan gagal, dan untuk ongkir yg saya bayar jg tidak murah. Seharusnya kl memang tidak bisa ya tetap tidak bisa tanpa pengecualian krna transaksinya online by apps bukan walk-in di toko

    1
    5
    • 12 Januari 2023 - (16:30 WIB)
      Permalink

      Saya mau menambahkan sedikit saja sekiranya penulis belum menyadari letak resiko atas pilihan yang dibuat penulis.

      Terlepas dari teman, saudara, kerabat, mertua, istri, keluarga, anak, atau bahkan orang yang tidak dikenal bisa memesan dan dikirimkan ke alamat yang sesuai dengan cara yang sama.

      Fakta bahwa perlu merubah kode pos menjadi kode pos kota lain ini bisa berakibat gagal kirim, terlepas apapun kurirnya.
      Jadi sebaiknya pahami resiko tersebut dan jalankan sesuai resiko yang bersedia diambil.

      Semoga bisa menjawab kekecewaan penulis.

  • 12 Januari 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Kl itu saya sebagai pemesan ya tahu konsekuensinya, cuma baca dl kejadiannya seperti apa sblm komentar, kl semua pesanan dengan cara seperti itu gagal ya itu resiko saya, masalahnya beberapa pesanan sebelumnya lancar, dan pesanan teman saya yang dilakukan setelah trx saya jg lancar. Itu poin komplen saya agar Zara benahi, terserah apa kedepannya memang tetap tidak bisa kirim luar area, atau d perbaiki menjadi bisa keluar area, asalkan semua jelas dan konsisten disertai informasi yg jelas. Jangan kadang bisa kadang tidak.

    • 12 Januari 2023 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Betul kak, sangat disayangkan komplain baru dilakukan ketika sudah terjadi hal yang menimbulkan ketidaknyamanan.

      Namun disana juga letak ngarepnya, mengharapkan adanya konsistensi ketika detail pengirimannya sendiri belum konsisten, tentunya semoga hal ini yang bisa diperbaiki kedepannya oleh pihak store.

      Fakta bahwa kakak menyadari sepenuhnya bahwa ada resiko yang mungkin dapat timbul akibat inkonsistensi detail pengiriman sebenarnya sudah menjawab kekecewaan kak penulis.

      Inkonsistensi dalam detail pengiriman sangatlah mungkin mengakibatkan inkonsistensi dalam pengiriman juga, maka tuntutan agar pengiriman dapat konsisten dengan informasi nya tidak konsisten itu absurd atau sulit untuk dilakukan.

      Saya yakin kakak penulis juga paham dan semoga penjelasan ini dapat sedikit mengobati kekecewaan kakak.

  • 12 Januari 2023 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Harusnya sebelum kamu komentar baca dan pahami dl secara utuh surat yg saya kirim, pahami poin2 permasalahannya.

    Yg namanya komplain tentu baru d lakukan setelah ada sesuatu hal yg bermasalah, kl d lakukan sebelum adanya permasalahan itu namanya saran

    Dan poin dari surat saya adalah :
    1. saya tidak ada mengatakan kl menggunakan kodepos berbeda dari alamat adalah hal yg wajar.
    2. Kekecewaan saya adalah karena pesanan saya dibatalkan pengirimannya sedangkan teman saya yg bertransaksi setelah saya justru pengiriman sampai sesuai alamat. Padahal dengan cara input alamat yg sama ( terlepas dr transaksi2 saya sebelumnya jg lancar2 saja).
    3. Tidak ada informasi dlm aplikasi zara tsb yg menginfokan bahwa pengiriman di luar area tidak didukung baik melalui running text ataupun banner info, justru dalam ketentuan purchase conditions menerangkan pengiriman berlaku hanya untuk wilayah indonesia ( bukan untuk wilayah tertentu)
    4. Tidak ada juga penguncian dlm pengisian alamat khususnya pada poin kelurahan, kecamatan, kota, ataupun provinsi, jika tidak didukung pengiriman harusnya tidak dapat dipilih sehingga tidak bs melanjutkan transaksi

    Dan dari semua poin d atas lah saya harapkan kepada zara di akhir surat saya agar diperbaiki, apakah tetap dengan area pengiriman seperti saat ini atau yg lebih luas ke seluruh indonesia, yg terpenting adalah kejelasan informasinya

    Satu lg komentar anda yg mengatakan saya “ngarep” atas inkonsistensi seakan-akan saya mendapatkan keuntungan dari kejadian ini. Perlu anda pahami dengan jelas, saya di sini beli barang, dan bayar, bayar ongkir jg, bukan minta kiriman produk gratis dari zara.

    • 13 Januari 2023 - (01:33 WIB)
      Permalink

      ๐Ÿ™maaf mending pak budi pesannya pakai alamat saya di surabaya baru nanti barang pesanan bapak saya kirim ke alamat yang di maui sama pak budi๐Ÿ˜Š

      1
      1
  • 12 Januari 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Wajar juga sih kalo TS kesel.
    Kalau memang area tidak terjangkau, seharusnya sewaktu mau checkout order sudah ditolak.
    Saya belum pernah pake Zara ini.
    Mungkin aplikasi ini belum siap dengan database area2 yang dijangkau.

    Idealnya, databasenya sudah lengkap (ada). Pembeli tinggal isi Alamat Jalan rumah saja (No. RT/RW, dsb).
    Kota, kabupatan, kecamatan, sampai Kode Pos otomatis keluar sesuai hirarki pilihan area.

    Pilih Jawa barat ya langsung muncul pilihan nama2 kota di Jawa barat.
    Kemudian pilih Sumedang, muncul pilihan kecamatan2 di Sumedang….
    Sebetulnya opsi seperti ini hal yang mendasar dalam suatu aplikasi yang membutuhkan input alamat lengkap.

    Dari keterangan TS, jika kode Pos bisa (pernah) diisi sembarangan (menggunakan kode pos area berbeda dengan propinsi) menunjukkan aplikasinya memang tidak ada database untuk verifikasi input alamat (atau database nya belum siap).
    Kode Pos tidak “match” dengan propinsi baru ketahuan saat barang mau dikirim. Itupun mungkin setelah dicek oleh manusia ๐Ÿ™‚
    ya… kadang bisa dikirim… kadang nggak bisa…. tergantung “mood” orang kurirnya… hihihi ๐Ÿ™‚
    Ini yang bisa bikin pembeli kesel.

    Sistemnya nggak tegas, kalau nggak bisa ya ditolak… tujuan sistem antara lain untuk hal2 yang beginian…. validasi atau verifikasi lah istilahnya… ๐Ÿ™‚
    Sepertinya kayak gitu….. mungkin… bisa jadi… ๐Ÿ™‚

    1
    1
    • 12 Januari 2023 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Inti kekecewaan = jika kemarin dulu bisa, harus sekarang bisa, wong temen sekarang bisa terkirim. Namun jika memang tidak bisa, harusny semua juga tidak bisa, entah itu kemarin dulu, sekarang atau besok.. tidak ada pengecualian.

      • 12 Januari 2023 - (21:48 WIB)
        Permalink

        iya… itulah kalo sistemnya lemah (mungkin ya)… bisa menimbulkan kekecewaan bagi customer.. kadang bisa kadang nggak ๐Ÿ™‚
        Selain itu, sistem seperti ini juga bisa menimbulkan kerugian secara langsung (beban biaya) bagi e-commerce nya karena perhitungan biaya ongkir jadi nggak akurat…

        Agak heran juga kalo ada e-commerce yang input alamatnya seperti ini….
        Padahal masalah input data alamat ini termasuk hal paling penting dalam transaksi online karena menyangkut biaya kurir, tingkat keberhasilan sampai di tujuan, dll….
        Input seperti ini mungkin disebut berpotensi “Garbage In Garbage Out”…. TS ini kebetulan saat ini lagi dapet “Garbage” nya… transaksi ditolak.. ditolaknya pas udah bayar… akibat sistem yang tidak memfilter “Garbage In” nya…
        kok malah ngomongin soal Sampah ya… hehhehhe ๐Ÿ™‚

        • 12 Januari 2023 - (22:03 WIB)
          Permalink

          Waktu transaksi sebelumnya berhasil…. perusahaan e-commerce nya yang dapet “Garbage” (nombokin biaya kurir….)
          ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

          • 12 Januari 2023 - (22:12 WIB)
            Permalink

            Ongkirnya lebih mahal dari kirim paket seberat 2kg , untuk 1 buah parfum, murah ya ongkir untuk “garbage’

          • 12 Januari 2023 - (22:17 WIB)
            Permalink

            Kalo gitu, lengkap sudah kekacauan karena masalah Input di aplikasi ini…. transaksi di-cancel setelah beberapa hari nunggu… ongkirnya juga dihitung tinggi…
            Semoga dengan masuknya SP anda, pihak Zara mengevaluasi sistem aplikasi nya biar makin oke kayak e-commerce lainnya…. biar rame e-commerce handal di negeri ini….

        • 12 Januari 2023 - (22:04 WIB)
          Permalink

          kesimpulannya….. Sistem aplikasi ini menimbulkan pemerataan “Garbage”…… semua dapet bagian.. ๐Ÿ™‚

          • 13 Januari 2023 - (01:37 WIB)
            Permalink

            Pak budi pakai alamat saya di surabaya nanti saya kirim barangnya ke alamat yang bapak mau๐Ÿ™

          • 13 Januari 2023 - (06:12 WIB)
            Permalink

            @aprijanto wkkwkkw… kirim ke Kota Surabaya, propinsinya Kalimantan Barat

  • 13 Januari 2023 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Cuma gara gara pas pertama berhasil ngakalin sistem. Jadi dijadikan alasan biar orderan ke2 berhasil. Mau gimanapun situ udah salah. Kalo mau titipin ke temen atau saudara ke alamat yg tercover sama zara. Terus baru kirim ke alamat situ. Saya taun kemaren beli pertalite 7600. Apa saya boleh beli lg harga segitu? Bilang aja pas pertama saya beli harga segitu kok. Tapi kan ada pembaharuan dari sananya. Gabisa seenak jidat. Kecuali situ anak raja

    • 13 Januari 2023 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Not not kamu baca ga surat saya secara utuh jgn kebiasaan ga baca lengkap lalu komen asal, ini bukan pesanan saya k 2 udah k 4, mana ada yg namanya kebetulan itu bisa berkali2. Kl pun pesanan kmrn gagal saya bisa terima, tp masalahnya pesanan teman saya yg dilakukan setelah transaksi saya aman2 saja terkirim sampai ke alamat . Kamu tau ga apa gunanya online shopping, ya biar kamu ga perlu datang ke toko langsung atau nyusahin lain. Makanya bnyk dl baca dan belajar sblm komen

      1
      1
  • 13 Januari 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    sebaiknya kodeposnya sesuai alamat aja pak…..bisa searching di goggle koq kalo gak tau, yg oenting tau kecamatannya aja…. tp mngkin dlm hal ini…..jangkauan kurirnya yg .belum nyampe ke lokasi bapak, dan juga saran buat ZARA carilah kurir yg bisa dijangkau di semua t4,,,,, misalnya pake pos atau kurir yg lainnya

  • 13 Januari 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Zara ga salah
    yang salah kamu & teman mu
    Zara ngirim sesuai prosedur
    kamu pake metode salah kode pos
    terkirim tidaknya tergantung pihak ekpedisi
    karna kamu bayar paket dari surabaya ke jakarta
    tapi alamatmu ke sumatra
    1. bikin pusing kurir yang anter
    2. kamu sudah nipu pihak ekpedisi + zara
    3. kamu bikin keluhan tentang kepintaran mu

    • 13 Januari 2023 - (12:22 WIB)
      Permalink

      Kamu udah pernah ga pesan di app zara? Jadi jangan asal sok pinter, BARANG D KIRIM ZARA DARI TOKO MANAPUN TIDAK DI INFO SAAT PEMESANAN, ITU INTERNAL ZARA YG MENENTUKAN STOK DIKIRIM DARI MANA. DAN KAMU LIAT D APP ZARA ITU TIDAK ADA INFORMASI YG MENERANGKAN BAHWA PEMBELIAN ONLINE HANYA DIKIRIM UNTUK DAERAH TERTENTU.

      KAMU PERNAH GA KIRIM PAKET DI EKSPEDISI? APA YG D INPUT PIHAK EKSPEDISI HANYA KODE POS SAJA? DARI ALAMAT , KELURAHAN, KECAMATAN, KOTA , DAN PROVINSI SUDAH JELAS TUJUAN KEMANA, GA ADA YG NAMANYA EKSPEDISI KETIPU, JANGAN ASAL KOMENTAR MALAH MENUNJUKAN KEBODOHAN KAMU.

      1
      1
  • 13 Januari 2023 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Keputusan tepat Zara membatalkan buyer pencari celah, mungkin pertama order Zara berpikir kasihan, tapi klo keterusan jadi ‘tuman’. Jangan maksa s&k penjual. Klo memang butuh barangnya, bisa kan pakai pihak ke-3, jastip misalnya.

  • 13 Januari 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Ini ni yg ga tau tp sok tau, km baca ni S&K nya
    “5. SERVICE AVAILABILITY
    Delivery service for the articles offered on this website is available in Indonesia only”

    Jadi bukan kota A, kota B ..only
    Kl tokonya buka online shopping dan d app sendiri ga d sebutkan khusus untuk daerah tertentu ngapain saya pakai jasa pihak k 3

    Kamu kira perusahaan seperti Zara , perusahaan sosial yg beroperasi dengan prinsip kasihan mengasihani

  • 14 Januari 2023 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Ini kelihatannya kesalahan ada di kurir Kenny logistik yang belum bisa kirim ke alamat TS. Mungkin selama ini berhasil karena pengiriman melalui kurir lain yang lebih luas jangkauannya.
    Saran saya kalo memang Zara nya ngga kasih tanggapan surat ini… Coba aja sekali lagi transaksi di Zara boleh di tambahkan barang lain juga. Lihat sekali lagi apakah barang bisa sampai. Kalo perlu berikan note bahwa alamat diatas kodeposnya Padang. Atau taruh kodepos Padang diakhir alamat seolah-olah menyatu dengan alamat. Namun kodepos persyaratan toko Zara bisa diisi sesuai dengan pilihan store Zara yang ada.

    Mudah mudahan Zara nya bisa kasih tanggapan biar sistem nya ada perbaikan.. mau jadi online store jangan nanggung. Atau pilihan kurirnya bisa di perbaiki.

  • 14 Januari 2023 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca berulang, berikut komentar2nya serta penulis menjelaskan berulang, seharusnya jika sudah tidak bisa memasukkan kode pos alamat, maka tidak bisa mengasumsikan bahwa di kurir / store lain bisa maka disebuah store juga bisa. Totally wrong assumption.

    Jika memang tidak bisa, maka jelas tidak bisa. Titik. Apapun alasannya, entah itu kekurangan system dari store atau kurir yg digunakan tidak bisa menjangkau, atau apalah, tapi yg jelas system itu tidak bisa memenuhi keinginan buyer, dan buyer sadar kekurangan itu tapi kemudian membuat asumsi di toko lain bisa kok disini ga bisa. Beda toko beda aturan. Titik. Kalau kemudian dikembalikan, itu resiko dari buyer karena buyer sudah sadar dari awal.

    Akan beda halnya jika buyer sudah mengetahui tidak bisa, lalu menghubungi cs, dan dikatakan bisa mengorder dengan alamat dan kode pos berbeda, apalagi ada bukti tertulis dari cs store tersebut, maka barulah mengeluh.

    Disini sebenarnya letak kesalahan pada buyer yang mengasumsikan ditempat lain bisa disini ga bisa, lalu tetap diterabas. The risk is yours.

  • 14 Januari 2023 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Ini satu lg komentar yg ngawur, km tau ga gmn sistem online shopping via app atau web dari jaringan retail seperti zara , hm, uniglo dll? Apakah masing2 cabang store fisik mereka memiliki online shopping masing2?

    Online shopping yg dibuka oleh setiap brand merupakan satu platform dimana pembeli dapat belanja tanpa harus tau barang atau stok yg dikirim nantinya berasal dari mana, apakah dr gudang pusat, atau dr stok yg ada di jaringan toko mereka, krna sistem nya ada hanya menggumpulkan order, dan pihak merekalah yg menentukan pengirimannya.

    Jadi yg namanya online shopping bukan berarti pembeli langsung pesan ke toko cabang A, cabang B, atau cabang C. Jadi jangan asal komen kl d satu toko bisa, knpa di toko ini tidak. Saya bukan datang langsung k toko A lalu minta bantu salesnya kirim k alamat saya dan berhasil, dan besoknya datang lagi k toko B belanja dengan cara yg sama namun salesnya tidak mau membantu saya. Yang namanya ketentuan yg ditetapkan perusahaan akan menjadi SOP bagi semua store mereka, ga ada namanya beda store beda aturan kecuali beda store beda brand

    Saya menghargai komentarnya, tp ya sblm komentar belajar dulu pahami dulu, jgn asal komen malah keliatan kamu dungu

 Apa Komentar Anda mengenai Zara Indonesia?

Ada 54 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan ZARA Indonesia

oleh Budhy.snt dibaca dalam: 1 menit
54